Lakukan 5 Strategi Meningkatkan Sales Growth untuk Memajukan Bisnis Anda
Business Insight,Untuk Pemberi Kerja

Lakukan 5 Strategi Meningkatkan Sales Growth untuk Memajukan Bisnis Anda

Lakukan 5 Strategi Meningkatkan Sales Growth untuk Memajukan Bisnis Anda – Bagi orang-orang yang menjalankan bisnis ataupun pernah terjun langsung ke dalam dunia bisnis, sales growth  bukan lagi menjadi istilah yang asing. Pertumbuhan atau peningkatan penjualan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan,  dan dapat menunjukan suatu perkembangan suatu perusahaan dari waktu ke waktu merupakan pengertian dari sales growth.

Suatu perusahaan memang sangat wajib memiliki sales growth yang baik, tentu dengan tujuan agar perusahaan tersebut dapat berkembang dan tidak mengalami stagnan yang dapat merugikan. Banyak pemilik bisnis dianjurkan untuk melakukan pengecekan secara berkala akan keakuratan terhadap seberapa besar sales growth yang ada di perusahaan tersebut. Hal ini nantinya akan menjadi dasar yang dapat menunjang kemajuan dari perusahaan.

Sales growth sendiri digunakan sebagai indikator bagi jajaran yang memiliki jabatan di suatu perusahaan untuk melakukan pengambilan sebuah keputusan. Suatu bisnis memiliki risiko yang berbahaya apabila tidak melakukan perkembangan dari sisi pendapatan. Hal ini juga bisa menjadi hal yang merusak bisnis Anda, apabila posisi kompetitor memiliki keunggulan dalam menyajikan sales growth di perusahaannya.

Lakukan 5 Strategi Meningkatkan Sales Growth untuk Memajukan Bisnis Anda
Lakukan 5 Strategi Meningkatkan Sales Growth untuk Memajukan Bisnis Anda

Investor juga akan menjadikan sales growth sebagai pertimbangan akan demand produk di suatu perusahaan apakah memiliki peningkatan. Betapa pentingnya suatu perusahaan bisnis memiliki sales growth yang menjadi penentu kemajuan dari perusahaan tersebut. Sementara itu, dalam penyajian sales growth ini perlu diwaspadai, karena ada yang positif dan juga negatif, serta keduanya memiliki pengaruh bagi kelanjutan perusahaan.

Sales growth positif memiliki angka penjualan yang tinggi jika dibandingkan dengan penjualan pada periode sebelumnya. Strategi bisnis yang lebih baik lagi dapat dilakukan dengan sales growth yang positif ini. Sebab, keuangan suatu perusahaan ketika angka penjualan meningkat dibanding periode sebelumnya, juga memberikan dampak yang positif dengan pemasukan yang turut meningkat.

Sementara, pada sales growth negatif tentunya memiliki keberlawanan dengan kondisi yang ditunjukkan oleh sales growth yang positif. Di mana perusahaan mendapatkan kerugian yang bisa kecil, dan bahkan meningkat apabila sales growth menunjukkan angka penjukan di bawah dan cenderung sulit untuk naik dibanding dengan periode yang sebelumnya. Di sinilah Anda membutuhkan strategi meningkatkan sales growth.

Ketika membicarakan sales growth maka yang terbayang adalah hal yang memberikan dampak positif dan negatif di suatu perusahaan. Kerap digunakan sebagai suatu perbandingan, tapi ternyata bukan untuk membandingan satu perusahaan dengan perusahaan pesaing. Melainkan, sales growth ini digunakan untuk membandingkan perolehan pada periode yang satu dengan periode penjualan sebelumnya di satu perusahaan.

Strategi meningkatkan sales growth ini dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu ukuran perusahaan, kompetitor, dan target sales. Hal pertama dimulai dari ukuran perusahaan sebagai hal yang mempengaruhi sales growth, yaitu setiap perusahaan memiliki ukuran yang berbeda sehingga penghasilannya juga akan berbeda, tapi Anda tidak perlu membandingkannya antar perusahaan besar dan kecil, melainkan melalui pendapatan masing-masing.

Hal kedua yang mempengaruhi sales growth adalah produk yang dikeluarkan oleh kompetitor. Anda bisa melakukan perbandingan terhadap produk sejenis dari perusahaan kompetitor untuk meningkatkan penjualan produk yang dimiliki. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menciptakan peningkatan terhadap sales growth, melalui pemantauan minat pasar terhadap produk yang sejenis.

