New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Ketahui Manfaat Webinar Sebagai Media Marketing!

Manfaat Webinar Sebagai Media Marketing

Agar sukses memasarkan bisnis, kita harus menggunakan strategi yang tepat agar bisa mencapai tujuan, misalnya mendapatkan pelanggan baru, mengenalkan produk, dan sebagainya. Salah satu strategi marketing yang saat ini banyak digunakan yaitu webinar marketing. Seperti yang kita ketahui, webinar adalah seminar yang diselenggarakan secara online. Ternyata melakukan promosi bisnis dalam webinar cukup efektif dilakukan lho! Yuk, cari tahu apa saja manfaat dari webinar sebagai media marketing untuk bisnis!

Pengertian Webinar Marketing

Dalam berbisnis pastinya kita harus memanfaatkan berbagai platform atau media untuk mengenalkan brand hingga mendapatkan pelanggan baru. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, banyak orang yang menggunakan webinar sebagai media promosi bisnisnya, sehingga muncul istilah webinar marketing. 

Webinar marketing merupakan strategi yang digunakan oleh pebisnis untuk mempromosikan brand, produk, atau perusahaannya kepada peserta dalam suatu seminar online. Dengan kata lain, mereka memasarkan bisnisnya melalui aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meet, Youtube Live dan lain sebagainya. 

Webinar marketing ini cukup efektif digunakan karena dapat memperluas jangkauan bisnis. Umumnya, peserta webinar bisa mencapai 100-1000 orang. Nah, hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk mengenalkan bisnis lebih luas lagi dan mendapatkan calon pelanggan yang lebih banyak. 

Manfaat Webinar Sebagai Media Marketing

Webinar tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi peserta saja, namun juga bagi pebisnis. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan melalui webinar marketing:

Meningkatkan brand awareness

Webinar bisa menjadi kesempatan untuk Anda mengenalkan brand kepada audiens baru. Di sini, Anda bisa mulai dengan menceritakan tentang keunggulan dari produk Anda, manfaatnya bagi pengguna, kandungan atau bahannya (produk makanan, kecantikan, dan fashion), fitur-fitur yang dimiliki (produk aplikasi), dan sebagainya. 

Dengan menginformasikan hal tersebut, audiens dapat mengetahui keberadaan brand Anda dan secara tidak langsung mengundang mereka untuk mencari tahu lebih lanjut di platform lain seperti social media. Apalagi jika Anda menampilkan tutorial menggunakan produk secara singkat atau testimoni pelanggan, pastinya akan membuat mereka semakin tertarik dan yakin untuk menggunakan produk Anda. 

Memperkenalkan produk baru

Ketika launching produk baru, biasanya Anda harus mengadakan event dengan mengundang influencer, KOL, dan media. Cara ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memakan banyak waktu. Nah, webinar bisa menjadi solusi yang tepat untuk memperkenalkan produk baru secara efisien. Apalagi webinar tidak terbatas oleh tempat dan jumlah peserta, sehingga Anda bisa memperkenalkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. 

Mengumpulkan leads

Selain dapat memperkenalkan produk baru, melalui webinar Anda juga bisa mengumpulkan leads dan mengubahnya menjadi pelanggan potensial. Penyelenggara webinar tentu mempunyai data tentang peserta, misalnya nama, kontak yang bisa dihubungi, atau alamat email. Nah, Anda bisa melakukan follow up kepada calon pelanggan tersebut agar tidak kehilangan mereka. Dengan begitu, Anda pun menjadi lebih mudah bila ingin mengirimkan informasi tentang produk seperti benefit, promo, cara transaksi, dan sebagainya. 

Mendapatkan feedback

Webinar dapat Anda manfaatkan untuk bahan evaluasi terhadap produk, layanan, atau kegiatan promosi yang sedang dijalankan. Sebab, Anda bisa mendapatkan feedback secara langsung dari audiens, baik itu ketika acara berlangsung atau melalui survei online. Hal ini nantinya juga akan membantu Anda dalam menentukan mana strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas produk. Alhasil, Anda dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan memberikan customer experience secara positif.

Terlihat unggul dari kompetitor

Dengan mempromosikan bisnis melalui webinar, audiens akan mengenal produk Anda lebih mudah. Apalagi jika Anda menggunakan cara yang unik dan kreatif, tentu akan menarik perhatian mereka. Misalnya, Anda memberikan edukasi terkait produk yang Anda kenalkan kepada mereka beserta dengan tutorial singkat, testimoni pelanggan, atau promo khusus untuk pelanggan baru. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan yang pada akhirnya akan menciptakan pembelian hingga loyalitas.

Jenis-jenis Webinar Marketing

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis webinar yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan bisnis, meliputi:

Sales webinar

Jenis webinar yang satu ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengumpulkan leads sebanyak-banyaknya. Dengan meminta peserta untuk mengisi data diri, kontak, dan email, maka Anda sudah mendapatkan informasi tentang calon pelanggan potensial. Biasanya informasi ini bisa Anda dapatkan ketika mereka melakukan pendaftaran webinar melalui Google Form atau Whatsapp. 

Selain itu, konten webinar juga dapat mempengaruhi leads yang Anda peroleh. Jika konten webinar Anda menarik, relevan dengan kebutuhan audiens, dan bermanfaat bagi mereka, tentu peluang Anda untuk mendapatkan leads akan lebih besar.

For-profit webinar

Berbeda dengan sales webinar, for-profit webinar ini tidak bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk. Sebab, webinar inilah produk yang Anda jual. Dilansir dari Accurate, jenis webinar seperti ini berbayar sehingga mampu menghasilkan keuntungan bagi bisnis Anda. Dengan kata lain, Anda bisa mengambil keuntungan melalui biaya pendaftaran dari peserta. 

Namun, dalam prosesnya for-profit webinar tidak mudah dilakukan. Anda sebagai penyelenggara harus bisa menyajikan konten yang menarik, bermanfaat, up to date, dan berkualitas bagi peserta. Karena jika tidak, maka Anda akan kalah saing dengan pebisnis lain yang menyediakan konten secara gratis. Oleh karena itu, konten yang Anda berikan harus berkualitas dan sebanding dengan uang yang dikeluarkan. Dengan begitu, orang-orang akan bersedia membayar untuk menonton webinar Anda. 

Webinar series

Sesuai namanya, jenis webinar yang ketiga ini diselenggarakan dalam beberapa episode. Namun, topik atau konten yang disajikan masih saling berhubungan dan cenderung luas, sehingga tidak memungkinkan jika dilakukan dalam satu waktu. Kelebihan dari webinar series adalah Anda bisa mendapatkan leads dan keuntungan lebih banyak sekaligus. 

Tips Menggunakan Webinar Marketing

Jika Anda tertarik untuk menggunakan strategi webinar marketing, maka Anda harus memperhatikan beberapa tips di bawah agar lebih mudah:

Pilih topik konten yang menarik

Ketika Anda ingin menggunakan webinar sebagai media marketing, maka Anda harus memastikan topik konten yang akan disampaikan menarik dan banyak diminati. Dengan begitu, akan ada banyak yang mendaftar webinar Anda. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu terkait tren atau insight baru dari bisnis Anda. Selain itu, gunakan keyword yang sesuai sebagai judul konten agar mudah ditemukan oleh orang-orang di internet. 

Promosikan secara maksimal

Setelah Anda menemukan topik konten yang tepat untuk disampaikan pada webinar, selanjutnya mulai promosikan webinar tersebut secara maksimal. Manfaatkan berbagai platform seperti media sosial untuk mendapatkan peserta sebanyak mungkin. Anda juga bisa meminta koneksi Anda untuk membantu mempromosikan webinar tersebut kepada teman-temannya, baik secara online maupun offline. Dengan begitu, informasi terkait webinar Anda menjadi bisa tersebar lebih luas lagi, bahkan pada orang yang bukan pengikut Anda di social media. 

Kenali target audiens

Jika Anda memang ingin mendapatkan calon pelanggan potensial dari webinar, kenali target audiens dari bisnis Anda. Selanjutnya, Anda bisa menentukan ingin menyebarkan informasi terkait webinar Anda kemana. Misalnya, target audiens Anda adalah Gen Z, maka gunakan platform Instagram, Twitter, atau TikTok untuk menyebarkan informasi webinar. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan audiens yang berpotensi untuk menjadi pelanggan. Karena mereka sudah mempunyai minat di bidang bisnis Anda, maka tidak akan sulit untuk mengajak mereka membeli produk Anda. Pelajari juga: Buyer Persona

Kuasai konten

Pastikan semua pihak webinar, termasuk penyelenggara, moderator, dan pengisi acara menguasai konten yang akan disampaikan kepada audiens. Hal ini bertujuan agar ketika ada pertanyaan terkait konten dari audiens, mereka bisa memberikan jawaban dengan tepat dan jelas. Tidak hanya konten, namun juga informasi seputar produk yang Anda tawarkan juga harus dikuasai dengan baik. Anda bisa mengaitkan informasi yang sudah disampaikan dengan produk. Misalnya, audiens bertanya bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik, nah Anda bisa memberikan beberapa tips sekaligus menawarkan produk Anda sebagai solusi efektif. 

Perkuat engagement dengan peserta

Setelah webinar selesai, jangan langsung mengakhirinya begitu saja. Tetap jaga hubungan dengan para peserta agar engagement terus terjalin. Anda bisa memberikan file materi atau modul seputar konten webinar tadi kepada mereka. Selain itu, tawarkan juga webinar-webinar lainnya agar mereka tertarik untuk ikut lagi.

Anda bisa melakukan hal ini secara langsung di penghujung acara, atau mengirimkannya lewat email peserta yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Nah, itulah beberapa manfaat dari webinar sebagai media marketing untuk bisnis Anda. Tidak ada salahnya untuk mencoba strategi ini, bisa saja Anda mendapatkan banyak leads dan bisnis Anda semakin dikenal banyak orang. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar HRD, bisnis, dan karir? Yuk, kunjungi blog MyRobin sekarang juga!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian