Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Ingin Menjadi Sous Chef yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

CARA MENJADI SOUS CHEF YANG SUKSES

 Inilah beberapa cara menjadi sous chef yang sukses:

1.     Memiliki Jiwa Leadership

Sebagai atasan di bawah head chef, sous chef harus mempunyai sifat kepemimpinan agar bisa mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan kepada bawahan dan sifat kepemimpinan ini juga berguna apabila atasan atau head chef berhalangan hadir dalam pekerjaan, sous chef harus bisa menggantikan posisinya.

2.     Pantang Menyerah

Adakalanya, perubahan zaman membuat makanan baru yang harus dipelajari orang-orang yang pekerjaannya di bidang makanan. Jadi, karena Anda adalah salah satu dari tim itu, maka harus pantang menyerah dalam mencoba resep-resep baru. 

Pastinya, tidak semua resep akan diterima oleh para customer. Namun demikian, sangat penting untuk tidak menyerah dan selalu mencoba. Karena pasti setiap percobaan akan bisa membuahkan hasil asal terus bekerja keras dan pantang menyerah.

3. Mengerti Skala Prioritas

Seorang chef juga harus dapat menentukan skala prioritas. Ada yang namanya skala prioritas 4 kuadran. Antara lain memuat urusan yang penting dan mendesak, penting tidak mendesak, mendesak dan tidak penting, serta tidak penting tidak mendesak. 

Pastikan pekerjaan ada di lini utama. Jadi, profesionalisme akan bisa menjadi hal yang primer. Tentunya, para atasan akan sangat mengutamakan mereka yang memprioritaskan pekerjaan di atas segalanya. 

TIPS MENJADI SEORANG SOUS CHEF YANG BAIK

  • Mau Belajar

Tips yang  pertama adalah mau belajar. Ya, jika seseorang tidak mau belajar maka tentu akan sulit dalam mendapatkan ilmu. Apalagi jika bicara soal memperdalam ilmu. Hal ini tentunya lebih sukar dibandingkan hanya mempelajari permukaannya.

Sebagai seorang profesional yang mengatur makanan para pelanggan, maka sos chef harus mampu mempelajari banyak hal. Misalnya budaya makan di beberapa daerah, tren makanan kekinian, dan selera masyarakat yang mungkin berubah.

  • Mencatat dan Mengevaluasi
Baca juga :   Contoh Template Job Description: Team Leader Restoran

Karena termasuk jabatan yang tinggi dalam dunia chef, maka seorang sous chef harus mencatat dan mengevaluasi. Dalam artian, segala fenomena baik makanan yang diterima atau tidak pasti akan memberikan suatu nilai baru. Apakah positif atau negatif.

Jika rajin mencatat, maka evaluasi akan lebih mudah untuk dilakukan. Jadi, bukan hanya ketika dipakai sendiri tetapi ketika dipakai oleh orang lain, evaluasi itu bisa menjadi informasi penting untuk mengembangkan ide yang lebih cocok dengan selera konsumen.

  • Menyesuaikan Makanan dengan Harga

Apakah target market dari sebuah restoran middle low  atau sebaliknya? Meskipun namanya restoran yang notabene dikunjungi orang menengah ke atas, tetapi tetap saja target market harus dipetakan.

Dengan demikian, makanan yang Anda dan tim buat akan sesuai dengan budget yang dimiliki oleh para konsumen. Bayangkan saja, jika ada orang yang ingin memesan suatu makanan tetapi tidak jadi karena harganya yang terlalu mahal. Tentu ini menjadi masalah tersendiri bukan?

Jadi, skill untuk menyesuaikan harga makanan dengan target pasar bukan hanya menjadi tanggung jawab seorang chief, tetapi juga tim chef. Termasuk di dalamnya adalah sous chef.

Tidak Subjektif

Dalam semua jenis pekerjaan, subjektivitas kerap dianggap sebagai masalah tersendiri. Benar saja, jika ada sikap subjektif dalam sebuah tim pada satu orang baik negatif maupun positif, maka tentu profesionalisme akan menurun.

Sous chef yang profesional harus mengedepankan objektifitas guna membangun tim yang solid. Anda tentu sangat dianjurkan menjalin hubungan baik di luar pekerjaan dengan siapa saja. Dalam artian membangun relasi. Namun jangan sampai ketika bekerja hal ini mempengaruhi kinerja tim.

Sebagai seorang sous chef dituntut untuk bisa memimpin bawahannya, seorang sous chef juga harus bisa memberikan punishment kepada karyawannya yang membuat kesalahan. Sikap leadership ini harus terus diasah mengingat bahwa posisi sebagai pimpinan di bawah head chef ini sewaktu-waktu bisa diangkat sebagai posisi tertinggi di sebuah restaurant menggantikan head chef sebelumnya.

Baca juga :   10 Cara Tingkatkan Produktivitas kerja Ala Benjamin Franklin

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda

X