New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Rekrutmen Kampus: Pengertian, Manfaat, Proses, Dan Strateginya

Rekrutmen Kampus

Sebagai seorang HR yang berpengaruh dalam proses rekrutmen untuk menemukan pelamar yang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Alasannya adalah mempekerjakan orang yang salah dapat merugikan perusahaan itu sendiri.

Saat perusahaan melakukan proses rekrutmen, banyak kendala dan permasalahan yang dihadapi, seperti perbedaan antara kualifikasi pelamar dengan standar perusahaan.

Banyak perusahaan mencari karyawan yang kompeten di bidangnya melalui rekrutmen kampus. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan kandidat yang tepat untuk berkontribusi kepada perusahaan dengan berbagai kemampuan yang dibutuhkan perusahaan. Nah, apa rekrutmen kampus itu? Yuk, simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Rekrutmen Kampus

Rekrutmen kampus adalah proses perusahaan untuk merekrut mahasiswa atau freshgraduate dari perguruan tinggi. Rekrutmen kampus sendiri merupakan program kerjasama antara universitas dan perusahaan. Oleh karena itu, ketika perusahaan membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi tertentu di perusahaan, perusahaan menginformasikan beberapa perguruan tinggi yang telah diajak bekerja sama. 

Di sini perusahaan memiliki kesempatan untuk secara langsung memilih talenta terbaik yang cocok untuk bekerja di perusahaan mereka. Perusahaan menggunakan strategi perekrutan jenis ini untuk menarik mahasiswa yang membutuhkan pengalaman magang atau lulusan baru yang tertarik pada posisi full time. Dengan rekrutmen kampus, perusahaan dapat fokus pada institusi pendidikan tertentu yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Manfaat Rekrutmen Kampus Bagi Perusahaan

Mendapatkan Calon Karyawan yang Berkualitas

Rekrutmen kampus dapat membantu perusahaan mendapatkan calon karyawan yang berkualitas karena mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi telah mendapatkan pelatihan atau pendidikan di bidang tertentu yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu, mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi juga memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis, serta memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik.

Keterampilan ini diperoleh selama mereka mengikuti pendidikan atau melakukan kegiatan di kampus, seperti mengikuti organisasi mahasiswa, melakukan proyek-proyek, atau terlibat dalam kegiatan sosial. Dengan merekrut calon karyawan yang berkualitas, perusahaan dapat meningkatkan kualitas kerja dalam perusahaan, karena karyawan tersebut telah memiliki dasar yang baik dan keterampilan yang relevan. Hal ini juga membantu perusahaan mencapai tujuan dan target bisnis yang diinginkan.

Mempercepat Proses Perekrutan

Dalam proses rekrutmen kampus, perusahaan biasanya menghadiri pameran karir atau acara yang diadakan oleh perguruan tinggi, sehingga perusahaan dapat langsung berbicara dengan calon karyawan potensial dan melihat langsung keterampilan dan kemampuan mereka.

Selain itu, perekrutan karyawan dari kalangan mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi juga mempercepat proses rekrutmen karena calon karyawan tersebut bisa masih aktif di kampus atau belum memiliki pekerjaan tetap. Hal ini memudahkan perusahaan dalam proses penjadwalan wawancara dan tes, karena calon karyawan tersebut lebih fleksibel dalam hal jadwal dan waktu.

Dengan mempersingkat proses perekrutan, perusahaan dapat memperoleh karyawan yang berkualitas lebih cepat dalam memenuhi kebutuhan perusahaan.

Menghemat Biaya Rekrutmen

Dalam proses rekrutmen kampus, perusahaan hanya perlu membayar biaya pameran karir atau acara yang diadakan oleh perguruan tinggi. Biaya tersebut relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya iklan di media massa atau biaya agen pencari kerja. Selain itu, perusahaan juga dapat langsung memilih calon karyawan potensial dari antara mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi yang berkualitas, sehingga tidak perlu membayar biaya seleksi yang mahal.

Mendapatkan Karyawan yang Lebih Bersemangat

Karyawan yang berasal dari rekrutmen kampus adalah kandidat yang masih muda dan memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan karir mereka. Karyawan tersebut juga memiliki keterampilan teknologi yang terbaru dan dapat membawa inovasi ke perusahaan. Dengan demikian, karyawan yang lebih bersemangat dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja perusahaan serta menciptakan lingkungan kerja yang positif dan dinamis.

Proses Rekrutmen Kampus

Proses rekrutmen kampus terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mencari dan merekrut karyawan berkualitas dari perguruan tinggi. Berikut adalah beberapa tahapan proses rekrutmen kampus:

Perencanaan

Tahap awal dalam proses rekrutmen kampus adalah perencanaan. Pada tahap ini, perusahaan menentukan tujuan dan strategi rekrutmen kampus, sasaran pencarian karyawan, jenis karyawan yang dibutuhkan, serta waktu dan tempat pelaksanaan rekrutmen.

