Inilah Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Inilah 7 Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang

Inilah Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang – Mencari pekerjaan memang sulit untuk dilakukan, sehingga ketika Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan maka Anda jangan pernah untuk menolak pekerjaan tersebut. Apapun jenis pekerjaan yang Anda dapatkan selama bisa Anda lakukan maka Anda harus maksimal dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Bahkan ketika Anda bekerja disebuah pabrik sebagai buruh Anda juga tetap harus melaksanakan pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin. Sebab di kondisi pandemi yang membuat kondisi ekonomi menjadi merosot benar-benar membuat banyak orang di-phk dari pekerjaannya sehingga sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan disaat seperti ini, bahkan biasanya menjadi seorang pekerja gudang yang sangat mudah didapatkan kini sudah sangat sulit.

Inilah Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang
Inilah Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang

Bekerja di gudang memang biasanya dikerjakan oleh laki-laki tapi tidak menutup kemungkinan kepada Anda yang merupakan seorang perempuan untuk melakukan pekerjaan sebagai seorang pekerja gudang. Yang jelas Anda memiliki skill yang harus dimiliki pekerja gudang sebab tidak sembarangan orang yang bisa bekerja di gudang, apalagi jika Anda tidak memenuhi kualifikasi.

Untuk posisi pekerja gudang sendiri sebenarnya bermacam-macam, ada yang bekerja sebagai seorang helper gudang, ada yang bekerja sebagai supervisor gudang, ada juga yang bekerja sebagai staff gudang yang membantu mengatur dan mengangkut barang-barang yang ada di gudang. Jadi setiap posisi ini memiliki kualifikasi keahlian yang berbeda-beda pastinya karena memiliki tugas yang berbeda.

Tetapi jika Anda ingin melamar menjadi seorang helper maka Anda harus menguasai dan memiliki berbagai jenis keahlian yang memang dibutuhkan ketika Anda bekerja sebagai helper di gudang. Sebab Anda tidak hanya akan menjagai barang yang ada di gudang tetapi Anda juga akan mengontrol, mendata, serta memeriksa setiap barang yang ada di gudang tempat Anda menjadi seorang helper.

Tidak jarang juga Anda akan mengatur staff dan seluruh pekerja yang ada di gudang, sehingga sangat dibutuhkan skill yang harus dimiliki pekerja gudang jika Anda memang berniat menjadi seorang helper dari sebuah gudang. Apalagi jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan dengan gudang yang besar karena barang-barang yang ada pada gudang harus Anda kelola dengan baik.

Bukan hanya bekerja di gudang saja yang sebenarnya membutuhkan skill, jenis pekerjaan apapun pasti membutuhkan sebuah skill, pengetahuan dan juga tanggung jawab. Ketika Anda melakukannya dengan begitu-begitu saja tanpa skill maka jangan harap apa yang Anda kerjakan dapat berjalan baik. Sehingga sebelum Anda mendaftar sebuah pekerjaan maka Anda harus menyesuaikannya dengan skill yang Anda miliki.

Baca juga :   Ingin Menjadi Food Beverage Supervisor yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Jika Anda tidak memiliki sebuah skill pada bidang yang Anda daftarkan dalam hal ini pergudangan maka sebaiknya Anda melakukan pelatihan terlebih dahulu untuk mendapatkan skill serta pengetahuan dalam pergudangan sehingga ketika Anda memasukkan lamaran dan Anda diterima pada lamaran tersebut maka Anda sudah bisa langsung bekerja dengan sebaik mungkin karena Anda sudah mengetahui apa saja yang harus Anda kerjakan.

Untuk itu sebaiknya Anda mempelajari skill yang harus dimiliki pekerja gudang  ketika Anda memang berniat untuk memasukkan lamaran pada bidang pergudangan. Sebab karena rekrutmen yang sudah mulai sulit dan lowongan yang sedikit maka Anda harus memiliki skill sehingga mampu bersaing dengan pelamar yang lain pada rekrutmen yang sedang berlangsung dalam bidang pergudangan.

Skill yang Harus Dimiliki Pekerja Gudang

Skill Staff Gudang
Skill Staff Gudang

Oleh karena itu simak artikel ini dengan sebaik mungkin karena akan dibahas mengenai skill yang harus Anda miliki sebagai pekerja gudang yang baik dan benar dalam hal ini posisi helper yang merupakan posisi tersulit yang ada di bidang pergudangan. Baca dengan teliti dan jangan sampai Anda salah mengartikan apa yang tertulis agar Anda bisa melakukan penanaman skill pada diri Anda.

Cermat dan Teliti

Skill yang harus dimiliki pekerja gudang pertama yakni Anda harus cermat serta teliti, sebab pekerjaan Anda di gudang tidaklah mudah. Anda harus mengatur dan mengkoordinir barang-barang yang tersimpan di gudang tempat Anda bekerja. Sedangkan barang yang disimpan di gudang tersebut tentunya tidaklah sedikit atau terdapat begitu banyak barang yang disusun dengan kriteria dan kualifikasi berbeda-beda.

Sebagai seorang helper gudang harus cermat serta teliti sebab Anda akan mengawasi dan melakukan pendataan keluar masuknya barang dari gudang tersebut. Anda harus mengatasi proses tersebut dengan cermat serta sangat teliti agar tidak terjadi yang namanya salah hitung bahkan salah hitung sedikitpun tidak boleh terjadi. Ketika Anda kurang cermat serta kurang teliti maka perusahaan akan mengalami kerugian yang pastinya tidak tanggung-tanggung.

Kecermatan dan ketelitian ini diperlukan agar tidak adanya kesalahan perhitungan yang bisa terjadi karena kelalaian Anda sebagai seorang helper. Setiap kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di dalam gudang akan dipertanggungjawabkan oleh seorang helper gudang, sebab hal tersebut memang tanggung jawab kerja yang dimilik helper gudang. Jadi ketika Anda menjadi seorang helper maka jangan berpikir bahwa Anda hanya akan memerintah saja.

Anda akan memeriksa dan menghitung setiap barang yang ada di dalam gudang, jumlah perhitungan Anda harus selalu sama dengan jumlah yang ada di dalam gudang. Karena ketika perhitungan atau pemeriksaan berkala dilakukan oleh perusahaan dan terjadi ketidaksesuaian maka Andalah yang akan disalahkan.

Baca juga :   Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya

Memiliki Tingkat Kerapihan yang Tinggi dalam Mengerjakan Pekerjaan

Selanjutnya skill yang harus dimiliki pekerja gudang yakni Anda harus dapat mengerjakan sesuatu dengan rapi atau Anda harus memiliki tingkat kerapian yang tinggi. Sebab Anda akan berurusan dengan barang dalam jumlah yang banyak dan besar sehingga Anda harus menyusunnya dengan serapi mungkin serta Anda harus memperhatikan keawetan dari barang yang ada di dalam gudang Anda.

Memang bukan Anda yang akan mengangkat barang dan mengaturnya dengan rapi tetapi Andalah yang akan memerintahkan bahwa barang tersebut akan diletakkan dimana dan bagaimana kerapihannya. Dalam menyusun barang, Anda harus memperhatikan banyak hal seperti kerapihan, keawetan, serta dibagian mana barang tersebut akan diletakkan agar terhindar dari jamur atau hal-hal lain yang akan menyebabkan barang menjadi rusak.

Sebab ketika barang menjadi rusak maka itu berarti Anda sebagai seorang helper gudang yang akan menanggung seluruh kerusakan barang yang terjadi. Jangankan hama atau serangga, debu pun harus Anda awasi dari barang-barang yang Anda miliki di gudang tersebut.

Kemampuan Adaptasi Baik

Skill yang harus dimiliki pekerja gudang selanjutnya adalah Anda harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Anda harus menyesuaikan diri dengan kondisi gudang, suasana pergudangan, serta beradaptasi dengan karyawan-karyawan lain yang ada di gudang tersebut. Bahkan sebagai seorang helper Anda tidak hanya harus beradaptasi dengan karyawan gudang tetapi juga karyawan dari divisi lainnya.

