Search
Close this search box.

Panduan Lengkap Cara Merekrut Pencari Kerja Pasif

merekrut pencari kerja pasif

Pencari kerja pasif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan karyawan yang saat ini bekerja dan tidak secara aktif mencari pekerjaan baru, namun terbuka untuk kesempatan jika ada yang cukup menarik. Kandidat pasif cenderung lebih stabil dalam karir mereka dan memiliki motivasi yang tinggi dalam pekerjaan baru. Mereka sangat dicari oleh perusahaan karena memiliki pengalaman kerja dan keterampilan teknis yang berharga. Meskipun sulit untuk menemukan dan merekrut pencari kerja pasif, perusahaan seringkali memberikan imbalan yang tinggi untuk menarik mereka ke dalam tim. Pelajari lebih lanjut mengenai pekerja pasif, dan panduan untuk dapat merekrut mereka disini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Kandidat Pasif?

Pencari kerja pasif adalah para profesional yang sudah memiliki pekerjaan, namun mungkin terbuka untuk berpindah pekerjaan jika ada tawaran yang tepat. Kandidat pasif berbeda dengan pencari kerja aktif, yang sering kali menganggur atau secara aktif mencari pekerjaan lain. Pencari kerja aktif mungkin secara teratur melihat iklan lowongan kerja, mengirimkan lamaran dan resume, dan bahkan melakukan wawancara kerja ketika masih bekerja di tempat lain. Kandidat pasif biasanya kurang aktif. Meskipun mereka mungkin atau mungkin tidak melihat-lihat iklan lowongan kerja, sebagian besar pencari kerja pasif harus didekati dengan tawaran yang serius sebelum mereka mempertimbangkan untuk mencari kesempatan di tempat lain.

Pencari kerja pasif mungkin sulit ditemukan pada awalnya. Ini karena, dari luar, mereka terlihat seperti orang lain yang memiliki pekerjaan. Banyak pencari kerja pasif yang sebenarnya senang dengan pekerjaan yang mereka lakukan saat ini, dan mereka hanya tertarik untuk mengambil risiko berganti pekerjaan. Hal ini bertentangan dengan banyak strategi perekrutan yang lebih umum yang mungkin berhasil untuk pencari kerja yang lebih aktif.

Perbedaan Antara Kandidat Aktif dan Pasif

Kandidat yang aktif menjelajahi papan lowongan kerja secara teratur, memasukkan lamaran kerja dan menggunakan media sosial untuk mencari peluang. Mereka sedang mencari peluang yang lebih baik atau sedang menganggur. Secara psikologis, mereka cemas, penuh harap atau bersemangat untuk menemukan pekerjaan baru, tergantung pada keadaan dan pendekatan mereka terhadap kehidupan.

Ketika Anda terhubung dengan kandidat yang aktif, mereka akan menerima pendekatan dari perekrut dan bersedia untuk mengobrol. Jika mereka tidak segera tersedia untuk mendiskusikan kesempatan kerja Anda, mereka akan menghubungi Anda sesegera mungkin. Kandidat aktif menempatkan diri mereka di luar sana, dan mereka berharap untuk menemukan lowongan pekerjaan yang bagus.

Namun, kandidat pasif berada di zona yang sama sekali berbeda! Papan lowongan kerja bahkan tidak terlintas dalam pikiran mereka, dan ketika mereka menggunakan media sosial, tidak ada hubungannya dengan mencari pekerjaan baru. Mereka kebanyakan menggunakan platform media sosial yang berhubungan dengan karir untuk membangun jaringan dalam industri mereka, memperbarui keahlian mereka, dan membuat kontak yang relevan.

Ketika Anda mendekati calon kandidat yang pasif, Anda bisa mengharapkan respon yang biasa saja atau bahkan tidak sama sekali.

Ingat, mereka adalah manusia biasa, dan panggilan dingin dari perekrut akan ditanggapi dengan skeptisisme yang sama seperti panggilan dingin untuk membeli polis asuransi. Sebagian besar akan memotong panggilan dingin Anda dalam beberapa detik pertama; mereka tidak tertarik dan tidak ingin tahu lebih banyak.

