New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Company Profile: Pengertian, Manfaat, Tips, hingga Contohnya

company profile adalah

Ketika saat akan mengadakan kerja sama bisnis, biasanya perusahaan akan memberikan company profile atau profil perusahaannya. Tanpa company profile, perusahaan akan kesulitan dalam menjalin kerja sama dengan pihak lain. Hal itu disebabkan karena profil perusahaan bisa disebut juga sebagai hal yang menggambarkan value yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu, profil perusahaan harus dibuat dengan baik, supaya profil perusahaannya terlihat lebih profesional. Dan hal ini akan menjadi komponen penting dalam menarik perhatian dari pelanggan kepada perusahaan.

Lalu, apa sih itu company profile? Dan mengapa hal itu sangat penting bagi perusahaan? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk simak uraian penjelasan berikut ini!

Pengertian Company Profile

Company profile adalah gambaran secara umum mengenai perusahaan yang bertujuan untuk memberi tahu audiens mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selain itu, company profile juga berisi tentang sejarah dari perusahaan, visi dan misi perusahaan, serta alasan mengapa perusahaan tersebut bergerak dibidang tersebut.

Baca Juga: 9 Contoh Visi Misi Perusahaan serta Cara Membuatnya dengan Benar

Tujuan dibuatnya company profile adalah untuk meningkatkan brand awareness dari audiens. Dan juga bertujuan untuk menarik perhatian dari investor untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

Manfaat Company Profile

Membuat company profile akan memberikan manfaat kepada perusahaan. Oleh karena itu, keberadaan company profile semakin penting untuk dibuat. Lalu, apa saja sih manfaat dari company profile? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Membedakan Brand Image Perusahaan dengan Perusahaan yang Lain

Company profile bisa membuat brand image perusahaan kamu berbeda dengan perusahaan yang lain, yang bergerak dibidang yang sama. 

Mudahnya, company profile akan membuat perusahaan terlihat menjadi lebih unik. Dan keunikan tersebut yang nantinya membuat perusahaan menjadi lebih mudah dikenal oleh audiens, serta menarik perhatian investor.

Baca Juga: Memahami Branding, Strategi, dan Pentingnya bagi Kelangsungan Bisnis

Membangun Reputasi Positif Perusahaan

Company profile juga berperan sebagai faktor dalam meningkatkan reputasi perusahaan menjadi lebih positif. Reputasi positif yang di dapat oleh perusahaan akan membuat para investor semakin yakin untuk mau mendanai perusahaanmu. Dan akan membuat konsumen semakin percaya dengan perusahaanmu.

Baca Juga: Employer Branding: Cara Jitu Perusahaan Menarik Talenta Terbaik 

Memungkinkan untuk Memasang Harga yang Lebih Tinggi

Company profile dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan karena perusahaan bisa menawarkan produk dan jasa yang mereka miliki dengan harga yang lebih tinggi. Karena dengan adanya company profile, akan membuat audiens mengetahui keunggulan dari perusahaanmu dibanding dengan perusahaan dibidang yang sama. 

Hal yang Harus Ada dalam Company Profile

Company profile memiliki peran yang penting dalam membangun citra kepada konsumen dan juga investor. Maka dari itu, company profile harus memasukkan informasi yang penting ke dalamnya. 

Lalu, apa saja sih hal yang harus ada pada sebuah company profile itu? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Detail Perusahaan

Di dalam company profile harus memuat informasi-informasi detail mengenai perusahaan. Hal ini dilakukan untuk bisa mengenalkan lebih luas lagi perusahaan kepada pelanggan dan juga investor. 

Adapun hal-hal detail tentang perusahaan yang harus ada itu antara lain:

a. Nama Perusahaan

b. Tanggal Berdirinya Perusahaan

c. Alamat Perusahaan

d. Nomor Telepon

e. Alamat Website Perusahaan

f. Alamat Email Resmi Perusahaan

Hal-hal seperti terterah diatas penting dimuat dalam company profile. Untuk memudahkan pelanggan atau investor menghubungi perusahaan.

Informasi Dasar Perusahaan

Selanjutnya adalah informasi dasar perusahaan. Sebuah perusahaan pastinya memiliki banyak informasi penting, tapi berikan beberapa informasi yang relevan dan perlu diketahui oleh pelanggan dan juga investor. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dari mereka.

Adapun informasi dasar perusahaan yang harus ada pada sebuah company profile adalah sebagai berikut:

a. Deskripsi Perusahaan

b. Visi dan Misi Perusahaan

c. Deskripsi Produk atau Jasa yang Ditawarkan Perusahaan

d. Relasi dengan Publik

e. Advertising

f. Informasi Mengenai Industri yang Dijalankan Perusahaan

g. Beberapa Kebijakan, seperti Kesehatan, Keamanan, dan Lingkungan Perusahaan

h. Detail Nama Pimpinan Perusahaan

i. Portofolio Perusahaan

Hal-hal detail diatas penting untuk memberitahu gambaran secara luas, bagaimana cara dari perusahaan beroperasi menjalankan bisnisnya kepada pelanggan dan juga investor. Hal ini bertujuan untuk membuat mereka yakin untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan dan menanamkan modal di perusahaan.

Pencapaian Perusahaan

Jika perusahaan sudah mendapatkan beberapa pencapaian atau penghargaan, penting untuk dimuat dalam company profile. Adapun pencapaian perusahaan yang bisa ditulis di company profile adalah:

a. Penghargaan

b. Sertifikasi

c. Program dan Proyek Khusus

d. Testimoni

e. Pengakuan dari Media

Dengan menginput informasi mengenai pencapaian perusahaan, ini akan membuktikan kepada pelanggan dan investor bahwa perusahaan memiliki reputasi yang baik dan cukup diperhitungkan di industri yang dijalankan.

Informasi Tambahan

Yang terakhir adalah informasi tambahan, ini sifatnya opsional saja, sehingga bukan sebuah kewajiban untuk memuatnya dalam company profile. Adapun informasi tambahan tersebut antara lain:

a. Penjualan Tahunan

b. Target Keuangan

c. Jumlah Karyawan

d. Mitra

e. Foto-Foto dari Kegiatan Operasional Perusahaan

Dengan memuat informasi tambahan, akan membuat skala perusahaan diketahui oleh pelanggan dan juga investor. Selain itu, juga menunjukkan target apa yang ingin diraih oleh perusahaan dalam rentang waktu tertentu.

Tips Membuat Company Profile

Setelah kamu mengetahui mengetahui apa itu company profile, saatnya kamu untuk membuatnya. Nah, supaya dalam proses pembuatannya tidak menemui kendala, kamu perlu memperhatikan tips membuat company profile berikut ini. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Uraikan Tujuan dari Perusahaan

Sebelum memulai membuat company profile, cobalah untuk menguraikan tujuan dari profil perusahaan.

Misalnya, ketika kamu ingin membuat company profile yang dimuat di website, maka gaya bahasa yang kamu gunakan akan berbeda dengan platform lain. Jika untuk dimuat di website, kamu bisa menggunakan bahasa yang memposisikan diri sebagai pembaca ketika menyampaikan topik apa yang ingin dijelaskan dalam profil perusahaan. 

Menentukan Format atau Gaya

Tentukan format dan gaya seperti apa yang ingin kamu gunakan untuk company profile. Kamu bisa menggunakan banyak style, baik style yang unik, tradisional, menggunakan format timeline, ataupun gambar. Kamu bebas memilih format yang kamu suka, dan teruslah berinovasi supaya terlihat bagus di mata pelanggan dan investor.

Menceritakan Misi yang Ingin Dicapai Perusahaan

Ceritakanlah hal yang menarik mengenai nilai, etos, atau niche dari perusahaanmu. Beritahu pelanggan dan investor tentang produk yang perusahaan tawarkan dan rencana kedepannya akan seperti apa. Serta jangan lupa untuk menunjukan keunikan dari perusahaan dibanding perusahaan kompetitor.

Menceritakan Tentang Sejarah Perusahaan

Ceritakanlah awal mula berdirinya perusahaan sampai saat ini. Ceritakan dengan garis waktu yang jelas, dan tidak melompat-lompat. Dengan begitu, pelanggan dan investor akan memahami alur, dan perkembangan dari perusahaanmu.

Memasukan Testimoni

Memasukan testimoni perusahaan yang didapatkan dari pelanggan akan membuat value dari perusahaanmu menjadi meningkat. Oleh karena itu, pilihlah testimoni yang positif dari perusahaanmu dan muat di dalam company profile.

Tambahkan Ajakan

Untuk sentuhan terakhir pada company profile, tambahkan ajakan untuk bertindak atau call to action. Seperti ajakan untuk mengunjungi website perusahaan jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan. Atau mengarahkan ke nomor contact center untuk mendapatkan informasi lebih detailnya mengenai perusahaan atau produk yang ditawarkan.

Contoh Company Profile

Setelah kamu mengetahui mengenai banyak hal mengenai company profile, nah kamu perlu mengetahui beberapa contoh company profile yang bagus. Yang nantinya bisa menjadi acuan dalam membuat company profile. Berikut adalah contoh company profile yang bisa menjadi acuan mu nantinya.

Unilever

Contoh perusahaan yang memiliki company profile yang baik adalah Unilever. Kamu bisa mengaksesnya di website resmi Unilever Indonesia. Disana kamu akan menemukan company profile yang disampaikan dengan cara storytelling dan dipadukan dengan kombinasi tulisan, infografis, serta ilustrasi yang kreatif dan menarik. 

Google

Jika kamu ingin mencari desain company profile yang minimalist, maka Google adalah jawabannya. Karena company profile dari Google tidak memuat banyak kalimat informasi, namun misi dan nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan ini tetap tersampaikan dengan baik. 

J&T Indonesia

Company profile dari J&T Indonesia memadukan beragam media yang interaktif. Mulai dari video, dan ilustrasi yang menarik. Selain itu, untuk tombol navigasinya juga sangat simple, sehingga memudahkan audiens dalam mendapatkan informasi di dalam websitenya.

Nah, itulah penjelasan mengenai company profile. Buat kamu yang sudah memiliki perusahaan, namun belum membuat company profile, maka setelah membaca artikel ini mulailah untuk menulisnya. Karena akan berpengaruh untuk perkembangan bisnis kedepannya.

Dan buat kamu yang menyukai konten yang seperti ini, yuk kunjungi Blog MyRobin! Karena disana kamu akan menemukan banyak jenis artikel yang akan membuatmu mendapatkan asupan ilmu yang bermanfaat. Dan kamu akan mengalami peningkatan pengetahuan setelah membaca banyak artikel yang terdapat di dalamnya.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID