Ingin Menjadi Kurir yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya - MyRobin
Resources,Info & Tips,Untuk Professional

Ingin Menjadi Kurir yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Meskipun profesi kurir terkesan sederhana dan mudah saja dilakukan. Profesi kurir sangat membutuhkan ketelitian dan banyak tenaga untuk memastikan barang sampai di tujuan dengan aman. Berikut ini kiat – kiat menjadi seorang kurir yang sukses dan mampu bekerja secara profesional:

  1. Memahami peta, arah, dan familiar dengan banyak lokasi. Kiat terpenting dalam menjalankan profesi seorang kurir adalah mampu membaca peta atau alamat serta menyukai aktivitas di luar ruangan untuk mencapai lokasi tujuan. Selain kecakapan memahami informasi alamat seorang kurir juga harus paham dengan arah dan familiar dengan banyak lokasi pada suatu wilayah kota untuk mempermudah pekerjaan pengiriman
  2. Disiplin dan teliti merupakan kunci. Selanjutnya dalam kiat menjadi kurir yang sukses dan mampu menjalankan pekerjaan dengan optimal adalah kedisiplinan. Segala profesi menuntut pelakunya untuk selalu disiplin, namun bagi seorang kurir sikap disiplin sangatlah penting karena akan mempengaruhi produktivitas pengiriman dalam sehari. Semakin disiplin dan target oriented seorang kurir maka semakin banyak dan cepat barang yang dapat dikirim dalam sehari.
  3. Memiliki kendaraan pribadi, mampu menggunakannya, dan memiliki kelengkapan surat – suratnya. Kiat sukses menjadi kurir selanjutnya terletak pada fasilitas penunjang mobilitas yakni kendaraan. Seorang kurir paling tidak harus memiliki alat transportasi dari sepeda hingga mobil. Kendaraan ini juga harus selalu dalam keadaan siap digunakan atau performa terbaik agar tidak menghambat proses pengiriman barang.

TIPS MENJADI SEORANG KURIR YANG BAIK

Selain faktor – faktor penunjang utama di atas yang akan membuat seorang kurir mampu menjalankan profesinya dengan sukses. Terdapat pula kiat – kiat dasar dalam menjadi kurir yang baik seperti berikut ini :

  • Ramah

Seorang kurir meskipun memiliki kewajiban yang cukup menguras tenaga namun juga tidak boleh lupa untuk tetap ramah terhadap konsumen atau penerima barang. Hal utama yang harus dilakukan oleh seorang kurir adalah mengikuti SOP perusahaan terkait ketika bertemu dengan penerima barang. Sikap ramah ini juga sudah termasuk di dalamnya murah senyum dan sopan dalam menyampaikan informasi dan menyerahkan barang pada penerima.

  • Teliti

Untuk menjadi kurir yang baik maka harus teliti. Teliti dalam hal ini selalu memastikan barang sampai pada penerima yang tepat dengan cara menanyakan nama penerima dengan ramah dan sopan. Ketelitian juga diperlukan ketika kurir memiliki kewajiban mengantarkan barang – barang cod. Barang cod merupakan barang dengan pembayaran di tempat sehingga kurir sendirilah yang harus memastikan uang yang dibayarkan pembeli sudah tepat dan sesuai dengan struk dan label pengiriman.

  • Cekatan

Kiat utama dalam menjadi kurir yang baik adalah cekatan dan menghargai waktu. Dalam profesi kurir pada umumnya terdapat shift atau jam kerja 8 hingga 10 jam per hari. Sehingga seorang kurir harus mengoptimalkan waktu shift tersebut untuk memastikan barang – barang yang menjadi kewajibannya sampai pada tujuan dan penerima yang tepat. Jika seorang kurir tidak bisa bersikap cekatan dan menghargai waktu maka akan banyak alamat yang menjadi keteteran. Hal ini dikarenakan pengiriman barang ke alamat tujuan di lapangan tidaklah semudah dan semulus yang selalu diharapkan.

  • Jujur

Kejujuran merupakan aspek penting dalam menjalankan semua profesi. Tidak terkecuali dalam menjadi seorang kurir yang harus selalu mengedepankan sikap profesional, service oriented, dan menjunjung tinggi sikap jujur. Seorang kurir selalu berusaha dalam memastikan barang yang menjadi kewajibannya sampai pada penerima yang tepat dalam kondisi aman.

  • Bertanggung jawab

Dengan bersikap bertanggung jawab maka profesi sebagai kurir dapat berjalan lebih lancar dan semestinya. Dengan sikap tanggung jawab terhadap pekerjaannya maka seorang kurir yang baik dapat dengan mudah menjalankan aspek – aspek untuk menjadi kurir profesional yang sudah disebutkan di atas. Sikap tanggung jawab terhadap pekerjaan juga akan sangat membantu dalam menyelesaikan lebih banyak target dengan lebih optimal dan efektif.

Itulah kualifikasi dan job desk seorang kurir. SOP kurir dalam setiap perusahaan ekspedisi bisa jadi cukup berbeda satu sama lain, namun selebihnya itulah kiat – kiat dasar dalam menjalankan profesi kurir secara profesional.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

0 thoughts on “Ingin Menjadi Kurir yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>