10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja

Menulis CV agar diterima kerja merupakan strategi yang jitu dan harus dilakukan. Pasalnya perusahaan akan memberikan syarat kepada pelamar kerja dengan cara melampirkan CV secara detail dan sempurna. Perlu strategi jitu dan terbaik untuk bisa diterima kerja dengan melampirkan CV yang ada. Maka cobalah untuk ikuti prosedur berikut ini agar CV bisa diterima untuk kerja.

10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja
10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja

1. Tuliskan Pengalaman Kerja

Pentingnya dalam penulisan CV yaitu dengan mencantumkan pengalaman kerja yang paling utama. Biasanya perusahaan akan melihat bagaimana pengalaman kerja yang telah dimiliki pelamarnya. Maka tuliskan pengalaman kerja ini penting untuk memikat hati tim HRD. Semakin banyak punya pengalaman kerja maka semakin berpeluang untuk diterima.

Oleh karena itu, setiap akan melamar kerja dan mencantumkan CV biasanya akan menonjolkan sisi pengalaman kerja yang sudah ada sebelumnya. Hal ini akan jadi poin plus untuk bagian HRD karena pelamar sudah memiliki pengalaman di dunia kerja. Tentunya dengan melihat pengalaman tersebut juga bisa jadi penilaian lebih spesifik lagi di pihak HRD.

2. Tampilkan Keahlian Yang Dimiliki

Saat menulis CV maka fokus juga untuk menampilkan keahlian yang dimiliki, pasalnya keahlian ini juga jadi nilai plus untuk bisa diterima kerja. Spesifikasi keahlian atau skill yang ada akan membuka jalan terbaik untuk dapatkan pekerjaan. Tulis secara detail misalnya saja mampu berbahasa Inggris, bahasa Korea dan sebagainya.

Keahlian dalam pengetikan, desain serta lainnya juga bisa langsung dimasukkan ke dalam CV yang ada dan sesuai tersebut. Dengan begitu akan membuka peluang untuk bisa memperoleh kemudahan saat diterima kerja. Keahlian ini yang biasanya jadi nilai plus seseorang pada saat melamar kerja yang dilakukan.

Baca juga :   Inilah Informasi Loker (Lowongan Kerja) Terbaru Tahun 2021

3. Catumkan Pendidikan Formal, Prestasi dan Pendidikan Informal Pada CV

Untuk selanjutnya agar bisa diterima kerja juga harus cantumkan dengan detail seperti pendidikan formal. Hal ini akan menjelaskan tentang jenjang terakhir yang ditempuh dalam pendidikan dan gelar yang dimiliki. Jika punya prestasi juga bisa dicantumkan secara detail juga menyeluruh agar bisa mendapatkan perhatian dari HRD.

Penting juga untuk mencantumkan pendidikan informal pada saat penulisan CV. Pendidikan informal ini seperti pernah ikut kursus bahasa, musik dan sebagainya yang ada. Dengan mencantumkan secara lengkap tiga komponen tersebut, maka menjadi pertimbangan untuk HRD menerima lamaran kerja yang diajukan.

4. Memiliki Keaktifan Dalam Berorganisasi

Dalam menulis CV, untuk mencantumkan keaktifan dalam berorganisasi juga sangat penting. Kenapa? Pasalnya tim HRD akan menilai bahwa pelamar mempunyai pengalaman bekerjasama dan berinteraksi dengan baik. Yang mana soft skill seperti ini sangat menunjang dan begitu dibutuhkan pada dunia kerja yang ada saat ini.

Adapun orang yang aktif dan punya peran dalam organisasi merupakan orang yang begitu mudah beradaptasi dengan lingkungan. Punya pengalaman yang baik dalam pengambilan keputusan dan sebagainya sebagai penunjang dunia kerja. Dengan merujuk hal tersebut, maka seseorang yang memiliki pengalaman organisasi akan berpeluang besar diterima kerja.

5. Deskripsikan Diri Dengan Sebuah Ilustrasi

Untuk bisa memberikan gambaran yang menarik, maka cobalah menuliskan diri dengan mendeskripsikan pada sebuah ilustrasi. Banyak simbol atau template yang bisa dipakai ketika membuat format untuk CV. Maka gunakan secara wajar dan pilih ikon atau desain yang mewakili gambaran diri secara personal.

Biasanya dengan tampilan deskripsi menggunakan ilustrasi ini akan lebih efektif juga memikat hati para HRD. Ilustrasi bisa memperkuat gambaran diri pada apa yang dicantumkan dan bisa sesuai dengan tampilan sesungguhnya. Apalagi desain yang ditampilkan tersebut pada CV sangat menarik serta eye catching. Simak artikel lainnya tentang Design CV Keren Dan Gratis.

Baca juga :   Cara Menulis Lamaran Kerja yang Benar

6. Beri Nomor Telepon dan Alamat Email

Hal penting dalam menulis CV yaitu dengan memberikan nomor telepon serta alamat email yang ada. Dengan adanya data tersebut, maka kedepannya jika diterima kerja, tim HRD akan sangat mudah menghubunginya. Maka dari itu, jangan sampai terlewat untuk menuliskan email juga nomor telepon yang aktif.

Pada saat mendapatkan lamaran kerja dan direspon via email atau nomor telepon, maka beri tanggapan yang baik. Jadi tim HRD akan semakin terkesan secara personal dengan respon positif yang diberikan. Biasanya email serta nomor telepon ini sangat penting untuk dipakai dalam melakukan kontak selanjutnya ketika lamaran diterima.

7. Tulis Singkat Jangan Bertele-tele

Pentingnya menulis CV secara singkat ini harus harus diperhatikan pasalnya pada CV ada intinya menyajikan data yang singkat juga akurat. Jadi jangan sampai menuliskan hal-hal yang bertele-tele dan terkesan tidak penting pada CV. Dengan menyajikan CV secara akurat dan mudah dipahami maka bisa memberikan kemudahan dalam tim HRD untuk membacanya dan melakukan pengecekan.

Kondisi ini harus diperhatikan secara detail mengingat CV memang menghadirkan inovasi menarik profil seseorang. Dimana secara singkat juga jelas memberikan gambaran yang terbaik untuk bisa melihat seperti apa tampilannya. Dengan begitu secara otomatis CV akan lebih fresh dan terkesan detail.

8. Perbaharui Skill

10 Tips Menulis CV Agar Diterima Kerja - MyRobin
Perbarui Skill

Setiap akan menulis CV maka penting untuk mencantumkan pembaharuan skill yang dimiliki. Tentunya dengan adanya skill yang tampak ini bisa membuka peluang agar bisa diterima kerja. Biasanya perusahaan atau HRD ini akan melihat dengan detail skill apa yang memang dibutuhkan untuk bergabung dalam perusahaan.

Skill yang dimiliki tiap individu tentu berbeda dan punya ciri khas, biasanya skill juga berkaitan dengan minat dan bakat seseorang. Dengan kata lain, ketika seseorang akan membuat CV, maka setiap melamar kerja bisa memberikan pembaharuan data tentang skillnya. Pasalnya skill ini bisa meningkat atau bertambah seiring berjalannya waktu yang ada.

Baca juga :   Trik Mengakali CV Tanpa Pengalaman Kerja Buatmu Para Fresh Graduate

9. Pastikan Tidak Ada Typo

Dalam dunia kepenulisan CV hal yang paling diperhatikan agar diterima kerja yaitu memastikan tulisan CV ini tidak terdapat typo. Dengan begitu akan lebih mudah bagi seseorang untuk bisa membuka peluang diterimanya sebuah pekerjaan. Hal ini didasarkan dengan ketelitian seseorang dilihat dari kepenulisan CVnya.

Semakin rapih dan sesuai maka termasuk yang teliti dan membangun kepercayaan pihak HRD. Sementara itu, jika terlalu banyak typo maka akan terkesan tidak teliti bahkan kurang maksimal dalam mempersiapkan CV. Itulah kenapa pentingnya penyajian penulisan CV yang baik serta benar dan terhindar dari typo.

10. Pakai Desain Sederhana dan Elegan

Jika ingin menarik minat HRD bisa dengan memberikan tampilan yang sederhana namun elegan pada CV. Misalnya saja menggunakan desain atau template yang sudah tersedia dengan begitu tinggal memasukkan info penting lainnya. Adanya desain ini tentunya sangat eye catching dan menarik pada sebuah CV. Jika dalam CV yang tertampil ini memberikan detail informasi maka bisa memudahkan tim HRD dalam melakukan penerimaan kerja.

Jika ingin menulis CV agar diterima kerja, maka hal utama yang dilakukan yaitu memahami formatnya. Saat masih kesulitan maka cobalah untuk memanfaatkan layanan aplikasi http://app.myrobin.id/ sebagai aplikasi lowongan kerja dan buat CV gratis. Jadi saat melamar kerja akan lebih mudah dan mendapatkan keuntungan terbaik.

Kelola Bisnis Anda Lebih Mudah

dengan rekrutmen tenaga kerja kami dan platform manajemen modern.

Artikel terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

DBS Bank Tower 28/F, Ciputra World One
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3 – 5, Jakarta 12940
WA untuk pekerja/mitra: +62 81289050647
WA untuk Bisnis: +62 85 888 777 675
Fax: (+62-21) 7654 3210
Email: letstalk@myrobin.id

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda