━ STUDI KASUS

Astro Tingkatkan Efisiensi Perekrutan dan Pengelolaan Pekerja dengan Layanan End-to-End MyRobin

0 %
Tingkat Pemenuhan
0 %
Tingkat Atrisi
0 +
Pekerja Aktif
0 +
Area
Studi kasus astro

Tantangan

Astro membutuhkan pekerja dalam jumlah masif, cepat, dan secara sporadis dalam radius wilayah yang besar. Sekaligus mengelola dan memonitor  pekerjanya yang banyak.

Solusi

MyRobin membantu astro menyalurkan, mengelola, dan menjaga tingkat retensi pekerja Astro dengan berbagai fitur yang disediakan.

Dari segi process end to end, MyRobin dapat memberikan pelayanan yang customizable sesuai kebutuhan Astro. MyRobin juga tangkas dalam menanggapi isu di lapangan sehingga mendukung keberlangsungan bisnis
Astro quote
Posma Prima Napitupulu

AVP People of Astro

Sekilas Tentang Perusahaan

Sebagai salah satu perusahaan Quick-Commerce terbesar di Indonesia. Astro harus dapat mengirimkan barang pesanan secara cepat kepada pelanggan, sehingga Astro harus mengembangkan sistem desentralisasi dengan memperbanyak gudang penyimpanan dan toko terafiliasi di berbagai daerah operasi demi memperpendek jarak tempuh dengan pelanggan

Alasan Astro Memilih MyRobin sebagai Business Process Outsourcing End-to-End

Untuk mengcover semua area operasi, Astro memerlukan pekerja dengan jumlah yang besar, dan harus terpenuhi dalam waktu yang singkat, dan cakupan wilayah yang luas.

Area operasi yang luas menuntut Astro untuk memiliki kurir aktif di sekitar gudang dan toko tempat barang disimpan. Driver yang berada di lokasi terdekat dari pelanggan, akan mendatangi gudang terdekat untuk melakukan pick-up barang pesanan dan mengantarkannya kepada pelanggan.

Karena itu semakin lama kebutuhan fulfillment terpenuhi, semakin lama barang pesanan sampai di tangan pelanggan, yang berujung pada kurangnya efektivitas yang terjadi.

Selain itu, perekrutan dan pengelolaan pekerja secara masif tentu akan berbanding lurus dengan tingginya angka turnover. Ini menjadi tantangan bagi Astro untuk menjaga tingkat retensi pekerja.

Solusi MyRobin

Semua tantangan tersebut mendorong Astro untuk menggandeng MyRobin selaku perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing end-to-end sebagai mitra bisnisnya.

Sesuai dengan permintaan Astro, MyRobin mempersiapkan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan perekrutan hingga onboarding dengan menjaring lebih dari tiga juta pekerja aktif dalam komunitas MyRobin.

Tim fulfillment MyRobin kemudian membangun database besar yang berisi calon kandidat beserta data pendukung yang dibutuhkan seperti CV, KTP, SKCK, dan mengundang kandidat yang sesuai untuk melakukan sesi interview.

Didukung oleh sistem dan jaringan yang kuat serta teknologi yang sudah terintegrasi, MyRobin mampu memenuhi kebutuhan lebih dari 97% pekerja Astro setiap bulannya.

Tidak hanya itu, MyRobin juga mengusung fleksibilitas dalam memenuhi permintaan dari klien, seperti profesi, jumlah tenaga kerja, hingga lokasi onboarding, semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Integrasi Sistem dan Worker Benefit Sebagai Solusi Menekan Angka Turnover Pekerja Astro

Mengelola pekerja menjadi tantangan tersendiri bagi Astro. Driver yang terus bergerak, dan gudang dengan kuantitas yang besar menyebabkan proses absensi, manajemen shifting, dan memantau performa pekerja menjadi sulit dilakukan dengan teknik konvensional.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, MyRobin menyediakan sejumlah produk dan fitur berupa company dashboard yang teritegrasi dengan aplikasi pekerja dan dapat digunakan oleh klien untuk mengelola absensi, shifting, payroll, hingga memonitor performa pekerja secara real time.

Fitur-fitur yang disediakan MyRobin seperti absensi maupun company dashboard dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Astro. Kepercayaan karena mudah beradaptasi inilah yang membuat Astro terus mempercayakan MyRobin sebagai partner bisnis Astro” Ujar Posma Prima Napitupulu

MyRobin juga mengimplementasikan berbagai program layanan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja seperti pay later, EWA, dan asuransi untuk pekerja harian lepas dan pkwtt yang tidak tercover oleh BPJS.

Hasilnya adalah tingkat turnover pekerja outsourcing MyRobin di Astro pada periode september-oktober dapat ditekan hingga ke angka 2,3% dimana jauh lebih baik dari standar yaitu 10% menurut business.com dan linkedin.

Astro | MyRobin

Perusahaan

Astro

Industri

Quick Commerce

Ukuran Perusahaan

Industri Besar

Lokasi

Jakarta

CTA Studi Kasus

Efisiensikan Bisnis Anda bersama MyRobin

Tingkatkan efisiensi anda dalam merekrut hingga mengelola pekerja kontrak yang banyak, cepat, dan berkelanjutan. Hubungi kami melalui formulir di bawah ini:

*Formulir ini bukan untuk melamar kerja! hanya untuk keperluan bisnis