Tips Memilih Jasa Outsourcing SPG Promoter yang Sesuai dengan Kebutuhan
Business Insight

Tips Memilih Jasa Outsourcing SPG / Promoter yang Sesuai dengan Kebutuhan

Tips Memilih Jasa Outsourcing SPG/Promoter yang Sesuai dengan Kebutuhan – Ketika Anda datang ke mal atau pusat perbelanjaan, Anda pasti akan sering dihampiri oleh seorang wanita yang menawarkan suatu produk. Para pegawai wanita ini biasanya disebut sebagai SPG atau sales promotion girl. Jenis produk apapun yang coba untuk dijual, para SPG pasti menjadi salah satu andalan supaya penjualan berhasil atau justru meningkat dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, pemilihan SPG harus dilakukan dengan baik dan tepat. Bukan hanya sekedar penampilan saja yang perlu diperhatikan tapi juga kecakapan dalam menjual produk pun harus menjadi pertimbangan. Untuk mendapatkan SPG yang berkualitas dan sesuai kebutuhan, suatu perusahaan biasanya menggunakan jasa penyedia outsourcing atau agensi SPG, tergantung dari kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Tips Memilih Jasa Outsourcing SPG  Promoter yang Sesuai dengan Kebutuhan
Tips Memilih Jasa Outsourcing SPG Promoter yang Sesuai dengan Kebutuhan

Akan tetapi, suatu agensi SPG biasanya memiliki ketersediaan pegawai yang terbatas sekalipun kualitas yang ditawarkan biasanya jauh lebih bagus dari pada yang ditawarkan oleh jasa outsourcing SPG/Promoter. Tapi untuk mendapatkan SPG yang dibutuhkan dengan cepat, pada akhirnya banyak yang menggunakan jasa alih daya tersebut untuk memenuhi kebutuhan promosi atau pemasaran produk.

Apa Itu SPG/Sales Promotion Girl, Ini Pengertiannya

Berdasarkan namanya, SPG atau sales promotion girl adalah wanita yang memiliki tugas untuk mempromosikan suatu produk di lapangan. Hal yang termasuk pada mempromosikan ini bukan hanya sekedar mengenalkan kemudian menjual produk melainkan mampu meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk tersebut dengan memperkenalkan kualitas yang dimiliki oleh produk.

Bisa dikatakan, tugas SPG itu sama dengan tugas sales pada umumnya hanya saja penamaannya dikhususkan untuk para wanita yang melakukan penjualan di lapangan. Sehingga tidak heran jika ada jasa outsourcing sales yang sekaligus merupakan penyedia outsourcing SPG. Dengan begitu, pencarian SPG akan lebih mudah dari pada yang Anda duga dengan adanya perusahaan outsourcing SPG.

Persyaratan untuk Menjadi SPG

Supaya Anda bisa menjadi salah satu pegawai di perusahaan penyedia jasa outsourcing SPG/promoter, maka Anda harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini. Pertama seorang SPG harus memiliki penampilan yang menarik dan memiliki tubuh yang proporsional karena penampilan adalah salah satu dari daya tarik seorang SPG sebelum ia berhasil menarik minat konsumen terhadap produk yang akan dijual.

Syarat yang kedua adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga mampu menjelaskan produk kepada calon konsumen dengan baik juga. Apabila bisa mengkomunikasikan dengan baik maka tujuan menjual produk akan tercapai. Lebih dari itu, ketika sedang menjelaskan produk kepada konsumen maka seorang SPG harus bisa menjaga sikap juga sehingga penjelasan yang disampaikan bisa diterima dengan baik.

Apabila seorang SPG melakukan pemaksaan dan bersikap kurang ramah, calon konsumen bukannya tertarik untuk membeli tapi justru akan langsung mundur dan tidak ingin kembali lagi. Namun, apabila bisa berkomunikasi dan diiringi dengan sikap yang ramah, sekali pun tidak membeli produk itu saat itu juga, rasa tertarik yang ditunjukkan di awal bisa membuka kemungkinan pembelian produk di masa depan.

Supaya bisa menjelaskan produk dengan baik, maka seorang SPG harus memiliki product knowledge. Pengenalan product knowledge ini biasanya dilakukan ketika training atau pelatihan sebelum terjun ke lapangan. Penyedia jasa outsourcing SPG/promoter yang akan mengambil alih tugas ini dari perusahaan yang membutuhkan karyawan SPG demi kepentingan marketing produknya.

Persyaratan serta kemampuan terakhir yang perlu dimiliki oleh seorang calon SPG adalah kemampuan untuk menjual produk. Keahlian ini bisa terlihat dengan hasil penjualan produk setelah masa pemasaran atau promosi berakhir. Oleh karenanya ketika Anda akan memilih seorang SPG untuk produk Anda maka lihatlah pengalaman kerjanya atau masukkan kualifikasi tersebut pada iklan pencarian SPG Anda.

Macam-macam SPG atau Sales Promotion Girl

Sekali pun terlihat sama, SPG atau sales promotion girl sebenarnya ada berbagai jenis dan memiliki peranan yang berbeda. Pertama, ada SPG reguler yang biasanya ditemukan di toko-toko penjualan produk. Tugas dari SPG ini, selain mengenalkan dan menjual produk adalah menjaga kebersihan toko, mendata produk yang dijual, memajang display product, serta menjaga kualitas layanan produk.

Jenis selanjutnya adalah SPG event yang merupakan sebuah profesi profesional sehingga ada pelatihan khusus tersendiri. SPG semacam ini biasanya akan hadir di berbagai acara besar seperti pameran dan pekerjaannya akan selesai ketika acara pameran selesai. Anda bisa menemukan SPG event semacam ini di jasa outsourcing SPG/promoter sama seperti ketika Anda mencari SPG reguler.

Selain SPG event, ada juga SPG event reguler yang dijadikan sebagai additional pada setiap akhir minggu. Tugasnya adalah membantu tugas SPG reguler untuk menjaring konsumen baru, membagikan brosur, menawarkan sampel dan lain sebagainya. Kemudian ada juga umbrella girl yang biasanya hadir di kegiatan khusus dan tidak banyak orang yang menyangka bahwa itu bagian dari pekerjaan SPG profesional.

Acara yang biasanya memerlukan seorang umbrella girl adalah seperti pada acara balapan. Cara promosi yang digunakan sedikit berbeda dari SPG event maupun reguler karena biasanya cara promosinya adalah dengan mengenakan pakaian di mana terdapat nama sponsor balapan. Produk yang dipasarkan pun biasanya sekitar produk minuman, oli, merk kendaraan yang digunakan dan hal lainnya yang berkaitan dengan balapan.

Tips Memilih Penyedia Jasa Outsourcing SPG / Promoter

Setelah Anda memastikan SPG apa yang dibutuhkan untuk memasarkan produk Anda dan acara apa yang akan dimasuki SPG tersebut maka langkah selanjutnya adalah memilih penyedia jasa outsourcing SPG/promoter. Untuk mendapatkan SPG yang berkualitas dan sesuai yang dibutuhkan maka jangan asal memilih penyedia outsource karena akan berpengaruh pada performa penjualan Anda di lapangan.

Tips Memilih Penyedia Jasa Outsourcing SPG / Promoter
Tips Memilih Penyedia Jasa Outsourcing SPG / Promoter

Tips pertama dalam memilih jasa penyedia outsourcing SPG adalah untuk memilih perusahaan outsource yang fleksibel. Maksud dari fleksibel ini adalah mampu menyesuaikan kebutuhan perusahaan sehingga karyawan yang diberikan perusahaan penyedia adalah karyawan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan persyaratan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh perusahaan Anda.

Selain memiliki layanan yang fleksibel, pastikan juga perusahaan penyedia outsource itu memiliki model layanan lanjutan. Artinya adalah perusahaan penyedia karyawan alih daya tersebut bukan hanya bertugas merekrut pegawai SPG yang dicari tapi juga memberikan pelatihan lanjutan yang sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan Anda sehingga bisa terjalin hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan.

Tips selanjutnya ketika memilih penyedia jasa outsourcing SPG/promoter adalah untuk memilih perusahaan outsourcing yang mengelola keuangan dengan baik. Pembayaran gaji, pajak, serta asuransi sebaiknya semuanya diatur oleh perusahaan penyedia jasa tersebut sehingga pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan Anda hanya dilakukan dengan pihak penyedia SPG saja.

Selain itu, pastikan bahwa rekam jejak penyedia jasa alih daya SPG ini baik dan mengutamakan kepuasan pelanggan, baik itu perusahaan yang menggunakan jasa maupun pegawai yang direkrut untuk bekerja di perusahaan. Lebih baik lagi jika perusahaan outsource tersebut memiliki basis pelanggan yang besar sehingga untuk mencari testimoni lebih mudah sebagai bahan pertimbangan.

Tips terakhir adalah penyedia jasa outsource SPG tersebut memiliki nomor kontak yang jelas. Bukan hanya nomor yang bisa dihubungi tapi juga memiliki alamat yang jelas, alamat e-mail dan juga alamat situs atau website. Di zaman seperti sekarang ini, keberadaan alamat digital semacam itu memang paling dibutuhkan supaya semakin mudah untuk dicari dan bisa dijangkau oleh siapa saja, di mana saja.

MyRobin.Id, Penyedia Jasa Outsourcing yang Tepat untuk Anda

Myrobin
Myrobin

Apabila Anda membutuhkan jasa outsourcing SPG/promoter yang memenuhi persyaratan di atas, maka Anda harus mengunjungi MyRobin.id, sebuah situs penyedia jasa outsourcing yang mampu menyalurkan pegawai on-demand selama 24 jam. Perusahaan ini menjamin bisa menyediakan tenaga kerja yang fleksibel, berpengalaman dan terpercaya.

Saat ini, sudah ada kurang lebih 2 juta tenaga kerja outsource yang tergabung di situs MyRobin yang berkecimpung di berbagai profesi. Kehadiran situs ini bisa dikatakan merupakan jawaban yang tepat bagi para pencari kerja dan juga pencari karyawan di masa ‘new normal’. Tidak perlu takut tidak mendapatkan pegawai atau pekerjaan yang diinginkan dan dibutuhkan, semuanya tersedia di situs ini.

MyRobin.Id, Penyedia Jasa Outsourcing yang Tepat untuk Anda
MyRobin.Id, Penyedia Jasa Outsourcing yang Tepat untuk Anda

Bagi perusahaan yang mencari SPG, Anda bisa memposting iklan pencarian pegawai di situs ini dengan informasi selengkap mungkin dan juga persyaratan yang dibutuhkan. Setelah iklan pencarian tenaga kerja dipasang, MyRobin akan memproses iklan tersebut dengan menyaring tenaga kerja yang sesuai dengan persyaratan yang diminta, sesuai dengan pengalaman kerja, keterampilan, lokasi bekerja, dan kriteria lainnya.

Anda tidak perlu lagi memikirkan bayaran gaji, kesejahteraan, serta asuransi dari jasa outsourcing SPG/promoter yang Anda peroleh dari MyRobin.id karena semua itu akan diurus oleh staf MyRobin. Kontrak yang Anda lakukan adalah antara perusahaan dengan penyedia jasa SPG outsource bukan dengan pegawai alih daya itu secara langsung. Tentunya ini akan lebih mudah dan praktis untuk dilakukan.

Anda tidak perlu khawatir dengan tenaga kerja yang disediakan karena tenaga kerja sudah disaring dan diverifikasi terlebih dahulu sebelum dipekerjakan. Pembayaran upah pun dihitung sesuai dengan jam kerja yang digunakan serta support dari tim MyRobin dilakukan secara penuh. Jadi, kekhawatiran-kekhawatiran yang mungkin muncul sebelum menggunakan jasa outsource bisa Anda hilangkan.

Selain membantu menyalurkan SPG, situs jasa outsourcing ini juga terlibat dalam industri logistik, food and beverage, cleaning service, costumer service dan lebih banyak lagi. Jadi, apabila Anda membutuhkan pegawai alih daya selain SPG, Anda bisa mendapatkan berbagai macam layanannya melalui situs ini dengan mudah dan praktis juga dalam waktu singkat.

Apabila Anda masih ragu dengan cara kerja situs penyedia jasa alih daya ini maka segera saja kunjungi situs tersebut. Sistemnya yang terkoordinasi akan memudahkan bagian HR dan operasi untuk berkoordinasi secara maksimal di lapangan. Kontrak kerja yang bisa dilakukan untuk SPG ini bisa harian, mingguan bahkan bulanan dengan proses pembayaran yang transparan.

Khawatir dengan performa kerja dari SPG yang sudah Anda pilih dari jasa outsource SPG/promoter yang sudah Anda pilih? Tenang saja karena Anda bisa memantau performa pekerja bisa Anda pantau secara real time dengan membuka situs MyRobin.id kapan pun sehingga Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik untuk manajemen tenaga kerja yang Anda pilih atau gunakan.

Sedang Cari SPG/Promoter? Jasa Outsourcing Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Hubungi myrobin.id menyediakan tenaga kerja bertalenta & profesional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>