Tips Mencari Lowongan Kerja Jakarta Yang Efektif - MyRobin
Artikel

Tips Mencari Lowongan Kerja Jakarta Yang Efektif

Bekerja di ibukota selalu menjadi harapan banyak orang yang datang merantau dari kampung halaman. Sebab itu, informasi lowongan kerja Jakarta begitu diminati karena mereka tentu tidak ingin berujung menjadi pengangguran. Lalu, di mana saja bisa mencari informasi tentang peluang kerja tersebut? Dan apa saja tipsnya agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai?

Persyaratan Standar Melamar Pekerjaan di Jakarta

Sebelum membahas tentang cara mendapatkan informasi tentang peluang kerja, Anda perlu mengetahui lebih dulu tentang persyaratan-persyaratan standar yang biasa disertakan employer di ibukota. Apa saja persyaratan tersebut?

  • E-KTP atau identitas yang masih berlaku. 
  • SKCK dari Kepolisian.
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisir.
  • Fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir berlegalisir.
  • Surat lamaran kerja.
  • Curriculum Vitae (CV) atau Riwayat Hidup.

Syarat-syarat di atas pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk pencari kerja di Jakarta saja, namun di berbagai daerah di Indonesia. Jadi, seharusnya Anda tidak perlu merasa kesulitan untuk mengumpulkan semua dokumen yang bersifat wajib tersebut.

Sumber Informasi Lowongan Kerja di Ibukota

Jika Anda merasa sanggup melengkapi dokumen-dokumen di atas, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi lowongan. Dari mana saja sumber informasi yang bisa diandalkan untuk mencari lowongan kerja Jakarta? Berikut ini daftar lengkapnya :

Iklan Baris

Meskipun cara ini tampak ketinggalan zaman, faktanya masih banyak employer yang memasang informasi lowongan kerja melalui iklan baris. Terutama untuk peluang kerja di kota-kota besar. Rata-rata, pemberi kerja memilih iklan baris dengan alasan sebagai berikut :

  • Efektif dan efisien untuk menyebarkan informasi yang tepat sasaran, sebab para pencari kerja mayoritas langsung mencari berita lowongan pada kolom iklan baris.
  • Biaya memasang iklan baris jauh lebih murah dibandingkan dengan media lain, bahkan pada kolom reguler koran yang sama. Tentunya hal tersebut membantu menghemat anggaran perusahaan.
  • Persyaratan dan detail lain termuat tanpa pihak employer sibuk menyusun kata-kata yang menarik.

Mayoritas surat kabar di Indonesia, terutama terbitan perusahan media besar, masih menyertakan kolom iklan baris. Jadi, bila ingin mendapatkan informasi lowongan tersebut, Anda bisa membeli berbagai surat kabar yang memiliki iklan baris. Biasanya, koran yang baru terbit pagi hari dijual cukup mahal. 

Sebagai tips, Anda bisa membeli menjelang sore hari. Karena, pada jam-jam tersebut, surat kabar biasanya sudah diobral 50 – 80% saja. Hal itu dikarenakan sistem koran yang terbit setiap pagi, sehingga menjelang pergantian hari, surat kabar sudah dianggap ‘kadaluarsa’. Sehingga harganya pun tidak semahal ketika baru terbit.

Website Informasi Lowongan Kerja (myrobin.id)

Untuk informasi lowongan di iklan baris, biasanya dipasang oleh korporasi besar. Contohnya bisa langsung cari di myrobin.id. Jika Anda mencari peluang kerja yang bersifat variatif, maka bisa mencari di situs-sitsu penyedia informasi lowongan. Website semacam itu sudah menjamur dan bebas diakses oleh siapa saja. Apa saja benefit dari memasang informasi di internet seperti itu?

  • Siapa pun bisa memasang informasi lowongan tanpa persyaratan tertentu. Para employer cukup menghubungi pengelola situs atau mendaftar sebagai member di mana kemudian bisa menulis sendiri lowongan sekaligus persyaratan untuk applicant.
  • Gratis. Pemberi dan pencari kerja tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memanfaatkan layanan situs tersebut. Meski ada pula yang menerapkan kebijakan administrasi untuk member, tapi biayanya tidak sebesar memasang iklan di media. Selain itu, hanya memerlukan modal sambungan internet stabil.
  • Cakupan informasi luas, baik untuk employer maupun jobseeker. Siapa pun dan dari mana pun dapat memasang iklan maupun mengakses informasi di situs tersebut. Jadi, peluang untuk kedua belah pihak yang terlibat juga lebih besar untuk mencapai tujuannya mendapatkan karyawan maupun pekerjaan.
  • Informasi lowongan kerja Jakarta di beberapa situs menawarkan kemudahan lain. Seperti jobseeker yang dapat langsung mengajukan lamaran pada iklan lowongan yang dipasang employer. Aksi itu disebut dengan istilah bidding.
  • Lowongan yang tersedia tidak khusus hanya di beberapa bidang saja, namun sangat variatif. Bahkan peluang kerja freelancer yang saat ini tengah menjadi primadona para jobseeker.
  • Informasi rinci karena rata-rata yang memasang atau memberi informasi terkait peluang tersebut adalah si employer langsung. 

Koran Lokal

Di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya, biasanya terdapat surat kabar lokal. Koran tersebut khusus menyampaikan informasi menyangkut kota terkait, termasuk lowongan kerja. Jadi, salah satu cara yang efektif untuk Anda tempuh adalah dengan berburu di suurat kabar lokal. Mengapa employer memasang informasi di koran lokal dan bukan nasional?

  • Tarif iklan lebih murah dibandingkan koran nasional, bahkan dari banderol harga untuk iklan baris.
  • Target menjadi lebih spesifik, yaitu para pencari kerja di Jakarta. Sebab, koran lokal hanya beredar di kota tersebut.
  • Untuk koran lokal biasanya menawarkan harga paket, jadi tarif yang dipatok tidak hanya berlaku untuk sekali tampil saja.
  • Harga jual surat kabar lokal lebih murah dibandingkan koran nasional, sehingga lebih terjangkau bagi audiens.

Job Fair Festival

Bagi Anda yang mengincar posisi di korporasi-korporasi besar atau perusahaan start up yang telah memiliki nama, maka silakan mencoba keberuntungan di job fair festival. Pekan raya yang khusus digelar untuk menghubungkan antara employer dengan jobseeker ini menjadi salah satu event rutin di ibukota.

Apa keuntungan mencari informasi dengan menghadiri job fair festival

  • Pemberi dan pencari lowongan kerja Jakarta dapat berinteraksi secara langsung di lokasi pekan raya. Sehingga, informasi yang diberikan tepat sasaran dan lebih detail.
  • Employer bisa melakukan metode street job recruitment atau seleksi calon karyawan langsung di lokasi. Mulai proses seleksi administratif hingga wawancara bisa dilaksanakan di tempat sehingga lebih praktis dan efisien dari segi waktu, tenaga, maupun biaya.
  • Persaingan antar employer lebih kompetitif karena beberapa perusahaan yang bergerak di bidang serupa sama-sama membuka stand di pekan raya tersebut. Mereka dapat langsung head to head untuk mendapatkan SDM terbaik bagi perusahaan.
  • Pencari kerja memiliki lebih banyak opsi perusahaan mana yang ingin diajukan lamaran. Ditambah lagi, rata-rata korporasi yang membuka stand merupakan perusahaan bonafit yang menjadi impian banyak orang.
  • Jobseeker bisa langsung mengajukan fail lamaran hingga mendapatkan jawaban di tempat tentang hasil seleksi tanpa perlu menunggu lama sebagaimana prosedur reguler. Dengan demikian, pencari kerja bisa langsung mengajukan lamaran ke korporasi lain tanpa takut akan mendapatkan panggilan kerja ganda.
  • Perusahaan yang berpartisipasi di job fair festival biasanya mengajak para staf senior. Sehingga, jobseeker tidak sekadar bisa mengajukan lamaran kerja, namun juga berinteraksi langsung dengan karyawan berpengalaman. Sehingga, mereka mendapatkan informasi tambahan berupa gambaran kerja di perusahaan tersebut.

Kontak Pribadi

Tidak dapat dipungkiri bahwa sumber yang paling efektif dalam mendapatkan informasi perihal lowongan kerja Jakarta adalah kontak pribadi. Maksud dari kontak pribadi yaitu saudara, teman, atau sekadar kenalan yang sekiranya memiliki informasi yang Anda butuhkan. Jadi, Anda bisa langsung menanyakan tanpa melalui prosedural yang rumit.Sumber yang kredibel biasanya inner circle instansi atau perusahaan yang berkaitan. Bisa yang berstatus pegawai di sana atau sekadar memiliki koneksi. Informasi yang didapat pun lebih akurat. Bahkan, biasanya mereka tidak segan membantu untuk membantu proses pelamaran kerja sehingga peluang Anda untuk diterima menjadi lebih besar.

Kelola bisnis Anda lebih mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen terbarukan.

MULAI SEKARANG HUBUNGI KAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>