Chief Business Officer (CBO): Pengertian, Tugas, Wewenang, dan Keterampilannya

Chief Business Officer (CBO)

Dalam sebuah perusahaan Anda pasti akan menjumpai struktur organisasi eksekutif, salah satunya C-Level atau C-Suite. Bagi Anda yang belum mengerti, C Level adalah sebuah jajaran eksekutif di sebuah perusahaan yang memiliki posisi penting.

Salah satu jajaran eksekutif perusahaan adalah Chief Business Officer (CBO). Seperti C-Level lainnya, CBO memiliki posisi penting dalam proses berkembangnya perusahaan. Salah satunya untuk memimpin perusahaan.

Karena itu, untuk menjadi seorang CBO, Anda harus memiliki beberapa keterampilan ataupun pengalaman khusus. Nah, bagi Anda yang mau tahu apa itu CBO, bagaimana tugas dan wewenang CBO, simak artikel ini sampai selesai, ya! Agar tidak ada info penting yang terlewat. 

Mengenal Apa itu Chief Business Officer (CBO)?

Chief Business Officer adalah posisi eksekutif operasi puncak dari perusahaan komersial yang sedang berkembang dan pemangku keputusan hingga strategi bisnis dalam perusahaan. CBO bekerja sama dengan Chief Executive Officer (CEO),  para pemimpin perusahaan, serta dewan direksi untuk mendorong berbagai aspek bisnis dan evolusi perusahaan.

Peran CBO sering kali menggabungkan peran menjadi chief administrative officer (CAO), chief financial officer (CFO), dan Chief Operating Officer (COO). Karena itu, eksekutif yang memegang posisi chief business officer, menurut definisi, biasanya akan memiliki pengalaman yang lebih luas dan keahlian yang lebih luas daripada individu yang menjabat di posisi level C tersebut.

Dalam beberapa perusahaan, CBO memiliki wewenang dalam pengendalian anggaran dan memasukan iklan ke dalam sebuah pengembangan project. CBO juga berhubungan langsung dengan investor yang memberikan bantuan kepada pengembangan sebuah project. Tugas utama CBO adalah untuk memastikan bahwa semua kelompok-kelompok yang berbeda yang bekerja bersama secara efektif untuk mencapai tujuan perusahaan.

CBO juga bekerja dengan bagian keuangan dan akuntansi departemen untuk memastikan bahwa keuangan perusahaan terpenuhi. CBO biasanya bekerja di lingkungan kantor dan dapat melakukan perjalanan untuk bertemu dengan klien atau menghadiri konferensi. Untuk gaji seorang CBO sendiri bervariasi, tergantung pada tingkat pendidikan, pengalaman, dan ukuran industri atau perusahaannya. Permintaan untuk pekerja-pekerja ini akan tergantung pada permintaan produk dan jasa. 

Tugas Seorang Chief Business Officer (CBO)

CBO sering diberi tanggung jawab atas manajemen administrasi, keuangan, dan operasi organisasi. Selain itu, CBO akan melakukan semua kegiatan bisnis dan pengembangan perusahaan, menjaga hubungan dan manajemen proyek dari semua perjanjian kemitraan, memastikan kegiatan pemasaran, termasuk yang terkait dengan situs web, kegiatan, dan yang lebih penting, mengembangkan strategi keluar bagi perusahaan. Berikut rangkuman tugas dari Chief business officer.

  • Menetapkan tujuan dan sasaran strategis yang sejalan dengan misi dan visi organisasinya untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang
  • Mengawasi pengembangan dan pelaksanaan kebijakan organisasi dan prosedur untuk memastikan kepatuhan hukum
  • Mengevaluasi efektivitas operasi bisnis, termasuk produktivitas dan efisiensi
  • Menyediakan kepemimpinan bagi fungsi sumber daya manusia seperti perekrutan, pelatihan, kompensasi, dan pengembangan pegawai
  • Merekomendasikan perubahan untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas operasi, termasuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya
  • Mengkaji laporan keuangan dan laporan untuk menilai kinerja perusahaan, mengidentifikasi risiko, dan membuat keputusan strategis
  • Mengembangkan hubungan dengan para pemangku kepentingan utama seperti investor, instansi pemerintah, tokoh masyarakat, dan para pakar industry
  • Melakukan koordinasi dengan departemen lain untuk mengembangkan kemitraan strategis atau aliansi yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya Memastikan bahwa semua undang-undang yang diikuti, termasuk undang-undang ketenagakerjaan, hukum lingkungan, dan hukum pajak.

Syarat Menjadi Chief Business Officer (CBO)

Untuk menjadi CBO bukanlah yang yang mudah, sebab Anda akan dituntut untuk memahami permasalahan dan kebutuhan dalam skala besar serta mencari solusi yang efektif untuk mengatasinya. Jika Anda ingin menempati posisi ini, berikut tiga kualifikasi yang perlu Anda penuhi.

  1. Pendidikan : Sebagian besar pengusaha atau perusahaan memerlukan CBO yang memiliki gelar sarjana di bidang administrasi bisnis atau bidang terkait. Beberapa pengusaha lebih memilih kandidat yang memiliki gelar master di bidang administrasi bisnis atau bidang terkait. Kursus yang relevan termasuk akuntansi, keuangan, pemasaran dan manajemen.
  2. Pelatihan & Pengalaman : Pelatihan untuk chief business officer umumnya diperoleh melalui kombinasi dari pendidikan formal dan on-the-job. Banyak kandidat untuk peran ini memiliki latar belakang di bidang administrasi bisnis atau manajemen. Mereka mungkin telah bekerja dalam berbagai peran, termasuk sebagai analis bisnis, analis keuangan atau manajer keuangan. Selain itu, telah bekerja dalam peran manajemen dalam bisnis atau organisasi nirlaba.
  3. Sertifikasi & Lisensi: Yang paling umum sertifikasi untuk chief business petugas mereka berkaitan dengan keuangan perusahaan, strategi dan operasi.

Keterampian yang Perlu Dikuasai Chief Business Officer (CBO)

Selain berbagai syarat dan kualifikasi di atas yang harus dipenuhi, Anda juga perlu memiliki beberapa keterampilan menjadi CBO dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Agar persiapan Anda lebih matang. Berikut adalah lima dasar keterampilan menjadi CBO yang dapat Anda terapkan.

Kemampuan Komunikasi

Komunikasi merupakan keterampilan penting yang perlu Anda kuasai. Seorang CBO diharuskan mampu menyampaikan informasi kepada berbagai khalayak. termasuk menyampaikan informasi yang kompleks ke para pimpinan dan jajaran di perusahaan. Terutama menyampaikan strategi perusahaan. 

Dalam komunikasi mendorong Anda untuk menyampaikan ide dan gagasan yang akan meningkatkan efektivitas kerja Anda secara keseluruhan. CBO akan sering bekerja sama untuk mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis. Baca selengkapnya terkait Cara Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Karir serta Manfaatnya.

Memiliki Pemikiran Strategis 

Berpikir strategis merupakan kemampuan untuk melihat gambaran besar dan memahami bagaimana tindakan individu yang dapat mempengaruhi perusahaan tujuan jangka panjang. Jika Anda menginginkan posisi ini, Anda juga harus mampu untuk bekerja dengan baik dengan orang-orang di semua tingkat. 

Anda harus mampu untuk berpikir secara strategis tentang bagaimana perusahaan dapat tumbuh dan berkembang, termasuk saat menangani sebuah masalah. Strategi sering mencakup seperangkat tujuan dan sasaran yang dapat membantu perusahaan mencapai hasil yang diinginkan. Sebab, dari strategis yang kuat didukung keterampilan berpikir dapat membuat strategi yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan dan tujuan.

Jiwa Pemimpin (Leadership)

Kepemimpinan adalah keterampilan yang dapat membantu bisnis berkembang dan memelihara budaya perusahaan yang kuat. Dengan memiliki jiwa pemimpin, Anda juga dapat menggunakan keterampilan kepemimpinan untuk memotivasi tim Anda dan membantu mereka mencapai tujuan perusahaan. Pelajari lebih lanjut tentang Leadership: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya.

Menjadi pemimpin yang berkualitas memerlukan upaya, pelatihan, dan pengalaman yang terus dijadikan pelajaran untuk berkembang semakin baik. Manfaatnya akan dirasakan ketika harus memimpin sebuah bisnis agar dapat bertumbuh besar. Pemimpin menjadi faktor utama yang menentukan tujuan perusahaan.

Kecerdasan finansial

Kecerdasan finansial adalah kemampuan seseorang dalam memahami pentingnya perencanaan dan penerapan tata kelola keuangan yang baik yang pada akhirnya membawa dia mampu mewujudkan impian dan harapannya. 

Seorang CBO harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang keuangan. Ini termasuk mengetahui bagaimana cara membaca laporan keuangan, bagaimana menafsirkan data keuangan dan cara membuat proyeksi keuangan. Memiliki kecerdasan finansial dapat membantu Anda membuat keputusan tentang anggaran perusahaan, pengeluaran, dan pendapatan.

Menguasi Teknologi

Zaman sekarang ini adalah zaman modern, dan teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dalam setiap rencana bisnis. Hampir dari seluruh perusahaan baik skala besar maupun kecil menggunakan Teknologi Informasi, sebagai salah satu aktivitas yang sangat dibutuhkan untuk memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis yang mereka kelola.

Sebagai seorang eksekutif bisnis, sangat penting bagi Anda untuk memahami teknologi terbaru dan bagaimana hal itu dapat membantu perusahaan Anda tumbuh dan mampu bersaing dengan para kompetitor. Anda harus mampu mengidentifikasi teknologi yang paling efektif untuk bisnis perusahaan Anda dan bagaimana cara menerapkannya.

Kesimpulan

CBO adalah posisi teratas di sebuah perusahaan, CBO biasanya akan memiliki tim diantaranya tim akuntan, analis keuangan, dan profesional lain. Tugas dan tanggung jawab CBO adalah untuk mengembangkan dan menerapkan kebijakan dan prosedur yang akan membantu perusahaan berjalan lebih efisien. Sebagian besar perusahaan berusaha untuk memperluas ke pasar baru, mereka dapat menyewa CBO untuk membantu perusahaan menavigasi persyaratan peraturan di pasar yang menjadi sasaran.

Dalam beberapa kasus, CBO bertanggung jawab pada sumber daya manusia, pemasaran, dan fungsi lainnya dan akan bekerja dengan CEO untuk mengembangkan rencana jangka panjang dan strategi untuk perusahaan. Mereka juga bekerja dengan CFO untuk memastikan bahwa perusahaan memenuhi tujuan keuangan. 

Jika Anda ingin menjadi CBO, Anda bisa mempelajari bisnis maupun industri teknologi. Perlu Anda ketahui juga, seorang CBO adalah pemimpin yang tegas, inovatif, dan bertanggung jawab dengan perusahaan maupun bawahannya. Karena itu, bila Anda ingin menjadi seorang CBO, Anda bisa mempelajari soft skill maupun hard skill Anda terlebih dulu. Anda bisa meningkatkan skill Anda dengan mempelajari artikel ini. Yuk, baca sekarang juga!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian