Seberapa pentingnya mengucapkan terima kasih melalui email setelah wawancara kerja? Setelah mengikuti wawancara, Anda memiliki kesempatan untuk lolos ke tahap selanjutnya, atau bahkan diterima di perusahaan yang Anda lamar. Masalahnya, tidak semua kandidat mengirimkan ucapan terima kasih kepada recruiter setelah wawancara. Padahal, cara ini bisa memberi kesan baik, atau memperbesar kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan yang Anda lamar. Lalu, apa pentingnya ucapan terima kasih? Dan bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan berikut ini.
Mengapa Mengirim Email Ucapan Terima kasih?
Kalau Anda sedang bertanya-tanya, seberapa penting ucapan terima kasih untuk HRD? Jawabannya, penting! Mungkin ini jarang dipikirkan para pelamar, tapi kalau Anda memberikan kesan yang baik pada recruiter, Anda memiliki nilai plus daripada pelamar yang lain.
Perlu Anda ketahui, proses perekrutan biasanya berjalan cepat, sehingga ada banyak karyawan yang berlomba-lomba memenangkan hati recruiter. Karena itu, tidak ada salahnya kalau Anda mengirimkan ucapan terima kasih setelah interview kerja.
Baca juga artikel ini : 10 Pertanyaan Interview Kerja yang Sering Ditanyakan HRD
Format Menulis Ucapan Terima kasih
Untuk membuat ucapan terima kasih yang efektif, Anda bisa menggunakan format ini.
- Subjek Email
- Salam Hormat
- Tuliskan Ketertarikan dan kelebihan
- Salam Penutup
- Informasi Kontak
1. Subjek Email
Saat Anda mengirimkan ucapan terima kasih melalui email, Anda perlu menuliskan subjek email dengan jelas. Anda bisa menggunakan contoh berikut ini.
“Terima kasih atas waktunya”
2. Salam Hormat
Seperti surat resmi yang lain, saat Anda ingin mengirim pesan terima kasih, Anda bisa memulai dengan sapaan, dan ucapan pembuka. Anda bisa memperhatikan contoh ini.
Yang terhormat Bpk. Raharja
Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk mendiskusikan posisi Staf Sekretaris dengan saya. Bisa bertemu dengan Anda di tahap interview adalah suatu kehormatan besar bagi saya.
3. Tuliskan Ketertarikan
Sampaikan ringkasan latar belakang, dan minat Anda dengan posisi yang Anda lamar. Mungkin recruiter sudah tahu, tapi cara ini untuk menunjukan keseriusan Anda melamar posisi tersebut.
Saya sangat tertarik dengan posisi sekretaris di perusahaan Anda, terutama setelah dijelaskan jobdesk, dan tujuan dari posisi tersebut.
Kualifikasi ini sesuai dengan latar belakang saya selama 2 tahun menjadi sekretaris di perusahaan XX. Saya yakin, saya bisa berkontribusi penuh untuk perusahaan Anda, dan mendukung segala visi misi perusahaan.
4. Salam Penutup
Untuk menutup ucapan terima kasih. Anda bisa mendorong recruiter untuk mengambil langkah berikutnya dalam proses rekrutmen. Anda bisa menggunakan kalimat berikut ini.
Kalau Anda membutuhkan informasi lain tentang saya, Anda bisa menghubungi nomor (0821-xxxx-xxxx) atau alamat email ini.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
5. Informasi Kontak
Terakhir, berikan informasi kontak Anda, agar memudahkan recruiter saat mencari kontak Anda, seperti contoh ini.
Salam,
Saputra Adi
Saputra Adi@gmail.com
(0821-xxxx-xxxx)
Contoh Ucapan Terima kasih Setelah Wawancara

Cermati contoh ucapan terima kasih setelah wawancara dengan recruiter ini. Anda bisa menggunakan salah satu dari ketiga contoh, yang menurut Anda paling sesuai dengan diri Anda.
1. Tipe Formal
Saat Anda mau melamar di perusahaan resmi, Anda bisa menggunakan bahasa formal yang mudah dipahami.
Subjek email : Terima kasih atas waktunya
Kepada Yth. HRD PT Sukarela
Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk mendiskusikan posisi Content Writer dengan saya. Sebuah kebanggan bagi saya bisa bertemu langsung dengan Anda pada interview tadi.
Saya sangat tertarik dengan posisi sekretaris di perusahaan Anda, terutama setelah dijelaskan jobdesk, dan tujuan dari posisi tersebut.
Kualifikasi ini sesuai dengan latar belakang saya selama satu tahun sebagai content writer di perusahaan sebelumnya . Saya yakin, saya bisa berkontribusi penuh untuk perusahaan Anda, dan mendukung segala visi misi perusahaan.
Kalau Anda membutuhkan informasi lain tentang saya, Anda bisa menghubungi nomor (0821-2342-8768) atau alamat email ini.
Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Ayu Cahyani
Ayucahyani@gmail.com
(0821-2342-8768)
2. Tipe Detail
Kalau Anda ingin menambah informasi setelah intervie, anda busa menulis surat ini dengan detail. Surat terima kasih yang detail akan memberi kesan menarik bagi recruiter.
Subjek : Terimakasih telah Berdiskusi dengan Saya
Yth. HRD PT Alibaba
Terima kasih telah melakukan wawancara dengan saya pagi ini. Saya sangat senang bisa berdiskusi tentang Social Media Specialist, dan saya belajar banyak dari Anda, bagaimana sebuah divisi bekerja sama untuk meraih goal perusahaaan.
Saya sangat tertarik dengan posisi Social Media Specialist, khususnya di perusahaan Anda. Saya merasa, pengalaman kuliah saya di bidang Digital Marketing sangat berguna untuk memimpin tim sosial media menjadi lebih sukses.
Besar harapan saya bisa berdiskusi dengan Anda terkait kesempatan ini. Mohon hubungi saya apabila Anda ingin menghubung saya untuk follow-up interview.
Terima kasih,
Syah Anugrah
Syah_angugrah@gmail.com
0981-0982-3421
3. Tipe Informal
Jika Anda melamar di sebuah industri yang menerapkan komunikasi kasual, atau saat Anda kenal dekat dengan interviewer, Anda bisa menggunakan bahasa informal ini.
Subjek email : Ucapan terima kasih
Hallo, selamat sore, Roni
Makasih banyak untuk proses interview pagi tadi. Percakapan kita tentang Staff Marketing sangat menginspirasi, dan sangat luar biasa bagi saya.
Posisi ini sangat menarik perhatian saya, dan saya pikir, saya termasuk kandidat yang ideal. Saya bersyukur sudah menyelesaikan master degree saya di Amerika, dan beberapa tahun pengalaman lapangan saya.
Tolong hubungi saya, kalau ada yang perlu saya tambahkan. Sekali lagi terima kasih banyak untuk kesempatan ini.
Terima kasih,
Lintang Mareze
Lintang_reze@gmail.com
0987-0833-9392
Tips Menulis Ucapan Terima kasih
1. Tidak Lebih dari 24 Jam
Saat Anda ingin menulis ucapan terima kasih, pastikan sebelum 24 jam Anda sudah mengirimkan pesan ini untuk recruiter. Ini karena proses recruitment biasanya sangat cepat, dan banyak pelamar.
2. Tidak Berbelit-belit
Penting untuk Anda ketahui, saat menulis ucapan terima kasih Anda cukup menuliskan pesan dengan ringkas, padat, dan jelas. Ini karena, recruiter tidak punya banyak waktu untuk membaca pesan yang panjang dan tidak pada intinya.
3. Tunjukan Antusiasme
Tahap wawancara adalah penentu Anda lolos ke tahap selanjutnya atau tidak. Karena itu, Anda bisa menunjukan antusiasme pada posisi yang Anda lamar.
4. Koreksi Sebelum Mengirim
Terakhir, saat Anda akan mengirim email untuk recruiter, Anda harus benar-benar mengecek pesan Anda. Jangan sampai ada kata yang kurang pantas, atau penulisan yang salah. Pasalnya, ini akan mempengaruhi kesan recruiter dengan kandidat.
Nah, itu tadi penjelasan mengenai pesan terima kasih kepada recruiter yang bisa Anda ikuti. Setelah mengikuti beberapa cara dan tips dari artikel ini, semoga Anda segera mendapatkan karir terbaik Anda.
Baca artikel menarik dan bermanfaat lainnya hanya di Blog MyRobin
Anda juga tidak perlu khawatir, ada banyak lowongan pekerjaan yang tersedia di MyRobin. Anda bisa menemukan berbagai lowongan dari berbagai kota di Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, jelajahi lowongan di App MyRobin sekarang juga!