Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya
Untuk Pemberi Kerja,Untuk Pencari Kerja

Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya

Staff Warehouse, definisi dan tugasnya dalam menjadi bagian penting pada sebuah perusahaan. Hal ini merupakan salah satu faktor dan komponen dalam perusahaan yang membuka peluang pengembangan. Dimana staff bagian warehouse juga berperan besar terutama dalam pendistribusian barang perusahaan. Untuk memahami lebih detail seperti apa pengertian  dari staff bagian warehouse ini kemudian memahami apa saja tugas yang dilaksanakannya.

Pengertian Staff Warehouse

Pengertian Staff Warehouse
Pengertian Staff Warehouse

Keberadaan komponen yang saling berkesinambungan dalam proses penciptaan suatu produk. Tak lepas dari pengaruh berbagai macam komponen yang ada saat ini di bagian perusahaan. Salah satunya adalah staff bagian warehouse yaitu bagian yang mengurusi kelancaran distribusi dan penataan barang yang ada di gudang perusahaan.

Biasanya staff bagian warehouse ini harus memiliki fisik yang kuat juga sehat dalam menjalankan kinerjanya. Berkaitan dengan pengangkutan barang, pindahan, juga hal detail lainnya yang nantinya akan berlaku untuk kelancaran produk. Dalam gudang pun barang atau produk harus tertata sesuai dengan ketentuan yang ada saat itu juga.

Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya
Staff Warehouse, Definisi dan Tugasnya

Untuk lebih memaksimalkan kinerja maka staff warehouse ini akan menggunakan alat bantu juga berkoordinasi dengan bagian distribusi. Dalam tugasnya, staff bagian Warehouse ini juga harus memastikan ketersediaan stok barang, mulai dari pengecekan, pendataan hingga jumlah yang ada. Maka bagian ini juga sama pentingnya dalam pengambilan peran di komponen perusahaan.

Dengan adanya staf bagian warehouse ini maka pendistribusian barang semakin terkontrol dan sangat baik. Jadi perusahaan juga akan dilancarkan dengan keberadaan staff tersebut bahkan memudahkan bagian distributor barang. Lalu seperti apa spesifikasi tugas dari staff bagian warehouse ini untuk perusahaan?

Tugas dari Staff Warehouse

Tugas dari Staff Warehouse
Tugas dari Staff Warehouse

Setelah memahami seperti apa definisi dari warehouse staff maka berikutnya memahami seperti apa tugas dari warehouse staff. Berikut ini merupakan tugas dari warehouse staff yang mensukseskan perkembangan bisnis perusahaan.

1. Melakukan Koordinasi

Saat menjadi warehouse staff maka hal pertama dan utama yang harus dilakukan yaitu melakukan koordinasi terkait barang. Dimana hal ini akan berhubungan dengan kondisi barang yang keluar masuk perusahaan. Kemudian akan dilanjutkan dengan melihat kesesuaian antara koordinasi yang dilakukan oleh bagian distributor ke warehouse staff.

Barang yang keluar masuk gudang tersebut menjadi tanggung jawab warehouse staff berdasarkan prosedur. Maka seorang staf bagian pergudangan harus mampu membaca situasi serta memahami apa yang telah di koordinasikan.

2. Mendata Barang untuk Laporan

Keberadaan barang yang merupakan produk perusahaan ini harus sesuai baik jumlah masuk atau keluar. Bagaimana kondisinya dan sebagainya. Inilah fungsi  staff warehouse untuk bisa melakukan pendataan barang secara terperinci. Kemudian harus memasukkan ke dalam format laporan yang ada dan diberikan pada perusahaan.

Dalam tata laksana yang dilakukan staff ini harus berdasarkan kondisi real yang ada di lapangan. Dimana kondisi tersebut menuntut warehouse staff ini bekerja secara maksimal untuk mendata barang. Mulai dari jumlah hingga keadaan barang tersebut di lapangan.

3. Merapikan  dan Menata Barang

Selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam tugas warehouse maka akan berhubungan dengan perapihan barang. Juga memastikan barang semakin teratur sesuai dengan kondisinya, serta memahami seperti apa bagian barang yang sudah tertata. Selanjutnya barang akan ditata sesuaikan dengan kategori yang ada.

Hal ini dilakukan agar memastikan bahwa kedepannya nanti saat pendistribusian akan semakin lancar. Saat barang harus dipindahkan kembali sesuai jenisnya maka akan memudahkan bagian pendistribusian. Itulah kenapa tugas warehouse staff ini sangat penting dalam penataan gudang untuk kategori barang yang ada.

4. Memastikan Barang Yang Akan Dikirim

Jika sudah memahami alur koordinasi serta keberadaan barang di gudang berdasarkan kategori yang sesuai. Maka selanjutnya warehouse ini memastikan barang yang akan dikirim sudah sesuai dengan permintaan distributor. Maka dalam hal ini staff warehouse  ini akan memberikan kemudahan untuk bisa memastikan barang mana yang akan keluar.

Kemudian juga bisa memantau barang mana yang telah masuk, kemudian di data sesuai dengan kondisi dan keberadaan barang. Sehingga barang dalam perputaran roda distribusi ini akan lancar dan bisa menunjang perkembangan bisnis perusahaan.

5. Memindahkan Barang Sesuai Bagiannya

Staff warehouse ini juga memastikan bagaimana perpindahan barang dari distributor ke gudang atau sebaliknya sudah sesuai. Yang kemudian akan diteruskan untuk menata, mendata serta memindahkan barang sesuai dengan bagian yang ada. Jadi tugas warehouse juga sangat berat dalam pergudangan di perusahaan.

Maka memiliki fisik dan mental yang sehat sangat perlu disini, dimana kesehatan fisik lebih diutamakan karena mengangkat barang. Bagaimana barang bisa berpindah dari satu bagian ke bagian lainnya. Meskipun dilengkapi oleh peralatan perlindungan agar aman, tetap saja staff bagian warehouse ini harus bisa memastikan barang dalam kondisi baik.

6. Memastikan Logistik Berjalan Lancar

Kemudian staff warehouse ini harus memastikan logistik berjalan lancar, hal ini dimaksudkan dengan kondisi barang yang ada saat ini. Logistik ini menyangkut barang yang masuk dan harus disesuaikan dengan keadaan. Kemudian barang yang harus keluar agar bisa sesuai dengan data laporan distributor.

Jadi jika terjadi kesendatan pada logistik ini maka staff dari warehouse yang akhirnya akan menanggungnya. Juga bertanggung jawab atas insiden yang terjadi ketika logistik barang berjalan tidak sesuai prosedur. Maka sebagai warehouse staff harus memahami prosedur dan memastikan kelancaran kondisi barang yang akan didistribusikan.

7. Mematuhi Persyaratan

Selanjutnya keberadaan staff warehouse  ini juga harus mematuhi persyaratan yang ada dimana sudah ditentukan oleh perusahaan. Tentunya semua persyaratan ini berkaitan dengan keberadaan barang dan kelancaran distrbusi perusahaan. Sehingga harus dipastikan bahwa yang memegang kendali menjadi warehouse staff adalah orang yang memiliki ketelitian.

Selain fisik yang sehat dan kuat, juga mampu melakukan koordinasi dengan baik serta bertindak cepat. Tentunya dalam pendistribusian barang ini berhubungan dengan waktu yang ada agar efektif serta efisien. Maka sebagai warehouse staff harus memastikan banyak hal tersebut sesuai dengan persyaratannya.

8. Pemeliharaan Secara Preventif

Untuk tugas selanjutnya yaitu pada bagian warehouse ini harus melakukan pemeliharaan secara preventif. Pemeliharaan ini berkaitan dengan barang dan pendistribusian lainnya dimana para warehouse staff ini memastikan barang yang didistribusikan ini sesuai dengan prosedur dan kelayakan barang.

Sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka warehouse staff ini akan memastikan barang tersortir. Juga kondisi barang harus baik serta tidak ada cacat, sehingga ke depan akan berjalan lancar terutama dalam pengiriman serta penerimaan barang. Dengan melakukan pemeliharaan preventif juga diharapkan bisa berjalan lebih baik lagi dalam pendistribusian barang. Baca juga tentang apa itu cleaning service dan apa saja tugasnya.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tugas staff warehouse yang bisa dipahami. Dimana tugas tersebut wajib dijalankan berdasarkan ketentuan dan kondisi yang berlaku di perusahaan. Jadi untuk menciptakan keberadaan yang lancar dan baik, maka selanjutnya perlu adanya kontrol serta evaluasi. Sehingga staff ini akan bekerja dengan baik dan lancar untuk bisa menunjang komponen perusahaan dalam berbisnis.

Business Process Outsourcing terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id untuk tenaga kerja bertalenta & profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>