Selanjutnya, strategi meningkatkan sales growth dapat dipengaruhi oleh target sales di perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan memang memiliki target penjualan yang akan berbeda, dan ini ternyata menjadi penentu dalam sales growth yang bisa menjadikannya lebih positif lagi dengan angka yang meningkat dari periode sebelumnya. Perusahaan dapat menyesuaikan dengan produksi yang dilakukan dengan target pencapaian goals.

Namun, mengetahui perkembangan sales growth juga penting untuk para pelaku bisnis agar dapat terus meningkatkan pendapatan di suatu perusahaan. Berdasarkan 3 hal yang mempengaruhi strategi untuk meningkatkan sales growth tersebut, Anda bisa menemukan cara yang tepat. Berikut ini 5 strategi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan sales growth bisnis pada perusahaan Anda.

Kualitas Produk Menjadi Hal yang Harus Difokuskan

Kualitas Produk Menjadi Hal yang Harus Difokuskan
Kualitas Produk Menjadi Hal yang Harus Difokuskan

Salah satu strategi meningkatkan sales growth  dan yang menjadi faktor penting untuk perlu Anda perhatikan dalam melakukan peningkatan sales growth adalah dengan memprioritaskan nilai dan kualitas produk yang dijual. Ketika produk yang dijual memiliki kualitas, maka konsumen tidak akan sungkan untuk kembali membeli produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan , meski terdapat produk sejenis di pasaran.

Memahami nilai produk yang dijual perlu untuk dipastikan dalam menjaga kualitas produk sebagai pelaku usaha. Dengan demikian, pembeli tidak akan memiliki keraguan untuk membeli produk Anda. Hal ini tentu dapat meningkatkan sales growth untuk bisnis Anda di toko online maupun offline. Apalagi ketika produk tersebut memang memiliki kebermanfaatan bagi pembeli, maka mereka tidak akan sungkan memberikan rekomendasi.

Lakukan Perluasan Jaringan Penjualan Produk

Lakukan Perluasan Jaringan Penjualan Produk
Lakukan Perluasan Jaringan Penjualan Produk

Strategi meningkatkan sales growth yang sudah jelas dapat memperluas jangkauan penjualan adalah dengan melakukan perluasan jaringan penjualan produk. Jaringan dan kegiatan sales memang tidak dapat dipisahkan, dan telah terbukti memberikan peluang yang besar untuk membantu perusahaan mencapai target penjualan. Jaringan yang bisa Anda bentuk saat ini tidak hanya sekadar melakukan promosi secara offline saja.

Namun, dengan kemajuan dari teknologi dan informasi, pola suatu bisnis juga turut berkembang dan mengalami banyak perubahan, yang ternyata juga membuat persaingannya semakin ketat. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis dapat melakukan peningkatan sales growth dengan cara online. Belanja melalui aplikasi atau melalui marketplace kini tengah menjadi hal yang disukai oleh kaum milenial.

Sebagai pelaku bisnis Anda dapat membuat strategi meningkatkan sales growth dengan cara offline dan juga online, tapi perlu diperhatikan dalam pemilihan platform yang tepat untuk meningkatkan penjualan pada bisnis yang dimiliki. Hal ini penting dilakukan agar lebih tajam dalam membuat strategi bisnis Anda dan bisa lebih terfokus pada suatu yang ingin dicapai. Tentunya segala biaya terkait perluasan jaringan jauh lebih hemat saat tepat guna.

Pelayanan Terbaik Menjadi Titik Terang Meningkatkan Penjualan

Pelayanan Terbaik Menjadi Titik Terang Meningkatkan Penjualan
Pelayanan Terbaik Menjadi Titik Terang Meningkatkan Penjualan

Memberikan kesan yang terbaik kepada pembeli ataupun calon pembeli menjadi hal yang paling penting sebagai suatu strategi yang dapat meningkatkan sales growth. Sebab, meskipun terdapat istilah jangan menilai buku hanya karena cover-nya, tapi ternyata ini memiliki pengaruh dalam dunia bisnis. Kesan pertama yang diberikan kepada calon pelanggan akan menjadikan kelanjutan bagi suatu bisnis.

Bisa dipastikan saat calon pelanggan Anda mendapat kesan yang buruk, maka mereka akan kabur secepat mungkin, dan apabila sudah terlanjur membeli, maka dia tidak pernah akan kembali lagi. Melakukan pelayanan terbaik untuk meninggalkan kesan yang baik pula adalah salah satu strategi meningkatkan sales growth yang paling baik. Bagi orang-orang yang sudah pernah membeli produk Anda, sebaiknya dilakukan follow up secara berkala.

Hal ini dikarenakan ketika seseorang sudah pernah membeli produk yang Anda tawarkan, akan memiliki kepercaya dengan produk yang Anda tawarkan. Ketika klien merasa puas terhadap produk Anda, kemungkinan besar mereka akan merekomendasikannya kepada relasi yang nantinya bisa memiliki dampak pada peningkatan penjualan. Oleh karena itu, penting sekali bagi para pelaku bisnis memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya.  

Lakukan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Sales Growth

Lakukan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Sales Growth
Lakukan Inovasi Produk untuk Meningkatkan Sales Growth

Strategi meningkatkan sales growth pada bisnis Anda adalah dengan melakukan inovasi atau pembaruan pada produk yang Anda jual. Ini dikarenakan secara sadar atau tidak, kebutuhan dan selera masyarakat akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Diperlukan adanya sebuah inovasi dalam produk agar dapat bersaing di dunia bisnis yang semakin ketat ini. Namun, perlu diingat bahwa inovasi tidak berarti mengubah produk secara keseluruhan.

Inovasi dapat dilakukan dengan cara membuat suatu produk baru dengan metode baru, atau dengan desain baru yang lebih baik dari produk lama yang telah dipasarkan, bisa juga untuk produk yang belum pernah dipasarkan. Ketika hendak melakukan inovasi, suatu perusahaan perlu mengadakan riset secara berkala agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara tepat dan sesuai menyentuh secara menyeluruh lapisannya.

Kondisi Pasar Perlu untuk Dipahami agar Sales Growth Meningkat

Kondisi Pasar Perlu untuk Dipahami agar Sales Growth Meningkat
Kondisi Pasar Perlu untuk Dipahami agar Sales Growth Meningkat

Strategi meningkatkan sales growth yang terakhir adalah dengan memahami kondisi pasar. Market share dan kompetitor akan menjadi bagian dari kondisi pasar yang perlu dipahami oleh suatu perusahaan agar dapat meningkatkan sales growth. Salah satu yang sering dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengamati kondisi pasar ialah dengan menggunakan Fitur Dashboard Market Share.

Melalui fitur tersebut, Anda bisa melihat peluang yang ada di pasar dan berupaya untuk memahami kondisi pasar saat ini. Anda dapat melakukan penyusunan strategi yang lebih lagi dalam meningkatkan sales growth bisnis di suatu perusahaan. Sebab, saat melakukan pengamatan dari produk pesaing, Anda dapat melakukan perbaikan atau membuat inovasi terhadap produk yang dimiliki.

Fitur Dashboard Market Share yang dimanfaatkan untuk strategi meningkatkan sales growth bisa membantu melihat kondisi dan pangsa pasar dari industri yang menjadi sasaran Anda. Sehingga perencanaan bisnis yang dimiliki dapat dilakukan secara matang dengan mengetahui kondisi pasar di online marketplace. Kondisi pasar ini bisa menjadi pembanding untuk melakukan perbaikan ataupun inovasi agar menarik minat masyarakat.

Selain mengetahui seberapa besar industrinya, Anda juga butuh memahami kondisi pasar untuk memperhatikan kompetitor dari produk yang diciptakan. Dalam hal ini, sebuah perusahaan butuh melakukan riset yang mendalam agar dapat mengetahui seberapa banyak kompetitor dan juga seberapa besar kesuksesan mereka menguasai pasar. Riset mendalam ini bisa dilakukan menggunakan Fitur Top Brand.

Fitur Top Brand ini bisa digunakan untuk bisa mengidentifikasi produk sejenis yang menjadi pesaing dan memiliki cukup kekuatan di pasar. Saat ini melakukan strategi meningkatkan sales growth bisa dilakukan dengan bantuan teknologi, tapi setiap perusahaan juga harus memanfaatkan orang-orang yang berkompeten agar mencapai target yang diinginkan. Kecanggihan dari teknologi sales growth akan berimbang dengan sumber daya kompeten.

Sebagai contoh, Anda merupakan bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman seperti kue kering, roti dan bolu. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat siapa saja kompetitor di kategori tersebut dan juga penjualan terbesarnya apa saja.

Demikian tips untuk meningkatkan sales growth bisnis Anda. Untuk bisa terus meningkatkan sales growth bisnis, Anda dapat membaca informasi lainnya hanya di myrobin.id.

Sedang Cari Karyawan? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>