Search
Close this search box.

Contoh Email Ucapan Terima Kasih setelah Interview Kerja

Contoh Email Ucapan Terima Kasih setelah Interview

Seberapa pentingnya mengucapkan terima kasih melalui email setelah wawancara kerja? Setelah mengikuti wawancara, Anda memiliki kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya, atau bahkan diterima di perusahaan yang Anda lamar. Masalahnya, tidak semua kandidat mengirimkan ucapan terima kasih kepada recruiter setelah wawancara. Padahal, cara ini bisa memberi kesan baik, atau memperbesar kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar. Lalu, apa pentingnya ucapan terima kasih? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini. 

Mengapa Mengirim Email Ucapan Terima kasih? 

Kalau Anda sedang bertanya-tanya, seberapa penting ucapan terima kasih untuk HRD? Jawabannya, penting! Mungkin ini jarang dipikirkan para pelamar, tapi kalau Anda memberikan kesan yang baik pada recruiter, Anda memiliki nilai plus daripada pelamar yang lain. 

Perlu Anda ketahui, proses perekrutan biasanya berjalan cepat, sehingga ada banyak karyawan yang berlomba-lomba memenangkan hati recruiter. Karena itu, tidak ada salahnya kalau Anda mengirimkan ucapan terima kasih setelah interview kerja. 

Baca juga artikel ini : 10 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan HRD

Format Menulis Ucapan Terima kasih

Untuk membuat ucapan terima kasih yang efektif,  Anda bisa menggunakan format ini. 

  • Subjek Email 
  • Salam Hormat
  • Tuliskan Ketertarikan dan kelebihan
  • Salam Penutup
  • Informasi Kontak 

1. Subjek Email 

Saat Anda mengirimkan ucapan terima kasih melalui email, Anda perlu menuliskan subjek email dengan jelas.  Anda bisa menggunakan contoh berikut ini. 

“Terima kasih atas waktunya”

2. Salam Hormat 

Seperti surat resmi yang lain, saat Anda ingin mengirim pesan terima kasih, Anda bisa memulai dengan sapaan, dan ucapan pembuka. Anda bisa memperhatikan contoh ini. 

Yang terhormat Bpk. Raharja

Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk mendiskusikan posisi Staf Sekretaris  dengan saya. Bisa bertemu dengan Anda di tahap interview adalah suatu kehormatan besar bagi saya. 

3. Tuliskan Ketertarikan  

Sampaikan ringkasan  latar belakang, dan minat Anda dengan posisi yang Anda lamar. Mungkin recruiter sudah tahu, tapi cara ini untuk menunjukan keseriusan Anda melamar posisi tersebut.

Saya sangat tertarik dengan posisi sekretaris di perusahaan Anda, terutama setelah dijelaskan jobdesk, dan tujuan dari posisi tersebut. 

Kualifikasi ini sesuai dengan latar belakang saya selama 2 tahun menjadi sekretaris di perusahaan XX. Saya yakin, saya bisa berkontribusi penuh untuk perusahaan Anda, dan mendukung segala visi misi perusahaan. 

4. Salam Penutup

Untuk menutup ucapan terima kasih. Anda bisa mendorong recruiter untuk mengambil langkah berikutnya dalam proses rekrutmen. Anda bisa menggunakan kalimat berikut ini. 

Kalau Anda membutuhkan informasi lain tentang saya, Anda bisa menghubungi nomor (0821-xxxx-xxxx) atau alamat email ini. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

5. Informasi Kontak 

Terakhir, berikan informasi kontak Anda, agar memudahkan recruiter saat mencari kontak Anda, seperti contoh ini. 

Salam, 

Saputra Adi 

Saputra Adi@gmail.com

(0821-xxxx-xxxx)

Contoh Ucapan Terima kasih Setelah Wawancara

Contoh Email Ucapan Terima Kasih
Contoh Email Ucapan Terima Kasih setelah Interview

Cermati contoh ucapan terima kasih setelah wawancara dengan recruiter ini. Anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga contoh, yang menurut Anda paling sesuai dengan diri Anda.

1. Tipe Formal 

Saat Anda mau melamar di perusahaan resmi, Anda bisa menggunakan bahasa formal yang mudah dipahami.

Subjek email : Terima kasih atas waktunya

Kepada Yth. HRD PT Sukarela

Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk mendiskusikan posisi Content Writer  dengan saya. Sebuah kebanggan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Anda pada interview tadi. 

Saya sangat tertarik dengan posisi sekretaris di perusahaan Anda, terutama setelah dijelaskan jobdesk, dan tujuan dari posisi tersebut. 

Kualifikasi ini sesuai dengan latar belakang saya selama satu tahun sebagai content writer di perusahaan sebelumnya . Saya yakin, saya bisa berkontribusi penuh untuk perusahaan Anda, dan mendukung segala visi misi perusahaan. 

Kalau Anda membutuhkan informasi lain tentang saya, Anda bisa menghubungi nomor (0821-2342-8768) atau alamat email ini. 

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Salam, 

Ayu Cahyani

Ayucahyani@gmail.com

(0821-2342-8768)

Pelajari cara menulis email profesional disini!

2. Tipe Detail 

Kalau Anda ingin menambah informasi setelah intervie, anda busa menulis surat ini dengan detail. Surat terima kasih yang detail akan memberi kesan menarik bagi recruiter. 

Subjek : Terimakasih telah Berdiskusi dengan Saya

Yth. HRD PT Alibaba

Terima kasih telah melakukan wawancara dengan saya pagi ini. Saya sangat senang bisa berdiskusi tentang Social Media Specialist, dan saya belajar banyak dari Anda, bagaimana sebuah divisi bekerja sama untuk meraih goal perusahaaan. 

Saya sangat tertarik dengan posisi Social Media Specialist, khususnya di perusahaan Anda. Saya merasa, pengalaman kuliah saya di bidang Digital Marketing sangat berguna untuk memimpin tim sosial media menjadi lebih sukses. 

Besar harapan saya bisa berdiskusi dengan Anda terkait kesempatan ini. Mohon hubungi saya apabila Anda ingin menghubung saya untuk follow-up interview. 

Terima kasih, 

Syah Anugrah 

Syah_angugrah@gmail.com 

0981-0982-3421

3. Tipe Informal 

Jika Anda melamar di sebuah industri yang menerapkan komunikasi kasual, atau saat Anda kenal dekat dengan interviewer, Anda bisa menggunakan bahasa informal ini. 

Subjek email : Ucapan terima kasih

Hallo, selamat sore, Roni

Makasih banyak untuk proses interview pagi tadi. Percakapan kita tentang Staff Marketing sangat menginspirasi, dan sangat luar biasa bagi saya. 

Posisi ini sangat menarik perhatian saya, dan saya pikir, saya termasuk kandidat yang ideal. Saya bersyukur sudah menyelesaikan master degree saya di Amerika, dan beberapa tahun pengalaman lapangan saya. 

Tolong hubungi saya, kalau ada yang perlu saya tambahkan. Sekali lagi terima kasih banyak untuk kesempatan ini. 

Terima kasih, 

Lintang Mareze

Lintang_reze@gmail.com 

0987-0833-9392

Contoh dalam Bahasa Inggris

Dear [nama perekrut atau tim HR],

I would like to express my gratitude for the opportunity to attend the job interview on [date]. I truly appreciate the time and attention given by [HR name].

I am thrilled and excited about this opportunity and very much hope to be a part of the exceptional team at [company name]. I am confident that my experience, skills, and knowledge will make a significant contribution to the company.

Once again, thank you for the opportunity given. I am ready to give my best to the company if I am given the chance to join the exceptional team at [company name].

Best regards,

[your full name]

Tips Menulis Ucapan Terima kasih 

1. Tidak Lebih dari 24 Jam

Saat Anda ingin menulis ucapan terima kasih, pastikan sebelum 24 jam Anda sudah mengirimkan pesan ini untuk recruiter. Ini karena proses recruitment biasanya sangat cepat, dan banyak pelamar. 

2. Tidak Berbelit-belit

Penting untuk Anda ketahui, saat menulis ucapan terima kasih Anda cukup menuliskan pesan dengan ringkas, padat, dan jelas. Ini karena, recruiter tidak punya banyak waktu untuk membaca pesan yang panjang dan tidak pada intinya. 

3. Tunjukan Antusiasme 

Tahap wawancara adalah penentu Anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Karena itu, Anda bisa menunjukan antusiasme pada  posisi yang Anda lamar. 

4. Koreksi Sebelum Mengirim 

Terakhir, saat Anda akan mengirim email untuk recruiter, Anda harus benar-benar mengecek pesan Anda. Jangan sampai ada kata yang kurang pantas, atau penulisan yang salah. Pasalnya, ini akan mempengaruhi kesan recruiter dengan kandidat. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai pesan terima kasih kepada recruiter yang bisa Anda ikuti. Setelah mengikuti beberapa cara dan tips dari artikel ini, semoga Anda segera mendapatkan karir terbaik Anda.

Berapa Lama Sebaiknya Mengirim Ucapan Terima Kasih Setelah Interview

Sebaiknya, email ucapan terima kasih setelah interview dikirimkan dengan segera setelah selesai interview. Hal ini akan menunjukkan rasa terima kasih dan rasa hormat Anda sebagai calon karyawan.

Buatlah pesan secara formal dan terstruktur, baca ulang dan edit tulisan sesuai tata bahasa, ejaan, dan tanda baca yang benar. Anda dapat menyertakan detail dari percakapan Anda untuk mempersonalisasi surat tersebut dan menunjukkan kepada tim perekrut betapa bersemangatnya Anda tentang peluang tersebut.

Anda dapat mengirimkan ucapan terima kasih melalui email atau setelah interview. Sebaiknya jangan menunda-nunda untuk mengirimkan ucapan terima kasih, karena semakin lama Anda menunda, semakin rendah kesan profesionalisme dan keinginan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Kirim ucapan terima kasih tidak lebih dari 24 jam atau 48 jam setelah interview kepada pewawancara atau HR. Jika interview dilakukan hari Jumat, Anda dapat mengirimkan pada hari yang sama sehingga akan dibaca pada hari Senin atau Selasa. 

Namun, jika Anda tidak dapat mengirimkan ucapan terima kasih setelah interview karena ada kendala teknis atau keadaan lainnya, sebaiknya tetap kirim ucapan terima kasih tersebut  meskipun terlambat daripada tidak mengirimkan sama sekali. Kirimkan ucapan terima kasih secepat mungkin setelah masalah teratasi.

Anda salah mengirim email? Coba baca: Jangan Panik! Begini Contoh Email Permintaan Maaf Karena Salah Kirim Email dan Tips Menanganinya

Mengapa Penting Mengirim Email Ucapan Terima Kasih Setelah Interview

Mengirimkan email ucapan terima kasih setelah wawancara kerja adalah cara yang baik untuk menunjukkan apresiasi dan ketertarikan Anda terhadap posisi yang dilamar dan perusahaan yang Anda lamar. Ada beberapa alasan mengapa ini penting:

Menunjukkan Kesopanan atau Rasa Hormat

Mengirimkan email ucapan terima kasih setelah wawancara kerja adalah menunjukkan kesopanan yang baik. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu pewawancara dan tanda terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan. 

Memberikan Kesan Positif

Email ucapan terima kasih juga dapat memberikan impressi positif pada calon pemberi kerja. Ini menunjukkan bahwa Anda serius dan berdedikasi dalam mencari pekerjaan dan menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

Kesempatan Menyampaikan Rasa Ketertarikan

Melalui email ucapan terima kasih, Anda dapat menegaskan ketertarikan Anda pada posisi yang dilamar pada perusahaan tersebut. Kemudian, Anda dapat menambahkan kalimat bahwa Anda sangat berharap untuk bergabung dengan tim tersebut, sehingga meningkatkan peluang agar dipertimbangkan untuk tahap seleksi berikutnya.

Meningkatkan Peluang 

Terkadang, calon pemberi kerja harus memilih antara beberapa kandidat yang memiliki kualifikasi yang sama. Dengan mengirimkan email ucapan terima kasih, Anda dapat membuat diri Anda lebih berkesan dan menonjol di antara kandidat lainnya.

Baca artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya di Blog MyRobin

Anda juga tidak perlu khawatir, ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di MyRobin. Anda bisa menemukan berbagai lowongan dari berbagai kota di Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi lowongan di App MyRobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

en_USEN