New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing dan Cara Memaksimalkannya

Viral Marketing

Mengapa suatu iklan dapat menyebar dengan cepat dan luas, sementara yang lainnya tidak mampu mencapai hal serupa? Ternyata, fenomena penyebaran yang luas tersebut tidak terjadi begitu saja, melainkan disebabkan oleh suatu strategi yang dikenal dengan sebutan viral marketing.

Viral marketing merupakan sebuah pendekatan dalam pemasaran konten yang telah ada dalam waktu yang lama, tetapi semakin digunakan seiring dengan hadirnya media sosial. Tak herannya jika banyak perusahaan yang memanfaatkan strategi ini untuk memperluas pemahaman tentang merek serta meningkatkan volume penjualan.

Apakah Anda ingin lebih memahami konsep dari viral marketing? Tanpa perlu menunggu lebih lama lagi, mari kita telusuri penjelasannya melalui artikel berikut ini.

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk memanfaatkan efek viral dari konten atau informasi yang menyebar secara cepat dan luas melalui jaringan sosial dan media komunikasi lainnya. Konsep ini mirip dengan penyebaran virus di dunia nyata, di mana informasi atau pesan disebarkan dengan cepat melalui interaksi antara individu dan dengan bantuan platform digital seperti media sosial, email, atau situs web berbagi konten.

Dalam viral marketing, daya tarik utama terletak pada kreativitas dan keunikan konten yang dibuat. Konten tersebut dapat berupa video lucu, meme, gambar menarik, artikel informatif, atau kampanye yang mempengaruhi emosi atau perhatian pengguna. Ketika pengguna merasa terhubung atau terhibur oleh konten tersebut, mereka cenderung untuk berbagi ke dalam jaringan mereka sendiri, memperluas jangkauan dan visibilitas konten tersebut secara organik.

Keberhasilan viral marketing sering diukur berdasarkan seberapa cepat dan luas pesan atau konten dapat menyebar, serta dampaknya terhadap kesadaran merek, interaksi konsumen, dan peningkatan penjualan.

Manfaat Viral Marketing

Viral marketing memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu bisnis atau merek mencapai tujuan pemasaran dan pertumbuhan. Beberapa manfaat utama dari viral marketing meliputi:

Peningkatan Kesadaran Merek

Konten viral memiliki potensi untuk menjangkau audiens yang lebih besar dan beragam dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Ketika konten Anda tersebar luas, kesadaran tentang merek atau produk Anda dapat meningkat dengan cepat di kalangan target audiens dan bahkan di luarnya.

Biaya Efektif

Salah satu keuntungan utama dari viral marketing adalah biayanya yang relatif rendah dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. Jika konten Anda berhasil menjadi viral, dampak besar bisa dicapai dengan investasi yang terbatas.

Peningkatan Interaksi Konsumen

Konten yang menarik dan menghibur memiliki potensi untuk menciptakan interaksi dan keterlibatan lebih besar dari konsumen sehingga dapat mengarah pada komentar, berbagi, dan keterlibatan yang lebih aktif dengan merek Anda.

Peningkatan Dukungan Pelanggan

Jika konten viral Anda menciptakan hubungan emosional atau positif dengan konsumen, hal tersebut dapat berkontribusi pada peningkatan dukungan dan kesetiaan pelanggan. Konsumen yang merasa terhubung secara emosional lebih cenderung tetap setia pada merek Anda.

Potensi Pertumbuhan Cepat

Kesuksesan konten viral dapat memicu pertumbuhan bisnis yang cepat. Jika banyak orang terlibat dengan konten Anda dan tertarik pada produk atau layanan Anda, hal tersebut dapat menghasilkan peningkatan permintaan yang signifikan.

Meningkatkan Kredibilitas

Konten yang menjadi viral sering kali mendapatkan perhatian media dan berita sehingga dengan konten tersebut dapat meningkatkan kredibilitas dan reputasi merek Anda di mata publik.

Pengenalan Produk Baru

Viral marketing bisa menjadi cara efektif untuk memperkenalkan produk atau layanan baru ke pasar. