Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Kenali Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan

Kenali Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan – Proses penjualan dan membeli adalah kegiatan utama atau esensi yang ada di dalam dunia perbisnisan itu sendiri. Agar sebuah bisnis dapat berjalan, seorang pebisnis terlebih dahulu harus mencari seorang pembeli dan menyakinkan pembeli tersebut agar mau membeli produk tersebut dan memperoleh keuntungan.

Dari sudut pandang pembeli yang tentunya mempunyai berbagai jenis kebutuhan pasti akan mencari produk yang menurut mereka sesuai dan bisa memenuhi kebutuhannya. Tidak sedikit para pebisnis atau penjual yang menawarkan sebuah produk yang hampir sama sehingga setiap pembeli memiliki kesempatan untuk memilih pilihan produk yang ditawarkan.

Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan
Berbagai Posisi Dalam Bidang Sales Dan Mengapa Prospek Kerja Sales Menjanjikan

Inilah yang membuat prospek kerja sales menjanjikan sebab sebuah tim marketing atau sales tersebut telah memiliki tugas yang pasti yaitu memastikan bahwa produk yang mereka pasarkan dapat terjual dengan baik selagi bersaing dengan para pesaing lain yang juga menawarkan produk yang sama dengan Anda.

Agar tugas tersebut bisa berjalan dengan baik, maka seorang harus bisa meyakinkan calon pembeli mereka bahwasanya produk yang mereka tawarkan lebih baik dibandingkan dengan produk yang ditawarkan oleh kompetitor lain dengan mendeskripsikan serta mempromosikan produk dengan baik. Meskipun demikian, hanya sedikit yang memilih sales sebagai pilihan dalam karir mereka.

Alasannya karena terlalu sering berhadapan langsung dengan seorang sales person yang banyak terdapat di berbagai pusat perbelanjaan membuat orang-orang merasa terganggu serta memiliki pikiran negatif tentang sales. Dampaknya memiliki karir dalam bidang sales amempunyai stigma yang kuat di masyarakat, meskipun sebenarnya prospek kerja sales menjanjikan dan terdiri dari berbagai macam.

Apalagi 5 tahun belakangan bisnis startup di Indonesia semakin banyak berkembang saat ini. Faktanya, sebagian besar startup tersebut bergerak dengan sistes business-to-bussiness atau B2B. Sehingga karir dalam bidang aacount executive atau salesperson untuk menjangkau perusahaan-perusahaan lain menjadi lebih tinggi.

Namun sayangnya, karena adanya stigma yang sudah terlanjur melekat terlalu lama di masyarakat, membuat kebanyakan sarjana tidak ingin mempunyai karir dalam bidang sales. Walaupun sebenarnya mereka memiliki potensi yang baik untuk bekerja dalam bidang ini dan prospek kerja sales menjanjikan.

Banyak dari mereka menganggap bahwa kualifikasi yang mereka memiliki terlalu tinggi jika pada akhirnya hanya akan bekerja sebagai sales.

Prospek Kerja Sales

Prospek Kerja Sales
Prospek Kerja Sales

Yang menjadi pertanyaannya saat ini ialah, apakah benar bahwa kualifikasi mereka memang terlalu tinggi? Ataukah Anda juga pernah menjadi salah seorang yang merasa dan berpikiran seperti itu? Bagaimana prospek kerja pada bidang sales sehingga membuat kebanyakan orang memiliki pikiran dan merasa bahwa mereka overqualified?

Baca juga :   Memahami Apa Itu Sales Admin, Tugas serta Kemampuan yang Harus Dimiliki

Memiliki pengetahuan serta keterampilan baru yang bermanfaan di dunia bisnis

Berkarir dalam bidang sales bisa membuat Anda sadar bahwa prospek kerja sales menjanjikan dan kesempatan Anda untuk bisa belajar banyak hal juga makin besar. Beberapa ilmu baru yang bisa Anda dapatkan ialah Anda bisa belajar mengenai cara untuk mendapatkan keuntungan, bernegoisasi, mengoperasikan bisnis, berkomunikasi, dan membuat keputusan.

Anda akan terlatih agar menjadi orang yang gigih untuk bisa mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya. Tidak hanya itu, Anda juga akan terbuka dengan beberapa jenis bisnis lainnya sebab Anda akan berperan sebagai penghubung antara puluhan perusahaan lainnya dengan perusahaan tempat Anda bekerja pada saat itu.