Manfaat Merekrut Pencari Kerja Pasif

Ada beberapa manfaat dari merekrut pencari kerja pasif:

Persaingan yang lebih sedikit

Ada lebih banyak kandidat pasif daripada kandidat aktif, jadi Anda sudah berhadapan dengan lebih sedikit kompetisi ketika menargetkan kandidat pasif. Dengan demikian, kandidat aktif biasanya lebih mudah untuk menarik dan merekrut, namun bukan berarti kandidat pasif tidak layak.

Ketika Anda melakukan pencarian pasif, Anda akan memperluas pool Anda dan menemukan kandidat yang mungkin tidak dicari oleh kompetitor Anda. Pertimbangkan bahwa banyak orang akan mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan mereka jika mereka menemukan posisi yang relevan dengan tunjangan yang baik dan merek perusahaan yang bagus. Oleh karena itu, Anda perlu mempresentasikan hal tersebut kepada kandidat potensial Anda.

Lebih sedikit tekanan

Ketika merekrut kandidat aktif, mereka kemungkinan besar sedang berusaha mencari pekerjaan sesegera mungkin dan mungkin akan melakukan wawancara dengan perusahaan lain. Anda mungkin perlu mempercepat proses rekrutmen Anda jika Anda ingin mendapatkan kandidat tersebut karena kandidat terbaik akan keluar dari pasar hanya dalam waktu sepuluh hari.

Hal ini terutama berlaku jika Anda berada di pasar di mana kandidat yang tersedia sangat sedikit. Namun, jika ditekan untuk bertindak cepat, Anda bisa membuat keputusan perekrutan yang salah. Inilah mengapa menghubungi kandidat pasif menawarkan lebih sedikit tekanan dan stres pada proses rekrutmen. Mereka tidak membutuhkan pekerjaan dengan cepat dan kemungkinan tidak sedang didekati oleh banyak perusahaan.

Dengan lebih sedikit tekanan dan lebih banyak waktu untuk berpikir, Anda bisa fokus pada detail proses perekrutan dan memastikan bahwa Anda membuat keputusan perekrutan yang tepat.

Bisa Memiliki Lebih Banyak Keterampilan

Salah satu hal penting saat merekrut kandidat pasif adalah memastikan Anda merekrut orang yang tepat dengan talenta terbaik. Jika Anda hanya bekerja dari alat yang memiliki talenta aktif, Anda mungkin melewatkan beberapa talenta hebat di kelompok pasif.

Pekerja pasif dipekerjakan secara aktif dan memberikan nilai bagi perusahaan tempat mereka bekerja saat itu. Mungkin sulit untuk mengajak mereka pindah ke perusahaan Anda, namun hal ini sepadan dengan usaha yang dilakukan jika mereka sangat berbakat. Anda bisa mencoba menawarkan posisi untuk membantu mengembangkan karir mereka, atau mereka mungkin tertarik dengan pekerjaan yang lebih menantang.

Lebih Banyak Pengalaman

Ketika Anda mempekerjakan karyawan yang Anda rekrut secara pasif, kemungkinan besar mereka memiliki keterampilan yang Anda cari. Karena itu, mereka memiliki peluang lebih tinggi untuk menjadi karyawan yang sukses.

Karena mereka saat ini bekerja di sebuah perusahaan, Anda juga tahu bahwa mereka memiliki pengalaman dan keterampilan profesional yang dapat mereka bawa ke perusahaan Anda. Anda juga memiliki lebih banyak waktu untuk memeriksa keahlian mereka secara menyeluruh dan memastikan mereka memiliki semua keahlian yang dibutuhkan. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk memastikan bahwa mereka cocok dengan budaya perusahaan Anda.

Mereka Memilih Organisasi/Perusahaan Anda

Saat merekrut pencari kerja aktif, mereka mungkin memiliki beberapa tawaran pekerjaan, namun jika tidak, mereka mungkin akan menerima tawaran di perusahaan Anda untuk mendapatkan gaji. Tidak demikian halnya dengan kandidat pasif.

Mereka membutuhkan waktu untuk mempelajari perusahaan Anda dan apakah mereka ingin menerima posisi di sana atau tidak. Mereka ingin tahu apakah Anda bisa membantu mereka mencapai tujuan karir mereka dan apakah layak untuk melakukan transisi saat itu juga. Kandidat pasif memiliki kesempatan untuk memilih dan membuat pilihan yang mereka inginkan karena mereka memiliki pekerjaan mereka saat ini sebagai bantalan.

