Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya

Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya – Interview atau wawancara bukan sebuah interogasi yang dilakukan oleh pihak pewawancara. Meskipun mempunyai sedikit kemiripan yaitu pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan yang membingungkan dan sulit dirancang untuk mencari tahu tentang diri Anda yang sebenarnya.

Bahkan walaupun ada telah mempersiapkan segala sesuatunya dan berlatih sekalipun, akan tetap akan tetap muncul beberapa pertanyaan yang sedikit menantang. Pelayanan merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan hati konsumen. Setelah mendapatkan kepuasan dari para pelanggan tersebut, maka kesetetiaan atau loyalitas pun akan turut meningkat, yang bisa membuat perusahaan mempunyai daya saing yang kuat.

Misalnya ketika Anda telah selesai melamar, Anda sedang melamar pekerjaan, menyesuaikan resume Anda, serta menulis surat lamaran kerja. Lalu Anda mengirimkan aplikasi lewat sebuah email sambil berdoa dan berharap agar Anda mendapatkan tanggapan. Kemudian pada akhirnya Anda mendapatkan itu, Anda menerima undangan untuk wawancara.

Tentunya Anda mungkin saja gugup  serta bertanya-tanya bagaimana pertanyaan interview customer service yang mungkin diajukan oleh seorang pewawancara.

Anda mungkin telah membaca banyak tips menyiapkan wawancara kerja umum kemudian bersiap untuk pertanyaan pewawancara yang sifatnya lebih universal. Hal ini bagus, namun bagaimana dengan spesifikasinya? Apa yang sebenarnya bisa Anda harapkan dari wawancara kerja customer service?

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kepuasan setiap pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan  oleh sebuah perusahaan, contohnya ialah citra customer service. Customer service inilah yang akan mencerminkan dan menjadi penentu bagaimana image sebuah perusahaan.

Dalam melakukan tugasnya tersebut, seorang customer service akan berhadapan langsung dengan pelanggan baik dengan tatap muka ataupun tidak berhadapan secara langsung. Mereka akan melayani keluhan serta menjawab pertanyaan yang dikirimkan oleh pelanggan misalnya melalui surat, email, telepon, maupun chatting.

Oleh sebab itu, mempunyai tim layanan pelanggan yang handal adalah prioritas utama setiap perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan tim customer service yang unggul serta memiliki personal yang cakap.

Beberapa persyaratan wajib yang biasanya menjadi pertimbangan mengikuti wawancara pelayanan konsumen ialah seseorang yang mempunyai penampilan menarik, memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, bersikap ramah dan penyabar, memahami ilmu tentang psikologis manusia, serta yang paling penting ialah menguasai informasi terkait produk secara lengkap.

Baca juga :   Apa Itu Telemarketing? Berikut Penjelasannya untuk Anda

Pertanyaan Interview Customer Service

Pertanyaan Interview Customer Service
Pertanyaan Interview Customer Service

Mempersiapkan ha-hal tersebut di atas mungkin tidak cukup mudah. Namun, Anda bisa mempersiapkan diri Anda dengan baik sebelum melakukan wawancara dan mempelajari beberapa pertanyaan interview customer service agar bisa lancar saat Anda menjalani wawancara kerja tersebut.

1. Layanan pelanggan atau customer service menurut Anda?

Ini adalah pertanyaan dasar yang paling banyak muncul pada saat wawancara customer service karena bisa memungkinkan pemberi kerja melihat filosofi dan pola pikir apa yang akan Anda bawa ke posisi tersebut.

Umumnya pertanyaan ini hendak mengetahui mengapa Anda tertarik dengan customer service. Sebelum Anda melakukan wawancara, penting bagi Anda untuk mencari tahu mengapa Anda melamar pekerjaan ini dan mengapa ini merupakaan pekerjaan yang Anda minati.  Alasan Anda ingin menjadi bagian dari customer service dan arti customer service bagi Anda.

Misalnya apabila Anda melamar pekerjaan ini karena ingin membantu seseorang memecahkan masalah, maka Anda harus menjawabnya bahwa layanan pelanggan sangat berarti bagi Anda karena Anda ingin membantu orang lain memecahkan masalah. Anda juga bisa menceritakan sedikit mengenai mengapa peranan layanan pelanggan sangat menarik untuk Anda.

2. Jika suatu hari Anda bertemu dengan pelanggan yang tidak senang, bagaimana cara Anda menyelesaikan situasi tersebut?

Pertanyaan interview customer service ini kembali lagi pada aspek bagaimana cara seorang customer service dalam menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan hampir semua orang memiliki masalah yang harus diselesaikan, bahkan beberapa dari mereka mungkin berada dalam situasi yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, sementara yang lain tidak senang dengan jasa atau produk Anda maka mereka akan menghubungi bagian customer service.

Situasi tersebut terkadang sulit untuk diselesaikan sehingga Anda sebagai calon customer service harus bisa menunjukkan bahwa Anda mampu menyelesaikan masalah tersebut. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menceritakannya berdasarkan situasi yang pernah Anda alami.

3. Sampai dimana pemahaman Anda mengenai perusahaan dan produk yang kami keluarkan?

Pertanyaan interview customer service yang satu ini diajukan untuk mengevaluasi seberapa banyak riset yang Anda lakukan sebelum wawancara. Serta untuk melihat apakah Anda menginginkan pekerjaan ini secara khusus atau Anda hanya ingin mendapatkan pekerjaan sebagai customer service dimana pun.

Sebelum wawancara, sebaiknya Anda memiliki waktu luang untuk mencari tahu tentang perusahaan maupun produk yang mereka produksi. Jika Anda mencari tahu tentang produk mereka maka Anda bisa menceritakan tentang hal itu.

Yang paling penting bahwa Anda memiliki minat dan keinginan untuk mempelajari perusahaan tersebut dan mengapa Anda ingin menjadi customer service di perusahaan tersebut.

Baca juga :   Anda Ingin Menjadi CS Profesional? Intip Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service Berikut

4. Anda akan memilih metode komunikasi apa?

Sebagian besar posisi customer service akan difokuskan pada satu atau dua metode komunikasi. Yang paling umum ialah metode komunikasi tatap muka, melalui email, melalui telepon, obrolan atau melalui media sosial yang saat ini kian populer.

Pertanyaan interview customer service ini ingin mengevaluasi bagaimana Anda akan melakukannya di media mana pun serta peran itu difokuskan. Anda bisa menjawabnya sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Misalnya, Anda melamar pekerjaan sebagai customer service dengan metode komunikasi via telepon. Maka Anda bisa memberitahu pewawancara bahwa Anda lebih suka dan terbiasa untuk berbicara dengan pelanggan melalui telepon.

5. Bagaimana cara Anda menjaga diri Anda tetap termotivasi ketika orang-orang bersikap jahat kepada Anda?

Menjadi seorang customer service berarti Anda akan bertemu dan melibatkan banyak orang. Anda akan bertemu dengan orang-orang yang merasa tidak puas atau bahkan Anda bisa mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Pertanyaan ini diajukan untuk melihat apakah calon customer service telah memperkirakan situasi yang demikian dan mencari tahu bagaimana cara mereka menangani masalah tersebut. Mereka ingin melihat apakah Anda telah memahami  bagaimana sisi negatif dari pekerjaan ini. mereka juga ingin tahu bahwa apakah Anda tidak akan kewalahan dan akhirnya tanpa sadar membentak pelanggan.

Misalnya ketika Anda setiap hari dibentak oleh sekitar 50 orang pelanggan yang mengeluh terkait jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan Anda. Anda harus memikirkan bagaimana cara Anda mengatasi hal ini dan beritahu tahu kepada pewawancara bahwa Anda siap dan dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Sebab kesalahan terbesar yang bisa Anda lakukan pada saat wawancara ialah ketika Anda mengeluh tentang pelanggan dan orang lain. Anda bisa menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang akan menerima jika dimarahi dan Anda menyadari bahwa kemarahan tersebut bukanlah ditujukan untuk Anda. Lalu tunjukkan empati Anda kepada pelanggan tersebut.

6. Apa saja pengalaman Anda dalam mengoperasikan perangkat lunak lain?

6. Apa saja pengalaman Anda dalam mengoperasikan perangkat lunak lain?
6. Apa saja pengalaman Anda dalam mengoperasikan perangkat lunak lain?

Jika Anda diwawancarai untuk posisi customer service tingkat pemula, biasanya Anda tidak akan ditanyai tentang pertanyaan ini. Akan tetapi, jika pekerjaan tersebut membutuhkan pengalaman dalam mengoperasikan alat dan perangkat lunak, maka Anda akan ditanyai mengenai apa saja perangkat lunak yang telah Anda gunakan serta telah Anda kuasai sebelumnya.

Sebelum Anda mengikuti wawancara, sebaiknya Anda membaca kembali postingan pekerjaan serta pengalaman dalam menggunakan perangkat lunak apa yang dibutuhkan. Untuk menjawab pertanyaan interview customer service ini, jika Anda memiliki pengalaman serupa di bidang tersebut maka Anda bisa menceritakan hal tersebut dan bagaimana cara menggunakannya.

Akan tetapi, Anda harus menjawabnya dengan jujur, jangan sampai Anda berpura-pura menjadi seorang ahli salesforce tetapi sebenarnya Anda tidak ahli dalam menggunakan ini. Mungkin Anda tidak akan ketahuan selama proses perekrutan, tetapi itu akan ketahuan dan menjadi jelas setelah Anda mulai bekerja.

Baca juga :   Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai

Apabila Anda tidak memiliki pengalaman dengan alat atau perangkat lunak tertentu yang dituliskan, maka Anda masih bisa menjawabnya dengan jawaban lain. Bila Anda memiliki pengalaman yang sama dengan alat yang mirip atau terkait dengan hal itu maka Anda bisa menceritakan tentang pengalaman menggunakan perangkat lunak dengan mirip dengan itu dan pengalaman Anda menggunakan alat tersebut.

Atau Anda bisa menceritakan bahwa ketika Anda mengalami situasi yang sulit, maka Anda dapat mempelajari perangkat lunak baru dan bisa belajar dengan cepat serta terbiasa dengan alat baru tersebut.

7. Apa yang akan Anda lakukan ketika Anda tidak tahu cara menyelesaikan masalah salah seorang pelanggan?

Selain ingin mengetahui bagaimana cara Anda menyelesaikan sebuah masalah, pertanyaan interview customer service yang ditanyakan berupa kemampuan Anda dalam kemampuan problem solving.

Jika ingin menjawab pertanyaan ini, Anda bisa mengatakan bahwa apabila Anda mengalami situasi tersebut lalu Anda saat membantu pelanggan, Anda mulai terasa tersudut, maka kamu bisa mengatakan bahwa Anda akan menghubungi rekan kerja Anda untuk meminta bantuan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Namun jika Anda merasa masih bisa mengatasinya, Anda dapat mengatakan bahwa Anda akan terus mengupayakan dan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan dari pelanggan tersebut.

8. Saat menjadi seorang customer service, bagaimana pengalaman terberat Anda?

Apabila sebelumnya Anda pernah menjadi seorang customer service dan mengalami beberapa kasus berat yang serupa maka Anda bisa menceritakan detail dari kejadian tersebut kepada perekrut.

Akan tetapi, saat menjawab pertanyaan ini usahakan agar tidak menyalahkan dan menjelek-jelekkan pelanggan di dalam kasus tersebut. Karena seorang customer service yang baik ialah mereka yang mampu menunjukkan bagaimana cara berempati serta mampu memberikan solusi kepada setiap pelanggannya.

9. Jika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi pelanggan, mengapa Anda melamar pekerjaan ini?

9. Jika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi pelanggan, mengapa Anda melamar pekerjaan ini?
9. Jika Anda tidak mempunyai pengalaman dalam menghadapi pelanggan, mengapa Anda melamar pekerjaan ini?

Kebanyakan orang sering melamar sebagai seorang customer service ketika mereka pertama kali memasuki dunia kerja dan belum tahu apa yang sebenarnya mereka ingin lakukan. Jika Anda benar-benar serius ingin melamar pekerjaan ini secara khusus, maka sebaiknya tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menyukai pekerjaan ini.

Pikirkan mengapa Anda ingin melamar pekerjaan ini dan tunjukkan bahwa Anda memang menyenangi pekerjaan ini, entah itu karena Anda suka memecahkan masalah. Atau apakah Anda memiliki kepuasan tersendiri ketika membantu orang lain?

Itulah tadi beberapa pertanyaan interview customer service yang biasanya muncul pada saat wawancara. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda dapat mempelajari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Sedang Cari Customer Service? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X