Pahami Pentingnya Sales Funnel untuk Giring Calon Pembeli Anda
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Pahami Pentingnya Sales Funnel untuk Giring Calon Pembeli Anda

Pahami Pentingnya Sales Funnel untuk Giring Calon Pembeli Anda – Setelah memutuskan membuka toko online Anda entah itu dengan mulai mengenalkannya melalui media sosial, membangun web toko online Anda sendiri ataupun bergabung dengan suatu marketplace hal yang tentunya menjadi keinginan Anda selanjutnya adalah datangnya pembeli di toko Anda bukan?

Baik itu terjualnya produk ataupun dipakainya jasa yang ditawarkan transaksi inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh pemilik toko online. Anda pasti sudah melakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memancing pembeli melirik produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Mulai dari membuat foto produk atau jasa dengan menarik dan komunikatif. Sampai berbagai penerapan strategi pemasaran pun Anda terapkan.

Pahami Pentingnya Sales Funnel untuk Giring Calon Pembeli Anda
Pahami Pentingnya Sales Funnel untuk Giring Calon Pembeli Anda

Setelah melalui proses-proses yang demikian panjangnya dan belum ada pembeli yang terpikat dengan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan tentu saja hal ini membuat Anda kebingungan bukan? Kalau iya, berarti sudah saatnya Anda untuk mencari tahu apa itu sales funnel dan pentingnya sales funnel bagi toko Anda!

Mulailah dengan memahami terlebih dahulu apa pengertian dari sales funnel itu sendiri. Sales funnel diartikan sebagai proses yang terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan penjualan atau transaksi di toko Anda. Nah, apabila tahapan-tahapan ini dilalui dengan baik maka akan berakhir dengan terjualnya produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

Wah, menarik bukan? Kebanyakan pemilik toko online tidak menyadari adanya hal yang seperti ini sebelumnya. Karena mereka hanya terfokus untuk mempercantik produk atau jasa yang mereka tawarkan dan melakukan promosi besar-besaran. Begitu pentingnya sales funnel ini dapat menjadikan usaha-usaha Anda sia-sia jika tidak memahaminya dengan baik. Simaklah uraian berikut agar Anda tidak salah langkah!

Apa saja tahapan-tahapan dari sales funnel?

Sales Funnel
Sales Funnel

Tahap pertama adalah awareness atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kesadaran. Kesadaran yang dimaksudkan disini adalah kesadaran dari calon pembeli Anda kalau mereka membutuhkan produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Dan setelah mereka menyadari hal tersebut mereka Akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan itu. 

Kemudian calon pembeli akan mulai berdatangan dari berbagai akses yang sudah dipromosikan sebelumnya. Inilah pentingnya sales funnel dipelajari oleh pemilik toko online. Dengan mengetahui tahapan awareness atau kesadaran ini Anda bisa mengakali promosi produk Anda agar pembeli tidak hanya membiarkannya lewat melainkan memiliki keinginan untuk berkunjung ke toko online Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya seperti apa menerapkan tahapan ini pada proses promosi yang Anda lakukan. Mudah saja, tahapan ini adalah tahapan dimana pembeli mulai tertarik pada produk atau jasa Anda karena merasa dia membutuhkannya. Jadi, untuk menerapkannya Anda hanya perlu menonjolkan bahwa produk atau jasa yang Anda jual dapat mengatasi permasalahan yang dialami oleh calon pembeli Anda.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Pramuniaga

Tahapan kedua yang ada dalam mempelajari pentingnya sales funnel adalah interest atau ketertarikan. Apabila di tahap pertama mereka sudah mulai sadar akan adanya produk atau jasa Anda dan mulai tertarik untuk mengunjungi toko online Anda. Maka tertarik yang dimaksudkan disini adalah sampai pada tahap dimana calon pembeli Anda bertanya-tanya tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Semakin lama Anda akan semakin dekat dengan terjualnya sebuah produk atau jasa Anda! Nah, ketika mereka mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar produk atau jasa Anda disinilah kesempatan besar bagi Anda untuk mencari tahu masalah-masalah apa yang dimiliki oleh calon pembeli Anda sebelum memutuskan untuk membeli. Catatlah dengan baik, karena bisa jadi bahan untuk memperbaiki produk atau jasa yang saat ini Anda miliki. 

Selain itu, ketika seorang calon pembeli sudah berani mengajukan pertanyaan pasti mereka ingin membeli hanya saja ada beberapa keraguan yang mereka miliki. Nah, sudah menjadi tugas Anda sebagai pemilik toko untuk menghapus keraguan-keraguan tersebut. Dengan begitu niat untuk membeli barang atau jasa Anda semakin mantap.

Tidak begitu sulit bukan untuk memahami pentingnya sales funnel bagi toko online Anda? Sekarang saatnya tahap ketiga, yaitu decision atau keputusan. Kesuksesan Anda menghapuskan keraguan-keraguan pembeli dengan baik akan mengantarkan pembeli pada tahap ini. Yaitu tahap dimana mereka akan memutuskan akan membeli produk atau jasa Anda ataukah tidak. 

Pada tahapan ini yang perlu Anda lakukan adalah memberikan rasa kepercayaan pada calon pembeli atas produk atau jasa Anda. Karena setelah pertanyaan yang mereka ajukan selesai disitu berarti informasi yang mereka butuhkan tentang produk atau jasa Anda sudah terpenuhi. Untuk mendorong mereka agar memutuskan membeli adalah memberikan testimoni atau bukti bahwa produk Anda terpercaya dan berkualitas. 

Seorang calon pembeli akan semakin yakin dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan apabila Anda memberikan ulasan kepuasan dari pembeli sebelumnya. Karena seorang pembeli tidak akan membeli tanpa tahu apakah produk atau jasa yang Anda tawarkan itu terpercaya dan benar-benar berkualitas. Dengan demikian keputusan produk atau jasa Anda dibeli sudah didepan mata. 

Tahapan yang paling mendebarkan dalam mempelajari pentingnya sales funnel akhirnya tiba. Tahap action atau tindakan. Pada tahap ini pembeli akan melakukan proses pembelian. Jika di marketplace atau e-commerce pembeli akan menekan tombol pembelian dan memasukkan berapa jumlah barang atau jasa yang mereka beli. 

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Operator Produksi

Jika toko online Anda hanya ada di media sosial maka bersiaplah. Sebentar lagi Anda akan mendengar kata-kata bak oase dari pembeli Anda! Siapkan balasan yang membuat mereka merasa mereka telah melakukan keputusan terbaik dalam hidupnya selama ini. Perasaan ini akan membuat pembeli Anda merasakan kepuasan tersendiri saat menerima produk atau jasa Anda.

Kalau tahap tindakan adalah tahap yang mendebarkan bagi Anda. Maka tahap yang terakhir dalam mempelajari pentingnya sales funnel ini akan menjadi tahap yang menyenangkan bagi Anda. Dan mampu membuat Anda senyum-senyum bangga pada diri Anda! Tahapannya adalah purchase atau pembayaran. 

Akhirnya produk atau jasa Anda menarik minat pembeli sampai mereka memutuskan untuk membelinya. Nah, sekarang siapkan produk atau jasa Anda yang dibeli. Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama dan biarkan mereka membuktikan sendiri kualitas dan manfaat produk atau jasa Anda dalam mengatasi masalah yang mereka miliki.

Sudah Tahu Apa Itu Sales funnel, Maka Saatnya untuk Menerapkannya!

Mari kita lanjutkan pelajaran kita tentang pentingnya sales funnel pada proses selanjutnya. 

Setelah mempelajari apa saja tahapan-tahapan yang ada dalam sales funnel sekarang saatnya Anda tahu bagaimana cara menerapkan sales funnel itu sendiri pada toko online yang Anda kelola. Simaklah tahapan-tahapannya dengan baik ya, jangan sampai ada yang terlewat!

Penerapan Sales funnel
Penerapan Sales funnel

Tahapan pertamanya adalah prospek. Tahapan ini adalah penting dimana Anda harus pandai-pandai membaca prospek kedepannya dari produk atau jasa yang Anda miliki. Mengapa harus demikian? Karena agar kesempatan produk atau jasa Anda dibeli tentunya promosi dan penawaran harus berada pada orang yang tepat. 

Orang yang tepat disini merujuk pada ditujukan kepada siapa produk atau jasa Anda. Dengan mengetahui hal ini akan mempermudah Anda dalam mempersiapkan promosi dan memperhitungkan dimana saja Anda harus melakukan promosi tersebut. Karena jika tidak, bisa-bisa Anda salah mengiklankan produk atau jasa ditempat yang tidak mungkin ada orang yang meminati produk atau jasa Anda.

Selanjutnya Anda akan berada pada tahap kualifikasi. Pada tahapan ini Anda akan mengeliminasi para calon pembeli yang sekiranya tidak mungkin membeli produk atau jasa Anda. Sehingga Anda tidak perlu membuang waktu pada pembeli yang tidak akan membeli produk atau jasa Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan mencantumkan spesifikasi produk atau jasa dan harga dengan jelas.

Pelajaran pentingnya sales funnel akan dilanjutkan pada tahap penawaran. Pada tahapan ini Anda harus pandai-pandai menawarkan produk atau jasa Anda dengan baik melalui iklan-iklan yang akan dilihat calon pembeli hingga mereka akhirnya merasa penawaran yang Anda berikan benar-benar menguntungkan dan harus mereka ambil saat itu juga.

Baca juga :   Memahami Motivasi Kinerja dan Cara Meningkatkannya

Setelah calon pembeli mengambil penawaran yang Anda berikan, maka akan sampai pada tahap negosiasi. Pada tahapan ini pembeli akan mempertanyakan harga yang Anda tawarkan kepada mereka, apakah sesuai dengan produk atau jasanya ataukah tidak. Bisa juga pembeli menginginkan produk atau jasa Anda dengan harga dibawah yang Anda tawarkan. 

Disinilah saatnya Anda untuk membeberkan keunggulan-keunggulan dari produk atau jasa Anda sehingga harga yang Anda tawarkan sudah sangat tepat untuk hal tersebut. Lebih baik lagi pada proses pentingnya sales funnel ini, Anda juga dapat membuat pembeli Anda merasa harga yang Anda tawarkan sangat terjangkau jika dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh.

Tahapan akhir dari penerapan sales funnel adalah tahap pembelian. Apabila Anda mampu membawa calon pembeli Anda sampai pada tahapan ini sama artinya kalau strategi yang Anda terapkan berhasil. Dan pembeli Anda merasa bahwa produk atau jasa Anda adalah keputusan yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mereka.

Namun tentu saja perjuangan Anda tidak sampai disini saja. Setelah Anda sukses membawa pembeli pada toko Anda dengan mempelajari pentingnya sales funnel maka yang perlu Anda lakukan adalah membuat pembeli itu kembali melakukan pembelian produk atau jasa di toko Anda

Sehingga dengan begitu Anda toko Anda akan selalu kebanjiran pesanan. Langkah awalnya adalah membuat mereka puas dengan pembelian pertama mereka. Jadi pastikan kalau kualitas dan kondisi produk atau jasa Anda sebelum mengirimkannya pada pembeli ya! Dengan begitu apabila pembeli Anda membutuhkan produk atau jasa yang serupa mereka akan melakukan repeat order di toko Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan berbagai diskon bagi pembeli Anda yang melakukan repeat order. Dan tentunya jangan lupa untuk selalu menerapkan apa yang Anda pelajari dari pentingnya sales funnel pada toko Anda kedepannya. Sehingga toko Anda akan terus menjaring pembeli baru dan berhubungan baik dengan pembeli langganan.

Demikianlah pembahasan dari pentingnya sales funnel yang dapat Anda pelajari. Setelah mengetahuinya tidak sulit bukan untuk meningkatkan penjualan toko Anda melalui penerapan sales funnel? Pastikan Anda memahami dengan baik setiap tahapan-tahapan yang ada! Dan jangan lupa untuk selalu memanjakan pembeli Anda dengan diskon!

Sedang Cari Sales Profesional? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X