Contoh Template Job Deskripsi Data Scientist

contoh template job deskripsi data scientist

Silahkan untuk mengubah template Job Deskripsi Data Scientist yang telah kami sediakan di bawah ini sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan rekrutmen anda. Anda dapat menggunakan Job Deskripsi berikut untuk menemukan kandidat yang anda cari

Apa itu Data Scientist?

Data Scientist merupakan orang yang bertanggung jawab dibalik pengolahan data dalam jumlah besar. Ia menganalisis data tersebut untuk mendapatkan insight yang kemudian digunakan untuk pengembangan bisnis.

Template Job Deskripsi Data Scientist

Kami mencari seorang Data Scientist untuk menganalisis data mentah dalam jumlah besar demi menemukan insight dan pola yang dapat membantu mengembangkan bisnis kami. Kami akan mengandalkan anda dalam membangun data product yang dapat digunakan untuk mengekstrak insight bisnis yang berharga.

Untuk posisi ini, kami mencari seseorang dengan kemampuan analisis, matematika, dan juga statistika yang baik. Critical thinking dan problem solving menjadi kemampuan yang sangat penting di posisi ini karena anda akan menginterpretasikan data yang berjumlah besar. Kami juga menginginkan orang yang memiliki passion terhadap penelitian dan machine-learning.

Anda akan bertugas untuk membantu perusahaan menganalisa tren untuk mengambil keputusan yang lebih baik.

Tanggung Jawab Data Scientist

Tanggung jawab Data Scientist mencakup:

  • Mengotomatisasi proses pengumpulan data dan mengindentifikasi sumber data yang berharga
  • Melakukan pengumpulan, pre-processing, dan analisis data
  • Mencari tahu permasalahan suatu bisnis analisis lewat data
  • Mempresentasikan informasi menggunakan teknik visualisasi data
  • menganalisa data berskala besar demi menemukan pola dan tren berdasarkan data tersebut
  • Membangun model prediktif dan algoritma machine-learning
  • Mengkombinasikan model melalui ensemble modeling
  • Mengajukan solusi untuk tantangan bisnis yang sedang dihadapi
  • Berkolaborasi dengan tim engineering dan tim pengembangan produk

Syarat dan Kualifikasi Data Scientist

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Data Scientist atau Data Analyst
  • Berpengalaman dalam penambangan data (Data Mining)
  • Memiliki pengetahuan terhadap R, SQL, Phyton
  • Familiar terhadap Scala, Java, C++ menjadi nilai plus
  • Berpengalaman dalam mengoperasikan business intelligence tools, seperti Tableau dan semacamnya
  • Berpengalaman dalam menggunakan Data Frameworks, seperti Hadoop dan sebagainya
  • Memiliki pikiran analitis dan ketajaman bisnis
  • Memiliki kemampuan matematis yang baik (Aljabar, Statistika, dll)
  • Memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah
  • Memiliki kemampuan presentasi dan komunikasi yang baik
  • D3/S1 dari program Ilmu Komputer, Teknik, atau jurusan lain yang relevan

Gaji Seorang Data Scientist

Kami juga menyediakan referensi gaji untuk Data Scientist jika anda membutuhkannya. Berdasarkan Indeed, rata-rata gaji seorang Data Scientist di Indonesia adalah 19,307,617 Rupiah. Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, rata-rata gaji Data Scientist sebesar 16,745,683 Rupiah

Perbedaan Data Scientist dengan Data Analyst

Seorang Data Scientist dengan Data Analyst tentunya memiliki perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Seorang Data Analyst lebih berperan dalam memecahkan masalah dan menggali insight menggunakan data yang telah disediakan, sedangkan Data Scientist memiliki job desk yang lebih rumit karena mereka harus memanipulasi dan menganalisa pencarian data, sehingga Data Scientist sangat erat dengan bahasa pemrograman seperti Phyton, Java, dan juga machine-learning.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan oleh Data Scientist?

Data Scientist menggunakan coding dan teknik komputer lainnya untuk melakukan otomatisasi pengumpulan dan penyimpanan data. Mereka umumnya bekerja sama dengan departemen lain di dalam perusahaan, dan membuat sistem untuk mengotomatisasi penyimpanan informasi yang di dapatkan ke dalam database. Data Scientist membantu perusahaan dengan menemukan insights yang dapat membantu mengembangkan perusahaan.

Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Data Scientist?

Dengan kemampuan pemrograman yang ia miliki, seorang Data Scientist bertanggung jawab untuk mengembangkan otomatisasi sistem yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan.

Mereka bertugas untuk mengumpulkan data mentah dari berbagai sumber untuk kemudian dibuat format yang pantas, untuk kemudian dianalisis.

Melalui kerja sama dengan departemen lain mereka akan menentukan kemana data harus dikirimkan, dan informasi apa saja yang dibutuhkan dengan memenuhi peraturan yang perundang-undangan yang berlaku.

Seperti apa seorang Data Scientist yang baik?

Seorang Data Scientist yang baik mampu menjadi jembatan antara bisnis dan data. Untuk dapat menerjemahkan dan mengkomunikasikan data yang kompleks menjadi dapat dimengerti oleh semua orang, mereka dituntut untuk memiliki kemampuan teknikal yang mendalam. Selain itu seorang Data Scientist yang baik juga harus memiliki kemampuan menulis, analisis, dan memecahkan masalah.

Dengan siapa seorang Data Scientist bekerja bersama?

Mereka biasanya bekerja bersama sekelompok Data Scientist lain dalam perusahaan untuk menganalisa data dan melaporkannya kepada Data Scientist Lead, ataupun Stakeholder yang terkait.

Apa Perbedaan Data Scientist dengan Data Analyst?

Ada banyak kesamaan dari Data Scientist dan Data Analyst, namun cara termudah untuk melihat perbedaan diantara dua posisi ini adalah dengan membandingkan tools yang digunakan. Seorang Data Scientist menggunakan tools seperti bahasa pemrograman Phyton, Java, Matlab, dan lain sebagainya yang umumnya digunakan untuk memanipulasi pengumpulan data. Sedangkan Data Analyst lebih berfokus untuk mengelola data yang telah tersedia menggunakan Excel, Business Intelligence, dan lain sebagainya.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian