4 Pertanyaan Unik untuk Wawancara Kerja yang Dapat Digunakan

Pertanyaan Unik untuk Wawancara Kerja

Pertanyaan Unik untuk Wawancara Kerja – Wawancara merupakan suatu tugas yang lumayan sulit. Bahkan, para manajer perekrutan atau HRD tidak melakukan tugas ini terlalu sering, sehingga mereka tidak memiliki keahlian khusus terkait hal ini. Namun, memberikan pertanyaan yang unik akan membantu Anda dalam mengevaluasi para kandidat dan menemukan seseorang yang memiliki pengetahuan, keterampilan, serta kemampuan tepat.

Pertanyaan Unik untuk Wawancara Kerja
Pertanyaan untuk Wawancara Kerja

Nah, disini kami akan mengulas informasi seputar:

  • Mengapa harus memberikan pertanyaan yang unik saat proses wawancara?
  • Contoh pertanyaan unik dalam wawancara kerja
  • Bagaimana cara Memasukkan pertanyaan unik saat wawancara?

Mengapa Harus Memberikan Pertanyaan yang Unik Saat Proses Wawancara?

Biasanya, ketika seseorang sudah berada di tahap wawancara, Anda dapat mengetahui bahwa setidaknya dalam surat lamaran atau resume, mereka sudah sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Namun, terkadang hal itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

Misalnya, saat seseorang menuliskan, “Mengembangkan sistem baru untuk X”, hal yang terjadi di lapangan bisa saja bahwa dirinya berada di ruangan sama dengan orang-orang yang mengembangkan sistem baru untuk X. Nah, hal inilah yang akan Anda temukan dalam suatu wawancara.

Apabila Anda tetap menggunakan template yang sama untuk seluruh posisi, Anda sama sekali tidak akan menemukan jawaban yang dibutuhkan. Dalam hal ini, bukan berarti Anda tidak boleh memberikan pertanyaan yang sama, tetapi Anda harus menyesuaikannya dengan para kandidat. Sehingga, bentuk pertanyaan yang diberikan akan terkesan unik untuk masing-masing kandidat.

Hal ini mungkin akan menambah pekerjaan bagi para manajer perekrutan. Sebab, Anda mesti memperhatikan resume dan surat lamaran lebih teliti. Namun, hal itu akan terbayar setelah Anda mendapatkan kandidat yang cocok dengan pekerjaan tersebut.

Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan saat merekrut para kandidat yang memiliki kualitas tinggi, yaitu mendapatkan produktivitas dengan baik, keterlibatan lebih tinggi, dan pergantian menjadi lebih rendah.

Contoh Pertanyaan Unik untuk Wawancara Kerja

1. Ceritakan ketika Anda mendapatkan ide untuk membuat X

Ketika seseorang mencantumkan prestasi di resume-nya, maka pertanyaan ini cukup menarik untuk Anda ajukan. Disini, Anda akan mengetahui apakah mereka memang orang yang memiliki ‘ide’ atau hanya seseorang yang menerapkan ide dari orang lain. (Sebenarnya, tidak buruk menjadi seseorang yang menerapkan ide orang lain. Sebab, ini hanya sebuah keahlian yang berbeda).

Seseorang yang pernah mengembangkan ide miliknya akan memiliki momen yang bisa digambarkan dengan tepat. Misalnya, “Saya berada di dalam mobil menuju jalan pulang sambil mendengarkan podcast. Saat orang itu berkata ‘plastik’, saya langsung, ‘woah, plastik’. Seakan itulah yang mesti saya lakukan.”

Apabila Anda bertanya kepada seorang kandidat terkait pencapaian yang ada di resume mereka, Anda akan mengetahui tingkat keterlibatan mereka dalam proses pencapaian tersebut. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui pola pikir yang mereka miliki.

Oleh karena itu, pertanyaan ini cukup bagus dan unik untuk Anda gunakan saat mewawancarai seseorang yang akan masuk di bidang kepemimpinan atau kreativitas.

2. Ceritakan terkait beberapa masalah sulit yang Anda kerjakan, lalu bagaimana Anda mengatasi hal tersebut?

Pertanyaan ini adaptasi dari pertanyaan yang dimiliki oleh Elon Musk. Sehingga, Anda bisa saja berpendapat bahwa pertanyaan ini tidak unik dan menarik. Lalu, apa yang membuat pertanyaan ini menjadi unik saat digunakan dalam wawancara? Jawabannya karena Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan secara langsung yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Apabila Anda bertanya terkait kekurangan yang paling menonjol kepada para kandidat. Maka, jawaban yang didapatkan tidak akan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Namun, jika Anda menggunakan pertanyaan yang disarankan, maka sudah pasti Anda akan mendapatkan jawaban yang sesuai.

3. Apa yang membuat Anda terjun ke bidang pekerjaan ini?

Pertanyaan unik dalam wawancara kerja ini akan membantu Anda untuk menemukan seseorang yang cocok dengan kebijakan perusahaan. Anda hanya perlu mengetahui apa yang dicari dalam jawabannya.

Apakah para kandidat akan memberikan jawaban yang semangat terkait bidang pekerjaan mereka atau tidak. Hal ini akan memberikan informasi terkait latar belakang kandidat yang ingin Anda ketahui. Lalu, Anda juga akan mendapatkan informasi terkait kemana mereka akan pergi di masa depan nanti.

Jadi, Anda akan mengetahui apakah pekerjaan ini hanyalah batu loncatan untuk para kandidat atau suatu pekerjaan yang benar-benar mereka inginkan.

Anda tidak perlu bertanya terkait apa yang akan mereka lakukan saat berada di lima tahun mendatang. Sebab, pertanyaan ini hanya akan memberikan jawaban yang tidak pasti saja. Oleh sebab itu, pertanyaan di atas sudah pasti pilihan terbaik dan dapat Anda gunakan untuk mengetahui tujuan jangka panjang para kandidat.

4. Berikut ini adalah masalah yang sedang kami kerjakan. Apakah Anda bisa memberikan saya ide selama lima menit tentang dimana dan bagaimana Anda akan mengatasinya?

Pertanyaan menarik ini akan membuat kandidat berpikir terhadap masalah dalam pekerjaan, bukan kepada prinsip-prinsip umum seputar posisi di bidang tersebut. Namun, perlu diingat, Anda tidak boleh membuat hal ini menjadi sesi presentasi selama tiga jam, serta bukan suatu cara untuk mendapatkan konsultasi gratis dari para kandidat. Tetapi, jawaban yang Anda terima harus berdurasi maksimal lima menit saja.

Disini, Anda bisa mempelajari terkait latar belakang, pendekatan pemecahan masalah, serta kemampuan para kandidat dalam memahami situasi yang akan mereka hadapi di dalam pekerjaan.

Bagaimana cara Memasukkan Pertanyaan Unik saat Wawancara Kerja?

Yang dimaksud dengan pertanyaan unik dalam wawancara ini adalah suatu cara untuk menargetkan para kandidat secara khusus terhadap pekerjaan dan perusahaan itu sendiri. Ketika Anda melakukan wawancara, semua kandidat yang hadir sudah ditentukan bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan tersebut.

Nah, melalui pertanyaan-pertanyaan di atas, Anda dapat mengetahui informasi lebih banyak terkait masing-masing kandidat dan mengetahui apakah mereka akan cocok berada dalam tim dan departemen yang Anda miliki.

Saat ini, mungkin Anda juga mengetahui bahwa ada banyak pertanyaan-pertanyaan yang tidak bermutu dan sering diajukan dalam wawancara. Hal ini justru membuat para kandidat berpikir, “Sebenarnya, apa yang ingin didengar oleh manajer perekrutan?” daripada pikiran, “Inilah yang saya tawarkan.”

Hebatnya, semua pertanyaan-pertanyaan di atas secara langsung akan memberikan pengalaman menarik kepada para kandidat. Bahkan, Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik terkait masing-masing kandidat dengan jenis pertanyaan unik tersebut.

Anda bisa menggunakan semua pertanyaan unik dan menarik di atas saat melakukan rekrutmen karyawan. Jika bergantung kepada posisi pekerjaan, Anda mungkin ingin bertanya terkait pertanyaan secara teknis, situasi hipotesis, serta perkembangan karir mereka. Namun, jika bergantung kepada semua orang, maka Anda pasti ingin mengetahui seberapa baiknya mereka dalam melakukan pekerjaan.

Jadi, dipastikan bahwa empat pertanyaan unik untuk wawancara kerja di atas akan sangat membantu Anda.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian