Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Ingin Menjadi Chef de Partie yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Cara Sukses Menjadi Chef De Partie 

Menekuni profesi Chef de Partie sebaiknya tidak setengah-setengah namun dijalankan secara total dan profesional. Agar bisa sukses menekuni profesi ini maka bisa menyimak beberapa tips berikut: 

  1. Sekolah di Jurusan Kuliner 

Jika tertarik untuk menjadi chef, maka Anda bisa mengambil jurusan pendidikan yang tentunya berkaitan dengan dunia kuliner. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang meminati profesi Chef de Partie. Mengambil jurusan pendidikan yang berhubungan dengan aktivitas di dapur membantu bekerja dengan optimal. 

Sebab sejak dini sudah paham bagaimana aktivitas di dapur dan memperlakukan bahan baku mentah menjadi hidangan yang enak dan menggugah selera. Ilmu yang didapatkan di kampus maupun di sekolah selama SMA atau SMK dijamin akan bermanfaat ketika menekuni profesi chef jenis ini. 

2. Mengikuti Berbagai Pelatihan

Ilmu mengenai dunia dapur bukanlah ilmu yang stagnan, karena menu-menu yang bisa disajikan akan terus berkembang. Tak hanya mengadopsi menu dari luar negeri yang sifatnya khas maupun tradisional. Juga bisa mengembangkan berbagai menu menjadi lebih modern, yang tadinya mengandung daging bisa lebih ramah untuk vegetarian, menyediakan menu yang lebih rendah kalori, dan lain sebagainya. 

Semua ini bisa dilakukan dengan lebih mudah jika Anda aktif mengikuti training atau pelatihan. Bisa pula belajar tutorial memasak dari YouTube maupun channel yang dimiliki koki yang aktif membuat vlog.

3. Aktif Praktek di Dapur 

Sukses dengan profesi Chef de Partie akan lebih mudah jika Anda aktif di dapur, sehingga lebih memperdalam ilmu memasak. Semakin hari juga semakin cermat dalam memilih bahan makanan berkualitas dan bagaimana mengolahnya dengan tepat. 

4. Selalu Belajar Teknik Memasak 

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Room Controller

Teknik memasak dijamin akan ikut berkembang juga, apalagi lebih banyak chef yang belajar teknik memasak dari berbagai negara. Sebaiknya Anda juga ikut belajar aspek ini supaya kemampuan dan keahlian menjadi Chef de Partie selalu berkembang. 

5. Mengikuti Perkembangan Teknologi Peralatan Dapur

Tak hanya teknik memasak maupun menu yang selalu berkembang, peralatan dapur pun akan mengalami hal serupa. Meski bertahan dengan peralatan tradisional bisa menjaga kualitas rasa masakan. Bukan berarti memakai peralatan modern akan berdampak sebaliknya, selama memilih dan menggunakan dengan benar maka pekerjaan di dapur menjadi efisien. 

Tips Menjadi Chef De Partie 

Menjadi seorang Chef de Partie yang baik dan profesional memang tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam. Butuh usaha keras yang dilakukan secara kontinyu, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini untuk mencapainya: 

  • Bekerja Keras 

Tugas yang dijalankan Chef de Partie memang cukup kompleks, jadi pastikan memiliki karakter pekerja keras. Sehingga bisa menjadi Chef de Partie yang profesional dan sukses di dapur. 

  • Teliti 

Tanggung jawab pemilik profesi ini cukup beragam, tak hanya soal kualitas masakan namun juga pemilihan bahan masakan. Jadi pastikan untuk memiliki ketelitian setiap kali mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan profesi ini. 

  • Punya Wawasan Luas 

Memiliki wawasan yang luas memang sangat membantu menekuni profesi satu ini, jadi usahakan selalu memperluas wawasan. Ikuti perkembangan dunia dan terus belajar menjadi koki profesional agar keahlian yang dimiliki terus berkembang. 

  • Bertanggung Jawab 

Tak ada profesi yang tidak memiliki resiko, hal ini juga berlaku untuk Chef de Partie. Jadi penting untuk memiliki sifat bertanggung jawab agar segala pekerjaan selesai dengan baik dan tepat waktu. 

  • Jujur 
Baca juga :   Contoh Template Job Description Teknisi Komputer

Jujur menjadi modal besar untuk sukses di profesi apapun, dan Chef de Partie pun membutuhkan karakter ini. Jadi hindari keinginan berbohong sekecil apapun kebohongan tersebut di dapur. 

Itulah informasi detail mengenai Chef de Partie yang menjadi profesi cukup vital di lingkungan dapur. Anda yang ingin menjajal profesi ini wajib memahami penjelasan di atas. 

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X