Cara Posting Lowongan Pekerjaan di Google For Jobs

Cara Posting Lowongan Pekerjaan di Google For Jobs

Cara Posting Lowongan Pekerjaan di Google For Jobs – Google for Jobs merupakan salah satu fitur dalam bidang perekrutan. Alat pencarian pekerjaan ini dapat membantu Anda dalam meningkatkan eksposur daftar pekerjaan. Dengan begitu, kandidat posisi pekerjaan tertentu akan lebih mudah ditemukan.

Cara Posting Lowongan Pekerjaan di Google For Jobs
Cara Posting Lowongan Pekerjaan di Google For Jobs

Berikut ini cara bagaimana jenis pekerjaan yang Anda iklankan dapat muncul pada Google for Jobs.

Apa Itu Google For Jobs?

Google for Jobs merupakan fitur dari Google untuk memudahkan pada kandidat lebih mudah menemukan posisi pekerjaan yang sesuai. Selain itu, dapat juga diartikan bahwa Google For Jobs merupakan fitur pencarian yang sudah disempurnakan dengan menggabungkan data dari beberapa situs lowongan pekerjaan lalu ditampilkan secara lebih jelas dalam bentuk hasil pencarian.

Saat ini, Google for Jobs sudah begitu populer di AS maupun Inggris. Selanjutnya, Google akan memperluas jangkauannya untuk fitur menarik ini.

Bisakah Langsung Posting Iklan Lowongan Kerja Di Google?

Tidak bisa, Google for Jobs harus lebih dulu melakukan pengumpulan, pengaturan, dan akan menampilkan daftar pekerjaan dari berbagai sumber info iklan loker tanpa perlu tindakan tambahan dari Anda. Artinya, setiap orang dapat mencari informasi tentang lowongan pekerjaan yang relevan dan cepat. Baca juga artikel tentang cara posting lowongan kerja di linkedin dan Cara Memasang Iklan Lowongan Kerja Di Indeed.

Begitu juga perusahaan yang sedang mencari karyawan pun dapat memperluas jangkauan audience. Sehingga lebih mudah mencari kandidat yang paling tepat. Begini cara kerja dari Google for Jobs:

Cara Menggunakan Google For Jobs

Sekarang ketika Anda ingin mencari lowongan pekerjaan via Google for Job, begitu mengetik keyword tentang suatu jenis pekerjaan, maka akan langsung muncul kolom khusus yang letaknya ada di bagian atas hasil pencarian.

Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan dengan menggunakan beberapa filter. Seperti diantaranya adalah berdasarkan kategori, kota, tanggal posting, hingga jenis perusahaan. Jika Anda merasa menjadi kandidat potensial, bisa langsung akses deskripsi pekerjaan yang ditampilkan.

Bahkan dapat langsung melamar pekerjaan tersebut langsung dari fitur Google for Jobs. Anda pun juga bisa berbagi tautan informasi tersebut pada pengguna lain, atau mencari tahu lebih dalam tentang perusahaan pencari kandidat melalui hasil pencarian.

Fitur semacam ini menghadirkan kemudahan dalam proses rekrutmen baik untuk pencari maupun pemberi kerja. Beberapa alasan yang mendasari diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menampilkan daftar pekerjaan yang sesuai dengan hasil penelusuran Google. Hasilnya nanti juga akan dilengkapi dengan logo, ulasan, peringkat, dan detail perusahaan.
  • Layanan ini dilengkapi filter, sehingga memudahkan para pencari kerja menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan kriterianya.
  • Google for Jobs memudahkan perusahaan menemukan kandidat yang cocok dengan posisi yang diinginkan.

Cara Mendapatkan Lowongan Pekerjaan Di Google For Jobs

Faktanya, Anda tidak boleh langsung posting lowongan pekerjaan di Google For Jobs begitu saja. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dipilih untuk melakukannya, seperti diantaranya adalah:

Menggunakan Situs Pencari Kerja Pihak Ketiga

Google for Jobs ini bukan merupakan papan iklan lowongan pekerjaan. Namun hanya alat pencarian yang disempurnakan. Sehingga, sebetulnya tidak ada cara khusus untuk bisa benar-benar memposting iklan lowongan pekerjaan di sana. Hanya akan membantu menampilkan postingan iklan lowongan iklan pekerjaan saja.

Jadi mudahnya adalah, ketika Anda sudah memposting iklan lowongan pekerjaan pada sebuah situs website, artinya proses telah berhasil dilakukan. Postingan Anda tadi bisa diartikan telah memenuhi syarat untuk ditampilkan pada Google for Jobs. Misalnya Anda mau posting melalui situs LinkedIN.

Situs iklan lowongan kerja LinkedIN tersebut sudah terintegrasi dengan Google for Jobs. Artinya, semua postingan yang Anda lakukan di sana akan otomatis ditampilkan pada Google for Jobs.

Gunakan Situs Iklan Lowongan Pekerjaan Yang Sudah Terintegrasi Dengan Google For Jobs

Ada beberapa situs pencari kerja, website iklan lowongan kerja, hingga situs recruitment yang terbukti telah terintegrasi dengan Google For Jobs. Semua postingan informasi lowongan pekerjaan baru pada situs-situs tersebut berhasil memenuhi syarat untuk ditampilkan pada Google For Jobs. Sebagai informasi saja, daftar situs di bawah ini bisa berubah sewaktu-waktu dalam artian memungkinan untuk bertambah

  • Facebook
  • LinkedIn
  • Glassdoor
  • ZipRecruiter
  • Snagajob
  • Monster
  • Jibe
  • DirectEmployers
  • America’s Job Exchange
  • Madgex
  • WayUp
  • myCNAjobs
  • Higher Education Recruitment Consortium
  • Jora
  • Jobing.com
  • Local Job Network
  • Care.com
  • Jobs.net
  • Recruiting.com

Di Indonesia ada job portal seperti jobstreet, glints, dan tentunya MyRobin

Integrasikan Langsung Dengan Google

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk membuat daftar iklan lowongan pekerjaan Anda bisa muncul di Google for jobs, yaitu dengan mengintegrasikannya langsung pada Google. Apabila Anda punya semacam situs website tempat iklan lowongan  dipublikasikan, Anda bisa edit HTML pada postingannya dulu.

Dengan begitu akan bisa membantu Google untuk mengindeks postingan Anda tadi. Kalau pakai cara ini, mungkin Anda tetap butuh bantuan tim pengembang website Anda. Apabila ingin mencobanya sendiri, dapat melihat dulu panduannya yang sudah disediakan oleh Google.

Anda pun bisa mengikuti instruksi untuk mengintegrasikan Google di bawah ini:

  1. Pastikan halaman website Anda benar-benar bisa diindeks oleh Google
  2. Sertakan data terstruktur pada postingan iklan lowongan pekerjaan
  3. Perbarui menggunakan peta situs untuk memberitahu Google tentang perubahan pada postingan.
  4. Gunakan Google Search Console untuk melihat analitik termasuk klik dan tayangan.

Sebagai aturan yang paling dasar adalah Anda harus mengoptimalkan deskripsi pekerjaan untuk mesin pencari. Dengan begitu, peluang akan muncul pada halaman pertama akan makin tinggi. Berikut ini adalah beberapa teknik SEO yang memungkinkan postingan iklan lowongan kerja Anda masuk peringkat Google:

  • Gunakan kata kunci dan frasa yang relevan dengan deskripsi pekerjaan dan jabatan.
  • Hindari penulisan jargon, dan tulis judul pekerjaan yang jelas yang kemungkinan akan dicari  kandidat
  • Tambah dengan visual menarik misalnya dengan foto maupun video yang relevan.
  • Tulis iklan pekerjaan singkat yang menyertakan daftar berpoin.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian