Tips Menjawab Soal Psikotes
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Tips Menjawab Soal Psikotes dan Contohnya

Tips menjawab soal psikotes dan contohnya yang ada saat ini untuk bisa menaklukkan tes yang ada tersebut. Dibutuhkan ketelitian dalam menjawab soal psikotes tersebut secara baik dan benar. Adapun yang harus diperhatikan ketika menjawab soal psikotes adalah jenisnya serta ketepatan dalam menjawab, lalu apa saja tips nya dan contoh soal psikotes tersebut?

Tips Menjawab Soal Psikotes

Tips Menjawab Soal Psikotes
Tips Menjawab Soal Psikotes

Ada beberapa tips yang harus dilakukan ketika akan jawab soal psikotes. Tips ini bisa jadi alternatif ketika mengalami kesulitan dalam menjawab soal psikotes tersebut.

1. Cermati Soal Psikotes

Ketika dihadapkan pada soal psikotes maka cermati terlebih dahulu soal tersebut. Seperti ada berapa pertanyaan yang ada pada soal, seperti apa tipenya. Pada dasarnya soal psikotes ini terdiri dari berbagai tipe soal yang berbeda. Ada pula soal yang tipenya berkaitan antara satu dan lainnya di tes psikotes. Maka untuk mampu menjawabnya bisa dengan di awal mencermati secara baik soal psikotes tersebut.

Dengan metode yang cermat dan melihat seperti apa tipe soal yang diberikan. Maka bisa mendapatkan kemudahan ketika menjawabnya secara urut. Pada dasarnya masing-masing soal psikotes ini mudah asal bisa dicermati dalam mengerjakan soal tersebut.

2. Punya Kecepatan Diri

Pada saat menjawab soal psikotes biasanya berhubungan dengan waktu, dimana seseorang yang mengerjakan soal akan berpacu dengan waktu. Oleh karena itu, harus membiasakan diri mengerjakan secara tepat dan cepat agar bisa memberikan kemudahan dalam mengerjakan soal psikotes tersebut.

Baca juga :   13 Daftar Lowongan Pekerjaan Lulusan SMA

Caranya bisa dengan memacunya menggunakan stopwatch, misalnya dalam waktu 30 menit mampu menyelesaikan berapa soal. Hal ini penting untuk dilakukan agar nantinya bisa dengan mudah mengerjakan soal tersebut secara lebih cepat dan tepat.

3. Beri Tanda Saat Alami Kesulitan

Ketika ingin menaklukkan soal psikotes maka harus cermati soal, jika mengalami kesulitan saat menjawab soal cobalah untuk memberi tanda pada soal tersebut. Caranya dengan melewati soal yang rumit namun berilah tanda terlebih dahulu pada tingkat kerumitannya. Jadi setelah selesai mengerjakan soal tes yang mudah bisa kembali lagi beralih ke soal sulit tadi.

Metode ini dipakai sangat efektif juga efisien dari segi waktu yang ingin mengerjakan soal psikotes secara mudah. Dengan begitu akan mendapatkan kemudahan peluang untuk bisa mencari jawaban yang sesuai. Jadi jawaban soal psikotes yang ada bisa ditemukan dan kesulitan pun bisa teratasi dengan baik.

4. Pakai Metode Eliminasi

Saat soal yang ada pada tes psikotes berupa pilihan ganda maka cara menjawab soal psikotes ini menggunakan metode eliminasi. Metode ini dipakai karena bisa efektif dan sangat menarik untuk dilakukan, misalnya saja dengan mencermati soal. Menebak mana yang paling masuk akan dan mendekati jawaban. Dengan begitu akan menghasilkan jawaban soal psikotes secara mudah.

Metode eliminasi ini memang sangat efektif jika bertemu dengan banyak pilihan jawaban. Pada soal psikotes biasanya disajikan beberapa jawaban yang harus dipilih dan disesuaikan. Maka dari itu, perlu adanya analisa mendalam untuk memperkuat metode eliminasi tersebut.

5. Baca Pertanyaan Dengan Seksama

Penting ketika menjawab soal psikotes yaitu dengan membaca pertanyaan dengan seksama. Agar ke depan lebih baik lagi dalam menjawab, maka perlu adanya pemahaman yang mendalam untuk menjawab soal yang ada. Dengan begitu akan mendapatkan kemudahan ketika harus menjawab soal yang diberikan saat psikotes tersebut.

Baca juga :   9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

Biasanya model soal tes psikotes ini membutuhkan analisa, belum lagi pertanyaan yang satu dan lainnya ada yang saling berhubungan. Oleh karena itu, membaca pertanyaan dengan seksama merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar bisa menjawab seluruh soal dari psikotes tersebut.

6. Fokus Dengan Soal

Hal yang paling penting ketika menjawab soal psikotes adalah tingkat kefokusan. Jangan sampai pecah konsentrasi ketika menjawab soalnya agar bisa menghasilkan jawaban yang sempurna. Maka dari itu tingkat kefokusan ketika menaklukan soal tes psikotes ini harus dijaga hingga bisa menjawab keseluruhan soal dengan sempurna.

Dengan kata lain, ketika seseorang mampu mampu membawa dirinya pada tingkat kefokusan. Maka berikutnya bisa membuka jalan terbaik untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam menjawab satu demi satu soal tes yang ada. Jadi saat mengerjakan soal tidak merasa terganggu oleh apapun dan tetap bisa konsentrasi secara tepat.

7. Cari Soal Yang Dianggap Mudah

Berikutnya ketika dihadapkan pada soal tes psikotes jangan panik, cobalah untuk mencari soal yang dianggap mudah. Dengan begitu akan membuka peluang kepada diri sendiri untuk berpikir cepat dan bertindak cepat selama berpacu dengan waktu yang diberikan ketika tes. Pasalnya tes ini dibatasi durasi mengerjakannya, sementara itu soal tes psikotes tidak bisa dianggap remeh begitu saja.

Maka saat berhadapan dengan soal, lihat yang paling mudah dan segera kerjakan. Lanjut seterusnya hingga selesai. Pada bagian akhir inilah yang kemudian akan memberikan kesempatan untuk menaklukan soal psikotes yang lebih sulit lagi. Jadi waktu yang tersisa akan lebih efektif untuk digunakan menyelesaikan soal yang sulit tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan saat ingin menjawab soal psikotes dengan benar.Adapun ingin memahami seperti apa soal yang ada maka bisa melihat jenis dan contohnya. Baca juga tentang artikel Hindari 10 Kesalahan Dalam Membuat CV Berikut Ini.

Baca juga :   Anda Ingin Menjadi CS Profesional? Intip Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service Berikut

Contoh Soal Psikotes

Contoh Soal Psikotes
Contoh Soal Psikotes

Ada beberapa contoh soal tes psikotes yang biasanya digunakan saat menghadapi ujian psikotes tersebut. Adapun contoh yang ada ini juga didasarkan pada jenis soal yang ada pada psikotes tersebut.

1. Psikotes Logika Aritmatika

Pada psikotes logika aritmatika ini ada berbagai macam deretan angka yang harus ditaklukan. Dimana biasanya angka ini akan muncul dan dijawab berdasarkan pengelompokan loncat atau berurutan. Dengan cara memecahkan soal melalui perhitungan matematika seperti pembagian, perkalian, persentase, angka dan sebagainya.

Contoh soal :

1. 12 18 24 30 =…

a.6

b.8

c.4

d.2

2. Psikotes Kemampuan Verbal

Pada tes psikotes kemampuan verbal ini biasanya berhubungan dengan sinonim, antonim, korelasi makna, analogi dan sebagainya. Dimana tes ini dilakukan untuk bisa meneliti sejauh mana kemampuan berbahasa dan memahami seperti apa sebab akibat suatu masalah yang ada.

Contoh soal :

1.Insomnia =…

a.Sedih

b.Cemas

c.Hilang Ingatan

d.Tidak Bisa Tidur

2. Mobil-Bensin = Pelari-

a.lintasan

b.baju

c.sepatu

d. makanan

3. Tes Logika Deret Gambar

Pada tes logika deret gambar ini merupakan tes yang berupa penalaran. Dimana yang membedakan tes logika deret gambar dengan logika aritmatika adalah pemakaian media gambar yang memanfaatkan tiga atau dua dimensi. Untuk bisa menaklukan soal yang satu ini maka harus bisa berkonsentrasi tinggi, pasalnya deret gambar yang disajikan ini membutuhkan pemahaman yang lebih dengan memperlihatkan pola dan detail seperti titik, garis, warna, bentuk dan sebagainya.

Itulah beberapa jenis soal tes dan bagaimana menjawab soal psikotes dengan baik dan benar. Pada dasarnya soal psikotes ini diberikan untuk menganalisa para kandidat yang melamar kerja. Dengan adanya psikotes soal ini juga membantu perusahaan dalam menjalankan evaluasi terhadap para pelamar kerja.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda