tips wawancara / interview
Tips,Untuk Pencari Kerja,Worker Insights

Tips Wawancara Agar Sukses Diterima Bekerja

Wawancara merupakan salah satu tahap penting yang akan dihadapi para pelamar kerja sebelum diterima di perusahaan. Oleh karena itu agar kesempatan untuk bisa diterima di perusahaan yang dituju semakin besar, maka Anda harus mengetahui tips wawancara yang baik.

Tips Wawancara yang Harus Dipraktekkan

Agar bisa sukses menghadapi wawancara, maka Anda harus mengetahui kiat sukses menghadapinya. Jika persiapan wawancara dilakukan dengan matang, maka wawancara yang akan dijalani dapat dilalui dengan baik. 

Lalu apa saja tips-tips yang bisa dipraktekkan untuk menghadapi wawancara? Ini dia ulasannya

1. Jangan Datang Terlambat

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan menghadapi wawancara adalah datang tepat waktu. Jangan sampai kebiasaan molor atau menunda-nunda waktu terjadi saat menghadapi wawancara.

Jika Anda khawatir macet di perjalanan, maka datanglah 1 jam sebelum jadwal wawancara. Selain itu, jika Anda berasal dari luar kota dan belum mengetahui rute menuju kantor tempat wawancara, maka sehari atau dua hari sebelumnya, coba jelajahi rute menuju kantor yang bisa Anda lalui baik menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

Dengan datang sebelum jadwal wawancara, maka Anda bisa mempersiapkan diri dengan memperbaiki penampilan ataupun mengingat jawaban wawancara yang sudah dipersiapkan.

2. Jawab Pertanyaan dengan Singkat dan Jelas

Recruiter akan sangat memperhatikan para kandidat yang memberikan jawaban tepat dan tidak bertele-tele. Oleh karena itu, ketika recruiter melontarkan pertanyaan, maka jawablah dengan singkat, jelas, dan juga mantap.

Berikan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan dan jangan sampai Anda memberikan jawaban terlalu luas dan merembet ke topik lain sehingga membuat bingung para recruiter. Memberikan jawaban yang singkat dan jelas akan membuat kepribadian Anda menjadi semakin menarik di mata para recruiter.

3. Tampilkan Wajah Penuh Semangat dan Minat

Ketika menjawab pertanyaan recruiter, jangan lupa untuk menampakkan ekspresi semangat dan minat dari wajah Anda. Selain itu jangan lupa untuk selalu tersenyum. Kandidat yang menjawab pertanyaan dengan semangat dan antusias tentu akan lebih dipertimbangkan oleh recruiter dibandingkan mereka yang hanya menunjukkan wajah monoton tanpa ekspresi.

Anda juga bisa memberikan jawaban yang berhubungan dengan minat dan kemampuan Anda sehingga aura semangat  bisa terlihat dari wajah.

4. Jangan Ceritakan Kejelekan dan Keburukan Perusahaan Sebelumnya

Jika pekerjaan yang Anda lamar merupakan pekerjaan kedua atau ketiga, maka jangan sampai menyebutkan kejelekan atau keburukan perusahaan Anda sebelumnya. Para kandidat biasanya lalai dan menyebutkan keburukan saat recruiter melontarkan pertanyaan terkait alasan Anda keluar dari pekerjaan sebelumnya.

Agar tidak terpancing, Anda bisa mempraktekkan tips wawancara dengan menceritakan alasan yang lebih logis dan kreatif tanpa harus menjeleki-jelekkan perusahaan.

5. Followup Kembali Hasil Wawancara

Setelah menyelesaikan semua pertanyaan interview wawancara, maka jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada para recruiter dan petinggi perusahaan yang ikut mewancarai Anda. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk penghargaan karena Anda sudah diberi kesempatan besar hingga sampai apda tahap wawancara.

Jangan lupa juga untuk selalu followup terkait hasil wawancara yang telah dilakukan. Jika Anda belum diterima, maka tetaplah berjiwa besar dan jadikan ini sebagai latihan dan pembelajaran untuk menghadapi proses seleksi di lain hari

Persiapan wawancara memang tidak bisa dilakukan semalam saja. Ada beragam tips wawancara yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari dan mulai dipraktekkan sehingga tingkat kesuksesan untuk diterima di perusahaan semakin besar. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!.

Hasilkan uang lebih dengan MyRobin

tentukan waktu dan lokasi kerjamu sendiri

YUK GABUNG MYROBIN MITRA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>