Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai

Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai– Mencari pekerjaan dikondisi sekarang ini memang tergolong sulit untuk dilakukan, namun Anda jangan berkecil hati. Anda harus mempersiapkan segalanya dengan lebih cepat dan dengan matang, jadi ketika lowongan kerja sedang dibuka dikemudian hari maka Anda bisa dengan mudah untuk melamar pekerjaan.

Namun sebenarnya ada sebuah posisi pekerjaan yang tidak pernah mati walaupun di kondisi pandemi seperti sekarang ini, yakni sales. Sebuah pekerjaan yang akan menawarkan sebuah produk dari perusahaan ke masyarakat sebagai konsumen dari produk tersebut. Tugas seorang sales tidaklah mudah, sebab saleslah yang akan berperan penting dalam penjualan sebuah produk sebuah perusahaan.

Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai
Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai

Apabila seorang sales jago dalam memasarkan produk maka akan semakin banyak juga omset penjualan yang bisa tercapai. Oleh karenanya dalam rekrutmen seorang sales tidak dilakukan sembarangan atau asal pilih saja, tetapi ada tahapan rekrutmen yang tentunya juga harus Anda ikuti jika Anda berniat untuk menjadi seorang sales. Tahapan pertama yakni Anda harus memasukkan lamaran kerja ke perusahaan yang sedang membutuhkan seorang sales.

Jika berkas lamaran Anda sesuai dengan kriteria sales yang dicari maka Anda kemudian akan dihubungi untuk melakukan sebuah interview. Interview atau Anda mungkin lebih mengenalnya dengan istilah wawancara, dalam tahapan ini Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan mendasar yang akan memberikan informasi mengenai diri Anda. Untuk itu sangat penting untuk Anda mengetahui apa saja pertanyaan interview saat melamar sales.

Sebab pertanyaan-pertanyaan yang akan  diberikan berbeda-beda setiap kerjaan yang dilamar sehingga jika Anda ingin menjadi seorang sales maka Anda juga harus mempelajari pertanyaan dasar ketika interview melamar sales. Jangan berpikir menjadi seorang sales itu mudah untuk dilakukan serta Anda jangan emmandang sebelah mata posisi pekerjaan seorang sales.

Ada sangat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan menjadi seorang sales apalagi jika Anda menjadi seorang sales diperusahaan yang besar. Tentunya Anda akan mendapatkan gaji sesuai UMR daerah Anda, mendapatkan intensif dan tunjangan apalagi jika Anda berhasil mencapai target atau melampaui target penjualan maka pastinya Anda akan mendapatkan sejumlah bonus yang tidak sedikit.

Dengan banyaknya penghasilan yang bisa didapatkan menjadi seorang sales namun proses rekrutmen juga tidaklah begitu mudah, apalagi pada proses interview yang akan menghadirkan pertanyaan-pertanyaan mengecoh yang akan memperlihatkan kualitas diri yang Anda miliki. Selain tersedia pertanyaan interview saat melamar sales pada tahap ini juga seorang HRD perusahaan akan menilai mental serta psikis Anda.

Baca juga :   Ingin Menjadi Usher SPG Restoran yang Baik?

Seorang HRD bukanlah seseorang yang biasa sebab dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan ketika wawancara terkadang pertanyaan itu mengecoh dan akan membuat Anda menampilkan diri Anda apa adanya sehingga Anda sulit berkutik untuk melebih-lebihkan diri Anda agar diterima di tempat tersebut. Untuk itu selain menguasai pertanyaan-pertanyaan dasar yang biasa diajukan, maka Anda juga harus menyiapkan mental Anda dengan apapun yang terjadi.

Biasanya pertanyaan interview saat melamar sales akan menyangkut mengenai pengalaman kerja, benefit apa yang akan didapatkan perusahaan jika mempekerjakan Anda, serta apa keunggulan dari diri Anda yang sesuai dengan posisi sales yang Anda lamar. Ketika Anda sudah mengetahui pertanyaan-pertanyaan dasar yang biasanya diajukan ketika interview lamaran menjadi seorang sales maka Anda akan dengan lebih mudah ketika menjawab.

Selain itu Anda juga akan lebih rileks dan akan membuat Anda tidak terlalu berpikir terlalu keras di hadapan HRD, ketika Anda menampilkan ketegangan di hadapan HRD maka Akan membuat HRD berpikir bahwa Anda belum siap dengan posisi yang akan Anda isi. Untuk itu buat interview Anda menjadi sebuah interview yang asik dan juga menyenangkan dengan menjawab pertanyaan dengan mudah.

Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh HRD maka Anda sebaiknya mengulang pertanyaan singkat dari HRD tersebut lalu kemudian melanjutkannya dengan jawaban Anda. Ketika Anda menjawab usahakan mata Anda tertuju kepada mata lawan bicara Anda agar HRD akan berpikir bahwa Anda memiliki keyakinan dengan jawaban yang Anda berikan, jadi jangan sampai Anda melihat hal lain selain mata lawan bicara Anda.

Proses interview adalah proses yang sangat penting untuk Anda lewati dengan baik, karena selain jawaban dari pertanyaan interview saat melamar sales yang harus dijawab dengan benar juga banyak aspek-aspek yang harus Anda perhatikan seperti menjabat tangan, tersenyum, ketenangan, cara bicara, cara duduk, fokus mata ketika berbicara serta hal-hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lakukan sembarangan.

Ketika wawancara atau interview Anda sudah berjalan dengan baik maka Anda harus yakin bahwa Anda akan segera mendapatkan panggilan pemberitahuan bahwa Anda diterima di perusahaan tersebut. Namun ketika wawancara Anda kurang bagus atau kurang meyakinkan seorang HRD untuk menerima Anda maka Anda jangan berharap terlalu lebih dengan lamaran yang Anda lakukan.

Karena walaupun hanya bertugas sebagai sales tetapi tidak semua orang bisa melakukannya hanya orang-orang berkompoten dan orang yang mampu menawarkan produklah yang bisa menjadi seorang sales tetapi ketika Anda bukanlah seseorang yang berkompoten untuk menjadi seorang sales maka jangan harap Anda bisa menduduki posisi tersebut apalagi jika pada saat interview Anda menjawab pertanyaan interview saat melamar sales secara terbata-bata.

Baca juga :   Beberapa Pertanyaan Interview Customer Service Yang Biasa Diajukan Beserta Jawabannya

Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Biasa Ditanyakan

Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Biasa Ditanyakan
Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Biasa Ditanyakan

Untuk itu sebaiknya Anda bisa menggunakan beberapa pertanyaan dasar berikut ini yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan diri Anda ketika akan melakukan interview posisi sales. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini dilengkapi dengan jawaban yang akan membantu Anda dalam mempersiapkan interview yang akan Anda hadapi. Simak informasinya dengan teliti dan jangan sampai Anda salah memahami pertanyaan-pertanyaan yang disediakan.

Apa Alasan Anda Ingin Menjadi Seorang Sales?

Pertanyaan paling dasar yang paling sering ditanyakan ketika melakukan lamaran kerja apapun termasuk sales adalah “Mengapa Anda ingin menjadi seorang sales” Ketika Anda mendengar pertanyaan ini maka sebaiknya terlebih dahulu Anda mengulang sepotong dari pertanyaan kemudian dilanjutkan dengan memberikan jawaban singkat namun meyakinkan mengenai apa alasan Anda melamar posisi tersebut.

Jawaban dari pertanyaan interview saat melamar sales tersebut Anda bisa menjawabnya dengan jawabab “saya memiliki kemampuan yang cukup untuk menawarkan produk ke orang lain sehingga saya merasa cocok untuk menjadi seorang sales.” Ketika menjawab sebuah pertanyaan pastikan bahwa Anda terus memasang senyum dan menatap mata serta jangan memberikan jawaban yang terlalu bertele-tele sehingga sulit dipahami oleh HRD.

Apa Kesuksesan Terbesar yang Telah Anda Dapatkan Menjadi Seorang Seles?

Pertanyaan kedua yang sering dilontarkan oleh pewawancara ketika melakukan interview sales adalah “Apa kesuksesan terbesar yang telah Anda dapatkan menjadi seorang sales?” ketika Anda mendengar pertanyaan ini maka itu berarti pihak HRD ingin mengetahui sehebat apakah Anda dalam melakukan penjualan produk yang Anda miliki, sehingga Anda harus memberikan jawaban dengan sejujur-jujurnya tetapi jangan sampai merendahkan diri Anda.