Menerima penghasilan tambahan berupa bonus komisi

Prospek kerja sales menjanjikan dan bekerja di bidang tersebut bisa memudahkan dan membantu Anda untuk memiliki tabungan. Saat ini telah banyak perusahaan yang tidak. Cuma memberikan penghasilan berdasarkan komisi saja, melainkan juga perusahaan tersebut memberikan gaji pokok.

Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang menerima penghasilan yang tidak tetap. Oleh karena adanya pembagian hasil yang semacam ini, membuat Anda bisa lebih mudah membagi-bagi penghasilan antara tabungan jangka panjang, tabungan jangka pendek, serta untuk biaya sehari-hari Anda.

Sebab jika peforma dan kinerja Anda sebagai seorang sales semakin baik dalam mencapai target yang diberikan maka bonus yang Anda dapatkan pun akan semakin banyak. Itulah sebabnya dikatakan bahwa prospek kerja sales menjanjikan. Karena Anda bisa merasakannya secara langsung, hasil dari usaha Anda yang selama ini Anda usahakan. Hal ini memberikan kepuasan tersendiri dan membuat Anda bisa lebih menghargai usaha dan hasil Anda.

Hal ini mirip dengan orang-orang yang memiliki profesi dan bekerja pada bidang kreatif yang memperoleh gaji tambahan melalui freelance. Komisi itu bisa Anda artikan sebagai penghasilan freelance, namun tanpa perlu mengambil waktu luang Anda.

Memiliki tingkatan karir yang pasti

Karena prospek kerja sales menjanjikan, banyak perusahaan yang mencari seseorang untuk menjadi sales, melihat bahwa posisi sebagai sales berkaitan langsung dengan revenue perusahaan. Oleh sebab itum prospek kerja dan berkarir pada bidang sales tidak akan pernah hilang walaupun tren di dunia bisnis selalu berubah-ubah setiap harinya.

Mulai mempelajari dan menekuni bidang karir sales mulai dari sekarang agar bisa memudahkan memiliki pengalamandalam karir ini. Apabila suatu saat kamu memiliki rencana untuk mengubah bidang karir Anda, maka pengetahuan dan keterampilan yang telah Anda miliki bisa mrmbuat Anda dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di tempat lain.

Baca juga :   Tips Menjadi Customer Service Sukses, dan Handal

Relasi menjadi lebih luas

Bukan tanpa alasan jika dikatakan bahwa prospek kerja sales menjanjikan. Alasannya karena menekuni bidang sales atau bekerja sebagai seorang sales akan memberikan Anda peluang dan kesempatan bertemu dengan banyak orang atau pelaku bisnis dari berbagai bidang.

Seorang sales yang berpengalaman tentunya paham dan memahami seberapa pentingnya hubungan atau relasi dengan orang banyak. Sales tidak melulu harus bertemu dengan klien hanya sebatas menjual dan memasarkan produk, namun juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan klien tersebut. Hubungan yang terjalin seperti ini tentu saja akan menguntungkan Anda sepanjang perjalanan karir Anda sebagai seorang sales.

Peluang kerja sales lebih luas

Karena dunia bisnis yang ikut berkembang bersamaa dengan perkembangan teknologi  berdampak pada berbagai bidang, khususnya terhadap peluang dunia kerja. Salah satunya membuat prospek kerja sales menjanjikan. Mengapa dikatakan demikian? Karena hampir semua perusahaan termasuk juga di dalamnya startup yang saat ini makin populer dan berkembang di dunia bisnis, mereka selalu membutuhkan divisi atau tim sales.

Untuk bekerja pada bidang memang tidak terlalu memedulikan latar belakang atau kualifikasi pendidikan yang spesifik. Malahan apapun latar belakang pendidikan dan jurusan Anda, hal itu akan selalu menjadi sebuah kelebihan.

 Sebagai contoh, Anda adalah seorang lulusan dari teknik mesin lalu memutuskan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang sales di salah satu perusahaan otomotif, hal ini tentu saja akan menjadi nilai lebih dan menarik bagi perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Meningkatkan kemampuan komunikasi dan melatih kepercayaan diri

Agar bisa sukses berkarir pada bidang sales dan memperoleh prospek kerja sales menjanjikan, Anda harus terlatih dan memiliki kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri yang baik. hal ini karena seorang sales dituntun untuk bisa memikat klien dari segala macam batasan usia agar tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

Sebelum terjun dan bertemu langsung dengan klien, tentunya perusahaan akan melatih dan membekali Anda dengan berbagai macam teknik persuasif yang memadai agar proses menawarkan produk bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kemampuan untuk memahami kepribadian seorang klien juga sangat penting untuk mendukung dan menunjang kesuksesan Anda sebagai seorang sales.

Beberapa Pekerjaan sebagai Sales yang Memiliki Prospek yang Bagus

Beberapa Pekerjaan sebagai Sales yang Memiliki Prospek yang Bagus
Beberapa Pekerjaan sebagai Sales yang Memiliki Prospek yang Bagus

Karena prospek kerja sales menjanjikan berikut ada beberapa jenis pekerjaan sebagai sales yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.

1. Sales representative

Posisi ini merupakan tingkat paling dasar dari sebuah tim sales. Sales representative ialah mereka yang menjadi ujum tombak berlangsungnya dan keberhasilan proses penjualan. Apabila Anda telah berhasil di posisi ini, maka ada kemungknan Anda dapat naik ke jabatan sales yang lebih tinggi bisa saja terjadi. Selain disebut sebagai sales representative, beberapa perusahaan memiliki istilah lain untuk posisi ini yaitu advertising representative, account representative, brand ambassador, dan sebagainya.

Baca juga :   Penjelasan Tentang Apa Itu Sales Executive

2. Sales management

Posisi sebagai sales management merupakan posisi yang satu tingkat di atas posisi sebagai sales representative.  Supervisor yang menaungi beberapa sales representative posisinya hampir sejajar dengan sales manager.

Seorang sales manager pada sebuah perusahaan berperan sebagai pemimpin tim penjualan. Merekalah yang akan menganalisa penjualan dan menetapkan goal. Beberapa perusahaan mewajibkan seorang sales manager untuk menjalin hubungan yang baik dengan seorang pembeli besar hal ini agar pembeli besar tersebut bisa selalu setia dengan produk mereka. Sebutan untuk posisi sales manager lainnya seperti franchise development, area manager, account manager, business development manager, dan sebagainya.

3. Sales administrative

Prospek kerja sales menjanjikan yang lain ialah sales administrative yang mana untuk posisi ini, biasanya tim administratif yang akan membantu tim sales pada bidang administrasi. Misalnya membantu menyiapkan quotation, membantu mengurus izin perjalanan, menyiapkan marketing kit kepada pembeli, serta menghitung dan mengurus administrasi terkait bonus yang akan diberikan kepada pembeli setia.

Di beberapa perusahaan, administratif penjualan juga berperan sebagai jembatan di antara tim marketing dan tim sales. Istilah lain untuk menyebut sales administrative ialah business development representative, financial assistant, industry representative, dan enterprise representative.

4. Account executive

Posisi selanjutnya ialah account executive atau yang biasa disingkat menjadi AE. Posisi account executive ini hampir sama dengan sales manager, walaupun tugasnya agak lebih banyak. Memiliki pengetahuan yang luas terkait produk yang akan dipasarkan serta pemahaman lebih terkait tren industri adalah tugas dari seorang AE.

Karena perannya tersebut, biasanya seorang account executive memiliki hubungan yang baik dan cukup dengan hanya kepada pembeli tetap saja. Posisi ini juga disebut dengan client executive, channel partner executive, account handle, dan sebagainya.

5. Executive-level management

Seorang executive-level management biasanya merekalah yang mengarahkan dan menentukan tujuan penjualan dari suatu perusahaan. Tujuan penjualan yang ditetapkan itu pun tentu saja ada berupa target dalam jangka panjang. Di samping itu, mereka jugalah yang memiliki tanggung jawab terhadap rencana pemasaran serta membuat rencana hubungan antara perusahaan dan pembeli.

Untuk bisa menjabat pada posisi tersebut, dibutuhkan pengalaman paling sedikit sekitar 10 tahun atau lebih pada bidang penjualan. Pengalaman itu tentu harus didukung dengan pengetahuan mengenai persaingan pasar serta penawaran produk kepada pembeli. Istilah lain untuk posisi ini ialah chief financial officier, sales director, dan chief sales officier.

Itulah tadi beberapa informasi mengapa prospek kerja sales menjanjikan serta jenis-jenis posisi dalam bidang sales. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sedang Cari Sales? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X