Pengertian apa itu sales marketing dan tugasnya – Fungsi dari seorang sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjualkan produk dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, seorang sales harus memiliki kemampuan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pengertian Apa Itu Sales Marketing dan Tugasnya

Pengertian apa itu sales marketing dan tugasnya – Fungsi dari seorang sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjualkan produk dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, seorang sales harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik kepada konsumen untuk bisa menjajakan produknya dengan lebih mudah.

Kemampuan berkomunikasi yang baik ini tentunya sangat dibutuhkan dan harus disesuaikan dengan waktu, tempat, dan karakter dari konsumen yang sedang diajak berkomunikasi. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat ketika seorang sales harus menghadapi beberapa konsumen sekaligus dengan karakter dan keinginan yang berbeda-beda.

Cara penyampaian yang baik tentunya sangat diperlukan untuk bisa membuat orang lain merasa tidak dirugikan, dan masalah apapun yang sedang dihadapi bisa terselesaikan dengan cepat.

Berkomunikasi sendiri bisa Anda lakukan dengan berbagai cara, tergantung dengan kondisi dan situasi yang sedang dihadapi saat itu. Hal yang paling penting adalah bagaimana caranya untuk bisa menyampaikan maksud dan tujuan dengan baik agar bisa dimengerti oleh konsumen dengan baik pula.

Ketika proses transaksi yang terjadi bisa menjadi sebuah transaksi yang berkelanjutan, dan menghasilkan permintaan yang terjadi secara terus menerus, maka pekerjaan pun akan dilakukan oleh sekelompok tenaga penjual. Dan inilah yang disebut dengan apa itu sales marketing.

Sekelompok tenaga penjual ini pun sering disebut dengan salesman. Namun, bukan berarti bahwa seorang salesman ini hanya dibekali dengan pengetahuan seputar pengiriman barang saja, melainkan juga akan diberikan pengetahuan seputar produk knowledge serta bagaimana caranya untuk menjaga kepuasan dari konsumen.

Kepuasan ini harus diberikan secara lengkap, mulai dari proses distribusinya, memperhatikan efektif call, drop size, dan masih banyak lagi lainnya. Hal inilah yang kemudian menghadirkan sebuah pemikiran untuk menggabungkan antara pekerjaan sales dan marketing menjadi satu.

Namun tentunya ada hal yang membedakan antara kedua posisi tersebut, dimana seorang marketer akan bisa menjalankan fungsi dari seorang salesman sekaligus, sementara salesman belum tentu bisa mengemban fungsi dari marketer sekaligus.

Penjelasan Tentang Sales Marketing

Penjelasan Tentang Sales Marketing
Penjelasan Tentang Sales Marketing

Apa itu sales marketing bisa Anda pahami sebagai suatu bagian yang memang ditugaskan untuk memasarkan sekaligus menjual produk dari sebuah perusahaan. Adapun tanggung jawab yang diemban oleh seorang sales diantaranya adalah untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang sedang ditawarkan merupakan produk yang memang dibutuhkan.

Selain itu, sales juga bertugas untuk mendistribusikan produk dari tempat pembuatan ke tempat penjualan. Sales juga akan melakukan penjualan sekaligus dengan mengiklankan produk tersebut.

Baca juga :   Ingin Menjadi Kurir yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Sementara untuk tanggung jawab dari seorang marketer diantaranya adalah untuk melakukan riset terhadap pasar, membuat penelitian terhadap produk yang akan dipasarkan, mengembangkan produk baru, menyusun anggaran pemasaran produk, hingga membuat kebijakan terkait dengan penetapan harga dari produk yang dipasarkan.

Tugas Sales Marketing

Tugas Sales Marketing
Tugas Sales Marketing

Kegiatan penjualan produk merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang yang disebut apa itu sales marketing. Hal yang wajib ada pada diri seorang sales marketing adalah kemampuannya dalam berbahasa yang santun serta perilakunya yang sopan.

Hal ini disebabkan karena sales marketinglah yang akan berinteraksi secara aktif dengan konsumen atau para pelanggan. Penguasaan komunikasi dan perilaku dari sales juga bisa diperoleh dari pelatihan dan pengalaman yang cukup.

Harapan  akhir dari sebuah perusahaan terkait kecepatan penjualan akan dipengaruhi dari sales marketing yang bekerja. Jika kinerja sales tidak baik, maka akan berpengaruh terhadap proses produksinya. Keterlambatan proses ini juga diakibatkan oleh stok yang masih tersedia.

Maka dari itu, sebaiknya penuhi apa yang menjadi keinginan dari para pelanggan untuk membuat penjualan lebih mudah dilakukan dan bisa berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa mulai mempromosikan produk Anda untuk mempertahankan konsumen lama dan menambah konsumen baru.

Apa itu sales marketing memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap jumlah produk yang bisa terjual dalam suatu periode yang telah ditetapkan. Untuk lebih memahaminya, berikut ini akan dijelaskan beberapa tugas dari seorang sales marketing yang perlu Anda ketahui.

Aktif Mencari Konsumen

Menentukan target pasar harus dilakukan dengan konsep bisnis yang telah dipikirkan secara matang. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda ketika produk sudah mulai siap untuk dipasarkan.

Waktu kerja dari seorang sales juga akan dimulai setelah beberapa waktu berjalan sebelum proses produksinya selesai dilakukan. Seorang sales juga bertugas untuk menyampaikan atau menginformasikan kepada masyarakat perihal produk yang telah diproduksi oleh sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu, apa itu sales marketing juga harus bisa membuat konsumen merasa penasaran dan tertarik terhadap produk yang ditawarkan dengan cara memberikan info terkait dengan keunggulan dari produk tersebut.

Sales juga bertugas untuk memantau lokasi dimana lokasi yang prospek untuk mendapatkan konsumen yang banyak. Anda juga bisa menentukan lokasi berdasarkan wilayah dan bisa mulai menyebar banyak sales pada masing-masing tempat yang sudah ditentukan tersebut.

Berlakukan sistem rolling ketika seorang sales masih belum bisa mencapai target pada area tertentu. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai bentuk penyegaran dan pembaruan strategi. Anda juga bisa menyesuaikan cara promosi dengan kondisi dari lokasi yang sedang dijajaki saat itu.

Baca juga :   Jangan Anggap Sepele, Berikut Indikator Penilaian Customer Service Yang Perlu Anda Perhatikan

Sebaiknya Anda kenali secara singkat terkait sifat masyarakat yang ada di daerah tersebut. Hal ini merupakan awal penentuan strategi. Secara umum, sifat konsumtif tentunya akan lebih mudah untuk menerima produk baru jika dibandingkan dengan masyarakat yang sudah terbiasa dengan hidup sederhana.

Hal ini juga dipengaruhi oleh pelanggan yang selalu selektif terhadap adanya pengeluaran yang membutuhkan tenaga ekstra dari para sales untuk memperkenalkan produk secara lebih detail dan meyakinkan. Yakinkan konsumen bahwa produk yang sedang Anda tawarkan tersebut memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan produk lainnya.

Merekap Hasil Penjualan

Tugas dari yang disebut dengan apa itu sales marketing selanjutnya adalah merekap hasil penjualan. Perlu diketahui bahwa data dari hasil penjualan harus disusun dengan rapi, detail, dan terperinci. Hal ini tentu akan mempermudah pihak lain saat akan menganalisa hasil penjualannya.

Nantinya, proses evaluasi pun akan dilakukan atas dasar hasil rekapan yang sudah dibuat tersebut. Selanjutnya, rekapan tersebut pun akan digunakan untuk menilai ketepatan dari strategi sales tersebut. Cara promosi yang tepat tentunya akan meningkatkan penjualan dari waktu ke waktu.

Dalam mewujudkan visi misi yang baik, maka dibutuhkan kerjasama team yang solid. Sales pun harus saling membantu dan tidak diperbolehkan untuk memelihara egonya. Prestasi seorang sales tentunya tidak akan tercermin dengan seberapa banyak jumlah produk yang berhasil dipasarkan, namun akan dilihat secara global.

Hal ini tentu akan membantu sales lain untuk meringankan beban anggota sales marketing yang ada dalam sebuah team. Oleh karenanya, akan dibutuhkan kerjasama yang baik dan tidak saling merugikan.

Memberikan Jaminan Kepuasan

Tugas dari apa yang disebut dengan apa itu sales marketing berikutnya adalah untuk menjamin kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan ini akan ditunjukkan dari manfaat yang dihasilkan dari produk sesuai dengan informasi sales ketika sedang mempromosikan produk tersebut.

Jelaskan terkait detail produk kepada konsumen agar konsumen pun tidak merasa tertipu setelah membeli produk tersebut. Bisa ada suatu unsur dari produk yang tidak atau belum Anda sampaikan, maka akan berdampak pada kerugian dan mengakibatkan kekecewaan konsumen.

Jangan pernah menganggap bahwa ini merupakan masalah sepele. Dengan rasa kecewa dari konsumen tentu akan menumbuhkan ketidakpercayaan kembali pada produk Anda. Akan sangat sulit rasanya untuk menumbuhkan rasa percaya lagi terhadap konsumen yang sudah pernah kecewa dengan pelayanan dari produk yang Anda tawarkan.

Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan memberikan garansi yang mana bisa dijadikan sebagai upaya antisipasi untuk mencegah timbulnya kerugian yang diakibatkan oleh lalainya perusahaan itu sendiri. Berikan jaminan kepada pelanggan dengan bukti buku garansi untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Baca juga :   Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar

Mencari Mitra Kerja

Tugas selanjutnya dari apa itu sales marketing adalah mencari mitra kerja yang baik untuk mengembangkan bisnis Anda agar lebih berkembang dengan lebih besar. Menggandeng pihak lain tentunya bisa meningkatkan penjualan produk Anda sehingga dapat mempercepat proses penjualan produk.

Hal ini tentunya harus dilakukan dengan mendapatkan persetujuan dari hasil diskusi antara pihak lain dengan sales yang sudah ditugaskan. Perlu diingat bahwa kerjasama yang terjalin ini haruslah bisa saling menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Mitra dari sales marketing ini bisa berasal dari berbagai kalangan, baik itu berasal dari kalangan lembaga keuangan, maupun jasa pengiriman barang. Anda juga harus melakukan negosiasi atau musyawarah terhadap adanya bagi hasil sebelum memulai kerjasama bisnis tersebut.

Sebaiknya, buatlah perjanjian hitam diatas putih yang mana dilengkapi dengan penandatanganan berkas yang berlandaskan materai. Sebaiknya Anda tetap waspada terhadap mitra kerja baru untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan terjadi.

Menyusun Strategi Lanjutan

Tugas dari apa itu sales marketing yang terakhir adalah menyusun strategi lanjutan. Penyusunan ini tentunya menjadi tanggung jawab dari seorang sales marketing bila anjuran cara yang diberikan oleh perusahaan tetap tidak bisa mencapai target penjualan yang sudah ditentukan.

Ketentuan yang sebelumnya telah disepakati bersama pun bisa Anda modifikasi agar sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan. Karena perlu Anda ketahui bahwa teori yang diberikan sewaktu briefing tidak selalu sama dengan apa yang akan dihadapi di lapangan.

Namun perlu Anda ingat bahwa proses modifikasi ini bisa Anda lakukan asal tidak mengubah total apa yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan arahan dari perusahaan. Ingat untuk hanya memberikan inovasi atau menambahkan modifikasi saja, dan tidak mengubah ketentuan secara total.

Inilah penjelasan panjang terkait dengan apa itu sales marketing dan apa saja tugas yang harus dilakukan. Tentunya memang antara sales dan marketing memiliki perbedaan yang cukup signifikan, sesuai dengan penjelasan yang sudah dijabarkan sebelumnya.

Namun, dalam penjelasan kali ini dijabarkan tentang keseluruhan dari sales marketing yang bisa dijadikan menjadi satu kesatuan, sehingga bisa memberikan hasil yang lebih maksimal, baik terhadap pemasaran maupun penjualan produknya.

Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda, dan bisa menjadikannya sebagai informasi tambahan untuk Anda yang masih awam apakah yang disebut dengan sales marketing ini. 

Sedang Cari Sales Profesional? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X