Sebagai seorang helper gudang, Anda harus mampu melakukan berbagai macam kegiatan yang ada di pergudangan. Sebab ada beberapa kegiatan gudang yang harus dikerjakan secara bersama-sama sehingga Anda juga harus mampu beradaptasi dengan pekerja lainnya, baik yang ada di gudang maupun yang ada di divisi lain sebab nantinya Anda pasti akan melakukan kerjasama antar divisi.

Pekerja Keras

Untuk skill yang satu ini pasti Anda sudah sangat paham bahwa seorang helper gudang atau seseorang yang bekerja di pergudangan (Warehouse) haruslah seseorang yang pekerja keras dan bukanlah seseorang pemalas dan lemah. Anda sebagai seorang helper akan dituntut untuk berjiwa pekerja keras, Anda harus mengerjakan berbagai macam pekerjaan atau tugas Anda dengan tenggang waktu yang terbatas dan Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Sebab menjadi seorang helper ataupun pekerja gudang memiliki tugas yang sangat berat sehingga harus memiliki skill pekerja keras. Bila Anda tidak memiliki skill yang harus dimiliki pekerja gudang yang satu ini maka Anda tidak usah bermimpi untuk bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan ini. Pekerja gudang adalah seorang pekerja yang memperjuangkan tanggung jawab yang dimiliki.

Baca juga :   Ingin Menjadi Chef of Pantry yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Belum lagi ketika Anda mendapatkan perintah untuk lembur agar pekerjaan selesai maka Anda tidak boleh menolak dan Anda harus menyelesaikan pekerjaan meskipun harus melaksanakan lembur. Untuk itulah mengapa seorang pekerja gudang harus memiliki skill pekerja keras. Hal inilah yang menyebabkan mengapa seorang pekerja keras dapat diterima dengan mudah oleh HRD sebagai pekerja gudang.

Bisa Mengoperasikan Komputer serta Perangkat Software

Seorang helper gudang memiliki tanggung jawab penuh terhadap kesediaan dan stok barang, sehingga seorang helper gudang harus memiliki skill mengoperasikan komputer serta dapat menggunakan software. Karena Anda akan mengolah data barang yang masuk, keluar, serta data-data lain yang berhubungan dengan barang yang ada di perusahaan. Anda juga akan membuat laporan pertanggungjawaban mengenai barang yang tersedia di gudang kepada perusahaan.

Sehingga mampu mengoperasikan komputer serta software merupakan skill yang harus dimiliki pekerja gudang karena akan mempermudah Anda dalam melakukan pekerjaan Anda di gudang. Terdapat seperangkat software yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan pengolahan data barang. Ketika Anda melakukan wawancara kerja lamaran pergudangan maka Anda harus menyebutkan bahwa Anda bisa mengoperasikan komputer serta software sehingga menjadi poin lebih yang Anda miliki.

Ahli dalam Berkomunikasi & Berkoordinasi

Seorang helper gudang tidak hanya akan bertemu dengan karyawan-karyawan yang ada di gudang saja, tetapi seorang helper akan sering bertemu dengan orang-orang dari lingkup luar perusahaan dan gudang untuk menjalin kerjasama ataupun pertemuan lainnya dengan orang banyak. Sehingga Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena Anda harus berkomunikasi dengan sopan serta profesional.

Anda akan mengkoordinir para karyawan gudang serta Anda akan bertemu dengan pelanggan perusahaan ketika mengantarkan barang maka Anda pastinya harus berkomunikasi dengan baik agar dapat menjalin komunikasi yang tetap hangat.

Mampu Bekerja dalam Sebuah Tim

Semua pekerjaan tidak akan Anda kerjakan sendiri sehingga Anda harus dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja dalam tim. Anda harus mampu bekerja bersama karyawan-karyawan lain agar pekerjaan menjadi ringan. Serta memang terdapat sebuah pekerjaan gudang yang harus dilakukan secara tim dan tidak bisa terselesaikan jika hanya dilakukan sendiri-sendiri.

Demikianlah informasi mengenai skill yang harus dimiliki pekerja gudang, jika Anda berniat berkerja sebagai helper gudang maka sebaiknya Anda terlebih dahulu telah menyiapkan skill-skill tersebut untuk menjadi point lebih Anda ketika melakukan wawancara kerja.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X