New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Menjadi HR Recruiter Sukses: Memahami Peran dan Tanggung Jawabnya

HR Recruiter

HR Recruiter memiliki peran penting dalam perusahaan karena mereka bertanggung jawab untuk menarik, menyaring, dan merekrut kandidat terbaik untuk posisi yang tersedia. Meskipun pekerjaan ini terlihat mudah, ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi HR recruiter yang sukses. Artikel ini akan membahas peran dan tanggung jawab HR recruiter agar anda dapat lebih memahami apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Mulai dari melakukan wawancara hingga menulis deskripsi pekerjaan, baca terus untuk mengetahui apa yang anda butuhkan untuk menjadi perekrut SDM yang sukses.

Siapa Itu Seorang HR Recruiter?

HR recruiter bertanggung jawab untuk mengidentifikasi, menyaring, dan mewawancarai kandidat untuk posisi yang tersedia. Mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan referensi, menyimpan catatan pelamar, dan berkomunikasi dengan manajer perekrutan. Dalam beberapa kasus, HR recruiter juga bertanggung jawab untuk melakukan orientasi bagi kandidat baru dan mengorientasikan mereka pada budaya dan nilai-nilai perusahaan.

Peran dan Tanggung Jawab HR Recruiter

Menyiapkan Deskripsi Pekerjaan

Sebagai HR recruiter, tugas anda adalah mengidentifikasi, menilai, dan merekrut talenta terbaik untuk perusahaan anda. Agar hal ini dapat dilakukan secara efisien, anda harus terlebih dahulu mengembangkan pemahaman yang jelas tentang peran yang anda rekrut. Ini berarti membuat deskripsi pekerjaan secara detail yang menjelaskan tugas-tugas penting, keterampilan, dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

Setelah anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang posisi yang anda rekrut, anda dapat mulai mengidentifikasi kandidat potensial. Anda harus menggunakan berbagai metode rekrutmen untuk menemukan kandidat terbaik, termasuk lowongan kerja online, referensi karyawan, dan acara networking.

Setelah anda mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat, sekarang saatnya untuk memulai proses wawancara. Selama fase ini, sangat penting untuk menilai keterampilan dan kualifikasi setiap kandidat terhadap persyaratan peran. Tujuannya adalah untuk memilih kandidat yang paling cocok untuk posisi tersebut dan yang dapat berkontribusi dengan keterampilan dan keahlian mereka untuk kesuksesan perusahaan anda.

Screening Kandidat

Sebagai seorang HR, anda bertanggung jawab untuk menyaring kandidat untuk posisi yang terbuka di perusahaan. Ini termasuk mereview resume dan melakukan wawancara awal dengan kandidat.

Penting bagi anda untuk mengidentifikasi kualifikasi dan keterampilan utama yang dibutuhkan setiap posisi. Anda juga harus dapat menilai kecocokan setiap kandidat untuk peran tersebut berdasarkan kualifikasi dan performa wawancara mereka.

anda perlu menjaga komunikasi tingkat tinggi dengan manajer perekrutan agar mereka selalu mendapatkan informasi terbaru tentang status penyaringan kandidat. Anda juga harus memberikan feedback kepada kandidat dengan sesegera mungkin

Melakukan Wawancara

HR perekrut memainkan peran penting dalam perekrutan dengan menyaring dan mewawancarai kandidat untuk posisi yang terbuka. Mereka bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kandidat yang memenuhi syarat, melakukan wawancara awal, dan membuat rekomendasi kepada manajer perekrutan.

Tugas HR recruiter sangat penting karena mereka adalah titik penghubung awal dengan kandidat. Mereka menentukan tema untuk proses wawancara selanjutnya dan dapat membuat atau menghancurkan kesan kandidat terhadap perusahaan.

Agar sukses dalam peran ini, HR recruiter harus mampu menilai kualifikasi kandidat dengan cepat dan mencocokkannya dengan posisi yang terbuka. Mereka juga harus mampu menjual perusahaan kepada kandidat dan membangun hubungan baik secara efektif.

HR recruiter yang paling sukses adalah mereka yang mudah beradaptasi, terorganisir, dan memiliki keterampilan yang sangat baik. Jika anda memiliki kualitas-kualitas ini, karir sebagai perekrut SDM mungkin tepat untuk anda!

Pemeriksaan Latar Belakang dan Referensi

Seorang HR recruiter bertanggung jawab untuk menyaring kandidat dan melakukan pemeriksaan latar belakang dan referensi. Hal ini memastikan bahwa hanya kandidat yang paling memenuhi syarat yang dipekerjakan untuk perusahaan.

Untuk menyaring kandidat, anda perlu memeriksa resume dan lamaran. Anda juga perlu melakukan wawancara. Selama wawancara, anda akan mengajukan pertanyaan tentang pengalaman dan kualifikasi kandidat. Anda juga akan menggunakan waktu ini untuk berkenalan dengan kandidat secara personal.

Setelah anda menyaring kandidat, anda perlu melakukan pemeriksaan latar belakang dan referensi. Ini melibatkan menghubungi atasan dan referensi kandidat sebelumnya. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan latar belakang kriminal. Hal ini untuk memastikan bahwa perusahaan hanya mempekerjakan orang yang paling berkualitas.

Orientasi

Peran dan tanggung jawab HR recruiter adalah menarik, menyaring, dan memilih kandidat yang memenuhi syarat untuk posisi yang terbuka di dalam organisasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk melakukan wawancara, pemeriksaan referensi, dan mengelola proses penawaran. Selain itu, HR recruiter juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menjaga hubungan dengan stakeholder utama, seperti manajer perekrutan, pusat karir perguruan tinggi, dan organisasi profesional.

HR recruiter yang paling sukses dapat mengidentifikasi kandidat yang paling memenuhi syarat untuk posisi yang terbuka melalui kemampuan mereka untuk menyaring resume dan melakukan wawancara yang baik. Mereka juga merupakan komunikator yang sangat baik dan dapat mengembangkan hubungan yang kuat dengan kandidat dan manajer perekrutan. Selain itu, mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang hukum ketenagakerjaan dan terbiasa dengan berbagai opsi paket kompensasi dan tunjangan.

Menjalin Hubungan dengan Kandidat

HR recruiter bertanggung jawab untuk menjalin hubungan dengan kandidat dan memberikan mereka informasi tentang perusahaan dan lowongan pekerjaan. Perekrut juga menyaring kandidat dan memberikan rekomendasi kepada manajer perekrutan.

Peran HR recruiter sangat penting karena memungkinkan perusahaan untuk menemukan kandidat terbaik untuk posisi yang terbuka. Penting juga untuk membangun hubungan dengan kandidat potensial sehingga mereka akan mempertimbangkan untuk melamar lowongan di masa depan.

Tanggung jawab terpenting seorang HR recruiter adalah membangun hubungan dengan kandidat. Hal ini dapat dilakukan dengan:

  • Memberikan informasi yang akurat dan terkini tentang perusahaan dan lowongan pekerjaan
  • Menjawab pertanyaan dengan jujur dan terbuka
  • Membalas panggilan telepon dan email dengan segera
  • Tetap berkomunikasi bahkan ketika tidak ada posisi yang terbuka

Memahami Kebutuhan Staff

Untuk memahami kebutuhan staff anda, penting untuk mengetahui tanggung jawab harian seorang HR recruiter. Berikut adalah panduan untuk membantu anda:

Seorang HR bertanggung jawab atas banyak hal. Tanggung jawab utama mereka adalah menarik, menyaring, dan memilih kandidat yang memenuhi syarat untuk dipekerjakan. Namun, mereka juga memiliki peran penting untuk mempertahankan tingkat retensi dan pengembangan karyawan. Selain itu, HR recruiter juga bertanggung jawab untuk membuat dan memelihara catatan karyawan.

Langkah pertama dalam memahami kebutuhan staf anda adalah menentukan kebutuhan spesifik perusahaan anda. Setelah anda melakukannya, anda dapat mulai mencari HR recruiter yang dapat membantu anda memenuhi kebutuhan tersebut.

Berkomunikasi dengan Manajer Perekrutan

Sebagai perekrut HR, salah satu peran dan tanggung jawab utama anda sebagai HR recruiter yaitu berkomunikasi dengan manajer perekrutan. Hal ini termasuk memberi mereka informasi terbaru tentang status upaya rekrutmen, memberikan feedback kepada kandidat, dan menjawab pertanyaan yang mereka miliki.

Kemampuan komunikasi yang sangat baik merupakan bagian penting dari posisi ini, karena anda akan menjadi titik kontak utama antara manajer perekrutan dan seluruh tim HR. Anda harus membangun hubungan yang kuat dengan manajer perekrutan dan mendapatkan kepercayaan mereka.

Kemampuan manajemen waktu yang sangat baik adalah suatu keharusan untuk melakukan peran ini, anda harus terorganisir dan memiliki perhatian yang sangat baik terhadap detail. anda harus melacak beberapa bagian yang bergerak pada waktu tertentu dan memastikan bahwa semua orang mengikuti tujuan yang sama dan pada halaman yang sama.

Merekomendasikan Kandidat Kepada Manajer Perekrutan

Sebagai seorang HR recruiter, salah satu tanggung jawab harian anda adalah merekomendasikan kandidat kepada manajer perekrutan. Hal ini melibatkan kerja sama yang erat dengan para manajer untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka, lalu mencari dan menyaring kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Untuk merekomendasikan kandidat kepada manajer perekrutan, anda perlu:

  • Bekerja sama dengan manajer untuk memahami kebutuhan mereka
  • Mencari dan menyaring kandidat yang paling cocok untuk posisi tersebut
  • Membuat rekomendasi kepada manajer berdasarkan temuan anda

Jika anda mengikuti langkah-langkah ini, anda akan dapat secara efektif merekomendasikan kandidat kepada manajer dan membantu mereka mengisi posisi di departemen mereka.

Follow Up Wawancara

Sebagai HR recruiter, salah satu tanggung jawab harian anda adalah menindaklanjuti kandidat setelah wawancara. Ini termasuk mengirimkan ucapan terima kasih dan tetap berkomunikasi dengan kandidat untuk memastikan mereka masih tertarik dengan posisi tersebut.

Catatan terima kasih adalah bagian penting dari proses wawancara dan dapat menunjukkan kepada kandidat bahwa anda menghargai waktu dan usaha mereka. Buatlah catatan yang singkat dan manis, dan pastikan untuk mempersonalisasikannya untuk setiap kandidat.

Ketika menindaklanjuti kandidat, tetap berhubungan tanpa terlalu memaksa adalah hal yang penting. Kirimkan kabar terbaru secara berkala mengenai posisi dan perusahaan, dan selalu siap untuk menjawab pertanyaan. Pada akhirnya, anda ingin memastikan kandidat merasa nyaman dan terinformasi selama proses berlangsung.

Selalu Mengikuti Perkembangan Terbaru Mengenai Kebijakan Perusahaan

Mengasumsikan peran dan tanggung jawab seorang HR Recruiter. Salah satu prospek paling penting dari pekerjaan ini adalah selalu mengikuti perkembangan kebijakan perusahaan. Bagaimanapun juga, adalah tugas HR Recruiter untuk memastikan bahwa calon karyawan baru mengetahui semua kebijakan perusahaan selama proses wawancara.

Ini berarti bahwa HR Recruiter harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang semua kebijakan perusahaan dan dapat mengkomunikasikannya kepada kandidat secara efektif. Sangat penting juga untuk menjawab setiap pertanyaan yang mungkin diajukan oleh kandidat tentang kebijakan perusahaan.

Selalu mengikuti perubahan dan pembaruan kebijakan perusahaan sangat penting bagi HR Recruiter. Mereka harus dapat dengan cepat menyesuaikan strategi dan taktik rekrutmen mereka agar tetap sesuai dengan peraturan baru. Selain itu, mereka harus proaktif dalam mengkomunikasikan perubahan-perubahan ini kepada kandidat agar tidak ada kejutan di kemudian hari.

Penyerahan Laporan

Tanggung jawab harian HR untuk pengiriman laporan adalah memastikan bahwa semua laporan akurat dan terkini. Ini termasuk laporan tentang kinerja karyawan, kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan, dan informasi lain yang relevan. Peran dan tanggung jawab HR termasuk memastikan bahwa laporan diserahkan dengan tepat waktu.

Exit Interview (Wawancara Keluar)

HR bertanggung jawab untuk melakukan wawancara keluar dengan karyawan yang keluar. Proses ini membantu mengidentifikasi area mana saja di mana perusahaan mungkin kehilangan karyawan yang baik dan dapat memberikan feedback yang berharga untuk memperbaiki tempat kerja.

Wawancara keluar harus dilakukan secara profesional dan penuh rasa hormat. Pewawancara harus mengajukan pertanyaan tentang pengalaman karyawan yang keluar dengan perusahaan, alasan mereka keluar, dan saran-saran untuk perbaikan. Semua informasi ini harus didokumentasikan dan dibagikan kepada anggota manajemen yang tepat.

Melakukan wawancara keluar merupakan bagian penting dari peran departemen HR dalam memastikan lingkungan kerja yang positif. Dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan umpan balik dari karyawan yang keluar, perusahaan dapat melakukan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan moral dan mengurangi perputaran karyawan.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang HR Recruiter?

Anda bisa melakukan beberapa langkah penting untuk menjadi HR recruiter. Pertama, anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bidang HR dan apa saja yang dibutuhkan dalam perekrutan. Anda juga harus menguasai teknologi dan strategi perekrutan terbaru. Selain itu, memiliki keterampilan interpersonal yang kuat akan sangat penting untuk sukses dalam peran ini.

Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus anda lakukan untuk menjadi HR recruiter:

  1. Mengejar gelar atau sertifikasi di bidang HRD atau bidang terkait. Ini akan memberi anda dasar yang diperlukan untuk memahami kompleksitas bidang HR dan mempelajari praktik terbaik dalam perekrutan.
  2. Dapatkan pengalaman dalam proses rekrutmen melalui magang atau peluang lainnya. Pengalaman langsung ini akan sangat berharga saat anda mengejar karir di bidang ini.
  3. Ikuti perkembangan teknologi dan tren terbaru dalam rekrutmen. Ini termasuk menggunakan platform media sosial untuk mencari kandidat dan memanfaatkan applicant tracking system (ATS).
  4. Kembangkan kemampuan interpersonal anda sehingga anda dapat membangun hubungan dengan kandidat dan secara efektif menjual peluang perusahaan anda selama proses wawancara.

Gaji Seorang HR Recruiter

DIlansir dari Id.Indeed.com rata-rata gaji seorang HR recruiter sebesar di Indonesia sebesar Rp 4.456.561 per bulannya.

Pertanyaan Wawancara yang Sering Ditanyakan untuk Posisi HR Recruiter

Saat wawancara kerja, penting untuk mempersiapkan diri agar anda dapat memberikan kesan pertama yang baik. Wawancara sebagai HR recruiter bisa jadi sangat menantang karena anda berpartisipasi dalam proses yang sama yang merupakan bagian dari profesi anda. Anda mungkin akan merasa lebih siap jika anda tahu sebelumnya jenis-jenis pertanyaan yang bisa anda harapkan dan mempelajari jenis-jenis jawaban yang kemungkinan besar akan membuat anda diterima. Dalam artikel ini, kami mencantumkan beberapa contoh pertanyaan wawancara untuk posisi HR recruiter.

Pertanyaan umum

Saat wawancara untuk posisi sebagai perekrut, penting untuk mempersiapkan diri untuk pertanyaan pengantar umum yang mungkin ditanyakan oleh manajer perekrutan. Peran ini berada di tangan departemen HR, jadi kemungkinan besar orang yang mewawancarai anda juga merupakan calon atasan anda. Sangat penting untuk memberikan kesan yang baik, karena mereka mungkin ingin memahami bagaimana rasanya bekerja sama dengan anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan oleh manajer perekrutan untuk posisi perekrut SDM:

  • Ceritakan tentang diri anda.
  • Bagaimana anda mendengar tentang posisi ini?
  • Sudah berapa lama anda menjadi perekrut?
  • Apa yang paling anda sukai dari bekerja di bidang HR?
  • Jelaskan beberapa kekuatan terbesar anda.
  • Apa pencapaian terbesar anda sebagai perekrut?
  • Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?
  • Apa saja hobi anda di luar pekerjaan?
  • Apa saja tantangan yang pernah anda hadapi sebagai perekrut?
  • Apakah anda memiliki pertanyaan untuk kami?

Pertanyaan tentang pengalaman dan latar belakang

Manajer perekrutan kemungkinan besar akan bertanya tentang latar belakang anda dalam merekrut sehingga mereka bisa yakin bahwa mereka merekrut kandidat yang paling berkualitas. Mereka ingin tahu tentang latar belakang pendidikan anda, pengalaman anda sebagai perekrut, dan perspektif anda tentang profesi ini. Sebelum anda masuk ke dalam wawancara, periksa lowongan pekerjaan asli untuk memastikan anda secara alami memasukkan persyaratan mereka ke dalam jawaban anda terhadap pertanyaan-pertanyaan semacam ini. Pewawancara kemungkinan besar memiliki resume anda di depan mereka saat mereka berbicara kepada anda, jadi pastikan anda memberikan konteks di luar itu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini:

  • Apa yang membuat anda tertarik untuk merekrut?
  • Apa latar belakang pendidikan anda?
  • Selain gelar sarjana, apakah anda memiliki kualifikasi atau sertifikasi tambahan yang relevan dengan HR?
  • Apakah anda mengikuti tren perekrutan? Apa tren menarik terbaru yang pernah anda baca?
  • Bagaimana anda menggambarkan proses rekrutmen anda?
  • Alat atau data apa yang anda sukai untuk digunakan sebagai bagian dari pekerjaan anda?
  • Apa saja jabatan yang pernah anda rekrut di masa lalu?
  • Bagaimana menurut anda proses perekrutan telah berubah sejak anda mulai bekerja?
  • Menurut anda, bagaimana proses perekrutan akan berubah dalam lima tahun ke depan?
  • Jenis data apa yang anda gunakan untuk mengukur kesuksesan?

Pertanyaan lebih mendalam

Pewawancara juga ingin tahu apa yang bisa mereka harapkan dari anda secara praktis. Ingat, pewawancara kemungkinan besar adalah orang yang akan bekerja dengan anda secara rutin, jadi cobalah untuk serealistis mungkin dalam memberikan jawaban. Mereka sering mengajukan pertanyaan mendalam untuk menguji respons perilaku anda dalam situasi yang menantang, jadi pastikan jawaban anda terdengar positif dan memiliki solusi yang dapat ditindaklanjuti jika relevan. Jangan takut untuk meluangkan waktu anda ketika merencanakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Menurut anda, bagaimana anda dapat meningkatkan proses perekrutan kami?
  • Bagaimana anda mengembangkan hubungan dengan kandidat karyawan?
  • Jelaskan peran yang menurut anda paling menantang untuk diisi dan mengapa.
  • Bagaimana perasaan anda saat menghubungi kandidat sebelumnya tentang peluang baru?
  • Berapa banyak kandidat yang telah berhasil anda rekrut selama menjadi perekrut?
  • Apa yang anda katakan kepada kandidat yang tidak mendapatkan pekerjaan?
  • Jelaskan beberapa alasan mengapa seorang kandidat menolak sebuah tawaran. Jelaskan bagaimana anda akan bekerja untuk menghindari hal ini.
  • Seperti apa proses perekrutan di pekerjaan terakhir anda? Bicarakan tentang apa yang berjalan dengan baik dan bagaimana anda bisa meningkatkannya.
  • Menurut anda, apakah penting untuk memberi tahu kandidat tentang status lamaran mereka secara proaktif atau anda menunggu mereka untuk menghubungi anda?
  • Bagaimana anda menggambarkan perusahaan kami kepada kandidat potensial berdasarkan apa yang sudah anda ketahui tentang kami?

Posisi HR sangat penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menemukan, menyaring, dan mempekerjakan kandidat yang ideal untuk posisi yang terbuka.

Perekrut yang baik akan memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya dan nilai-nilai perusahaan dan mampu menemukan kandidat yang sesuai dengan cita-cita tersebut. Baik anda sedang merencanakan karier di bidang HR rekrutmen atau sedang menyempurnakan kemampuan anda, panduan ini akan memberikan anda gambaran yang lebih baik tentang apa yang diharapkan terkait peran dan tanggung jawab HR Recruiter.

Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir dan HRD? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian