Sekilas Tentang Perusahaan
Sebagai salah satu perusahaan Quick-Commerce terbesar di Indonesia. Astro harus dapat mengirimkan barang pesanan secara cepat kepada pelanggan, sehingga Astro harus mengembangkan sistem desentralisasi dengan memperbanyak gudang penyimpanan dan toko terafiliasi di berbagai daerah operasi demi memperpendek jarak tempuh dengan pelanggan
Alasan Astro Memilih MyRobin sebagai Business Process Outsourcing End-to-End
Untuk mengcover semua area operasi, Astro memerlukan pekerja dengan jumlah yang besar, dan harus terpenuhi dalam waktu yang singkat, dan cakupan wilayah yang luas.
Area operasi yang luas menuntut Astro untuk memiliki kurir aktif di sekitar gudang dan toko tempat barang disimpan. Driver yang berada di lokasi terdekat dari pelanggan, akan mendatangi gudang terdekat untuk melakukan pick-up barang pesanan dan mengantarkannya kepada pelanggan.
Karena itu semakin lama kebutuhan fulfillment terpenuhi, semakin lama barang pesanan sampai di tangan pelanggan, yang berujung pada kurangnya efektivitas yang terjadi.
Selain itu, perekrutan dan pengelolaan pekerja secara masif tentu akan berbanding lurus dengan tingginya angka turnover. Ini menjadi tantangan bagi Astro untuk menjaga tingkat retensi pekerja.
Solusi MyRobin
Semua tantangan tersebut mendorong Astro untuk menggandeng MyRobin selaku perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing end-to-end sebagai mitra bisnisnya.
Sesuai dengan permintaan Astro, MyRobin mempersiapkan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan perekrutan hingga onboarding dengan menjaring lebih dari tiga juta pekerja aktif dalam komunitas MyRobin.
Tim fulfillment MyRobin kemudian membangun database besar yang berisi calon kandidat beserta data pendukung yang dibutuhkan seperti CV, KTP, SKCK, dan mengundang kandidat yang sesuai untuk melakukan sesi interview.
Didukung oleh sistem dan jaringan yang kuat serta teknologi yang sudah terintegrasi, MyRobin mampu memenuhi kebutuhan lebih dari 97% pekerja Astro setiap bulannya.
Tidak hanya itu, MyRobin juga mengusung fleksibilitas dalam memenuhi permintaan dari klien, seperti profesi, jumlah tenaga kerja, hingga lokasi onboarding, semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Integrasi Sistem dan Worker Benefit Sebagai Solusi Menekan Angka Turnover Pekerja Astro
Mengelola pekerja menjadi tantangan tersendiri bagi Astro. Driver yang terus bergerak, dan gudang dengan kuantitas yang besar menyebabkan proses absensi, manajemen shifting, dan memantau performa pekerja menjadi sulit dilakukan dengan teknik konvensional.
Untuk mengatasi tantangan tersebut, MyRobin menyediakan sejumlah produk dan fitur berupa company dashboard yang teritegrasi dengan aplikasi pekerja dan dapat digunakan oleh klien untuk mengelola absensi, shifting, payroll, hingga memonitor performa pekerja secara real time.
“Fitur-fitur yang disediakan MyRobin seperti absensi maupun company dashboard dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Astro. Kepercayaan karena mudah beradaptasi inilah yang membuat Astro terus mempercayakan MyRobin sebagai partner bisnis Astro” Ujar Posma Prima Napitupulu
MyRobin juga mengimplementasikan berbagai program layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja seperti pay later, EWA, dan asuransi untuk pekerja harian lepas dan pkwtt yang tidak tercover oleh BPJS.
Hasilnya adalah tingkat turnover pekerja outsourcing MyRobin di Astro pada periode september-oktober dapat ditekan hingga ke angka 2,3% dimana jauh lebih baik dari standar yaitu 10% menurut business.com dan linkedin.