Sebenarnya Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Sebenarnya Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki

Sebenarnya Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki – Mencari pekerjaan memang tidaklah mudah, setiap pekerjaan memiliki tantangan serta resikonya masing-masing. Sehingga ketika Anda tidak ingin memiliki tanggung jawab dan resiko maka Anda jangan berpikiran untuk melakukan sebuah pekerjaan pada perusahaan ataupun orang lain, sebab hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan.

Bahkan pekerjaan sebagai sales sekalipun yang mungkin menurut Anda gampang dilakukan sebenarnya hal tersebut tidaklah benar, seorang sales tidak hanya bertugas untuk menawarkan sebuah barang ataupun jasa dari sebuah perusahaan tetapi ada banyak tugas lain yang harus Anda kerjakan tentunya dengan penuh rasa tanggung jawab serta dengan kesungguhan dalam mengerjakannya.

Sales itu sendiri juga tidaklah hanya ada 1 macam saja tetapi ada banyak jenis sales berdasarkan tugas serta tingkatan-tingkatannya. Salah satu sales yang mengerjakan hal berbeda dari sales pada umumnya adalah sales operations, lantas apa itu sales operations? Mungkin setelah Anda mengetahui sebenarnya sales operations itu maka Anda akan langsung berminat untuk menjadi seorang sales.

Sebab Anda tidak akan menawarkan sebuah produk secara door to door atau tidak akan menawarkan produk secara langsung kepada seorang konsumen. Tetapi tetap saja memiliki tanggung jawab yang besar untuk membuat produk menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas sehingga produk perusahaan Anda menjadi laku terjual dan omset perusahaan meningkat berkat sales operations ini.

Namun Anda jangan salah tidaklah mudah menjadi seorang sales operations, terdapat kualifikasi serta keahlian dan keterampilan yang harus Anda miliki agar Anda bisa diterima oleh sebuah perusahaan. Anda harus melalui proses rekrutmen dengan alur serta tahapan yang tidak singkat, mulai dari memasukkan lamaran administrasi, wawancara, hingga pada akhirnya Anda mengikuti training singkat terlebih dahulu.

Sampai sini apakah Anda sudah memiliki gambaran apa itu sales operations? bila Anda belum memiliki gambaran mengenai apa itu sebenarnya sales operations, apa saja yang dikerjakan, apa saja keahlian yang harus dimiliki untuk menjadi sales operations, serta bagaimana jenjang karir pada posisi ini. Untuk Anda yang penasaran maka Anda bisa menyimak informasi mengenai hal tersebut berikut ini dengan penuh ketelitian agar Anda tidak salah menafsirkan apapun.

Pengertian: Apa itu Sales Operations ?

Sales operations atau sering disingkat sales ops merupakan sebuah sistem, aktivitas, atau merupakan departemen di dalam sebuah perusahaan yang memiliki peran yang sangat penting untuk proses penjualan. Sistem departemen inilah yang menjadi penyokong, pengatur seluruh pekerja lapangan atau sales yang melakukan penawaran produk secara  langsung ke pelanggan.

Baca juga :   Tips Memilih Perusahaan Outsourcing Berkualitas Dan Terpercaya
Pengertian: Apa itu Sales Operations ?
Pengertian: Apa itu Sales Operations ?

Sales ops lah yang akan mendukung dan mendorong para sales lapangan untuk melakukan penjualan menjadi lebih baik, efisien, cepat, dan menghasilkan omset yang besar dari penjualan yang dilakukan. Sales operations lah yang akan membantu sales lapangan untuk menyelesaikan hambatan yang ditemukan di lapangan ketika melakukan proses penjualan sebuah produk perusahaan.

Apa itu sales operations? sebuah bagian tim sales yang akan bertugas membantu pekerjaan sales lapangan melakukan penjualan dari balik layar, tanpa harus bertemu langsung dengan pelanggan. Pada tim operations ini jugalah yang mengatur mengenai sales management serta mengatur berbagai hal mengenai sales lapangan untuk tetap melakukan penjualan produk dengan sebanyak-banyak dan sebaik mungkin agar omset akan terus meningkat.

Mulai dari taktik sebelum penjualan hingga pasca penjualan sales ops akan melakukan pendampingan kepada tim-tim sales yang melakukan penjualan. Bahkan setelah penjualan berhasil diselesaikan maka tim sales ops harus melakukan evaluasi guna mengetahui apa saja kendala, kekurangan, serta taktik baru yang bisa dimanfaatkan untuk membuat penjualan menjadi semakin laris dan omset semakin meningkat.

Apakah sampai pada penjelasan ini Anda sudah paham apa itu sales operations? bila Anda belum paham maka dengan contoh berikut ini mungkin Anda akan lebih paham mengetahui apa sebenarnya perbedaan sales dengan sales operations. Untuk sales sendiri memiliki tugas terjun langsung ke lapangan untuk mencari pelanggan dan menawarkan produk secara langsung ke klien.

Namun untuk sales operations tidaklah demikian, sales ops hanya akan ada di balik layar duduk di depan meja untuk merancang perencanaan kerja, strategi, taktik pemasaran, serta melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dikerjakan oleh tim sales. Seorang sales operations akan melakukan pengolahan data serta mengambil sebuah keputusan dalam lingkup sales marketing.

Apa Saja yang Tugas & Tanggung Jawab Sales Operations

Apa Saja yang Tugas & Tanggung Jawab Sales Operations
Apa Saja yang Tugas & Tanggung Jawab Sales Operations

Setelah Anda mengetahui apa sebenarnya sales operations itu maka sekarang sangat penting untuk Anda mengetahui apa saja yang dikerjakan oleh sales operations. Sebab pekerjaan menjadi sales operations tidaklah mudah dan bahkan tergolong sulit meskipun tidak harus berhadapan langsung dengan para pelanggan untuk menawarkan produk yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Untuk itu berikut ini pekerjaan yang harus dikerjakan oleh sales operations dengan tujuan kelancaran penjualan sebuah produk. Gambaran pekerjaan ini akan membantu Anda menentukan dan menetapkan apakah Anda memang memiliki fashion di bidang ini ataukah tidak. Simak informasi dengan ketelitian dan pastikan bahwa Anda membacanya dengan penuh cermat agar tidak salah dalam menafsirkan.

Baca juga :   7 Tren HR di Tahun 2020

Membuat Strategi Pemasaran

Dari pengertian apa itu sales operations maka Anda pastinya sudah memiliki sedikit gambaran mengenai apa yang dikerjakan oleh tim ini di dalam kelompok sales. Tim sales ops ini akan bertugas untuk membuat serta merancang strategi apa yang dapat membantu penjualan sales agar omset pendapatan perusahaan menjadi meningkat.

Strategi penjualan menjadi hal yang sangat penting sehingga harus dirancang dengan sebaik mungkin dan membuat rancangan rencana yang matang. Sebab saat ini masyarakat tertarik dengan hal yang unik dan berbeda sehingga tim sales ops harus membuat strategi penjualan dengan lebih baik agar sales lapangan dapat melakukan penjualan dengan dengan strategi tersebut serta meningkatkan omset.

Melakukan Pendampingan Sales

Sebagai seorang sales ops maka Anda harus senantiasa melakukan pendampingan kepada para sales lapangan yang melakukan penawaran langsung kepada para pelanggan untuk melakukan pembelian. Anda harus terus memberikan pendampingan baik itu memberikan masuk mengenai apa yang harus dikerjakan, serta memberikan motivasi agar sales lapangan dapat melakukan penjualan dengan sebaik mungkin agar target tercapai.

Ketika Ada sebuah kesalahan yang dilakukan oleh seorang sales lapangan, maka sales ops juga memiliki tanggung jawab besar mengenai hal tersebut. Hal ini tentunya sangat sesuai dengan pengertian apa itu sales operations yang telah dijelaskan sebelumnya.

Memberikan Solusi Ketika Sales Menghadapi Kendala

Seorang sales operations harus memiliki sebuah pikiran kritis sebab ketika seorang sales lapangan menghadapi sebuah masalah dalam proses penjualan maka tim sales ops yang akan bertugas untuk berpikir bagaimana menyelesaikan kendala tersebut agar tidak memberikan pengaruh buruk kepada penjualan yang sedang berlangsung. Sehingga ketika Anda berpikir untuk menjadi sales ops maka Anda harus memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Melakukan Pengolahan Data

Seorang sales tidak akan melaksanakan pekerjaan dengan maksimal jika semuanya dilakukan sendiri sehingga sales operations memiliki peran yang sangat penting. Sebab sales ops ini akan melakukan pekerjaan sales dalam hal pengolahan data, sehingga sales akan lebih fokus menawarkan produk, mencari klien dan meningkatkan penjualan serta meningkatkan omset yang bisa di dapatkan.

Seluruh data diolah oleh pihak sales operations, baik itu mengenai data pribadi klien, jumlah pembelian, pembayaran, jenis produk, dan berbagai hal mengenai produk yang telah dibeli dari sales tersebut.

Melakukan Evaluasi

Dari pengertian apa itu sales operations sebelumnya Anda telah mengetahui bahwa seorang sales operations juga memiliki fungsi untuk mengevaluasi kinerja dari sales lapangan. Pihak sales operations berhak melakukan evaluasi agar mengetahui kekurangan yang dilakukan ketika menawarkan produk, apa saja strategi yang harus diubah, bagaimana agar meningkatkan penjualan, dan berbagai hal lainnya yang patut dievaluasi dari penjualan yang telah dilakukan.

Baca juga :   Pemerintah : Dari 3 pendaftar prakerja hanya 1 yang lolos

Evaluasi ini tujuannya bukan untuk menyalahkan tetapi untuk memperbaiki strategi yang telah dibuat agar dapat menghasilkan sebuah strategi yang lebih baik daripada yang telah ada sebelumnya.

Jenjang Karir Sales Operations

Pada sales operations ini sendiri memiliki sebuah jenjang karir atau jabatan yang sebelumnya harus Anda jalani secara bertahan dalam sebuah tim. Tim sales operations ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda berdasarkan tugas dan juga tingkat kesulitannya, sebab walaupun tidak langsung melakukan penjualan lapangan tetapi memiliki kesulitan yang lebih besar sebab semua yang dijalankan sales lapangan berdasarkan strategi yang dibuat sales ops.

Untuk itu berikut ini jenjang karir yang ada pada tim sales ops yang penting untuk diketahui, sehingga ketika Anda melakukan interview maka Anda bisa langsung mengetahui posisi apa yang akan Anda lamar.

Sales Ops Representatif

Tingkatan pertama  dalam sales ops yang harus Anda jalankan adalah sesuai apa itu sales operations representative, sebuah pekerjaan entry-level yang mengharuskan Anda menjadi seseorang yang teliti dan paham betul mengenai marketing serta sales automation. Untuk menduduki posisi ini maka Anda setidaknya memiliki pengalaman kerja paling tidak 2 tahun pada bidang yang relevan.

Sales Ops Analyst

Jenjang karir selanjutnya yang akan Anda lalui ketika menjadi sales operations adalah sales ops analyst. Sebuah pekerja yang akan melakukan pengolahan data mengenai modelling, quality management experience, serta melakukan data mining. Untuk posisi ini terkesan lebih sulit karena Anda haruslah seseorang yang teliti dalam melakukan pengolahan data, apabila Anda tertarik untuk posisi ini maka Anda setidaknya memiliki pengalaman kerja 3 tahun.

Senior Sales Ops Analyst

Bila Anda menguasai masalah pengolahan data, memiliki kemampuan kepemimpinan, serta paham masalah bisnis maka Anda bisa menduduki posisi senior sales operations analyst. Apalagi jika Anda telah memiliki pengalaman kerja selama 4 tahun pada bidang yang relevan dengan bidang ini.

Manager serta VP Sales Operations

Untuk tingkatan tertinggi dari sales operations adalah manager serta VP, yakni sebuah posisi yang mengharuskan Anda memiliki pengalaman sales operations selama 5-10 tahun serta Anda harus mampu mengerjakan dan menguasai seluruh pekerjan bawahan Anda .

Demikianlah informasi lengkap mengenai sales operations yang akan membantu Anda menjawab pertanyaan apa itu sales operations.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X