contoh curriculum vitae
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Membuat Curriculum Vitae Mudah Bagi Pemula

Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, mayoritas perusahaan menyaratkan para pelamar untuk menyertakan cv. Membuat Curriculum vitae sendiri merupakan poin penting yang digunakan oleh para recruiter untuk menilai apakah calon pelamar memiliki kriteria yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. Oleh karena itu panduan membuat cv yang baik tentu menjadi kunci penting.

Panduan Membuat Curriculum Vitae yang Bisa Dicoba Para Pemula

Bagi para lulusan universitas atau SMK yang akan berkecimpung di dunia kerja, membuat cv yang menarik tentu dapat menarik para recruiter. Anda tidak perlu bingung bagaimana membuatnya, karena sejatinya cara pembuatannya sangatlah simpel.

Sayangnya masih banyak para pemula yang asal-asalan dalam membuat cv sehingga kesempatan untuk diterima di perusahaan menjadi kecil. Padahal dengan meluangkan sedikit waktu dan memperbaiki cv, maka peluang untuk masuk ke perusahaan yang dilamar menjadi semakin besar.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat akan membuat cv? Ini dia ulasannya

  1. Pilih Design yang Simpel

Jika Anda membuka instagram atau platform lain, maka akan banyak sekali jasa design CV menarik yang ditawarkan. Biasanya mereka akan menawarkan ragam desain dengan warna warni yang menarik. Bagi Anda yang melamar posisi design grafis, maka design CV yang menarik tentu bisa menjadi nilai tambah.

Namun jika Anda tidak melamar kerja di bidang grafis, sebaiknya hindari CV dengan design yang terlalu mencolok atau berwarna-warni. Pilih design curriculum vitae simpel dan bisa menjelaskan keseluruhan informasi Anda saat melamar pekerjaan. Anda bisa menggunakan warna-warna netral yang tidak terlalu mencolok.

  1. Sesuaikan dengan Posisi yang Akan Dilamar

Membuat cv memang tidak bisa satu jenis, apalagi jika Anda berencana untuk melamar pekerjaan di beragam bidang. Oleh karena itu, agar kualitas cv Anda semakin kuat, cantumkan berbagai pengalaman, pencapaian, serta kemampuan yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar.

Baca juga :   Pengertian dan Tips Work From Home (WFH)

Jangan penuhi cv dengan hal-hal yang tidak sesuai karena akan membuat recruiter bingung. Lebih baik, tuliskan sedikit informasi namun berkualitas dan berhubungan dengn posisi yang dilamar. Anda juga harus bisa menjelaskannya dengan baik dibandingkan menuliskan banyak pengalaman namun tidak berhubungan dengan posisi yang dilamar.

  1. Buat Personal Branding yang Kuat

Salah satu alasan para recruiter menerima pelamar non pengalaman atau pemula karena personal branding yang ditampilkan di cv angat kuat. Panduan membuat cv lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menulis informasi pribadi yang jelas.

Oleh karena itu, saat akan membuat cv, tulis informasi pribadi yang mencerminkan kepribadian Anda dan tentunya selaras dengan kualifikasi posisi yang akan dilamar sehingga membuat para recruiter tertarik untuk merekrut Anda.

  1. Gunakan Format File PDF

Poin terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat membuat cv adalah membuat file dalam bentuk PDF. Walaupun terdengar sepele, nyatanya hal ini sangat penting. Para HRD biasanya tidak memiliki waktu yang luang untuk mendownload file cv yang terlalu besar.

Oleh karena itu dengan merubahnya kedalam format PDF, maka Anda bisa memperkecil ukuran file dan membantu recruiter sehingga file Anda bisa cepat diunduh dan dibaca.

Demikianlah tadi beberapa tips yang bisa dicoba dalam panduan membuat curriculum vitae mudah dan menarik para recruiter. Jika pengalaman dan kemampuan yang dimiliki masih minim, maka Anda bisa mulai berlatih mencoba berbagai pengalaman yang dapat membuat cv Anda menjadi lebih menarik.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X