Tips dan cara membuat CV dalam Bahasa Inggris - MyRobin
Tips,Info

Tips dan cara membuat CV dalam Bahasa Inggris

Contoh CV Bahasa Inggris Paling Mudah dan Sering Dipakai

Dari zaman dulu sampai sekarang, setiap manusia yang ingin melamar kerja diwajibkan menyertakan CV. contoh cv bahasa inggris lebih diprioritaskan di masa sekarang. Ini dikarenakan, seorang pelamar kerja akan lebih dihargai bila fasih berbahasa Inggris.

Seperti yang kita tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. CV alias Curriculum Vitae wajib disertakan pada dokumen lamaran kerja. Pelamar juga harus membuat Curriculum Vitae dengan sejelas-jelasnya dan serinci-rincinya.

Anda Perlu Tahu Contoh CV Bahasa Inggris

Jika seorang pencari kerja tidak bisa membuat Curriculum Vitae dengan benar dan mudah dibaca, maka kemungkinan besar, ia tidak akan diterima bekerja di tempat kerja yang ia lamar. Meskipun terkesan sederhana, namun sebenarnya ini tidak sesederhana itu.

Apalagi, jika Anda menggunakan bahasa Inggris dalam pembuatan sebuah riwayat hidup, maka Anda wajib menguasai bahasa tersebut atau setidaknya Anda meminta tolong pada orang yang tepat di bidang ini. Ini sangat penting untuk diingat.

Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang perlu Anda ingat agar Curriculum Vitae yang akan Anda buat bisa benar dan menarik. Calon atasan Anda perlu membacanya dengan mudah. Kesan pertama sangat penting teman. Ingat itu!

Contoh Curriculum Vitae dalam Bahasa Inggris

Sebelum menjelaskan lebih lanjut, ada baiknya Anda membaca salah satu contoh Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris di bawah ini. Seorang profesional di bidangnya membuatnya dengan seksama dan meyakinkan. Pastikan Anda menyimaknya.

CURRICULUM VITAE

CAHYA SUKMA AJI PRATAMA

Address Solo: Jl. Cuwiri 2, no.100, Kranggan, RT 02, RW 18, Makamhaji, Kartasura, 57161

Phone Number: 081211050519, email: juragansugih1@gmail.com

___________________________________________________________________            

Name                                   : Cahya Sukma Aji Pratama                                

Place and date of birth     : Surakarta, March 19, 1987

Height                                  : 168 cm

Blood type                           : A

Formal Education

a. 2011–2014: Bachelor in English Language and Literature at Sebelas Maret University. GPA: 3.51

b. 2005–2008: Diploma 3 in English Language and Literature at Sebelas Maret University.

c. 2002–2005: SMA Negeri 4 Surakarta (Senior High School).

d. 1999–2002: SMP Negeri 9 Surakarta (Junior High School).

e. 1993–1999: SD Negeri Pajang 3 Surakarta (Elementary School).

Informal Education

  1. 2004-2005, English, Global Communication, advanced
  2. 2006-2007, Electric Guitar, Purwa Caraka Music Studio, advanced
  3. 2003-2004, Electric Guitar, 58 Studio, advanced

Work Experiences

  1. 2005 – 2013, English Private Teacher (and other subjects) at Cahaya Prestasi, Sukoharjo.
  2. 2006 – 2013, Private Teacher for school subjects at Renata, Solo.
  3. 2005 – 2010, Assistant Manager at Batik Kencana Ungu, Sukoharjo branch. I also had a double job at that time as Assistant Manager at Batik Kencana Ungu, Sukoharjo branch. I quit before I continued my study for bachelor degree in 2011.
  4. 2015, Call Center Agent at PT. VADS Indonesia, Yogyakarta branch dealing with Malaysian Customers.
  5. 2015, Academic Supervisor at Lighthouse Homeschool, Solo.
  6. 2015, English Teacher at Primagama, Gama Jogja, Centralingua, Solo.
  7. 2015 – 2016, English Teacher at EF, Jakarta.
  8. 2016, English Translator, Copywriter, Content Writer and Social Media Specialist at PT. Karisma Bahana Gemilang, Jakarta.
  9. 2017, English Teacher (IELTS, TOEFL, General English and Business English) at SUN Education Jakarta.
  10. 2017 – present,  Translator and Copywriter (freelancer) at SUN Education, Jakarta. Nonetheless, I do it from home – Solo City after January 2018.
  11. 2018 – present, English Teacher (freelancer) at LEC, Kartasura, Sukoharjo.
  12. 2019 – present, English Teacher (freelancer) at ISPeak, ISP, Solo.
  13. 2019 – present, English – Indonesian Copywriter and Translator (freelancer) at Raja Tulis, Bali.
  14. 2019 – present, English – Indonesian Copywriter (freelancer) at Maya Loka, Bali.
  15. 2019 – present, English – Indonesian Copywriter (freelancer) at Bet365, Jakarta.
  16. 2019, present, English – Indonesian Copywriter (freelancer) at PC Content, Jakarta.

Abilities: communication, teaching, developing business, copywriting, content writing, social media marketing, translating English language into Indonesian (and vice versa), composing and arranging music, and motivator.

Hobbies: studying, learning, working and adventuring.

Interests: knowledge, science, physics, biology, chemistry, mechatronics, nature, music, management, business, communication, humanity, politics, history, art, and language.

Saatnya Menjelaskan dengan Lebih Rinci

Baiklah, contoh Curriculum Vitae di atas ditulis dalam bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasa yang diakui. Dari sini, Anda perlu tahu bahwa contoh cv bahasa inggris di atas sudah merupakan standar penulisan di negara Amerika dan Inggris.

Hal pertama yang perlu Anda tahu adalah penggunaan kepala Curriculum Vitae yang diawali dengan tulisan “Curriculum Vitae” tepat di tengah atas. Setelah itu, tulislah nama lengkap Anda, alamat lengkap, dan alamat email.

Anda juga perlu menambahkan nomor telepon yang bisa dihubungi oleh perusahaan. Hal ini jangan sampai Anda lewatkan. Tulislah dengan jelas dan rinci. Jangan sampai salah ketik. Ulangi pengecekan agar tidak ada kesalahan penulisan.

Setelah itu, biodata yang berisi tentang nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, tinggi badan, dan golongan darah perlu Anda beritahukan. Jarak titik dua harus sama dan sejajar.

Setelah itu, tulislah riwayat pendidikan Anda. Tuliskan semua nama sekolah dan daerahnya. Ini dimulai dari bangku universitas hingga turun sampai Sekolah Dasar. Taman Kanak-Kanak tidak perlu disertakan, apalagi Pendidikan Anak Usia Dini.

Riwayat pendidikan non-formal juga perlu Anda sertakan. Urutkan tahun Anda memproleh pendidikan tersebut. Tuliskan juga kota atau daerah tempat Anda menuntut ilmu non-formal. Kursus atau les-lesan yang Anda ikuti bisa menambah nilai Anda. 

Baru Anda menuliskan riwayat pengalaman kerja Anda jika ada. Pelamar yang baru lulus kuliah bisa menuliskan pengalaman magang atau kerja sambilan. Semakin banyak pengalaman kerja yang Anda sertakan, semakin meyakinkanlah nilai Anda.

Setelah itu, tuliskan kemampuan yang Anda miliki misalnya berbahasa asing, menari, pemrograman komputer, menyanyi, ahli mesin, bermain musik, memperbaiki mesin cuci, atau apa pun yang membuat Anda menarik di mata HRD atau calon manajer Anda.

Di bawahnya, tuliskan kegemaran atau hobi Anda. Hobi yang menarik dan lain daripada yang lain bisa mengesankan HRD. Anda juga bisa menambahkan ketertarikan Anda pada hal-hal tertentu. Sebaiknya Anda jujur dalam hal ini.

Saatnya Membuat Curriculum Vitae

Setelah membaca penjelasan yang singkat namun padat dan berisi, saya yakin Anda sudah mempunyai gambaran untuk mulai menulis Curriculum Vitae versi Anda tentunya memakai bahasa Inggris. Berpeganglah pada contoh cv bahasa inggris. Bila Anda tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, carilah bantuan dari seorang yang ahli bahasa Inggris dan membuat Curriculum Vitae.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>