Jasa Outsourcing Kurir dalam Bisnis Ekspedisi
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pemanfaatan Jasa Outsourcing Kurir dalam Bisnis Ekspedisi

Pemanfaatan Jasa Outsourcing Kurir dalam Bisnis Ekspedisi – Bukan rahasia lagi bahwa saat ini jual beli online sudah marak dilakukan oleh masyarakat. Pasalnya, belanja online terkesan lebih praktis dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tinggal buka aplikasi online shop, pilih barang yang ingin dibeli, kemudian bayar dna tunggu hingga barang sampai dikirimkan ke lokasi atau alamat yang dituju sesuai dengan yang dimasukkan.

Jasa Outsourcing Kurir dalam Bisnis Ekspedisi
Jasa Outsourcing Kurir dalam Bisnis Ekspedisi

Meningkatnya jual beli online ini membuka peluang lapangan kerja terutama di layanan ekspedisi. Beberapa tahun terakhir ini jasa ekspedisi selalu kebanjiran pekerjaan, terutama ketika promo online sedang berlaku. Supaya barang yang dipesan sampai tujuan tepat waktu maka pegawai ekspedisi memerlukan banyak sekali kurir yang mampu menyelesaikan pesanan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan ekspedisi pun membuka penawaran kerja berupa lowongan sebagai kurir. Supaya bisa mendapatkan kurir yang efisien dan bisa terpenuhi dalam waktu cepat, menggunakan jasa outsourcing kurir menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebelum membahas lebih jauh mengenai jasa penyedia outsourcing kurir ini, simak penjelasan mengenai profesi kurir terlebih dulu.

Pengertian Kurir

Pengertian Kurir
Pengertian Kurir

Kata kurir berasal dari bahasa asing, di mana dalam bahasa Inggris disebut courier, dalam bahasa Prancis courrier/coursier. Kata ini memiliku arti sebagai perusahaan atau perseorang yang memiliki tugas dalam mengirimkan pesan, paket, atau surat dalam jumlah kecil hingga sedang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan jalur darat, laut maupun udara sehingga kurir dikenal juga dengan sebutan jasa ekspedisi.

Sekali pun begitu, masyarakat awan lebih mengenal istilah kurir untuk orang yang benar-benar mengirimkan barang tersebut dari tempat jasa ekspedisi ke tempat tujuan. Pemahaman tersebut pun tidak sepenuhnya salah karena itu termasuk dari sebagian pengertian kurir itu sendiri. Jadi tidak ada salahnya jika orang yang mengantarkan barang atau pesan disebut sebagai kurir.

Tugas dan Fungsi Kurir

Mungkin ada yang sedikit bingung untuk membedakan layanan kurir dan layanan pos biasa. Layanan pos biasa memang bisa mengirimkan surat, paket serta barang. Hanya saja jika bicara mengenai kecepatan, maka pihak pos bukan sesuatu yang bisa diandalkan. Untuk layanan cepat, kurir adalah layanan yang tepat sehingga tidak heran saat ini jasa outsourcing kurir pun semakin berkembang pesat di tengah persaingan ketat.

Bukan hanya mengutamakan kecepatan saja, layanan jasa kurir pun mengutamakan keamanan barang yang diantar. Oleh karena itu, selalu dilakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai barang yang akan dikirim sehingga penanganan yang diberikan pada setiap barang yang dikirimkan pun berbeda. Selain itu, kurir juga memilki sistem pelacakan sehingga bisa diketahui sudah sejauh mana barang yang dikirim.

Baca juga :   Bekerja di Penyalur Tenaga Kerja Outsourcing

Apalagi saat ini ada aplikasi yang dibuat khusus oleh penyedia jasa ekspedisi ini untuk memudahkan pengguna jasa kurir dalam melacak barang hingga mencari tahu jenis layanan apa yang disediakan dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Jika menggunakan aplikasi belanja online pun akan langsung muncul biaya sesuai dengan kota tujuan juga tracking dari paket yang dikirimkan.

Beberapa fitur lain yang biasanya disediakan jasa ekspedisi atau kurir ini adalah adanya spesialisasi jasa angkutan dan individualisasi layanan kilat (bisa juga ditemukan pada layanan pos kilat). Tentu saja, konsekuensi dari layanan ini adalah biaya pengiriman yang lebih mahal dari jasa pos biasa. Meski begitu, saat ini jasa kurir tetap lebih banyak digunakan saat ini dan meningkatkan demand jasa outsourcing kurir.

Jasa kurir bahkan jangkauannya lebih luas dan bisa mengembangkan ke luar negeri tidak seperti layanan pos yang hanya berlaku di skala nasional saja. Di era yang serba cepat ini tidak heran jika jasa kurir semakin banyak digunakan dan lebih banyak dipilih oleh para pengguna jasa pengiriman. Barang bisa lebih cepat sampai di tempat tujuan dalam keadaan yang keamanannya terjaga sehingga sampai dengan selamat.

Kenapa Rekrut Kurir dari Penyedia Jasa Outsourcing Kurir ?

Kenapa Rekrut Kurir dari Penyedia Jasa Outsourcing?
Kenapa Rekrut Kurir dari Penyedia Jasa Outsourcing?

Jasa ekspedisi tidak hanya terdiri dari kurir atau pengantar barang saja tapi ada tim manajemen tersendiri yang membuat semua pengiriman berjalan. Akan tetapi, tim manajemen dari jasa ekspedisi biasanya adalah pekerja tetap yang membuat segala peraturan, membuat kebijakan serta membuat produk layanan baru supaya tetap bisa digunakan dan dikembangkan menjadi layanan yang lebih baik. Jika anda membutuhkan Jasa outsourcing yang berhubungan logistik silahkan menuju halaman berikut: https://myrobin.id/logistik/

Akan tetapi, untuk kurir atau orang yang mengantarkan barang ke penerima langsung bisa dicari dari tenaga outsourcing yang hanya terlibat kontrak dalam waktu tertentu. Ini bisa jadi keringanan tersendiri bagi perusahaan jasa ekspedisi. Untuk lebih lanjut, berikut beberapa alasan kenapa jasa outsourcing kurir banyak dipilih oleh penyedia jasa ekspedisi yang ada di Indonesia.

Menghemat Anggaran untuk Melakukan Pelatihan

Sekali pun untuk menjadi seorang kurir atau pengantar itu mudah karena hanya perlu mengantarkan barang saja tapi pengantaran barang pun tidak bisa sembarangan. Para calon kurir tersebut harus dilatih terlebih dulu bagaimana cara mengatasi barang yang akan dikirimkan, mempelajari rute perjalanan serta melakukan tugas lainnya, apalagi jika melayani penjemputan barang yang akan dikirim baik untuk keperluan toko online atau pengiriman pribadi.

Baca juga :   9 Fungsi Outsourcing untuk Pengembangan Bisnis

Dengan mencari kurir dari penyedia jasa outsourcing, para pemilik jasa ekspedisi bisa menghemat anggaran untuk melakukan pelatihan tersebut. Selain itu, pemilik jasa ekspedisi juga bisa langsung menggunakan tenaga pegawai atau kurir secara langsung tanpa perlu menunggu pelatihan lagi di tempat hanya perlu memperkenalkan garis besar pekerjaan yang harus dilakukan selama bekerja menjadi kurir di ekspedisi tersebut.

Mengurangi Beban Rekrutmen Kurir Baru

Untuk mendapatkan pegawai kurir baru maka akan dibuka perekrutan. Akan tetapi, proses ini biasanya memakan waktu yang panjang dan lama. Sedangkan kebutuhan akan pegawai ingin cepat maka di sinilah jasa outsourcing kurir dibutuhkan. Proses panjang perekrutan atau seleksi kurir baru semuanya akan dilakukan oleh penyedia jasa outsourcing tersebut.

Pelaku jasa ekspedisi akan mendapatkan hasil akhir dari proses panjang perekrutan ini. Tentunya para kurir ini adalah yang sudah terpilih, mendapatkan pelatihan dan diberikan pengetahuan sekitar pekerjaan yang akan dilakukan. Target mendapatkan kurir baru yang bisa diandalkan akan tercapai tanpa harus mengalami beban perekrutan yang bisa menguras banyak waktu, tenaga juga dana.

Tim Manajemen Bisa Fokus pada Pengelolaan Perusahaan Ekspedisi

Dengan mempercayakan pencarian dan pelatihan kurir pada penyedia pegawai outsourcing, tim manajemen bisa lebih fokus dalam menjalankan perusahaan ekpedisi. Apabila pengelolaannya bisa berjalan dengan baik maka semua layanan yang disediakan juga bisa berjalan dengan lebih baik lagi. Mutu layanan yang terjamin bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan ekspedisi.

Dalam duni ekspedisi, pengiriman barang adalah bisnis utama yang dilakukan namun jika manajemennya tidak dijalankan dengan baik maka sistem pengiriman yang terbentuk pun bisa berjalan di luar jalur yang sudah ditentukan. Pembimbingan pegawai baru oleh jasa outsourcing kurir bisa membantu mewujudkan jasa ekspedisi yang berhasil dan sukses serta dipercaya oleh banyak pengguna.

Kekurangan Penggunaan Tenaga Outsourcing untuk Menjadi Kurir

Sekali pun penggunaan jasa perusahaan outsourcing sangat membantu dalam industri ekspedisi, ternyata ada juga kekurangan dari penggunaan jasa perusahaan penyedia pekerja alih daya ini. Kekurangannya ini bisa disebut sebagai nilai tambah bisa juga dianggap sebagai nilai minus tergantung dari sudut mana Anda melihatnya dan bagaimana cara menyikapi kekurangan tersebut.

Salah satu kekurangan dan rentan terjadi di perusahaan yang mempekerjakan pegawai outsourcing adalah adanya kemungkinan kebocoran informasi perusahaan. Akan tetapi, karena kurir sebagian besar bekerja antara bagian gudang dan ke penerima kiriman, resiko adanya kebocoran informasi ini bisa dikatakan minim pada perusahaan penyedia jasa ekspedisi, berbeda ceritanya jika di perusahaan yang bergerak di bidang lain.

Baca juga :   Wajib Anda Ketahui, Hak Karyawan Outsourcing

Hal yang sangat berpengaruh pada jasa ekspedisi dari penggunaan jasa outsourcing kurir adalah masa kontrak yang terbilang singkat. Dengan masa kontrak kerja sama antara perusahaan ekspedisi dan perusahaan outsourcing mengharuskan keduanya sering melakukan pembaharuan kontrak. Hal ini lebih tepatnya merepotkan pihak yang menggunakan tenaga kerja alih daya.

Sekali pun akan memutus, menyudahi atau tidak melanjutkan kontrak dengan perusahaan outsourcing sebelumnya, perusahaan jasa ekspedisi harus memulai kerja sama baru dengan perusahaan outsourcing lain. Ini akan memerlukan proses lama lagi karena belum tentu perusahaan penyedia tenaga kerja alih daya yang baru bisa menyediakan tenaga kerja yang diinginkan atau dibutuhkan seperti yang dipenuhi perusahaan sebelumnya.

Kekuarangan yang ketiga adalah adanya kemungkinan untuk menimbulkan ketergantungan pada tenaga outsource. Kemungkinan ini bisa timbul apabila perusahaan outsource yang dipilih memiliki suatu sistem atau cara kerja yang tidak dibuka secara umum atau dirahasiakan sehingga mau tidak mau membuat perusahaan kurir atau perusahaan lain yang membutuhkan mau tidak mau kembali menggunakan tenaga outsource.

Mempekerjakan pegawai outsource memang tidak bisa dipungkiri akan sangat membantu terutama menyelesaikan pekerjaan tertentu yang membutuhkan tenaga kerja tambahan pada waktu-waktu tertentu. Jasa outsourcing kurir bisa sangat berguna ketika masa puncak pengiriman sedang berlangsung. Pekerjaan jadi mudah selesai dan para kurir tidak perlu lembur supaya target pengiriman tercapai.

Untuk mendapatkan tenaga kurir alih daya seperti ini kini sudah semakin mudah. Anda tidak perlu repot-repot mencari perusahaan outsource yang mungkin sulit di temukan di tempat Anda. Saat ini, semua bisa dengan mudah ditemukan melalui internet dengan mencari situs perusahaan penyedia pegawai outsource yang Anda perlukan dan Anda pun akan mendapatkan pegawai yang dibutuhkan.

Salah satu situs penyedia pekerja outsourcing terpercaya dan sudah mempekerjakan hingga jutaan pegawai outsourcing serta melayani berbagai perusahaan yang membutuhkan berbagai tenaga khusus, seperti kurir, adalah MyRobin.id. Situs ini bisa Anda akses dengan mudah melalui ponsel atau komputer Anda dan untuk mendapatkan pegawai yang dibutuhkan hanya perlu membuat iklan pencarian tenaga kerja yang dibutuhkan pada situs tersebut.

Lalu, bagaimana dengan proses selanjutnya? Proses selanjutnya akan dilakukan oleh tim MyRobin, mulai dari pengumpulan berkas, seleksi, wawancara pengurusan ketengakerjaan lainnya. Anda hanya tinggal menerima dan mempekerjakan pegawai yang sudah terpilih dan pembayaran dilakukan ke pihak penyedia jasa outsourcing kurir MyRobin.id untuk kemudian diteruskan ke pegawai yang sudah Anda gunakan jasa atau layanannya.

Mau Rekrut Kurir? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X