Ingin Menjadi Bartender yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya - MyRobin
Resources,Info & Tips,Untuk Professional

Ingin Menjadi Bartender yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

CARA MENJADI BARTENDER YANG SUKSES

Menjadi seorang bartender bukanlah hal yang mudah, diperlukan ketelatenan agar mampu menciptakan hasil racikan minuman yang sesuai. Berikut tips menjadi bartender sukse

1.Berperilaku Baik Kepada Seluruh Tamu

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, bersikap baik kepada para tamu dan pelanggan adalah hal yang wajib dilakukan. Untuk menjadi seorang bartender yang sukses, berperilaku baik terhadap semua tamu adalah salah satu kunci.

Perilaku-perilaku yang harus ditunjukkan seorang bartender kepada para tamu seperti tidak gugup saat melayani tamu, dapat melakukan komunikasi dua arah dengan baik, tidak pandang bulu dalam melayani tamu, selalu memasang wajah ceria dan ramah, serta menggunakan baju seragam yang bersih dan rapi

2. Berpenampilan yang Menarik

Bartender dan penampilan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Penampilan seorang bartender haruslah menarik dan tidak kusut. Hal ini dikarenakan para tamu lebih menyukai bartender berpenampilan rapi dan sopan ketimbang yang tidak memperhatikan penampilannya sama sekali.

Untuk menunjang penampilan, gunakan parfum sebagai wewangian. Tidak hanya itu saja, usahakan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan para tamu. Komunikasi dua arah akan membantu bartender dan tamu menjadi lebih akrab.

Namun meski harus melakukan komunikasi dua arah dengan tamu, tetaplah menjaga ucapan saat berbicara. Jangan asal bicara begitu saja dan jangan ikut campur jika tamu sedang berbicara dengan orang lain

3.Melakukan Atraksi Di depan Para Tamu

Sebagai seorang bartender, keahlian seperti melempar botol atau juggling adalah hal dasar yang wajib dimiliki. Atraksi juggling biasanya dilakukan di depan para tamu sembari menikmati minuman.

Salah satu contoh juggling yang bisa dilakukan adalah dengan melemparkan shaker ke arah belakang kemudian ditangkap dan dilempar lagi ke atas.

4.Mengkreasikan Minuman Sesuai Permintaan Tamu

Usahakan setiap minuman yang disajikan kepada para tamu memiliki rasa yang enak. Jika minuman yang dikreasikan memiliki rating tinggi yang memuaskan para tamu, pengunjung bar akan mengalami peningkatan yang signifikan. Usahakan untuk memberi kreasi minuman baru yang inovatif dan enak.

TIPS MENJADI SEORANG BARTENDER YANG BAIK

Untuk menjadi seorang bartender diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan. Bagi anda yang berkeinginan menjadi bartender yang baik, yuk simak tips berikut ini:

  • Menguji Kemampuan

Sebelum menjadi bartender yang baik, anda harus mempelajari cara-cara meracik minuman ala bar. Kuasai teknik-teknik dasar dalam peracikan minuman seperti shaking, straining, stirring, dan blending. Semua teknik meracik minuman di dunia bartender dinamakan mixology.

  • Supel dan ramah terhadap pelanggan

Bartender yang baik sangat butuh kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan sebaik mungkin. Hal ini tentu akan membuat para pelanggan betah dan akan kembali untuk mencicipi minuman yang diracik bartender tersebut. 

Kesan yang ramah dengan komunikasi dua arah akan sangat mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap bartender. Maka dari itu, usahakan bersikap supel dan ramah kepada seluruh pelanggan yang datang.

  • Tidak Mudah Lupa

Bartender yang baik membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar bartender bisa mengingat semua menu minuman yang diraciknya. Tidak hanya itu saja, bartender harus berusaha untuk mengingat nama dan wajah pelanggan, terlebih bagi pelanggan yang sering datang untuk menikmati minuman racikannya.

Kemampuan daya ingat yang tinggi akan sangat berguna untuk karir bartender agar lebih maju lagi untuk kedepannya.

  • Mampu berkomunikasi dua arah sekaligus

Seorang bartender perlu menerapkan teknik komunikasi dua arah kepada pelanggannya. Hal ini sangat bermanfaat untuk membangun komunikasi yang positif dan ramah antara bartender dan pelanggan.

Sebagai contoh, komunikasi dua arah bisa dilakukan dengan menjadi pendengar yang baik ketika pelanggan bercerita ataupun saling melontarkan humor yang menyenangkan.

  • Mampu bekerja di bawah tekanan

Meski bekerja di café ataupun bar, bartender justru menjadi salah satu profesi yang pekerjanya harus siap berada di bawah tekanan. Tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh bartender dalam waktu terbatas harus bisa terselesaikan dengan sempurna.

  • Penyelesaian tugas dengan baik

Pekerjaan bartender yang cukup menyibukkan harus bisa selesai dengan baik dan sempurna. Salah satu kemampuan yang wajib dimiliki adalah mampu meracik berbagai minuman, batas waktu untuk meracik pesanan pelanggan, membuatkan minuman sesuai pesanan dan mengelola bagian pembayaran.

Tidak hanya terbatas dalam hal tersebut, bartender juga harus bisa mengelola tempat kerjanya sebaik mungkin. Tempat bekerja para bartender haruslah bersih dan rapi agar pelanggan merasa nyaman.

Itulah beberapa ulasan mengenai tugas, kualifikasi, dan tips menjadi bartender yang sukses. Jangan lupa untuk mematikan bartender bekerja sesuai dengan SOP yang telah disepakati agar pekerjaan berjalan dengan lancar.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>