Tata Cara Melamar kerja Lewat Email dengan Baik dan Benar

Cara Melamar Kerja Lewat Email

Saat Anda ingin melamar kerja, maka ada beberapa etika yang harus diperhatikan. Sama halnya dengan cara melamar kerja lewat email, Anda harus memperhatikan bagian tata letaknya. Mulai dari bahasa yang digunakan, dokumen yang diperlukan, serta masih banyak lagi.

Bagi yang ingin melamar kerja lewat email, baik itu Gmail maupun Yahoo melalui HP, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Cara Melamar Kerja Lewat Email di HP

Email merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengirim surat lamaran kerja. Adapun Tata cara melamar kerja lewat email yang bisa Anda lakukan dengan baik dan benar, yaitu:

Pastikan Nama Akun Email Anda Sudah Benar

Saat Anda ingin melamar kerja lewat email, pastikan bahwa akun atau alamat email yang digunakan memang dikhususkan untuk berbagai kegiatan profesional atau resmi.

Anda bisa memilih alamat email yang menggunakan nama asli saja, tanpa tambahan apapun. Pasalnya, jika  Anda mengirim lamaran kerja dengan nama email yang kurang profesional, maka pihak HRD akan menilai bahwa Anda tidak terlalu serius dalam menginginkan pekerjaan tersebut.

Tak hanya itu saja, pastikan Anda menghindari penggunaan nama email yang terlalu rumit atau memiliki kesan tidak formal. Pastikan juga bahwa alamat email yang dituju sesuai dengan yang ada pada job posting.

Biasanya, beberapa perusahaan akan meminta Anda untuk mengirimkan CV dan surat lamaran kerja kepada email HRD, lalu CC (carbon copy) ke email manajer maupun orang bersangkutan.

Biar tidak bingung, perhatikan contoh berikut ini.

  • Nama lengkap: Putri Ayunda
  • Alamat email yang wajib dihindari: Putri145_ayund4@gmail.com
  • Alamat email yang bisa Anda gunakan: putriayunda@gmail.com

Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan Secara Rapi

Cara melamar kerja lewat email yang bisa Anda lakukan dengan baik dan benar berikutnya adalah menyiapkan seluruh persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Hal ini perlu Anda perhatikan karena tidak semua perusahaan mewajibkan untuk mengirim langsung dokumen seperti ijazah, pas foto, fotokopi KTP dan sebagainya.

Namun, kebanyakan perusahaan selalu meminta CV (Curriculum Vitae) serta cover letter terlebih dahulu. Meskipun begitu, jika pihak perusahaan meminta Anda untuk mengirimkan berkas dokumen secara langsung, maka usahakan untuk menggabungkannya menjadi satu rangkap rapi.

Anda juga harus memberikan nama kepada file yang dikirim secara profesional sesuai yang diminta oleh pihak HRD.

Contoh:

  • (nama)-Curriculum Vitae.pdf
  • (nama)-Cover Letter.doc

Anda bisa menggunakan format nama file di atas supaya lamaran kerja yang Anda kirimkan lewat email terkesan formal dan profesional. Sementara untuk format file yang diminta, biasanya adalah format pdf, doc, maupun jpeg. Jadi, jangan sampai Anda menggunakan format rip atau rar, ya. Sebab, pihak HRD akan kesulitan dalam mengakses file lamaran kerja milik Anda nantinya.

Untuk ukuran file PDF lamaran kerja pun usahakan jangan terlalu besar. Pastikan tidak lebih dari 1MB, sehingga jika ternyata ukuran file Anda lebih besar, cobalah untuk melakukan kompres file terlebih dahulu.

Jika ukuran file lamaran kerja kurang dari 1MB, maka pihak HRD pun akan lebih mudah dalam mengakses dan memeriksa CV serta lamaran kerja milik Anda.

Menulis Bagian Subject dengan Jelas

Subject merupakan salah satu dari bagian email yang mudah untuk dikenali karena terletak pada bagian header. Anda dapat menuliskan subject secara singkat, padat dan jelas karena hal ini merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh pihak HRD.

Jika Anda tidak menuliskan subject dengan jelas, maka pihak HRD tidak dapat mengenal intensi Anda serta melihatnya sebagai kandidat yang kurang profesional.

Meskipun begitu, banyak perusahaan yang memberikan arahan terkait ketentuan penulisan subject pada email.

Contoh format bagian subject pada email:

Nama Lengkap – Lamaran Kerja – Posisi yang Diincar

Contoh:

Putri Ayunda – Lamaran Kerja – Sales Marketing

Menyertakan Kata Pembuka, Isi, Serta Penutup dalam Email

Tata cara melamar kerja yang bisa Anda lakukan lewat email berikutnya adalah wajib menyertakan kata pembuka, isi serta penutup. Hal ini wajib dilakukan, terutama bagi Anda yang ingin mengirim CV, surat lamaran kerja, serta dokumen lainnya. Pasalnya, jika Anda tidak menyertakan hal itu, maka bagaimana cara HRD menilai kemampuan serta kepribadian Anda?

Anda dapat menuliskannya secara bertahap, mulai dari perkenalan diri, tujuan penulisan serta penutup yang menjelaskan terkait lampiran yang Anda persiapkan.

Supaya tidak bingung, berikut ini merupakan beberapa poin penting serta contoh body email lamaran kerja yang bisa Anda gunakan.

  • Tulis alasan terkait Anda mengirimkan email lamaran kerja
  • Memaparkan posisi kerja yang Anda incar
  • Menjelaskan kualifikasi yang Anda miliki untuk pekerjaan yang diincar
  • Jelaskan apa saja hal yang bisa Anda tawarkan untuk perusahaan
  • Mencantumkan kontak maupun media sosial supaya perusahaan dapat melakukan follow up secara mudah.

Menggunakan Bahasa Resmi atau Formal

Cara melamar kerja lewat email Yahoo maupun Gmail di HP paling penting adalah Anda harus menggunakan bahasa resmi atau formal, baik itu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Jangan sampai Anda menggunakan kata sapaan ‘Aku, Gue, Lo’ karena akan menimbulkan kesan tidak formal. Anda juga harus memperhatikan tanda baca serta penulisan huruf besar yang baik.

Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Jika Anda sudah memastikan bahwa isi email sudah tepat, kini saatnya Anda mulai memperhatikan waktu pengirimannya. Usahakan untuk mengirimkan lamaran kerja via email saat jam kerja, yaitu antara pukul 08.00-17.00.

Untuk waktu optimal mengirimkan email lamaran kerja adalah pada pukul 10.00-11.00 serta 14.00-15.00.

Cara Mengirim CV dan Lamaran Kerja Lewat Email Secara Sederhana

Setelah Anda mengetahui cara mengirim lamaran kerja lewat email di atas, kini ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda perhatikan supaya dapat memahaminya dengan mudah, yaitu:

  • Mengumpulkan seluruh file persyaratan dalam satu rangkap PDF yang sudah dikompres, sehingga ukuran file kurang dari 1 MB.
  • Menggunakan email profesional.
  • Perhatikan waktu pengiriman sesuai jam kerja perusahaan.
  • Selanjutnya, masuk ke akun email yang akan digunakan untuk mengirim lamaran kerja.
  • Menulis email melalui menu Compose.
  • Tuliskan alamat email dari pihak HRD.
  • Tulis subject dan body email.
  • Lampirkan syarat dokumen lamaran kerja.
  • Periksa kembali alamat email, subject, serta body email secara keseluruhan.

Contoh Lamaran Kerja via Email dalam Bentuk PDF di HP

Berikut ini merupakan contoh melamar kerja lewat email di HP dalam bentuk PDF, yaitu:

Bolehkah Mengirim Email Lamaran Kerja Sebanyak 2 Kali?

Jika Anda ingin mengirim lamaran kerja untuk posisi berbeda, maka boleh saja untuk mengirimkan email sebanyak dua kali. Namun, hal ini akan mengurangi penilaian dari seorang HR. Sebab, kesannya terlihat coba-coba atau tidak serius. Terutama jika Anda mengirim email untuk posisi sama sebanyak dua kali atau lebih. Hal ini tentu merupakan kesalahan fatal yang harus Anda hindari.

Itulah beberapa cara melamar kerja lewat email yang bisa Anda lakukan dengan baik dan benar. Pastikan Anda untuk memahaminya terlebih dahulu, sehingga lamaran kerja serta CV yang Anda kirimkan lewat email di HP maupun laptop akan terlihat rapi dan menarik HRD.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!