Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Ingin Menjadi Pelayanan Restoran yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Cara menjadi pelayan restoran yang profesional

Menjadi seseorang yang profesional dalam bidang pekerjaan memang membutuhkan waktu dan proses. Untuk itu, sejak dini Anda harus terus belajar dan mampu mengevaluasi diri agar bisa terus berkembang dengan lebih baik. Hal ini akan mengantarkan Anda pada jenjang karir yang lebih baik dan berkualitas. Sebagai bahan rekomendasi, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjadi pelayan restoran yang profesional.

  • Pelajari setiap menu yang ada di restoran

Pelayan restoran yang profesional harus mengetahui informasi detail tentang setiap menu yang tersedia di restoran. Pelajari komposisi dengan baik agar bisa merekomendasikan menu untuk pelanggan yang sesuai.

  • Ketahui semua promosi ataupun metode pembayaran yang tersedia

Sebagai pelayan restoran Anda harus mengetahui dengan detail tentang jenis promo yang sedang berlangsung dan metode pembayaran apa yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa memberikan informasi yang sesuai secara lebih baik.

  • Kembangkan keterampilan dalam berbahasa asing

Jika Anda bekerja di restoran yang memiliki banyak pelanggan orang asing tentu memiliki keterampilan berbahasa asing sangat diperlukan. Untuk itu kembangkan keterampilan berbahasa asing, agar Anda bisa membangun komunikasi dan melayani pelanggan secara maksimal.

  • Perhatikan prioritas dan jaga tempo pelayanan dengan baik

Pelayan restoran harus menentukan prioritas dengan baik dan tepat. Pastikan Anda mengetahui urutan pelanggan yang harus dilayani terlebih dahulu agar bisa memberikan kenyamanan untuk pelanggan. Pastikan Anda mengantar pesanan dengan tempo yang cepat agar pelanggan tidak bosan menunggu.

  • Bersedia menerima kritik dan saran dari pelanggan

Pelayan restoran harus mampu menerima segala kritik maupun saran yang diberikan oleh pelanggan agar bisa mengembangkan diri dengan baik. Melalui hal tersebut Anda bisa intropeksi diri untuk bisa menjadi lebih baik dalam berbagai hal. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan pelayanan untuk para pelanggan.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: F & B Attendant

5 sikap yang harus Anda perhatikan untuk menjadi pelayan restoran yang baik

Sebagai pelayan restoran, terdapat 5 sikap yang harus Anda perhatikan dan terus kembangkan. Beberapa sikap tersebut bisa membentuk pribadi yang lebih baik dan juga bisa meningkatkan profesionalitas saat bekerja. Hal ini tentu akan mendukung meningkatnya produktivitas diri dan juga pendapatan. Apa saja sikap yang harus diperhatikan seorang pelayan restoran, berikut informasinya.

  • Multitasking

Pelayan restoran harus memiliki sikap multitasking dan harus bisa melakukan berbagai hal. Dengan begitu Anda juga bisa mempelajari berbagai hal baru. Semakin banyak keterampilan yang dimiliki maka akan semakin dibutuhkannya Anda sebagai pekerja. Hal ini tentu akan meningkatkan jumlah penghasilan yang bisa didapatkan.

  • Teliti dan juga sigap

Pelayan restoran harus teliti dan sigap agar bisa mencatat pesanan pelanggan dengan benar. Perhatikan juga interval dan kecepatan Anda mengantar pesanan yang sesuai agar pelanggan tidak menunggu lama dan bisa merasakan pelayanan yang terbaik.

  • Mampu mengendalikan emosi dengan baik

Setiap hari pelayan restoran tentu bertemu dengan berbagai macam orang yang akan memiliki sifat beragam. Untuk itu seorang pelayan restoran harus mampu mengendalikan emosi di berbagai suasana. Sehingga ketika pelanggan memberikan keluhan atau kritikan, Anda bisa menanggapinya dengan baik dan bijaksana. Dengan begitu solusi dan masalah yang dihadapi pelanggan bisa terselesaikan secara lebih baik.

  • Fokus

Pelayan restoran harus fokus saat menjalankan pekerjaan agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Pastikan Anda tidak melamun ketika bekerja, sehingga ketika pelanggan membutuhkan bantuan Anda bisa segera menghampirinya. Dengan begitu Anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan.

  • Ramah dan mudah bergaul

Komunikasi merupakan sikap yang harus terus dijaga bagi seorang pelayan restoran. Melalui hal ini pelanggan akan merasakan kenyamanan ketika berkunjung ke sebuah restoran. Perlakuan yang baik akan membuat pelanggan puas dan ingin kembali lagi ke restoran tersebut.

Baca juga :   Contoh Template Job Description: Chef De Partie

Itulah beberapa sikap dan juga beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjadi pelayan restoran yang profesional. Hal ini tentu tidak akan berdampak pada diri Anda sendiri saja, namun juga kepada restoran. Jika memiliki karyawan yang berpotensi, penjualan restoran pun akan kian meningkat. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan gaji yang akan diberikan untuk para pekerjanya.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X