Dapat Membangun Hubungan

Bahkan jika Anda tidak jadi merekrut kandidat pasif, Anda masih bisa membangun hubungan dengan mereka. Dengan begitu, saat mereka menjadi pencari kerja aktif, mereka bisa menghubungi perusahaan Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda memiliki posisi yang terbuka.

Jika tidak, Anda mungkin bisa menghubungi mereka saat Anda memiliki lowongan pekerjaan lain yang lebih menarik bagi mereka. Apapun itu, Anda bisa tetap berhubungan dengan mereka dan menyimpan mereka di pipeline talenta Anda jika Anda perlu mencari kandidat untuk posisi di masa depan.

Lebih Autentik

Terakhir, merekrut kandidat pasif terkadang menjadi pengalaman yang lebih otentik. Ketika merekrut kandidat aktif, mereka mungkin sudah berlatih untuk wawancara dan siap untuk menjawab pertanyaan karena mereka sedang mencari pekerjaan. Mereka mungkin sudah mengetahui jenis pertanyaan wawancara yang akan Anda ajukan dan sudah berlatih menjawabnya. Namun ini bisa menyulitkan untuk tidak menilai apakah mereka akan menjadi karyawan yang baik.

Ketika Anda menghubungi kandidat pasif yang tidak aktif melakukan wawancara kerja, mereka mungkin tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan jawaban yang sudah dilatih, dan Anda bisa mengukur jawaban yang lebih akurat. Selain itu, mereka sudah memiliki pekerjaan dan tidak sedang bersiap-siap untuk keluar atau memiliki banyak tekanan untuk mencari pekerjaan baru. Mereka mungkin tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk wawancara, dan Anda mungkin akan mendapatkan jawaban yang lebih otentik yang akan membantu Anda mengukur apakah mereka adalah karyawan yang baik atau tidak.

Cara Menemukan Kandidat Pasif

Mencari kandidat pasif lebih dari sekedar menemukan mereka, namun ini adalah tempat yang penting untuk memulai. Menemukan kandidat pasif berarti mencari di tempat yang tepat. Jadi, inilah 5 metode berbeda yang bisa Anda gunakan untuk mencari kandidat pasif terbaik untuk ditambahkan ke tim Anda

Lakukan riset dan cari kandidat

Sebelum Anda bisa menemukan pencari kerja pasif yang Anda incar, Anda harus tahu di mana menemukan mereka. Lakukan riset tentang target kandidat yang Anda butuhkan, lalu letakkan brand Anda di lingkungan di mana Anda kemungkinan besar akan menemukan mereka. Jika perusahaan Anda mencari pengembang web, misalnya, papan pekerjaan profesional dan subreddit teknologi khusus mungkin tempat yang baik untuk mulai mencari mereka. Jika perusahaan Anda membutuhkan tenaga penjualan dengan rekam jejak yang sudah terbukti, Anda mungkin harus mencari di tempat lain.

Kembangkan rencana rekrutmen dengan target perekrutan yang pasti

Kembangkan rencana rekrutmen dengan target perekrutan yang pasti adalah kunci dalam mencari dan merekrut kandidat pasif. Dengan memiliki strategi yang jelas dan terarah, perusahaan dapat meningkatkan peluang untuk menemukan kandidat pasif yang potensial dan sesuai dengan kebutuhan.

Tingkatkan profil brand Anda

pencari kerja pasif, menurut definisi, tidak secara aktif mencari pekerjaan baru. Ini berarti Anda harus menjangkau mereka, yang bisa jadi sulit dilakukan ketika kandidat yang Anda butuhkan tidak melamar atau membagikan resume. Sejauh ini, cara termudah dan paling hemat biaya untuk berhubungan dengan para pencari kerja pasif adalah dengan menempatkan merek Anda di depan mereka, seolah-olah mereka adalah pelanggan potensial. Semakin familiar dan positif brand Anda, semakin besar kemungkinan kandidat pasif untuk bekerja dengan Anda.

Sebarkan berita di media sosial

Media sosial adalah tempat dan alat yang tepat untuk memulai. Namun, dunia media sosial sangat luas dan ekspansif, dan tampaknya terus berkembang dari hari ke hari. Dengan begitu banyak platform, termasuk LinkedIn, Instagram, Facebook, Twitter, dan banyak lagi, Anda bisa menghabiskan waktu seharian mencari di sebuah platform untuk menemukan bahwa pilihan terbaik Anda adalah menggunakan platform media sosial yang berbeda. Mencari kandidat pasif berarti berusaha lebih keras untuk menemukan orang yang cocok. Jadi, tidak ada ruang untuk melewatkan kandidat terbaik untuk peran tersebut.

