Ingin Menjadi Teknisi Restaurant yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya - MyRobin
Resources,Info & Tips,Untuk Professional

Ingin Menjadi Teknisi Restaurant yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

Cara Menjadi Seorang Teknisi Restoran yang Kompatibel

  • Pelajari Cara Kerja Peralatan Dapur

Kemampuan ini adalah hal yang paling mendasar ketika Anda ingin melamar pekerjaan menjadi seorang teknisi restoran, sebab setiap harinya Anda akan dihadapkan dengan peralatan dapur serta pendingin yang harus Anda pelihara.

Setiap peralatan tentu memiliki tingkat kesulitan pemeliharaan yang berbeda, begitu pula dengan jenisnya. Anda harus selalu meningkatkan pengetahuan tentang cara kerja peralatan tersebut, termasuk mengetahui produk terbaru.

  • Memiliki Integritas

Setiap harinya Anda akan bekerja secara mandiri tanpa pengawasan langsung. Artinya Anda lah yang bertanggung jawab atas perbaikan peralatan yang ditugaskan sampai nanti tiba waktunya menyerahkan laporan harian.

Dengan demikian, Anda memiliki keleluasaan mengatur waktu, maka dari itu integritas dibutuhkan. Anda harus siap melakukan semua yang terbaik tanpa ada orang yang melihat dan mengapresiasi secara langsung.

  • Mengerti Prioritas

Ada kalanya ketika Anda akan melakukan pemeliharaan peralatan dapur tertentu, tiba-tiba mesin pendingin di dapur mengalami masalah. Di sini Anda harus dapat mengambil keputusan cepat dan tepat.

Anda harus bisa menangani permasalahan yang lebih prioritas kemudian baru mengerjakan pekerjaan lainnya. Terkadang Anda juga dituntut bekerja ekstra ketika pekerjaan belum selesai sedangkan waktu bekerja Anda seharusnya sudah habis.

  • Paham Instalasi

Sebagai seorang teknisi, tentunya Anda paham bahwa Anda juga harus mahir dalam hal instalasi, mulai dari kabel, listrik dan saluran. Hal ini dikarenakan sebagian besar mesin yang ada di dapur adalah elektronik yang mengharuskan Anda akrab dengan kabel dan sebangsanya.

Anda juga harus paham aturan keselamatan terkait dengan listrik dan tegangan tinggi. Jika Anda belum piawai benar, maka tidak ada salahnya untuk terus belajar. Sebab Anda tidak akan tahu kapan dan dimana keahlian Anda akan dibutuhkan nantinya.

  • Tidak Mudah Menyerah

Berbeda dapur seringkali juga berbeda peralatan dan mesin yang digunakan. Hal ini berarti Anda harus mau berhadapan dengan hal baru. Ada kalanya mesin baru yang Anda tangani mengalami kerusakan dan Anda harus belajar untuk memahami akar masalahnya serta memperbaikinya.

Peralatan digital modern memiliki sistem yang lebih kompleks, terkadang hal ini menyulitkan, tapi Anda tidak boleh menyerah. Nantinya hal yang baru pun akan menjadi kebiasaan lama seperti sedia kala.

Tips Menjadi Seorang Teknisi Restoran yang Kompatibel

Jika ingin diakui sebagai seorang teknisi yang mumpuni, Anda tentunya perlu melakukan beberapa hal dan paham tips berikut ini:

  • Memiliki Sertifikat

Pada beberapa lowongan kerja memang yang dibutuhkan adalah ijazah kelulusan Anda, tapi ada banyak pelamar yang juga melakukan hal yang sama. Untuk memberikan nilai tambah, Anda bisa menyertakan sertifikat pelatihan yang pernah Anda ikuti.

Dengan sertifikasi artinya Anda sudah memiliki kemampuan selangkah lebih maju dari yang lainnya.

  • Mau Bekerja Dalam Tim dan Perorangan

Bekerja sebagai teknisi memang sangat fleksibel. Ada kalanya Anda harus mengerjakan semuanya sendirian, tetapi juga banyak kali Anda harus mau bekerja dalam tim.

Ini artinya, Anda juga harus bisa berjiwa dinamis. Memang terkadang ketika bekerja dalam tim ada saja gesekan yang terjadi, namun Anda harus bisa meminimalisir hal ini dan tetap menjalin kerjasama yang baik.

  • Tingkatkan Pengalaman

Semakin banyak Anda bekerja di beragam jenis dapur restoran, akan semakin banyak pengalaman yang bisa Anda jadikan portofolio. Anda tidak harus bekerja secara formal dan terus berganti pekerjaan. Anda dapat mengambil pekerjaan sampingan dan bekerja di dapur lainnya.

Anda juga akan bertemu dengan beragam peralatan dan mesin di dapur yang beragam jenisnya. Dengan sering bekerja dengan mereka, Anda tidak akan canggung ketika harus bertemu dengan yang baru.

  • Paham Etika di Dapur

Setiap dapur memiliki ekosistem sendiri-sendiri yang unik. Ketika akan melakukan perawatan, perbaikan dan pemeliharaan, Anda harus paham situasi di dapur. 

Dapur yang sibuk serta peralatan yang rusak dapat membuat situasi menjadi kacau. Tapi jika Anda sudah berkawan baik dengan semua pengguna dapur, termasuk dengan head chef, Anda tidak perlu merasa tegang dan tetap bisa melakukan pekerjaan dengan profesional.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>