Promosi

Setelah perusahaan menentukan sasaran dan strategi rekrutmen kampus, tahap selanjutnya adalah promosi. Pada tahap ini, perusahaan mempromosikan diri dan mencari karyawan potensial melalui berbagai cara seperti: 

  • Membuat brosur atau poster

Perusahaan dapat membuat brosur atau poster yang menampilkan informasi mengenai perusahaan, posisi yang dibutuhkan, persyaratan kualifikasi, dan benefit yang akan didapatkan karyawan jika bergabung dengan perusahaan. Brosur atau poster ini dapat ditempelkan di area kampus yang strategis seperti kantin, perpustakaan, atau kampus center.

  • Mengirim email

Perusahaan dapat mengirim email ke para mahasiswa atau alumni perguruan tinggi yang menjadi sasaran rekrutmen kampus. Email ini dapat berisi informasi mengenai perusahaan, posisi yang dibutuhkan, dan cara untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

  • Menyelenggarakan seminar atau talkshow

Perusahaan dapat menyelenggarakan seminar atau talkshow di kampus yang membahas topik yang relevan dengan bidang perusahaan atau posisi yang dibutuhkan. Dalam kesempatan ini, perusahaan dapat mempromosikan diri dan menarik minat mahasiswa untuk bergabung dengan perusahaan.

  • Mengadakan job fair

Job fair adalah acara yang mempertemukan perusahaan dengan calon karyawan potensial. Perusahaan dapat mengadakan job fair di kampus atau bekerja sama dengan kampus untuk menyelenggarakan job fair bersama dengan perusahaan-perusahaan lain.

  • Menyebarkan informasi di media sosial

Perusahaan dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, atau LinkedIn untuk mempromosikan rekrutmen kampus. Perusahaan dapat memposting informasi mengenai posisi yang dibutuhkan dan persyaratan kualifikasi di akun media sosial perusahaan.

Seleksi

Tahap seleksi dilakukan untuk menyeleksi karyawan potensial yang cocok dengan kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan. Seleksi dapat dilakukan melalui beberapa cara, seperti wawancara, tes tulis, tes psikologi, dan penilaian prestasi akademik.

Interview

Setelah tahap seleksi, kandidat yang terpilih akan dipanggil untuk melakukan wawancara dengan perusahaan. Pada tahap ini, perusahaan dapat menilai kandidat secara langsung dan mengetahui kemampuan serta motivasi kandidat untuk bergabung dengan perusahaan.

Pemberian Tawaran Kerja

Setelah proses wawancara selesai, perusahaan akan memberikan tawaran kerja kepada kandidat yang terpilih. Pada tahap ini, perusahaan dapat membahas gaji, tunjangan, dan benefit lainnya dengan kandidat yang akan direkrut.

Onboarding

Setelah kandidat menerima tawaran kerja, perusahaan akan melakukan onboarding atau integrasi karyawan baru ke dalam perusahaan. Pada tahap ini, karyawan baru diberikan pelatihan dan pengenalan tentang budaya dan nilai-nilai perusahaan, serta tanggung jawab dan tugas yang akan diemban oleh karyawan.

Strategi Pengaplikasian Rekrutmen Kampus

Dalam mengaplikasikan rekrutmen kampus, perusahaan harus memiliki rencana yang terstruktur dan memperhatikan target karyawan yang dibutuhkan. Selain itu, perusahaan juga harus membangun citra yang positif di kalangan mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi dan memperhatikan standar kualitas dalam proses seleksi dan perekrutan. Berikut adalah strateginya:

Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat

Memilih perguruan tinggi yang tepat merupakan hal yang penting dalam proses rekrutmen kampus. Dalam memilih perguruan tinggi yang tepat, perusahaan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk memperoleh informasi yang akurat dan lengkap tentang perguruan tinggi yang akan dipilih. Perusahaan juga dapat melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Anda harus memiliki daftar kampus yang ingin Anda ajak bekerja sama. Targetkan kampus yang sesuai dengan program perusahaan Anda. Pastikan kampus memiliki standar yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dengan cara ini Anda lebih menghemat anggaran program. Untuk memilih perguruan tinggi yang tepat, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti program studi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, reputasi perguruan tinggi, jumlah mahasiswa yang cukup banyak, lokasi yang strategis, dan ketersediaan alumni. Dengan memilih perguruan tinggi yang tepat, perusahaan dapat memperoleh karyawan berkualitas yang dapat membantu dalam mencapai tujuan perusahaan.

Tentukan Jadwal Kunjungan yang Tepat

Menentukan jadwal kunjungan yang tepat untuk kampus rekrutmen sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan untuk mendapatkan karyawan berkualitas. Untuk menentukan jadwal kunjungan, perusahaan harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti jadwal akademik perguruan tinggi, jadwal rekrutmen perusahaan, dan jadwal kegiatan perguruan tinggi.

Perusahaan perlu memperhatikan jadwal akademik perguruan tinggi yang akan dikunjungi agar tidak bertabrakan dengan jadwal kuliah, ujian, atau liburan mahasiswa. Selain itu, perusahaan juga memperhatikan jadwal rekrutmen internal agar jadwal kunjungan dapat disesuaikan agar tidak bertabrakan dengan kegiatan rekrutmen lainnya.

Perusahaan bisa mempertimbangkan pencarian karyawan berdasarkan tingkat kebutuhan. Jika perusahaan membutuhkan karyawan baru dalam waktu dekat, maka perusahaan dapat menentukan jadwal kunjungan dalam periode yang dekat pula.

Perusahaan dapat memanfaatkan jadwal kegiatan atau event penting di perguruan tinggi sebagai kesempatan untuk mempromosikan perusahaan dan mencari karyawan potensial. Setelah mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, perusahaan bisa menentukan jadwal kunjungan yang tepat dan memberikan jangka waktu yang cukup untuk persiapan kepada perguruan tinggi dan mahasiswa. 

Gunakan Alumni

Memanfaatkan alumni untuk rekrutmen kampus merupakan salah satu strategi yang efektif bagi perusahaan dalam mencari calon karyawan yang berkualitas. Alumni perguruan tinggi adalah sumber daya yang potensial bagi perusahaan karena mereka memiliki pengalaman dalam menempuh proses pendidikan dan memiliki jaringan yang luas di kalangan mahasiswa perguruan tinggi.

Alumni dapat membantu perusahaan untuk mempromosikan lowongan pekerjaan dan merekomendasikan calon karyawan yang potensial. Selain itu, alumni juga dapat memberikan informasi tentang perguruan tinggi, jurusan, dan program studi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Untuk memanfaatkan alumni sebagai agen perekrutan, perusahaan bisa melakukan beberapa hal, seperti membentuk jejaring alumni, mengadakan acara khusus untuk alumni, memberikan insentif bagi alumni, dan membangun brand ambassador. Dengan memanfaatkan alumni sebagai jembatan perekrutan, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak calon karyawan potensial dan memperluas jaringan perekrutan. Selain itu, alumni juga membantu perusahaan membangun citra positif di kalangan mahasiswa perguruan tinggi.

Presentasi yang Menyenangkan

Presentasi yang menyenangkan dan menarik perhatian adalah kunci sukses dalam rekrutmen kampus. Presentasi yang menarik dapat membuat mahasiswa tertarik dengan perusahaan dan menarik minat mereka untuk bergabung sebagai calon karyawan. Selain itu, presentasi yang menyenangkan juga memperkuat citra positif perusahaan di kalangan mahasiswa perguruan tinggi.

Deskripsi dan Seleksi yang Tepat

Dalam menjelaskan kebutuhan perusahaan, tuliskan deskripsi pekerjaan yang singkat dan jelas sehingga nantinya ketika lowongan kerja tersebut dilihat atau dipublikasikan, orang yang melihatnya dapat langsung mengetahui apa yang dibutuhkan perusahaan. Setelah itu, Anda harus memilih kandidat yang tepat dan memenuhi kriteria.

Saat memilih kandidat untuk posisi tertentu, Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk mengevaluasi kualifikasi dan kecocokan mereka. Salah satu metode yang umum digunakan adalah dengan meminta kandidat untuk mengirimkan cover letter. Cover letter memberikan kesempatan bagi kandidat untuk menjelaskan mengapa mereka merasa cocok untuk posisi yang sedang dibuka dan bagaimana pengalaman dan keterampilan mereka relevan dengan persyaratan pekerjaan.

Kesimpulan

Rekrutmen kampus dapat menjadi kesempatan yang baik bagi perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang berkualitas dan berbakat. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat melakukan rekrutmen kampus. Pertama, perusahaan harus memastikan bahwa mereka memiliki strategi rekrutmen yang efektif dan mencapai audiens target mereka.

Kedua, perusahaan harus memperhatikan nilai-nilai dan budaya perusahaan saat memilih kandidat, karena ini akan membantu memastikan keberhasilan jangka panjang di tempat kerja. Ketiga, penting bagi perusahaan untuk memberikan umpan balik dan dukungan yang memadai kepada kandidat yang mereka pilih untuk memperkuat kesan positif tentang perusahaan.

Terakhir, perusahaan harus terus mengikuti perkembangan terbaru di bidang teknologi, sosial media, dan tren rekrutmen untuk memastikan mereka tetap berada di garis depan dalam menarik dan mempertahankan talenta.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas rekrutmen kampus dan menemukan kandidat yang terbaik untuk memperkuat tim. 
Itu dia informasi seputar rekrutmen kampus. Nah, selain rekrutmen kampus, MyRobin juga punya kumpulan artikel menarik lainnya seputar karir. Tertarik baca? Yuk kunjungi Blog MyRobin.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID