Artikel

Tidak lolos daftar Prakerja berkali-kali? Coba cara ini!

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke 7 telah ditutup pada Senin (7/9/2020) kemarin. Walau sudah dibuka sampai dengan gelombang ke 7, sejumlah masyarakat masih mengeluhkan gagal lolos seleksi Prakerja meski sudah mencoba ikut seleksi berkali-kali.

Masih ada kuota Kartu Prakerja untuk 1,8 juta orang pada gelombang-gelombang selanjutnya yang masih bisa diikuti masyarakat yang belum lolos.

Opsi lain
Mengutip dari laman FAQ Praakerja, untuk Anda yang sudah gagal hingga tiga kali dalam mendaftar gelombang prakerja maka Anda dapat mengadukan masalah tersebut ke Prakerja.

Caranya adalah dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link surat pernyataan gagal 3 kali. Selanjutnya isi dengan benar surat pernyataan tersebut lalu kemudian kirim ke alamat email: kepesertaan@prakerja.go.id Setelah terkirim, nantinya akan dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana Prakerja.

Head of Communication Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu saat dikonfirmasi membenarkan bahwa maksud FAQ tersebut diperuntukkan untuk peserta yang sudah mencoba 3 kali daftar Prakerja namun tidak lolos seleksi. “Yang dimaksud dalam FAQ Itu adalah jika 3 kali tidak lolos seleksi, bukan 3 kali gagal registrasi,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com Selasa (8/9/2020).

Louisa menerangkan ada beberapa sebab pendaftar tidak lolos mengikuti Prakerja. Pertama adalah adanya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Apabila mengalami hal tersebut, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang mengalaminya menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat. Faktor kedua, yakni ada kemungkinan peserta masuk dalam daftar kelompok yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja. “Kemudian dilihat apakah mereka termasuk dalam daftar terlarang sesuai Permenko 11/2020,” ujarnya. Permenko Nomor 11 Tahun 2020 sendiri menyebutkan ada tujuh kelompok yang tidak dapat menerima Kartu Prakerja. Kelompok itu yakni: Pejabat negara Pemimpin dan anggota DPRD ASN Prajurit TNI, Anggota kepolisian, Kepala dan perangkat desa Direksi, komisaris, dan dewan pengawas pada BUMN atau BUMD Faktor yang lain adalah adanya pertimbangan pendaftar terdampak pandemi Covid-19 atau tidak.

Ikut lagi gelombang selanjutnya Untuk pendaftar Prakerja yang tidak lolos dalam Prakerja gelombang sebelumnya jika ingin mencoba daftar ulang dalam proses seleksi, maka mereka bisa langsung bergabung dalam seleksi selanjutnya. Caranya login ke Website Prakerja dengan kata sandi yang dibuat sebelumnya. Masuk ke dashboard, lalu pilih gelombang selanjutnya ketika pembukaan gelombang selanjutnya sudah dibuka. “Iya, langsung masuk dashboard,” ujar Louisa sebagaimana dikutip Kompas.com (3/9/2020). Nantinya peserta tidak perlu lagi mengisi data diri maupun tes seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Setelah memilih gelombang selanjutnya peserta hanya menunggu pengumuman hasil.


sumber: kompas.com


Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

0 thoughts on “Tidak lolos daftar Prakerja berkali-kali? Coba cara ini!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>