Business Development: Pengertian, Tugas, hingga Besaran Gajinya

Business Development

Siapa yang sadar jika era sekarang sudah banyak sekali bermunculan berbagai karir baru dan menjanjikan, yang mungkin di zaman kakek dan nenek kita belum ada.

Ditambah lagi dengan kemudahan sekarang yang mana kita bisa mencari berbagai informasi dengan cepat, kapan saja dan dimana saja di bidang karir.

Dan salah satu karir yang kerap dicari, adalah sebagai seorang business development specialist. Lalu apa itu business development? Berikut pembahasannya.

Pengertian Business Development

Jika secara umum business development adalah orang yang memiliki tugas untuk bisa mengembangkan bisnis perusahaan lewat keterampilan yang dimiliki.

Mereka dituntut untuk mengerti bagaimana situasi pasar yang ada, serta kondisi produk apakah sesuai dengan konsumen atau tidak, dapat bernegosiasi, dan sebagainya.

Tapi menurut beberapa sumber yang ada “Business Development” adalah suatu proses menciptakan nilai atau pun cara untuk suatu perusahaan agar dapat terus tumbuh melalui berbagai relasi seperti bisnis, pasar, dan konsumen.

Tugas Dan Tanggung Jawab Business Development

Jika kita membaca penjelasan tadi, itu artinya seorang business development memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan.

Maka dari itu tidak heran jika pekerjaan yang diemban juga cukup berat, apa saja tugas BD secara umum?

  • Menghubungkan klien yang potensial agar dapat menjalin hubungan yang baik serta dapat mengatur berbagai pertemuan untuk kepentingan kemajuan perusahaan
  • Merencanakan dan mengawasi ide pemasaran baru. Mengingat pasti dari tim marketing atau sejenisnya memiliki ide baru untuk memasarkan produk. Nah, disini seorang business development juga berperan.
  • Meningkatkan minat atau nilai dari konsumen atau pelanggan serta mencari pelanggan potensial baru agar produk terus berkembang
  • Mengembangkan serta mencari pasar baru untuk meningkatkan penjualan
  • Menghadiri beberapa pertemuan, konferensi, serta rapat di industri yang berkaitan
  • Mengembangkan proposal penawaran kepada klien guna meningkatkan penjualan produk/jasa yang ditawarkan.

Mungkin terlihatnya mudah ya jika dilihat dari pekerjaan yang telah diurai tadi. Namun siapa sangka bahwa dari beberapa pekerjaan tersebut seorang business development memiliki tanggungjawab yang sangat penting, utamanya untuk keberlangsungan bisnis perusahaan.

Jadi, apa itu tanggung jawab dari business development?

Riset Pasar

Seperti yang sudah disinggung tadi, seorang business development memiliki pekerjaan untuk mencari pelanggan berpotensial baru, mencari pasar baru agar penjualan dapat meningkat, dan sebagainya. Nah ini sangat erat kaitannya dengan tanggung jawab riset yang nantinya akan menghasilkan keputusan untuk kemajuan penjualan jasa/barang.

Mencari Klien / Pelanggan Baru

Bukan hanya baru, tapi juga berpotensi mereka akan membeli. Untuk mendapatkan pelanggan atau klien yang demikian sangat diwajibkan untuk seorang business development bisa melakukan riset pasar, sehingga nantinya akan dapat menarik pelanggan baru lebih banyak lagi.

Merencanakan Dan Mempresentasikan Beberapa Ide Pengembangan Pemasaran Produk

Ini juga menjadi tanggung jawab penting bagi seorang business development. Di mana mereka harus merencanakan serta mempresentasikan ide-ide baru terkait strategi pemasaran yang akan dilaksanakan bertujuan agar pertumbuhan bisnis perusahaan akan terus tumbuh sesuai dengan tujuan awalnya.

Terus Upgrade Perkembangan Pasar

Tujuannya agar perusahaan dapat mengetahui peluang besar yang bisa menjadi kesempatan perusahaan untuk masuk dan memperkenalkan produknya. Upgrade kondisi pasar juga dapat memberikan gambaran terkait dengan selera produk yang disukai pelanggan di pasaran secara umum maupun khusus. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan untuk melakukan kegiatan strategi perekonomian selanjutnya.

Kualifikasi Business Development

Lalu untuk memenuhi tugas dan wewenang dari seorang business development, pertanyaan selanjutnya adalah apa itu kualifikasi yang dapat digunakan untuk mencari kandidat yang dapat melakukan tanggung jawab dan tugas tadi?

Nah, biasanya untuk pekerjaan ini tugasnya adalah dari tim HRD atau Human Resource Development. Di mana mereka akan mencari kandidat sesuai dengan kualifikasi atau kemauan perusahaan.

Setidaknya ada beberapa kualifikasi yang menjadi pedoman bagi tim bersangkutan untuk mencari talenta untuk seorang business development, dan ini juga dapat menjadi referensi Anda. Berikut ini beberapa kualifikasi business development

Pendidikan Minimal

Yang paling sering menjadi kualifikasi pertama adalah masalah tentang jenjang akademik. Beberapa perusahaan biasanya akan mematok pada jenjang lulusan S1 di bidang terkait, dan sebagainya

Experience di Bidang yang Sama

Kedua adalah masalah tentang experience atau pengalaman yang juga menjadi sorotan paling penting. Karena dengan adanya pengalaman di bidang yang sama perusahaan bisa mengerti tentang capability Anda di bidang tersebut.

Menguasai beberapa skill yang dibutuhkan

Selain pengalaman, skill juga menjadi sorotan utama. Skill ini nantinya menjadi referensi perusahaan atau pihak yang bersangkutan tahu tentang kemampuan Anda atau kandidat yang mendaftar mengenai beberapa permasalahan yang ada di bidangnya dan para kandidat kemungkinan besar bisa menyelesaikannya, walaupun hal tersebut harus ditinjau kembali.

Skill Yang Harus Dimiliki Business Development

Bicara masalah skill, apa itu skill atau keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang business development?

Ada beberapa yang harus menjadi penguasaan penting jika Anda mungkin berencana untuk mengepakkan sayap karir Anda di bidang ini.

Beberapa skill tersebut antara lain:

  • Management
  • Punya Motivasi Tinggi
  • Marketing
  • Negosiasi
  • Analisa
  • Project Management
  • Komunikasi yang baik
  • Public speaking (karena ada job desk untuk memaparkan terkait dengan ide pemasaran baru. Makanya sangat disarankan seorang business development juga mahir dalam public speaking)

Baca juga artikel tentang Cara Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Karir serta Manfaatnya.

Besaran Gaji Bekerja Di Departemen Business Development

Jika dibaca dengan saksama, rasanya pekerjaan sebagai seorang apa itu business development sangat menjanjikan, benar bukan?

Tapi bicara soal menjanjikan, berapa besaran gaji rata-rata seorang business development utamanya di Indonesia?

Jawabannya adalah bisa diatas 7 juta perbulan. Hal ini dilihat dari semakin banyak orang yang terus ingin berkarya lewat bisnis dengan brand yang ingin diusungnya.

Di tambah dengan pasar Indonesai yang sangat besar dengan target market yang beragam. Yang paling penting adalah, kemudahan teknologi yang sekarang punya peran penting dalam mengenalkan produk atau brand yang sedang kita branding.

Nah, untuk itu Anda boleh dari sekarang mempersiapkan segalanya agar dapat terjun di bidang karir tersebut.

Tapi jika Anda tertarik dengan tulisan seperti ini, bisa langsung mampir ke website kami. Semoga bermanfaat.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian