Ingin Menjadi Helper Coffee Shop yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya - MyRobin
Resources,Info & Tips,Untuk Professional

Ingin Menjadi Helper Coffee Shop yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

CARA MENJADI HELPER COFFEE SHOP YANG SUKSES

Seorang helper coffee shop harus memiliki kandidat dan kriteria yang bagus agar bisa sukses dalam pekerjaannya. Dibawah ini adalah karakter-karakter yang wajib dimiliki jika ingin menjadi seorang helper coffee shop yang sukses:

  1. Mindset fokus untuk menjadi  yang terbaik

Untuk meracik kopi yang nikmat, dibutuhkan cukup banyak proses agar bisa menonjolkan citarasanya. Dalam meraciknya pun, helper coffee shop haruslah berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan. Hal ini dikarenakan kesalahan yang timbul akan merusak cita rasa kopi yang telah dibangun.

Seorang helper coffee shop professional wajib memperhatikan aspek kualitas rasa dalam kopi karyanya.

2. Terampil dalam berkomunikasi dengan orang lain

Bisnis coffee shop sedang sangat menggiurkan akhir-akhir ini. Dengan konsumen utama para anak muda yang ingin mengobrol santai sembari menikmati secangkir kopi yang nikmat. Helper coffee shop sangat membutuhkan keahlian pandai berkomunikasi guna menarik perhatian dari para pelanggannya.

Terampil dalam berkomunikasi sudah menjadi syarat mutlak bagi yang ingin menjadi helper coffee shop professional.

3. Mau belajar hal baru

Meski sudah mengetahui hal dasar dalam peracikannya, seorang helper coffee shop harus siap untuk belajar hal-hal baru. Lakukan proses pembelajaran dengan semangat yang luar biasa agar hasil yang didapatkan bisa lebih optimal.

4. Dapat beradaptasi dengan cepat

Suasana yang tercipta di coffee shop bisa berubah sewaktu-waktu. Seorang helper coffee profesional harus bisa menangani segala kondisi dan situasi yang ada di coffee shop tersebut. Mengendalikan diri agar tidak terlalu capek jika coffee shop dalam keadaan ramai adalah hal yang penting.

Maka dari itu, kemampuan beradaptasi dengan cepat sangat dibutuhkan oleh seorang helper coffee shop agar bisa bekerja dengan profesional di segala kondisi.

5. Membangun hubungan yang positif dengan pelanggan

Membangun hubungan dengan para pelanggan adalah salah satu hal penting yang wajib diterapkan. Jika perlu, ingatlah nama dan minuman kesukaan para pelanggan yang sering datang ke coffee shop.

Hal ini akan memudahkan helper coffee shop untuk membuatkan minuman kesukaan si pelanggan dan tentu saja feedback yang diberikan pelanggan juga akan sangat bagus.

TIPS MENJADI SEORANG HELPER COFFEE SHOP YANG BAIK

Untuk menjadi seorang helper coffee shop yang baik dan professional , diperlukan beberapa tips-tips penting dibawah ini:

  • Sabar dan telaten

Pelanggan coffee shop tentu memiliki minuman kesukaannya masing-masing. Ada yang meminta diracikkan minuman sederhana, ada pula yang meminta dibuatkan minuman yang memiliki proses pembuatan rumit.

Sebagai seorang helper coffee shop, semua pesanan yang diinginkan oleh pelanggan haruslah dipenuhi. Meski pelanggan meminta dibuatkan minuman dengan proses yang rumit, seorang helper coffee shop harus bisa sabar dan telaten dalam menghadapinya. Maka dari itu, belajar sabar dan telaten adalah hal yang penting untuk dilakukan.

  • Sering belajar pada forum maupun mentor helper coffee shop yang sudah professional

Sebagai helper coffee shop pemula harus rajin-rajin menambah ilmunya dengan mengikuti forum atau pelatihan khusus profesinya ini. hal ini akan sangat membantu dalam proses peningkatan kemampuan menjadi lebih baik lagi.

Bagi yang tidak memiliki dana untuk mengikuti pelatihan-pelatihan khusus, gunakan media sosial atau platform belajar yang disediakan secara gratis.

  • Rutin membersihkan group head

Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang helper coffee shop adalah membersihkan tempat dan peralatan kerjanya, group head pada mesin espresso adalah salah satunya.

Cara pembersihannya pun cukup mudah. Alirkan sedikit demi sedikit air panas pada mesin, proses pembersihan dengan cara ini disebut rinsing.

Meski terlihat sepele karena membersihkan mesin espresso, namun pembersihan ini akan sangat berpengaruh terhadap cita rasa kopi yang dihasilkan. Karena dengan membersihkannya, sisa ekstraksi atau ampas dari minuman sebelumnya tidak akan tercampur dengan minuman baru. Jadi, hasil yang didapat pun akan terasa lebih enak dan bebas dari bau bekas kopi sebelumnya.

Itulah beberapa tugas, kualifikasi dan tips bagaimana menjadi seorang helper coffee shop yang sukses dan professional. Buatlah kesepakatan SOP dengan calon pekerja helper coffee shop, agar tidak terjadi penyimpangan di kemudian hari.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>