New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Marketing Communication: Pengertian, Tugas, dan Syaratnya

marketing communication

Semakin berkembangnya dunia bisnis, semakin penting pula peran marketing communication dalam strategi pemasaran suatu perusahaan. Tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang sedang mencari posisi ini.

Karena itu ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu marketing communication, apa tugasnya, serta bagaimana perannya dalam memperkuat citra dan branding perusahaan.

Berdasarkan survey dari Dashly, sekitar 68% pelanggan cenderung membeli dari merek yang menawarkan komunikasi yang nyaman. Oleh karena itu, brand harus menemukan media yang cocok untuk berkomunikasi dengan audiens.

Komunikasi pemasaran juga memegang peranan penting dalam membantu merek menentukan media promosi yang sesuai dengan target pelanggan yang diinginkan. 

Lalu apa lagi sih peran dari komunikasi pemasaran? yuk, simak penjelasan MyRobin disini. 

Apa itu marketing communication?

Marketing communication adalah istilah di mana tim marketing menggunakan berbagai strategi dan alat pemasaran untuk menyampaikan pesan, sekaligus sebagai cara berkomunikasi dengan pelanggan. 

Ketika brand pertama kali merilis produk, pelanggan mungkin tidak langsung tertarik untuk membeli. Perusahaan perlu mengenalkan dan mengkomunikasikan manfaat serta fitur produk, agar menumbuhkan minat pembelian.

Komunikasi pemasaran merujuk pada proses menggabungkan media dan pesan pemasaran yang berbeda dengan tujuan membangun hubungan dengan target pelanggan. 

Menurut Marketing Tutor, istilah ini juga dikenal sebagai perpaduan antara periklanan, hubungan masyarakat, media massa, media sosial, pengemasan, dan materi cetak lainnya yang dapat membantu perusahaan menyampaikan pesan kepada pasar sasaran.

Lalu, apa itu marketing communication officer? Sederhananya, petugas komunikasi pemasaran adalah orang yang akan melakukan tugas-tugas marketing communication.  

Seberapa penting marketing communication?

Komunikasi pemasaran merupakan strategi jangka panjang bagi brand untuk mengkomunikasikan nilai, tujuan, hingga layanan pada pelanggan potensial. 

Bentuk marketing communication ada berbagai macam, diantaranya sosial media marketing, email marketing, iklan radio, hingga brand placement televisi. 

Arti penting marketing communication bagi sebuah perusahaan adalah untuk mendorong kesadaran merek, membangun persepsi merek, hingga meningkatkan peluang membeli lagi dan lagi. 

Ketika perusahaan melakukan promosi yang menarik, semakin besar kemungkinan target pelanggan terpikat pada penawaran yang diberikan. 

Inti dari komunikasi pemasaran berfokus mengedukasi pelanggan tentang fitur, biaya, manfaat, dan ketersediaan produk atau layanan sebelum memutuskan membeli. 

Proses marketing communication

Marketing communication merupakan cara mengkomunikasikan pesan pada segmen yang ditargetkan dengan memanfaatkan lebih dari satu media. Proses ini memerlukan beberapa elemen yang terdiri dari pengirim dan penerima atau pihak yang dituju. 

Selain itu ada pula pesan yang merupakan gabungan simbol dan tanda yang dibuat oleh pengirim. Sementara pengkodean adalah proses mengubah ide menjadi kata-kata, sedangkan decoding adalah proses mengubah simbol dan tanda menjadi pesan bermakna. 

Setelah pesan siap, seorang marketing communication memerlukan media sebagai sarana mengirim pesan pada pihak tertuju. 

Berikutnya, terdapat tanggapan dari penerima saat pertama kali menerima pesan. Terakhir ialah masukan yang diberikan oleh penerima. Penerima pesan di sini adalah target pelanggan atau klien perusahaan. 

Tujuan marketing communication 

Tujuan adanya pemasaran komunikasi dibagi menjadi 3 yaitu meningkatkan kesadaran, memberikan pemahaman terkait produk, serta mempelajari minat target audiens, berikut penjelasan lengkapnya. 

1. Membangun brand awareness

Tujuan marketing communication adalah mengkomunikasikan ide, pemikiran, dan pandangan dengan target pelanggan. Kegiatan ini dilakukan melalui promosi penjualan, iklan, maupun publikasi press release. 

Dengan mengkomunikasikan perusahaan, produk hingga layanan maka target pelanggan dapat mengenali, sehingga berpotensi melakukan transaksi. Apabila konsisten dilakukan, komunikasi pemasaran akan meningkatkan kesadaran merek.

Spesialis komunikasi pemasaran perlu memastikan pesan yang dikembangkan jujur, akurat, berintegritas, dan berguna bagi berbagai pihak. 

2. Mempelajari minat target audiens

Pasca audiens mengenali produk dan layanan, tim komunikasi pemasaran perlu menganalisis dan meningkatkan minat pada hal tersebut. Tim dapat melakukan kampanye pemasaran yang efektif. 

3. Memberikan pemahaman pada audiens

Komunikasi pemasaran dapat membantu audiens memahami fungsi produk maupun layanan. Dengan begitu target pelanggan dapat mengambil keputusan membeli. Komunikasi yang dilakukan dapat berfokus pada pesan yang jelas dan penggunaan video. 

4. Mendorong keinginan membeli

Membujuk audiens untuk membeli bukan hal mudah. Oleh sebab itu, perusahaan perlu memilih strategi tepat ketika menyampaikan pesan pemasaran. 

Ketika Anda membujuk pelanggan dengan baik, peluang terjadinya repurchase semakin besar. Apabila dilakukan berulang maka perusahaan bisa meraih loyalitas pelanggan. 

5. Bersaing dengan kompetitor

Tujuan komunikasi pemasaran selanjutnya, agar perusahaan lebih unggul daripada kompetitor. Tim marketing communication dapat menyesuaikan produk dan layanan untuk setiap target pelanggan. 

Jenis marketing communication 

Tim komunikasi pemasaran dapat mengkombinasi strategi untuk berkomunikasi. Contoh metode marketing communication yaitu direct marketing, personal selling, digital marketing hingga sosial media. 

1. Personal selling

Personal selling merupakan strategi yang bisa Anda gunakan ketika menjadi marketing communication officer. Cara berkomunikasi dilakukan dengan menghubungi pelanggan melalui telepon, internet, SMS, dan e-mail. 

Dengan strategi ini Anda dapat menerima masukan langsung mengenai strategi pemasaran yang sudah dilakukan. Pemasaran langsung juga bisa berupa newsletter atau penawaran menarik.

2. Digital marketing

Digital marketing menjadi saluran untuk berkomunikasi yang banyak digunakan belakangan ini. Pemasaran digital lebih menjangkau target audience dan rendah biaya. Saluran pemasaran daring seperti SEO, email marketing, pay per click advertising, dan web push notification. 

3. Sosial media marketing

Social media membantu perusahaan berinteraksi dengan audience. Misalnya, menggunakan Instagram, Facebook, atau TikTok. 

Komunikasi menggunakan sosial media bisa berupa unggahan foto atau video edukasi. Saluran sosial media juga memungkinkan pelanggan merespon konten secara real time. 

4. Public relation 

Komunikasi pemasaran bertujuan membangun persepsi pelanggan. Misalnya, dari yang tidak tertarik menjadi tertarik. Atau memperbaiki reputasi perusahaan. Saluran yang kerap digunakan salah satunya public relation. 

Public relation menggunakan pendekatan yang lebih halus untuk mencapai tujuan. Melalui PR perusahaan dapat memberikan informasi akurat tentang produk, menawarkan produk yang paling laku, dan memberikan dukungan pelanggan sehingga meningkatkan customer experience yang lebih baik. 

5. Periklanan 

Periklanan adalah bentuk komunikasi pemasaran yang mengwajibkan perusahaan menyewa ruang atau waktu untuk kegiatan promosi. Misalnya, menyewa kolom di surat kabar, iklan televisi, serta billboard. Perusahaan juga menjalankan periklanan digital agar menjangkau target audience yang lebih luas. 

6. Rekomendasi pelanggan 

Rekomendasi pelanggan termasuk cara perusahaan berkomunikasi dengan target pelanggan secara gratis. Strategi ini juga dikenal dengan pemasaran dari mulut ke mulut. Ketika perusahaan fokus meningkatkan kepuasan pelanggan lewat pemberian kupon dan diskon, maka akan timbul kesadaran dan kepercayaan. 

Tugas marketing communication officer

Specialist marketing communication bertanggung jawab mengelola dan mengembangkan kegiatan promosi. Meliputi mempersiapkan material, mendesain, dan menciptakan pesan pemasaran. 

Spesialis komunikasi pemasaran menangani promosi online dan offline, serta mengurus sosial media bisnis di seluruh saluran. 

Lebih dari itu, nantinya Anda juga bertugas menganalisis pasar, kebutuhan konsumen serta menginterpretasikan persepsi publik tentang produk.

Pekerjaan specialist marketing communication sehari-hari diantaranya:

  • Mendistribusikan konten pemasaran di berbagai saluran
  • Merancang konten online berupa newsletter, brosur, maupun email
  • Melacak performa kampanye pemasaran
  • Membuat laporan kinerja kampanye pemasaran
  • Menganalisis matrik kepuasan pelanggan
  • Berkolaborasi dengan tim desain untuk membuat infografis dan menentukan visualisasi
  • Menilai ROI perusahaan

Skill marketing communication 

Ada sejumlah keahlian yang wajib Anda kuasai, apabila ingin berkarier sebagai specialist komunikasi pemasaran, seperti:

1. Perhatian terhadap detail

Kesalahan seperti typo atau salah menggunakan tanda baca, dapat berpengaruh besar pada citra perusahaan. Target pelanggan bisa menganggap brand tidak kredibel. 

Oleh karena itu, specialist komunikasi perlu memiliki skill perhatian terhadap detail, agar menghindari kesalahan penulisan. 

Butuh ketepatan setiap kali Anda menulis konten dan membuat presentasi, sehingga mencegah berisiko pesan berubah makna. 

2. Memahami sosial media marketing

Saluran komunikasi paling banyak digunakan adalah sosial media. Peran specialist komunikasi pemasaran memerlukan kandidat yang paham tentang sosial media marketing. 

Ini karena lebih efektif dan rendah biaya, apabila perusahaan bisa memanfaatkan sosial media sebagai media komunikasi. Anda juga dituntut tetap up to date dengan perkembangan trend sosial media. 

3. Menguasai public speaking

Selama bekerja Anda harus berkomunikasi dengan pelanggan atau klien. Misalnya, melakukan komunikasi dengan tim tentang ide kampanye bulan depan. Kemampuan komunikasi tidak hanya verbal, tetapi juga non verbal. Semakin baik skill komunikasi semakin mudah pula Anda menyampaikan ide saat sesi brainstorming. 

4. Kerja sama 

Pekerjaan seorang komunikasi pemasaran bisa ditangani seorang diri. Namun, di situasi tertentu, Anda perlu berkolaborasi dengan tim internal dan eksternal. Contohnya saat mengerjakan project besar. Tentunya, butuh orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. 

Cara menjadi tim komunikasi pemasaran 

Langkah menjadi marketing communication officer tidak mudah. Apalagi untuk bisa berada di level manager. Sekiranya berikut tahapan melamar kerja sebagai komunikasi pemasaran. 

1. Menempuh pendidikan formal 

Cara agar bisa berkarier di perusahaan ternama adalah menempuh pendidikan formal. Kebanyakan pemberi kerja tertarik pada kandidat dari lulusan sarjana dan jurusan yang relevan dengan posisi. Namun, ada pula yang membuka peluang bagi lulusan SMA dan SMK. 

2. Mengikuti program magang

Lulusan baru cenderung sulit mencari kerja, sebab tidak memiliki pengalaman. Nah, ikuti program magang untuk mengasah wawasan dan menambah ilmu, sekaligus menjadi bekal melamar. 

Program magang membantu Anda memahami peran dan lingkungan kerja marketing communication secara langsung. 

3. Mengambil sertifikasi yang relevan dengan posisi

Mengikuti pelatihan dan sertifikasi akan menambah nilai plus Anda di mata perekrut. Pilih lah penyelenggara pelatihan yang telah memiliki reputasi baik, sehingga sertifikatnya bernilai. 

Dengan pelatihan dan sertifikasi ini akan membedakan Anda dari kandidat lainnya. Contoh sertifikasi seperti PCM (Professional Certified Marketing), CAS (Certified Advertising Specialist), dan CIMCA. 

4. Menguasai skill yang dibutuhkan

Selanjutnya adalah skill. Tanpa keahlian, jauh lebih sulit bagi Anda lolos tahap wawancara. Soroti hardskill dan softskill yang relevan dengan posisi di dalam CV. Tujuannya, agar perekrut mempertimbangkan Anda sebagai kandidat potensial. 

Jenjang karier marketing communication 

Komunikasi pemasaran menawarkan beragam pilihan karir yang bisa Anda coba, meliputi:

1. Customer relation representative

Customer relation representative bertugas membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Pekerjaan ini meliputi menjawab komplain, menjawab pertanyaan, hingga menanggapi masukan pelanggan. Peran perwakilan hubungan pelanggan juga mempromosikan program loyalitas yang perusahaan miliki serta membantu menyusun strategi pemasaran. 

2. Marketing coordinator 

Koordinator pemasaran bertanggung jawab membantu tim merencanakan dan melaksanakan kampanye pemasaran. Di perusahaan besar, peran ini berfokus pada satu tugas misalnya menulis iklan atau merencanakan biaya pemasaran. 

3. Brand ambassador 

Brand ambassador bertugas berpartisipasi dalam acara promosi, memberikan presentasi, dan mendistribusikan pesan pemasaran. Tugas Anda nantinya merepresentasikan perusahaan secara positif. 

Duta merek bekerja sama dengan tim penjualan dan pemasaran untuk membuat konsep yang menarik, serta meningkatkan kesadaran merek melalui pemasaran mulut ke mulut. 

4. Marketing communication manager 

Manajer komunikasi bertanggung jawab merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi jalannya kampanye pemasaran. Selain itu, Anda juga bertugas menangani biaya dan koordinasi dengan tim dari divisi lain. 

5. Public relation manager 

Manajer hubungan masyarakat menangani publikasi press release, menjalin hubungan dengan media, dan menanggapi komen negatif yang merusak citra brand. Public relation fokus pada reputasi perusahaan. 

Langkah menerapkan strategi marketing communication

Langkah-langkah strategi komunikasi pemasaran dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: 

1. Mengidentifikasi pelanggan 

Anda perlu menargetkan lebih dulu siapa audiens Anda untuk menawarkan produk yang tepat. Identifikasikan mereka berdasarkan kelompok. Misalnya, berdasarkan lokasi, jenis kelamin, preferensi, kebutuhan, dan pekerjaan. 

2. Membuat unique value proposition

Langkah selanjutnya menentukan unique value proposition untuk membuat perusahaan unggul daripada pesaing. 

3. Berorientasi pada solusi

Berikutnya menyesuaikan antara penawaran dengan kebutuhan pelanggan. Pastikan produk atau layanan bisa menjadi solusi atas masalah pelanggan.

4. Menentukan saluran pemasaran 

Memilih saluran pemasaran yang tepat akan meningkatkan keberhasilan komunikasi. Coba perhatikan sosial media mana yang paling efektif untuk berinteraksi dengan pelanggan. 

Gaji marketing communication

Gaji seorang marketing communication bervariasi. Tergantung pengalaman, perusahaan, kebijakan upah setempat, dan jabatan. 

Melansir dari Gradjobs, setiap bulan komunikasi pemasaran mendapat gaji Rp5-6 jutaan untuk entry level. Sementara specialist bisa mendapat Rp81 jutaan per tahun. 

Itulah definisi dan cara menjadi tim marketing communication. Anda perlu menguasai skill yang dibutuhkan, agar bisa bersaing dengan kandidat lainnya. Kunjungi app.myrobin,id untuk cari pekerjaan impian dari perusahaan ternama di Indonesia.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian