Tips membuat CV agar Mudah diterima Kerja
Tips,Untuk Pencari Kerja

Tips membuat CV agar Mudah diterima Kerja menurut HR Professional

Tips membuat CV agar Mudah diterima Kerja menurut HR Professional Arnold Sigit Saputra – Pada beberapa hari yang lalu tim myrobin.id berkesempatan untuk wawancara seorang HR Profesional di bidang FMCG (fast-moving consumer goods) yaitu Bapak Arnold Sigit Saputra. Dalam kesempatan itu kami mendapatkan banyak wawasan baru tentang apa saja sih tips membuat CV supaya lebih menarik dan dilirik oleh HRD atau perekrut. 

Dalam membuat CV yang baik tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan. Meskipun sekarang sudah banyak aplikasi pembuat CV dengan mudah dan bahkan desainnya sangat bervariasi. Nyatanya masih banyak para pencari kerja yang masih kurang tepat atau bahkan keliru dalam membuat CV. Selain itu, kadang mereka juga kurang detail dalam menulis sebuah CV.

Tips membuat CV agar Mudah diterima Kerja menurut HR Professional
Tips membuat CV agar Mudah diterima Kerja menurut HR Professional

Nah, menurut Bapak Arnold Sigit tips membuat CV yang menarik adalah sebagai berikut:

Tentukan Bahasa yang Tepat

Tips pertama yang disampaikan oleh Bapak Arnold Sigit yaitu terkait penggunaan bahasa. Apabila seorang pelamar kerja mampu berbahasa inggris dengan baik maka lebih bagus jika di dalam CV dituliskan dengan bahasa inggris. Akan tetapi, jika pengetahuan tentang bahasa inggrisnya kurang maka sebaiknya ditulis dalam bahasa indonesia yang baik dan benar. Hal itu tentunya untuk menghindari kesalahpahaman dan miss informasi antara yang ada di dalam CV dengan penjelasan pada saat interview berlangsung.


Terlebih lagi jika CV yang dibuat hanya hasil salinan atau hasil buatan orang lain. Jangan sampai hal tersebut malah menjadi bumerang untuk pelamar sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

Membuat CV dengan Rapi dan Lengkap

Untuk tips yang kedua dalam membuat  CV yaitu menulisnya dengan rapi dan lengkap. Dalam hal ini Bapak Arnold Sigit menjelaskan bahwa membuat CV itu isinya harus lengkap dan terstruktur. Sebenarnya sudah banyak sumber-sumber di internet yang bisa dijadikan contoh atau inspirasi dalam membuat CV. Nah, lalu sebenarnya apa saja sih yang harus ada di dalam CV itu? 

Data Diri

Data diri ini berisi tentang profil pelamar dari mulai nama, tempat tanggal lahir, alamat, dan kontak personal.

Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan ini mencakup nama sekolah dan universitas anda menempuh pendidikan serta gelarnya

Pengalaman Kerja

Disini berisi pengalaman anda bekerja sebelumnya dari mulai posisi, tempat bekerja, durasi bekerja, hingga job deskripsi singkat namun deskriptif, anda juga bisa menambahkan prestasi anda atau pencapaian anda dalam posisi tertentu. Untuk Fresh graduate bisa diisi dengan pengalaman berorganisasi, magang, sukarelawan, dll.

Keterampilan Pendukung

Lampirkan juga keterampilan serta keahlian anda di bidang tertentu. Anda juga bisa menambahkan keikutsertaan anda dalam seminar atau pelatihan tertentu.

Selain beberapa poin di atas HR juga biasanya menilai karakter pelamar kerja dari CVnya minimal HRD tau tentang seberapa jauh kesiapan pelamar di dalam dunia kerja.

Design CV jangan Terlalu Mencolok

Dalam membuat CV salah satu yang menjadi daya tarik adalah design CV itu sendiri. Bapak Arnold mengatakan bahwa sekiranya dalam membuat CV desainnya jangan terlalu mencolok dan standar saja. Terlebih untuk pelamar kerja di perusahaan kerah biru. Namun, hal tersebut tentu akan berbeda jika HRD sedang ingin merekrut seorang design grafis atau profesi sejenis yang mengutamakan skill desain. Maka design CV sedikit akan memiliki nilai lebih dipandangan rekruter.

Bapak Arnold juga menambahkan bahwa yang perlu diperhatikan yang pertama kali adalah kualitas isi CVnya nah yang selanjutnya baru tampilannya yang elegan.

Demikian sekiranya tips membuat CV menurut HR Profesional. Sebenarnya masih banyak yang dibagikan pada kesempatan tersebut. Namun, setidaknya 3 tips di atas sudah mewakili topik menulis CV ini. Semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat CV anda dan semoga cepat diterima kerja.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>