Maka Anda bisa memberikan jawaban mengenai prestasi terbaikmu yang telah Anda dapatkan selama Anda menjadi seorang sales pada sebuah perusahaan. Contohnya Anda telah melakukan penjualan melampaui target sehingga omset perusahaan mengalami kenaikan. Sebab tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah perusahaan mempekerjakan orang-orang yang berkompoten dalam bidang sales untuk memberikan kontribusi atau sumbangsih yang besar pada perusahaan tersebut.

Namun apabila Anda seorang fresh graduate atau belum memiliki pengalaman dalam bidang sales, maka Anda bisa menjawab pertanyaan interview saat melamar sales dengan menyebutkan proyek-proyek hebat apa yang telah berhasil Anda kerjakan.

Bagaimana Cara Anda Meraih Kesuksesan Tersebut?

Setelah Anda menjawab kesuksesan apa yang telah Anda raih selama menjadi seorang sales maka biasanya pihak HRD akan langsung menanyakan bagaimana cara Anda meraih kesuksesan yang telah Anda sebutkan sebelumnya. Pada pertanyaan ini pihak HRD memancing Anda untuk menjawab apa saja strategi yang Anda gunakan untuk mendapatkan kesuksesan tersebut.

Baca juga :   Kenali Ciri-Ciri Interview Palsu Berikut Ini Agar Terhindar Dari Penipuan

Sebutkan strategi penjualan yang Anda sudah lakukan untuk meraih kesuksesan yang Anda sebutkan pada jawaban sebelumnya. Strategi-strategi penjualan yang Anda lakukan harus Anda sebutkan satu persatu secara jelas dan juga ringkas, jangan sampai Anda memberikan jawaban yang bertele-tele dan tidak jelas. Sebab hanya akan membuat HRD kebingungan dan menilai Anda bahwa Anda hanya memiliki strategi yang tidak tepat dan tidak ringkas.

Jangan berbicara panjang kali lebar tetapi malah membuat pihak HRD tidak mengetahui apa yang Anda bicarakan. Sebab seorang sales harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan tidak bertele-tele, kemampuan komunikasi ini dilihat melalui cara Anda menjawab pertanyaan interview saat melamar sales. Ketika Anda mampu menjawab dengan ketenangan dan secara singkat serta sistematis maka akan memberikan gambaran bahwa Anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Apakah Anda Pernah Gagal Ketika Menjalankan Tugas Penjualan?

Pertanyaan interview ini sangatlah menjebak jika Anda sampai menjawab pertanyaan dengan tidak hati-hati dan sembarangan. Sebab walaupun pertanyaan ini terdengar simpel tetapi akan sangat mematikan, sebenarnya inti dari pertanyaan HRD ini bukan ingin mengetahui apa saja kegagalan yang pernah Anda alami selama penjualan, HRD juga tidak ingin mendengar bahwa Anda tidak pernah gagal dalam penjualan.

Sebab pekerjaan apapun pasti akan memiliki konsekuensi dan kegagalan yang bisa saja terjadi, tetapi pada pertanyaan interview saat melamar sales ini Anda tidak perlu khawatir sebutkan saja kegagalan apa yang pernah Anda alami tetapi Anda harus menyertakan jawaban tersebut dengan bagaimana Anda menghadapi dan menyelesaikan kegagalan yang Anda alami sebab inti dari jawaban yang dibutuhkan adalah bagaimana Anda menyelesaikan kegagalan Anda.

Apa Kekuatan yang Anda Miliki Sebagai Seorang Sales serta Mengapa Anda Harus Diterima sebagai Seorang Sales?

Pertanyaan yang satu ini tidak pernah hilang pada proses interview, maka jawaban yang pas untuk pertanyaan ini adalah faktor-faktor internal apa saja yang bisa membuat Anda mencapai sebuah kesuksesan dalam penjualan yang Anda lakukan. Misalnya Anda senang bekerja dengan mengutamakan kepentingan pelanggan daripada pribadi, memiliki jadwal terorganisir, serta Anda memiliki prospek yang jelas.

Selain itu Anda harus menjelaskan bahwa Anda layak dan sangat pantas untuk diterima pada perusahaan tersebut sebab Anda akan memberikan kontribusi serta akan membantu perusahaan mencapai target. Selain itu Anda bisa memberikan sebuah contoh bagaimana Anda bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda sebagai seorang sales.

Demikianlah pertanyaan interview saat melamar sales yang sangat sering keluar dan akan membantu Anda dalam proses interview yang nantinya Anda lakukan.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X