Mengenal Apa Itu Steward: Tugas, Tanggung Jawab dan Kisaran Gajinya

Apa itu Steward dan apa saja tugasnya

Pekerjaan di area dapur tidak hanya ditujukan untuk Anda yang bermimpi menjadi seorang koki atau chef. Rupanya pekerjaan di area ini cukup beragam sehingga bisa dijadikan tujuan untuk siapa saja yang tertarik dunia dapur dan kuliner.

Salah satunya adalah dengan menjadi seorang steward atau stewardess yang memiliki peran kompleks dan vital di dunia koki.

Apa Itu Steward?

Seorang steward memiliki tugas utama untuk menjaga kebersihan di dapur sekaligus mendistribusikan menu makanan yang sudah diolah para koki ke meja santap tamu hotel. Tugas ini cukup kompleks, dan dibutuhkan seseorang yang memang memiliki dedikasi tinggi  bekerja di perhotelan. Tak sekedar menjadi seorang tukang cuci, steward memiliki tugas penting lainnya.

Berikut merupakan detail informasi mengenai tugas dan juga persyaratan untuk bisa menjadi steward:

Job Descriptions

  • Mengoperasikan tempat cuci di dapur hotel, termasuk membersihkan tempat cuci serta perlengkapan yang perlu dicuci di dalamnya.
  • Mencuci sampai  bersih semua peralatan masak dan peralatan makan di dapur hotel.
  • Menangani peralatan makan dengan baik dan benar serta hati-hati agar tidak mudah rusak sekaligus terawat dengan baik.
  • Mengatur persediaan detergen untuk mencuci piring dan peralatan dapur sekaligus membersihkan persediaan yang masih ada.
  • Mendistribusikan atau mengantar menu makanan dari dapur menuju ke meja perjamuan tamu hotel.
  • Membantu mencuci sayur dan mengupas sayuran yang akan diolah oleh para koki di dapur hotel.
  • Mengantarkan dan mengatur persediaan bahan makanan di dapur hotel untuk mendukung kinerja para koki.

Job Requirements

  • Pendidikan minimal SMK Jurusan Perhotelan ataupun SMA dengan pengalaman di bidang F&B.
  • Tidak harus memiliki pengalaman kerja sebagai steward sebelumnya.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun lebih disukai, baik sebagai steward hotel maupun pelayan di restoran/cafe/kapal/dan sejenisnya. 
  • Usia maksimal 26 tahun.
  • Memiliki kemampuan interpersonal, team work, dan juga serviced oriented akan lebih diperhitungkan.
  • Bersedia ditempatkan di cabang maupun kantor pusat.

Perbedaan Steward dan Waiters

Setelah mengetahui apa itu steward dan apa saja tugas-tudasnya masih ada yang agak bingung membedakan steward dengan waiter. Berikut ini beberapa perbedaan antara steward dan water:

Tugas dan tanggung jawab

Seorang steward bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan makanan dan pelayanan pelanggan. Selebihnya mereka menyapa pelanggan, membuat jadwal reservasi, menjaga kualitas pelayanan, serta membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Sedangkan seorang waiter bertugas menerima pesanan, mengantarkan hidangan ke pelanggan, mengatur dan mempersiapkan meja makan, menyiapkan peralatan makan, membersihkannya setelah pelanggan selesai menikmati makanan mereka.

Posisi dan Jabatan

Seorang steward memiliki kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan waiter. Bahkan dalam beberapa jobdesk steward dapat meminta bantuan waiter untuk melakukan tugas tertentu. Seperti membersihkan meja tertentu yang habis digunakan tamu sebelumnya yang nantinya akan digunakan oleh tamu selanjutnya yang sudah melakukan reservasi. Namun, di lingkup bisnis yang lebih kecil kemungkinan peran steward dan waiter dilakukan oleh beberapa orang sekaligus.

Kisaran Gaji Steward

Seorang profesional steward di Indonesia mendapatkan gaji berkisar 2.000.000 hingga 4.000.000. Tingkat pendapatan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat pengalaman, masa bekerja dan UMR setempat. 

Demikian pembahasan terkait steward mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawabnya, perbedaannya dengan waiter, hingga besaran gaji yang diterima. Berdasarkan penjelasan di atas bagaimana menurut anda? apakah tertarik mulai berkarir menjadi steward?

Jika anda ingin mencari lowongan kerja terkait pekerjaan kerah biru anda bisa mulai daftar di app.myrobin.id dan temukan berbagai lowongan terpercaya dari seluruh Indonesia.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian