Rekrutmen Bursa Kerja Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja

Rekrutmen Bursa Kerja: Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja

Daftar Isi

Rekrutmen Bursa Kerja: Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja – Bursa kerja adalah salah satu cara kilat jika ingin melakukan rekrutmen pegawai baru. Pada tempat dan waktu tertentu, baik pemberi maupun pencari kerja akan bertemu. Kedua belah pihak akan mencari tahu mana yang dirasa cocok. Untuk memastikan Anda menemukan kandidat yang tepat, luangkan waktu demi membuat perencanaan sebelum mengikuti rekrutmen melalui bursa kerja.

Rekrutmen Bursa Kerja Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja
Rekrutmen Bursa Kerja Panduan Perencanaan Untuk Pemberi Kerja

Berikut panduan perencanaan kami, sebelum Anda memulainya:

Sebelum Mengikuti Job Fair

Untuk memaksimalkan bursa kerja, pilih acara yang sekiranya cocok dengan kebutuhan rekrutment Anda. Rencanakan dulu partisipasi Anda pada bursa kerja tersebut. Mulailah dengan membuat beberapa keputusan seperti:

1. Tentukan Tujuan Rekrutmen Anda

Bergantung pada bidang usaha Anda, kebutuhan rekrutmen saat ini, dan jenis kandidat yang ingin direkrut. Pilih bursa kerja yang kira-kira bisa sepadan dengan waktu, tenaga, budget Anda. Sebagai contohnya seperti:

  • Cari bursa kerja yang lebih spesifik di sebuah bidang (teknologi atau perhotelan) untuk menarik lebih banyak kandidat. Pasalnya, kandidat yang terpilih nanti tentu akan lebih professional.
  • Jika Anda ingin merekrut tenaga tingkat pemula atau pagawai magang berbayar, ada baiknya kunjungi bursa kerja yang diadakan oleh kampus
  • Bila ingin mencari pegawai bidang militer, Anda bisa mencari bursa kerja para awak veteran.

2. Tunjuk Sebuah Tim

Pilih sebuah tim khusus yang akan menghadiri acara bursa kerja tersebut. Pemilihan tim ini harus mempertimbangkan beberapa hal seperti diantaranya:

  • Perekrut dan staf SDM, yang memang memegang peran ini. Hanya mereka yang punya kemampuan tinggi untuk berdiskusi dengan para kandidat. Mempresentasikan tentang perusahaan hingga dapat mengelola tugas administrasi dengan baik. Seperti mengumpulkan resume dari para kandidat, hingga detail masing-masing kontak. Mereka juga dapat membantu mengkoordinasikan proses wawancara.
  • Manajer Perekrutan, mereka dapat menyaring dan mewawancara para kandidat di tempat. Mereka juga dapat menjelaskan tanggung jawab apa saja untuk masing-masing peran di perusahaan. Apabila ada pencari kerja yang ingin bertanya pun, pihak tersebut dapat menjawabnya dengan baik.
  • Anggota tim lainnya, karyawan lain pun dapat memberikan penjelasan pada kandidat tentang budaya perusahaan. Apabila Anda ingin mengunjungi bursa kerja di kampus, ada baiknya bawa sekalian karyawan yang kebetulan masih alumni dari sana. Mahasiswa mungkin akan lebih mudah berkomunikasi dengan karyawan tersebut.
Baca juga :   Contoh Template Job Description: Desk Collection

Setelah Anda memutuskan untuk memilih bursa kerja mana dan siapa saja yang harus ikut, segera hubungi penyelenggara acara. Anda mungkin perlu membayar biaya keikutsertaan dan memberikan informasi sedikit tentang perusahaan Anda. Penyelenggara mungkin akan meminta logo perusahaan untuk dibuatkan stand khusus. Selain itu, mereka pun akan menyertakan Anda sebagai pihak iklan dalam acara bursa kerja tersebut. Baca juga Cara Menyampaikan Perubahan Budaya Perusahaan: Tips Pemasaran Rekrutmen.

Persiapan Ikut Bursa Kerja

Persiapan Ikut Bursa Kerja
Persiapan Ikut Bursa Kerja

Pesan Beberapa Bahan Marketing

Pertama koordinasikan dengan bagian desain baik itu dari internal maupun eksternal perusahaan. Pastikan membuat desain stand yang menarik. Dilengkapi dengan spanduk dan gambar yang mencerminkan perusahaan Anda. Persiapan lainnya seperti diantaranya:

  • Name tags untuk setiap anggota tim yang ikut bursa kerja
  • Brosure yang menulis informasi tentang perusahaan Anda
  • Kartu nama dengan detail kontak perekrut

Apabila Anda ingin menawarkan hadiah pada peserta, pilih yang sekiranya unik dan tidak biasa. Pena atau stiker logo perusahaan Anda memang pilihan yang tidak cukup buruk. Namun, itu tidak cukup untuk menonjolkan perusahaan Anda. Sebaiknya, pilih sesuatu yang bisa mewakili budaya perusahaan Anda.

Beberapa perusahaan terbaik di dunia, berpendapat jika seharusnya adanya bursa kerja tidak akan merepotkan pencari maupun pemberi kerja. Maka, sebagian besar memberikan hadiah pada para pencari kerja yaitu sebuah buku mewarnai sebagai media anti stress.

Siapkan Pertanyaan Anda

Anda hanya punya waktu yang terbatas dengan para pencari kerja. Jadi, alangkah baiknya persiapkan dulu daftar pertanyaannya dulu. Berikut pertanyaan umum yang bisa ditanyakan:

  • Pertanyaan spesifik tentang jabatan atau peran pekerjaan. Pertanyaan ini akan membantu Anda memutuskan apakah kandidat benar-benar memenuhi persyaratan minimum untuk jabatan tersebut. Jenis pertanyaannya seperti “apakah Anda sudah terbiasa mengaplikasikan perangkat X? ”
  • Pertanyaan tentang minat dan tujuan karir. Pertanyaan ini akan membantu Anda yakin apakah kandidat kompatible dengan perusahaan Anda dalam jangka panjang. Contoh pertanyaannya seperti menanyakan sesuatu yang paling menjadi keahliannya, dan lainnya.
  • Pertanyaan tentang perusahaan Anda. Pertanyaan untuk mengetes apakah kandidat sudah pernah tahu mengenahi citra perusahaan Anda, sekaligus mencari tahu apa benar-benar tertarik untuk bergabung.
Baca juga :   Contoh Template Job Description Sales Marketing

Iklankan Acaranya

Beberapa hari sebelum bursa kerja berlangsung, coba iklankan pada semua orang jika Anda akan melakukan rekrutmen kandidat pada acara tersebut. Posting dengan lebih detail pada laman media sosial. Pencari kerja yang sudah tahu perusahaan Anda dan berminat melamar akan langsung menuju stand Anda nanti.

Perhatikan lagi jika Anda berpastisipasi pada acara tertutup, seperti misalnya bursa kerja di sebuah kampus, Anda kemungkinan besar tidak dapat mengundang orang. Namun, Anda masih bisa beriklan di media sosial. Dengan begitu, orang yang memang berminat akan bisa langsung tahu di mana stand Anda nanti.

Pertimbangkan juga untuk posting foto saat sudah berada di sana nanti. Ini akan memperkuat brand perusahaan Anda. Citra perusahaan Anda pun akan naik dan semakin terkenal. Baca juga cara posting loker di Google for Job.

Selama Bursa Kerja Berlangsung

Saat tiba hari bursa kerja, usahakan untuk datang lebih awal supaya ada waktu mempersiapkan stand. Jika sudah sesuai, pasang perangkat laptop agar para peserta bisa melihat situs website perusahaan Anda dari sana. Dengan begitu, para peserta nanti bisa punya pandangan tentang apa saja misi dan produk perusahaan Anda.

Demi memaksimalkan partisipasi Anda dalam bursa kerja, yang harus Anda lakukan adalah:

  • Bicaralah dengan sebanyak mungkin pencari kerja. Dengan begitu, akan meningkatkan peluang Anda menemukan kandidat yang tepat sesuai persyaratan.
  • Buat batasan waktu untuk wawancara. Antrian panjang justru akan membuat para kandidat merasa tidak nyaman. Pertimbangkan untuk menunjuk salah satu tim Anda sebagai koordinator wawancara. Dengan begitu, proses wawancara akan lebih terstruktur dan singkat.
  • Tulis catatan selama wawancara. Sulit mengingat masing-masing peserta setelah bursa kerja usai. Kecuali Anda membuat catatan kecil saat wawancara dengan mereka.
  • Kumpulkan resume kandidat lengkap dengan detail kontak. Anda sebetulnya juga bisa menyuruh peserta melamar pekerjaan langsung melalui halaman situs karir perusahaan. Jangan lupa menginstruksikan pada mereka untuk menyebutkan jika bertemu melalui bursa kerja “X”.
  • Beritahu kandidat untuk langkah selanjutnya. Informasikan pada kandidat harus berapa lama mereka menunggu balasan dari Anda jika ada wawancara lanjutan. Apabila memang belum memenuhi kriteria pun sampaikan langsung. Katakan juga apabila ada posisi lain yang kosong dan cocok, Anda akan memberitahukannya.
  • Jawab pertanyaan kandidat. Pencari kerja ingin tahu tentang perusahaan Anda sebanyak Anda ingin tahu tentang mereka. Jadi berikan informasi selengkap mungkin pada mereka termasuk tim Anda, posisi apa saja yang sedang kosong, dan lainnya.
Baca juga :   Mengenal Apa Itu Jasa Outsourcing Field Sales / Marketing dan Keunggulannya

Setelah Bursa Kerja Usai

Hubungi Peserta

Bursa kerja hanya langkah utama dalam proses rekrutmen karyawan. Jadi jangan biarkan kandidat potensial terlalu lama menunggu. Semakin cepat Anda menghubungi kandidat, kemungkinan besar mereka mudah mengingat Anda.

Hubungi kandidat yang Anda temukan saat bursa kerja tadi untuk menentukan langkah selanjutnya. Hal ini termasuk:

  • Mengisi formulir aplikasi terperinci
  • Berpartisipasi dalam proses penyaringan untuk membahas detail posisi
  • Menyelesaikan tugas sehingga Anda dapat menilai keterampilan mereka
  • Datang untuk melakukan wawancara di kantor Anda

Pengukuran Hasil Kerja

Tindaklanjuti dengan seluruh tim yang ikut acara bursa kerja. Untuk mendiskusikan kembali tentang kesan keseluruhan. Terutama tentang sejumlah kandidat yang dianggap punya potensi tinggi. Putuskan apakah bursa kerja tersebut memberikan manfaat bagi aktivitas rekrutmen karyawan.

Diskusikan juga apa saja yang perlu diperbaharui atau detail peningkatan strategi untuk bursa kerja di waktu berikutnya. Untuk lebih memahami antara manfaat dan biaya yang harus Anda keluarkan untuk ikut bursa kerja, coba pakai alat pengukur key recruiting KPIs. Dengan pengukuran tersebut Anda dapat membandingkan lebih efektif yang mana sistem perekrutan lewat bursa kerja atau metode lain.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Kembangkan Karir dan Peluang Kerja

Temukan berbagai lowongan pekerjaan dan peluang pengembangan karir serta perluas jaringan kerja anda

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda