Tips Membuat Resume dan Contoh Resume yang Memukau HRD - MyRobin
Tips

Tips Membuat Resume dan Contoh Resume yang Memukau HRD

Terserah apakah Anda sedang mencari pekerjaan pertama Anda atau mencoba memilih untuk merubah karir Anda, semua proses tersebut dimulai dengan membuat resume. Dokumen yang satu ini akan sangat krusial karena dapat memberi atau bahkan menghancurkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda ingin.

Lantas, apa yang ingin dilihat dari resume? Dan bagaimana cara menulis resume yang tepat? Berikut kami telah merangkum semuanya untuk Anda dalam tips membuat resume dan juga contoh resume.

Panduan komprehensif ini akan mencakup semua aturan tentang pembuatan dan tips membuat resume yang Anda butuhkan untuk menulis resume secara profesional. Ingatlah bahwa Anda sebenarnya tidak perlu membuat resume Anda dari awal.

Aplikasi pembuat resume dapat memberi Anda template resume gratis (contohnya dari myrobin.id) untuk dikerjakan, jadi yang harus Anda fokuskan hanyalah teknik dalam menulis resume.

Dengan myrobin.id kita bisa membuat CV dengan professional dan menarik, dan banyak template yang bagus

myrobin.id

Perbedaan Antara Resume dan CV

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam tips membuat resume, kita harus menjelaskan perbedaan antara dua jenis dokumen ini terlebih dahulu. Berdasarkan seberapa mirip definisi dari keduanya, akan mudah untuk melihat mengapa mungkin ada beberapa kebingungan terjadi.

Perbedaan utama antara resume dan CV adalah panjang dan jumlah detail. Tata letak resume dan kontennya dimaksudkan untuk selektif dan ringkas. Hal ini berarti resume biasanya hanya akan memiliki panjang satu halaman – maksimum tiga halaman untuk posisi yang lebih senior.

Sebaliknya, CV menguraikan seluruh sejarah pendidikan dan profesional Anda, bersama dengan pencapaian besar, publikasi, dan kredensial lainnya, sehingga panjangnya hampir selalu lebih dari dua halaman.

Secara umum, resume digunakan ketika melamar pekerjaan di sektor swasta, sedangkan CV digunakan untuk pekerjaan di sektor publik, terutama akademisi.

Tips Membuat Resume Pertama: Resume Sempurna Dimulai dengan Format yang Sempurna

Karena biasanya HRD sebuah perusahaan sering tidak ingin terlalu sibuk dalam memilah desain atau judul resume yang tidak biasa, maka langkah pertama dan terbaik adalah dengan tetap menggunakan format yang telah teruji waktu yang menggunakan kategori standar seperti “Ringkasan,” “Pengalaman,” dan “Pendidikan.”

Ada tiga jenis format resume: kronologis, fungsional atau berbasis keterampilan, dan kombinasi dari keduanya. Memilih format yang akan digunakan akan tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda inginkan dan tingkat pengalaman Anda.

Kronologis

Format resume ini mencantumkan pengalaman kerja seorang kandidat dalam urutan terbalik. Bagian pendidikan dan pengalaman kerja akan menguraikan kredensial dan pengalaman si pencari kerja. Mulailah resume kronologis Anda dengan ringkasan profesional. Format ini akan sangat ideal untuk kandidat yang ingin menulis resume yang menunjukkan bahwa mereka telah terus mendapatkan kemajuan di bidangnya dan telah berhasil mendapatkan tanggung jawab di setiap pekerjaan yang pernah dimiliki.

Fungsional

Format resume ini akan sempurna untuk kandidat yang baru mengenal dunia kerja dan mereka yang memiliki kesenjangan dalam riwayat pekerjaan mereka. Resume fungsional dapat membantu para pencari kerja menekankan diri mereka pada keterampilan yang telah mereka peroleh. Bagian ringkasan akan menyoroti aspek yang paling penting dan relevan dari riwayat pekerjaan dan keahlian Anda. Bagian yang lain akan diisi dengan keterampilan dan keahlian Anda.

Kombinasi

Resume jenis Kombinasi, atau hibrida menggunakan atribut format kronologis dan fungsional. Misalnya, Anda dapat mulai dengan keahlian dan prestasi, diikuti oleh riwayat pekerjaan yang terperinci. Jika Anda memilih format ini untuk mengaburkan kesenjangan dalam riwayat pekerjaan Anda, pertimbangkan untuk membuat resume yang sebagian besar dalam format resume fungsional tetapi dengan riwayat singkat pengalaman kerja dibawahnya.

Apa pun format yang Anda pilih, saat Anda mengikuti tips membuat resume dan akhirnya mulai menulisnya, mulailah dengan ringkasan singkat yang dimulai dengan judul, terutama yang disesuaikan dengan deskripsi pekerjaan. Ikuti judul Anda dengan dua hingga tiga kalimat singkat atau butir-butir yang menggambarkan kemampuan dan pengalaman yang akan membuat Anda menjadi aset bagi atasan Anda berikutnya.

Tips Membuat Resume Kedua: Pahami Resume Layout Terbaik

Hal pertama yang diperhatikan oleh para perekrut pekerjaan tentang resume Anda adalah tata letak. Apakah resume-nya terlihat rapi atau berantakan? Terlalu pendek atau terlalu panjang? Apakah tulisanya membosankan dan tidak dapat diabaikan? Inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih tata letak resume. Ada beberapa prinsip tata letak umum yang berlaku di mana pun dan pada perusahaan manapun Anda melamar pekerjaan.

  • Panjang satu halaman (maksimal tiga).
  • Kosongkan judul bagian.
  • Pastikan ada ruang putih yang cukup, terutama di sekitar margin.
  • Pilihlah font yang mudah dibaca.

Ingatlah bahwa Anda hanya memiliki ruang terbatas dalam resume Anda, jadi Anda harus selektif tentang apa yang ingin Anda tekankan. Cara termudah untuk memutuskan apa yang akan dimasukkan adalah mendasarkan konten resume Anda dari kata kunci yang ingin dilihat oleh perekrut pekerjaan.

Kemampuan Anda untuk menggunakan kata kunci strategis ini akan menentukan apakah Anda akan diundang untuk wawancara atau tidak. Tips membuat resume ini akan melanjutkan penjelasan ini secara terperinci di bagian selanjutnya.

Satu pertimbangan lainnya adalah pentingnya untuk menghindari meninggalkan celah dalam pekerjaan dalam resume Anda. Jika salah satu pekerjaan Anda sebelumnya tampaknya tidak relevan dan terjadi di antara dua peran yang relevan, Anda masih perlu mencantumkannya. Tetapi Anda tidak harus menggambarkannya dengan terlalu rinci.

Tips Membuat Resume Ketiga: Tingkatkan Teknik Menulis Resume

Meskipun ada beberapa format resume yang telah umum digunakan, resume Anda harus mencerminkan pendidikan, pengalaman dan keterampilan yang Anda miliki. Anda mungkin akan perlu untuk mempertimbangkan untuk membuat beberapa versi resume yang disesuaikan dengan tempat pekerjaan yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa tips kunci dalam menulis resume yang akan membantu Anda mengatur dan merancang resume terbaik Anda.

 Cari kata kunci dalam posting pekerjaan

Tempat terbaik untuk memulai ketika berencana untuk menulis resume adalah membaca posting pekerjaan yang Anda minati dengan cermat. Ketika Anda melamar pekerjaan yang berbeda, Anda harus mempelajari setiap deskripsi pekerjaan untuk kata kunci yang menunjukkan apa yang dicari oleh perusahaan dalam kandidat yang ideal. Masukkan kata kunci tersebut dalam resume Anda jika memang relevan.

Misalnya, jika Anda melamar untuk pekerjaan sebagai Pembuat Aplikasi Penagihan Medis, perusahaan akan dapat mencantumkan kata kunci seperti “coding”, “pengajuan klaim,” “kepatuhan,” atau “manajemen AR” dalam deskripsi pekerjaan. Pastikan untuk memberikan perhatian khusus pada apa pun yang tercantum di bagian yang berlabel “persyaratan” atau “kualifikasi.” Jika Anda memiliki skill yang dicari oleh perusahaan tersebut, Anda dapat menambahkan istilah ini ke dalam resume Anda di bagian pengalaman atau skill.

Tinjau contoh resume orang lain

Saat menyusun resume Anda, Anda dapat mempelajari contoh resume dari industri yang ingin Anda geluti untuk mendapatkan inspirasi dan praktik terbaik. Meskipun ada banyak cara dalam menggunakan sampel resume, ada tiga takeaways utama yang harus Anda lihat di dalamnya.

  • Buatlah resume secara sederhana dan mudah dibaca. Resume sederhana haruslah mudah untuk dibaca. Ini karena para pengusaha akan hanya memiliki sedikit waktu untuk meninjau resume Anda, jadi keterbacaan adalah kuncinya.
  • Buat resume Anda secara singkat. Anda akan melihat bahwa setiap bagian dari resume biasanya akan berbentuk pendek dan to-the-point, termasuk ringkasan dan deskripsi pengalaman. Patikan untuk hanya memasukkan informasi yang paling penting dan relevan agar mereka yang membaca resume Anda akan lebih cepat memahami kemampuan Anda untuk mengisi peran tersebut.
  • Sertakan angka. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa sering ada metrik yang termasuk dalam bagian pengalaman dari sampel resume. Ini karena manusia diset untuk lebih responsif terhadap nilai terbukti yang terukur. Angka memungkinkan kita untuk lebih memahami nilai yang dibawa ke posisi itu.

Saat meninjau sampel resume dari orang lain, Anda harus ingat bahwa langkah ini tidak meminta Anda untuk menyalin semuanya. Namun pastikan untuk mengambil beberapa aspek positif dan memasukkannya ke dalam resume Anda. 

Gunakan font profesional

Tips membuat resume selanjutnya akan sangat krusial karena para pemberi kerja biasanya hanya memiliki waktu singkat untuk meninjau resume Anda. Oleh karena itu resume Anda harus dibuat sejelas dan semudah mungkin untuk dibaca. Anda harus menggunakan font dasar dan bersih seperti Arial atau Times New Roman. Pertahankan ukuran font Anda antara 10 dan 12. Memilih font yang jelas dan mudah dibaca akan membantu membuat resume Anda terlihat lebih profesional.

Anda juga harus memastikan untuk mengurangi atau menghilangkan spasi kosong yang tidak ada. Terlalu banyak ruang kosong akan membuat resume Anda tampak jarang, mengganggu audiens dan mungkin akan terlihat tidak menarik. Dengan mengurangi ruang putih ekstra, Anda membuatnya lebih mudah bagi pembaca resume untuk fokus hanya pada konten resume Anda ketimbang ruang putih. Anda juga dapat mengurangi ruang kosong dengan meningkatkan ukuran font hingga ukuran 12 dan mungkin menambahkan bagian opsional tambahan seperti “Skill” atau “Penghargaan dan Prestasi.”

Masukkan hanya informasi yang paling relevan dan prioritaskan terlebih dahulu

Meskipun Anda mungkin memiliki pengalaman kerja atau pendidikan yang luas, penting untuk menjaga resume Anda sesingkat mungkin tanpa meninggalkan informasi kunci. Mereka yang telah terampil dalam urusan ini tidak akan menghabiskan banyak waktu dalam membaca setiap resume.

Penelitian telah menunjukkan bahwa seorang manajer HRD cenderung hanya menghabiskan 6 detik per resume. Jika resume Anda menyertakan informasi lama atau tidak relevan, maka ini akan dapat mengalihkan perhatian dari informasi utama.

Coba sertakan pengalaman kerja, prestasi, pendidikan, dan skill yang paling relevan bagi pemberi kerja Anda. Anda dapat menemukan atribut yang paling relevan dengan membaca dengan teliti posting pekerjaan. Anda harus memprioritaskan informasi penting pada resume Anda untuk menarik perhatian pada bagian keterampilan dan pencapaian utama.

Gunakan bahasa aktif

Resume Anda harus ditulis menggunakan bahasa aktif tanpa kata-kata asing. Ini berarti Anda harus menggunakan kata-kata yang meyakinkan namun tetap masih sesuai dengan KBBI. Jika resume Anda terlalu panjang atau sepertinya sulit dibaca, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuatnya dengan kalimat yang lebih pendek atau lebih ringkas.

Misalnya, Anda mungkin memiliki deskripsi pekerjaan yang berbunyi:

“Selama saya bekerja di Perusahaan A, saya menjalankan banyak proyek berbasis tim dan membantu setiap anggota tim dengan berbagai tugas yang terkait dengan setiap proyek.”

Contoh ini dapat dipersingkat dan diperkuat dengan cara berikut:

“Memimpin berbagai proyek berbasis tim dan mengkoordinasi tugas-tugas kelompok secara efektif.”

Versi yang direvisi akan mengomunikasikan ide yang sama tentang pencapaian Anda sembari mengurangi jumlah kata dan memasukkan bahasa yang lebih aktif dan menarik perhatian.

Pusatkan perhatian pada capaian Anda

Alih-alih mengisi daftar riwayat pekerjaan Anda di bawah bagian pengalaman, pilih tiga atau empat prestasi paling penting Anda di setiap peran yang Anda miliki. Jika memungkinkan, sertakan angka-angka yang mengukur kesuksesan Anda untuk tujuan atau pencapaian tersebut.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan bagian “Prestasi” atau “Skill” yang terpisah untuk secara khusus menyoroti pencapaian yang relevan dalam pendidikan, karier, pekerjaan sukarela, atau pengalaman lainnya.

Hanya sertakan subpos dan bagian yang Anda butuhkan

Baik Anda menggunakan templat resume atau membuatnya sendiri, Anda mungkin akan menemukan beberapa bagian yang disarankan tetapi tidak Anda perlukan. Misalnya, Anda mungkin memerlukan ringkasan resume atau tujuan resume, tetapi Anda tidak ingin memasukkan keduanya.

Jika Anda baru lulus dari perguruan tinggi atau sekolah menengah dan belum pernah memiliki posisi profesional, jangan masukkan bagian riwayat pekerjaan yang kosong. Sebagai gantinya, Anda dapat menggantinya dengan dengan pengalaman kursus yang relevan, prestasi akademik dan pengalaman lain seperti magang atau proyek ekstrakurikuler. Anda juga boleh untuk menggabungkan dua bagian dalam resume Anda jika Anda mengalami kesulitan untuk mengisi bagian tersebut dengan lebih dari dua poin.

Pilih margin yang sesuai

Dalam membuat resume yang baik, ukuran margin yang biasanya disarankan adalah satu inci di semua sisi resume dengan spasi tunggal di antara garis. Jika Anda memiliki terlalu banyak ruang putih, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat garis dalam resume Anda sebesar 1,15 atau 1,5 spasi. Anda juga dapat meningkatkan margin jika Anda merasa sulit untuk mengisi resume Anda, tetapi rentangnya masih harus tetap di bawah dua inci.

Mengoreksi dan mengedit

Sebelum mengirim resume Anda, Anda harus melakukan beberapa set pengecekan proofreading untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Meskipun ada beberapa program dan alat proofreading yang dapat Anda gunakan, meminta teman atau kolega terpercaya untuk meninjau resume Anda adalah tips terbaik. Akan sangat membantu jika ada pihak ketiga yang objektif untuk melihat resume Anda sebelum Anda mengirimkannya ke perusahaan yang Anda idamkan.

Putuskan apakah Anda memerlukan resume unik untuk pekerjaan yang berbeda

Tips terakhir dalam sederet tips membuat resume ini adalah yang paling sering diabaikan banyak orang. Faktanya adalah, sebelum Anda mengirimkan aplikasi apapun, Anda harus bertanya pada diri Anda sendiri, “Sudahkah saya membuatnya semudah mungkin bagi perusahaan ini untuk melihat bahwa saya memenuhi syarat?”.

Jika Anda melamar pekerjaan yang memiliki persyaratan unik, Anda mungkin memerlukan versi resume Anda yang lain untuk menunjukkan kualifikasi Anda sepenuhnya. Tentukan keputusan ini berdasarkan kasus per kasus yang Anda hadapi.

Resume sering kali merupakan langkah pertama untuk mendapatkan kesempatan wawancara. Pastikan Anda telah memasukkan semua informasi yang paling relevan di resume Anda, aturlah mereka untuk dapat menyoroti informasi yang paling penting dan pastikan untuk selalu teliti dalam mencari kesalahan.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>