Twitter

Twitter adalah salah satu situs media sosial yang paling menjanjikan untuk merekrut pencari pasif. Ratusan juta orang secara aktif menggunakan platform ini setiap bulannya, yang memberikan kampanye Anda audiens yang sangat besar, dan demografi situs ini condong ke pasar profesional muda di mana Anda kemungkinan besar akan menemukan prospek yang bagus.

Twitter membatasi pengguna hingga 280 karakter per tweet, yang memaksa keringkasan dan mendorong disiplin pesan yang ketat. Karena ruang Anda terbatas untuk membuat presentasi, sebaiknya jaga agar daya tarik Anda bagi pencari kerja yang tertarik sesingkat dan sesederhana mungkin. Gunakan hashtag yang umum untuk menampilkan tweet Anda di depan sebanyak mungkin orang, terutama hashtag yang terkait dengan bidang pekerjaan perusahaan Anda atau jenis profil pengguna yang Anda harapkan.

Anda dapat mengirimkan satu atau dua tweet perekrutan melalui akun Twitter utama perusahaan setiap hari, tetapi untuk dorongan perekrutan jangka panjang, Anda harus mempertimbangkan untuk membuat akun yang khusus untuk perekrutan. Untuk menarik perhatian pada akun baru ini, cantumkan beberapa mention dan tautan ke akun tersebut di halaman merek utama.

Facebook

Facebook mengizinkan postingan yang lebih panjang daripada Twitter, yang memberikan Anda kesempatan emas untuk menampilkan apa yang perusahaan Anda tawarkan kepada karyawan baru. Cobalah untuk mendapatkan gambar yang bagus dan berkualitas tinggi dari ruang kerja dan anggota tim perusahaan Anda untuk foto galeri pada postingan rekrutmen. Jelaskan peluang yang Anda miliki, dan pikirkan untuk menyertakan beberapa informasi mengenai gaji dan tunjangan lainnya. Setiap beberapa postingan, Anda dapat mengunggah testimoni dari karyawan saat ini tentang bagaimana mereka menemukan perusahaan Anda dan seberapa baik perusahaan Anda bekerja untuk mereka. Jangan lupa untuk menutup postingan Anda dengan tautan ke akun media sosial Anda yang lain dan ajakan untuk bertindak, baik untuk mengikuti Anda di situs-situs tersebut untuk mengikuti berita perekrutan atau menghubungi Anda untuk wawancara.

LinkedIn

Meskipun kita telah membahas penggunaan media sosial untuk mencari kandidat pasif, LinkedIn membuka banyak peluang yang tidak dimiliki platform lain. Dan, jika digunakan dengan benar, ada beberapa metode yang bisa meningkatkan, mempercepat, dan mengurangi usaha yang diperlukan jika LinkedIn digunakan. 

Seperti halnya platform sosial dan pencarian online lainnya, manfaatkanlah kata kunci dengan baik. Pikirkan dengan cermat jenis konten yang Anda cari dan tentukan kata kunci yang digunakan dalam judul konten yang Anda cari. Sebagai contoh, jika Anda mencari penulis konten, mencari artikel tentang praktik SEO terbaik akan membantu Anda menemukan seseorang yang ahli dalam pengoptimalan mesin pencari. Anda kemudian akan menentukan kata kunci yang akan muncul dalam artikel ini dan mencarinya. 

Fungsi pencarian menggunakan prinsip ini untuk artikel dan profil, jadi pastikan Anda memilih kata kunci dengan hati-hati. Cari jabatan dan lokasi pekerjaan yang spesifik (jika hal ini penting bagi perusahaan Anda). 

Gunakan halaman LinkedIn perusahaan Anda untuk ‘menjual’ perusahaan Anda kepada pengunjung. Sempurnakan profil Anda dengan menggunakan suara dan nada perusahaan Anda, sampaikan etos dan manfaat bekerja di sana. Selain itu, mungkin ada baiknya menambahkan kemungkinan-kemungkinan yang ada untuk pertumbuhan di dalam perusahaan. Fakta, kutipan, atau statistik apa pun yang bisa Anda tambahkan untuk menunjukkan kredibilitas akan bermanfaat dalam profil Anda. 

Terakhir, pastikan untuk menggunakan hashtag #OpentoWork. Alat ini dibuat untuk tujuan koneksi, yang memungkinkan perekrut dan kandidat potensial untuk terhubung dan menemukan peluang baru. Perekrut dapat menggunakan alat pencarian di Perekrut di LinkedIn dan memilih opsi ‘Terbuka untuk Peluang Baru’ di bagian atas halaman. Anda juga dapat mencari menggunakan opsi ‘Terbuka untuk Pindah’, yang, tergantung pada perusahaan Anda, mungkin penting bagi Anda.

Referral programs

Referral programs karyawan berpotensi menjadi sumber utama karyawan baru yang sangat baik untuk perusahaan Anda. Dengan meminta karyawan Anda saat ini secara efektif untuk memberi tahu kerabat dan teman mereka yang memenuhi syarat tentang perusahaan Anda, Anda dapat memanfaatkan jaringan profesional yang jauh lebih besar dan, pada saat yang sama, lebih terfokus pada bidang tempat Anda bekerja. Referensi karyawan juga sering kali datang dengan persetujuan diam-diam dari karyawan Anda sendiri, yang mungkin memiliki gagasan tentang apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan mereka, apa yang dicari perusahaan dan siapa saja yang mereka kenal akan cocok.

Referral programs bisa sesederhana atau serumit yang Anda butuhkan. Pada tingkat yang paling sederhana, Anda bisa memberitahu karyawan Anda bahwa perusahaan sedang merekrut dan meminta mereka untuk menyebarkan kabar baik ini kepada siapa pun yang mereka kenal yang mungkin tertarik. Jika Anda memiliki anggaran untuk itu, Anda juga dapat menawarkan bonus untuk setiap referensi yang berhasil melewati pelatihan atau mencapai beberapa pencapaian, seperti enam bulan bekerja atau jumlah penjualan tertentu.

Gunakan Jasa Headhunter

Terakhir, Anda bisa mencari kandidat pasif dengan menggunakan jasa headhunter. un terbuka terhadap peluang baru. Headhunter ahli dalam membangun networking dan memahami pasar kerja saat ini, yang membuat mereka sangat efektif dalam merekrut kandidat. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa headhunter yaitu MyRobin, jasa headhunter MyRobin dapat membantu anda untuk menemukan dan berinteraksi dengan talenta berkualitas tinggi yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya.

Cara Merekrut Kandidat Pasif

Sebagai perekrut, Anda hanya memiliki beberapa detik untuk memberikan kesan kepada seseorang yang tidak ingin berbicara dengan Anda. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki deskripsi pekerjaan lengkap, paket remunerasi, tunjangan, dan detail perusahaan dan merek perusahaan di ujung jari Anda. Pada akhirnya, Anda mencoba melakukan penjualan dengan presentasi ini, jadi Anda harus siap dan tahu cara merekrut kandidat pasif. 

Pertanyaan pertama yang ditanyakan oleh kebanyakan orang adalah seputar gaji dan tingkat tanggung jawab. Jawaban-jawaban ini akan menentukan apakah Anda akan dipanggil untuk wawancara atau tidak. Sangat sedikit kandidat yang mau menerima penurunan gaji atau mundur beberapa langkah dalam jenjang karier, terutama jika mereka bukan kandidat yang aktif.

Jika kandidat berpenghasilan lebih tinggi atau berada di level yang lebih tinggi, tanyakan apakah Anda bisa terhubung dengan mereka di media sosial agar tetap terhubung. Kebanyakan orang sangat terbuka dengan hal ini. Mereka telah melakukan kontak dengan Anda, dan mereka akan mengenali Anda jika Anda terhubung lagi. Anda baru saja menambahkan kandidat yang berharga ke dalam kumpulan talenta Anda.

Jika kandidat penasaran dengan kesempatan ini, Anda harus menjaga ketertarikan mereka. Proses lamaran harus disederhanakan dan dibuat semudah mungkin. Pertama, kirimkan deskripsi pekerjaan, paket remunerasi, tunjangan, dan prospek karir dengan segera (pastikan email Anda juga menampilkan merek perusahaan Anda). Jangan sampai ada penundaan yang lama dalam mengirimkannya. Anda harus memastikan bahwa email tersebut diterima saat itu juga atau segera setelah panggilan telepon. Jangan biarkan momentum hilang. 

Saat mereka masih menelepon, sarankan pertemuan setelah mereka memiliki kesempatan untuk membaca detailnya. Jika pertemuan tidak memungkinkan, sarankan untuk melakukan obrolan video. Jangan memaksa, tetapi cobalah untuk membuat janji temu sebelum Anda mengakhiri panggilan. Menyarankan waktu dan tanggal akan lebih meyakinkan jawaban “ya” daripada sekadar menanyakan apakah panggilan video memungkinkan.

Baca Juga: Aturan Pemberian Kompensasi Karyawan Berdasarkan UU Cipta Kerja dan Ketenagakerjaan

Cara Melibatkan Kandidat Pasif

Setelah Anda pertama kali melakukan kontak dengan kandidat pasif, apakah mereka menghubungi Anda atau Anda mengirim email kepada mereka dengan tawaran rekrutmen, Anda harus menjaga mereka tetap terlibat dalam keseluruhan proses. Tetaplah berkomunikasi secara teratur, baik melalui email atau telepon, dan dorong mereka untuk melakukan hal yang sama. Cobalah untuk memberikan kandidat pasif peta jalan sejelas mungkin tentang proses rekrutmen Anda untuk memastikan mereka tidak berkecil hati atau terganggu dengan waktu dan keterlibatan yang diminta.

Kapan kandidat pasif menjadi pilihan terbaik?

Kandidat pasif adalah yang terbaik untuk posisi-posisi yang membutuhkan keahlian tinggi, posisi-posisi kritis di mana keputusan perekrutan yang buruk bisa berakibat buruk, dan posisi-posisi eksekutif. Mengingat 70% kandidat adalah kandidat pasif, Anda tidak bisa mengabaikan sumber talenta yang begitu besar jika Anda berjuang untuk mengisi lowongan penting. Tentukan di awal apakah pencarian Anda akan mengambil rute pencarian aktif atau pasif. 

Jangan pernah mencari dan terhubung dengan kandidat potensial yang tidak sedang mencari pekerjaan, namun beriklanlah dengan kandidat yang aktif. Dari sudut pandang kandidat pasif, mereka akan melihat usaha Anda sebagai usaha yang sengaja membuang-buang waktu mereka, dan ini bisa membuat merek perusahaan Anda rusak.

Jika Anda memiliki lowongan yang sulit diisi yang telah melalui serangkaian proses wawancara dengan kandidat aktif dan Anda memutuskan untuk mencari kandidat pasif, Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Semua kandidat aktif yang sudah diwawancarai dan dipertimbangkan harus disingkirkan dan disesali. Pastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dihapus dari situs karir Anda dan semua papan lowongan kerja. Pastikan juga bahwa pekerjaan tersebut tidak lagi diiklankan di media sosial.

Kemudian Anda bisa mulai mendekati kandidat-kandidat potensial yang berkualitas. Ingat, orang-orang ini tidak sedang mencari pekerjaan lain; Anda telah memikat mereka dengan sebuah kesempatan untuk meningkatkan karir mereka. Anda berhutang pada mereka proses wawancara yang adil dan transparan, bebas dari kekacauan kandidat aktif yang berpotensi cukup baik namun tidak membuat penawaran karena alasan apa pun.

Mengirimkan Email kepada Kandidat Pasif

Kita hidup di zaman yang penuh dengan informasi. Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda menerima ratusan email setiap hari, yang sebagian besar berisi detail yang tidak perlu atau spam. Oleh karena itu, jika Anda akan mengirim email atau pesan kepada kandidat pasif, Anda harus segera meyakinkan dan menarik, atau pesan Anda akan segera masuk ke tempat sampah.

Sebuah email kepada kandidat pasif harus mencakup, setidaknya, elemen-elemen berikut ini:

Nada yang optimis dan positif

Anda perlu menunjukkan bahwa Anda bersemangat tentang perusahaan Anda dan bahwa perusahaan Anda bersemangat untuk merekrut karyawan yang tepat. Orang ingin bekerja dengan orang lain yang memiliki nilai-nilai yang sama dan berusaha keras untuk menghasilkan produk atau layanan yang hebat. Nada email Anda tidak boleh terasa seperti presentasi membosankan yang harus dihadapi oleh kandidat. Sebaliknya, mereka harus disegarkan oleh email Anda.

Menarik bagi kandidat yang spesifik

Hal ini terkadang sulit dilakukan, tergantung pada kandidat yang bersangkutan. Tapi Anda harus melakukan sedikit penggalian dan mencari tahu informasi tentang kandidat pasif Anda. Dengan menyisir akun media sosial dan keberadaan online mereka, Anda bisa menemukan beberapa hal yang menarik bagi kandidat di luar pekerjaan dan topik-topik yang berhubungan dengan industri. Ini akan memberikan rasa ketulusan dan akan mendorong orang tersebut untuk, setidaknya, menindaklanjuti dengan Anda mengenai pekerjaan tersebut.

Singkat dan langsung pada intinya

Sekali lagi, dengan ratusan email yang masuk setiap harinya, tidak ada kandidat yang ingin membaca manifesto yang panjang dan berliku-liku mengenai sebuah perusahaan. Mereka ingin mendengar fakta dan statistik yang menarik bagi mereka dan mengapa mereka harus mempertimbangkan untuk meninggalkan perusahaan mereka saat ini. Kita hanya punya sedikit waktu untuk menghabiskan waktu untuk hal-hal ini dalam sehari, pastikan email Anda sepadan dengan komitmen waktu mereka.

Penjelasan mengapa mereka harus bekerja untuk Anda

Meninggalkan satu pekerjaan untuk pekerjaan lain tidak hanya sulit dilakukan secara logistik, namun juga berisiko bagi kandidat. Jika orang ini meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja saat ini untuk bekerja untuk Anda, mereka telah mempertimbangkan risikonya dan percaya bahwa bekerja di perusahaan Anda akan lebih baik untuk mereka dalam jangka panjang. Jika akhirnya tidak cocok, karena satu dan lain hal, karyawan tersebut mungkin akan kesulitan mencari pekerjaan lain atau mungkin dicap sebagai orang yang berpindah-pindah perusahaan tanpa menunjukkan loyalitas. Hindari situasi ini dengan cara apa pun dengan segera meletakkan kartu Anda di atas meja melalui email awal yang ditulis dengan baik.

Secara kritis, Anda harus ingat bahwa kelompok pekerja saat ini jauh berbeda dari generasi sebelumnya. Beberapa tahun yang lalu, perusahaan dapat mengorbankan tunjangan dan nilai tertentu jika mereka menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk karyawan. 

Hal ini tidak lagi terjadi. Kandidat pekerja saat ini sangat sadar akan isu-isu sosial, lingkungan, dan isu-isu lain yang berkaitan dengan pekerjaan. Beberapa karyawan bahkan akan menolak pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi demi pekerjaan yang lebih sesuai dengan nilai-nilai mereka. Gaji dan tunjangan tentu saja merupakan pertimbangan penting dan tidak boleh diabaikan. Namun, penting untuk diingat bahwa para kandidat lebih menekankan pada isu-isu lain dibandingkan di masa lalu.

Apakah Kandidat Pasif Sepadan dengan Usahanya?

Setelah membaca semua yang ada di artikel ini, Anda mungkin bertanya-tanya apakah “hasil yang didapat sepadan dengan usaha yang dilakukan”. Singkatnya, merekrut kandidat pasif adalah tugas yang sulit, tetapi bisa memberikan hasil jangka panjang yang fenomenal jika berhasil diimplementasikan.

Jadi, pada akhirnya, terserah Anda apakah Anda lebih mengandalkan kandidat pasif atau aktif. Kandidat aktif tidak diragukan lagi lebih mudah untuk direkrut dan pengaturan wawancara dapat dilakukan lebih sesuai dengan ketentuan perusahaan. Karyawan potensial ini mungkin sangat cocok untuk posisi yang tersedia dan merekrut kandidat aktif dapat memberikan hasil jangka panjang yang membahagiakan bagi semua orang yang terlibat.

Namun, kandidat pasif juga ada di luar sana, dan mereka hanya menunggu kesempatan yang tepat untuk berpindah perusahaan atau posisi untuk sesuatu yang akan membawa nilai lebih bagi karier dan kehidupan mereka. Para pekerja ini sangat terampil dan dapat membawa banyak nilai bagi perusahaan Anda. Dibutuhkan taktik yang tepat untuk merekrut orang-orang ini, namun Anda bisa memenangkan hati mereka dengan pendekatan yang tepat dan kesediaan untuk memberikan usaha dan waktu ekstra untuk usaha ini.

Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir dan HRD? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID