Bagaimana Proses MyRobin Mendapatkan Mitra Berkualitas?

mitra myrobin

Dewasa ini outsourcing atau pemindahan alih daya dari satu perusahaan ke perusahaan lain semakin umum dijumpai. Hal ini dikarenakan beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh sistem outsourcing itu sendiri, diantaranya adalah mengurangi beban rekrutmen, menghemat biaya pelatihan, dan perusahaan yang melakukan hire tenaga outsource dapat fokus pada bisnisnya sendiri, tanpa perlu disibukan dalam hal pengelolaan, apalagi jika tenaga kerja tersebut memiliki jumlah yang besar.

Sebagai perusahaan startup yang bergerak di bidang outsourcing, menjaga kualitas dari tenaga kerja yang akan disalurkan, atau yang biasa disebut dengan Mitra merupakan prioritas utama dari MyRobin.

Sistem outsourcing MyRobin bersifat end to end, yang berarti mulai dari proses hiring, onboarding, hingga man management semuanya dilakukan secara mandiri oleh MyRobin.

Apa itu Mitra MyRobin?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Mitra MyRobin merupakan istilah untuk menyebut tenaga kerja yang disalurkan oleh MyRobin. Mitra yang disalurkan juga terbagi dalam berbagai macam bidang pekerjaan, seperti kurir, operator, customer service, dan masih banyak lagi.

Proses Perekrutan Mitra

MyRobin menerapkan sistem end to end yang berarti dari proses hiring, onboarding, hingga man management, semuanya dilakukan oleh MyRobin secara mandiri. Bagaimana alur perekrutan yang dilakukan hingga proses Onboarding yang dilakukan oleh MyRobin akan dijelaskan dalam artikel ini

1. Preparation

Setelah kesepakatan tercapai antara MyRobin dengan client, tim fulfilment MyRobin akan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum memulai perekrutan mitra, seperti mereview kembali kualifikasi dari mitra yang dibutuhkan oleh client, mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan client, serta meninjau kembali resource yang dibutuhkan untuk melakukan Job Posting.

2. Job Posting

MyRobin kemudian secara masif menyebarkan poster lowongan pekerjaan untuk merekrut mitra yang dibutuhkan melalui sosial media (Facebook, LinkedIn, Instagram, Telegram) dan komunitas-komunitas MyRobin yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

3. Screening

Selanjutnya MyRobin menyeleksi calon mitra melalui proses screening CV yang ketat demi mendapatkan mitra yang memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh client. Di tahap ini tim fulfillment juga melakukan verifikasi dan validasi kembali data dari calon mitra seperti KTP, masa berlaku SIM/STNK, dan lain sebagainya.

4. Interview

Calon mitra yang memenuhi kualifikasi kemudian diundang untuk mengikuti interview yang diselenggarakan oleh tim fulfillment MyRobin. Interview ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat calon mitra, serta untuk memverifikasi kembali data-data yang dicantumkan oleh calon mitra tersebut.

Di fase ini juga, calon mitra akan diberi pengetahuan mengenai perusahaan tempat mereka akan bekerja, serta role yang akan dijalani

5. Inkubasi

Sembari menunggu User Interview dari perusahaan client, calon mitra yang telah lolos dari tahap interview akan dibekali dengan pengetahuan dan skillset yang dibutuhkan pada role dan perusahaan dimana mereka akan bekerja. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi dari mitra.

Salah satu dari banyaknya pelatihan yang MyRobin lakukan adalah Basic English dalam konsep kitchen, dimana materi ini mencakup instruksi, bahan-bahan, peralatan, serta istilah dalam bahasa inggris yang umumnya ada dalam dunia dapur.

6. User Interview

Apabila diperlukan, calon mitra yang lolos screening berkas, dan interview kemudian akan di interview oleh user yang berasal dari perusahaan dimana calon mitra tersebut akan disalurkan untuk bekerja.

7. Onboarding

Calon mitra yang telah lolos dari semua tahap seleksi di atas kemudian akan mulai bekerja di perusahaan client.

Bagaimana MyRobin Mengelola Mitra?

Selain proses rekrutmen dan onboarding, segala hal yang menyangkut Mitra dikelola sepenuhnya oleh MyRobin, sehingga dipastikan akan mengurangi beban pengelolaan dari client yang bersangkutan. Pengelolaan yang dilakukan tersebut mencakup:

1. Pembuatan Kontrak

Kontrak yang ditandatangani oleh mitra berasal dari MyRobin, yang berarti mitra sepenuhnya berada di bawah naungan MyRobin, dan MyRobin bertanggung-jawab penuh terhadap kesejahteraan mitra.

2. Pengelolaan Absen

MyRobin menyediakan sistem untuk client memonitor dan mengawasi dari jauh kebutuhan mitra itu sendiri. Dengan sistem ini juga client dapat memantau absensi dan performa dari mitra yang bersangkutan.

3.Penanganan Kasus Insiden

Ketika terjadi kasus dan kecurangan yang dilakukan oleh mitra, MyRobin akan menurunkan tim khusus untuk menginvestigasi dan menindaklanjuti kasus tersebut.

4. Manajemen Lembur

MyRobin juga mengurus mitra yang ingin mengajukan lembur, dengan skema harus di approve terlebih dahulu oleh SPV masing-masing, dan semuanya akan direkonsiliasi di setiap metode pembayaran.

5. Pengelolaan Gaji/Payroll

Sebagai perusahaan outsourcing yang menggunakan sistem end to end, maka pengelolaan gaji mitra juga sepenuhnya dilakukan oleh MyRobin. Selain itu MyRobin juga menyediakan slip gaji untuk mitra dalam bentuk paperless, sehingga tidak menghasilkan limbah dan jauh lebih ramah lingkungan.

6. Laporan Analisis Karyawan

Segala manajemen dan perekrutan yang dilakukan oleh MyRobin bersifat transparan. Dalam hal ini MyRobin memberikan laporan data kepada client seperti sudah sejauh apa proses yang dilakukan MyRobin terkait fulfillment mitra, dan lain sebagainya.

Mitra Development, Upskilling, & Engagement

MyRobin memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan perusahaan outsourcing lainnya. Kelebihan tersebut merupakan kepedulian MyRobin terhadap mitra-mitra nya. Kepedulian tersebut diimplementasikan dalam program-program yang ditujukan MyRobin kepada mitra dalam rangka untuk meningkatkan skill dan kompetensi dari mitra tersebut.

Selain itu hubungan antara mitra dengan MyRobin selaku perusahaan outsourcing yang menaungi mereka merupakan salah satu concern utama dari MyRobin. Karena itu MyRobin senantiasa ingin menjaga , serta memperat hubungan baik dengan mitra.

Berikut ini merupakan program dan kebijakan yang dilakukan oleh MyRobin untuk mencapai hal-hal tersebut

1. MRA (MyRobin Academy)

MyRobin Academy merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh MyRobin dalam rangka meningkatkan kualitas, skill, dan juga kompetensi dari mitra. Program ini berisikan serangkaian pelatihan skill yang diperlukan dalam dunia kerja. Pelatihan tersebut diantaranya adalah Personal Branding, Photoshop, dan Microsoft office.

2. Mitra of The Month

MyRobin sangat mengapresiasi kinerja baik dari mitra. Apresiasi tersebut diimplementasikan ke dalam penghargaan yang bernama Mitra of The Month. Pemenang penghargaan ini akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan juga paket sembako.

Untuk menjadi pemenang Mitra of The Month, mitra hanya perlu berbagi pengalamannya dalam bentuk foto dan tulisan selama menjadi mitra MyRobin ke App MyRobin.

3. My Warung

MyRobin juga menjalin kerjasama dengan warung dan toko kelontong yang berada di sekitar hub dari perusahaan client. Kerja sama tersebut memungkinkan mitra MyRobin untuk melakukan kasbon di warung-warung yang terafiliasi dengan MyRobin. Kasbon tersebut akan terakumulasi dan dipotong dari gaji pokok mitra di akhir bulannya.

4. Early Wage Access (EWA) oleh Gaji Gesa

Ada kalanya mitra terkendala oleh urusan yang mendesak sehingga memerlukan uang dalam waktu cepat sedangkan periode gajian masih cukup lama. Untuk mengatasi hal ini MyRobin bekerja sama dengan gaji gesa, yang memungkinkan mitra untuk menarik gajinya lebih awal, program ini dinamakan dengan Early Wage Access atau EWA. Mitra yang berperan aktif dan memiliki track record baik akan mendapatkan prioritas utama dalam penarikan EWA.

5. MyGames

Hubungan baik dengan mitra juga salah satu prioritas utama dari MyRobin. Dalam rangka mempererat hubungan tersebut, MyRobin sering kali mengadakan games dan event-event seru yang memungkinkan sesama mitra maupun internal MyRobin terlibat bersama, tentunya event-event ini memiliki hadiah yang sangat menarik.

6. Mendapatkan Diskon di Layanan-Layanan Khusus (AHASS, PlanetBan)

Setiap mitra yang melengkapi pendaftaran akun di app.myrobin.id, atau mitra.myrobin.id akan mendapatkan keuntungan seperti voucher diskon di beberapa layanan khusus yang berafiliasi dengan MyRobin seperti AHASS dan PlanetBan. Diskon tersebut mencakup penggantian oli, ban, dan juga perawatan kendaraan bermotor.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian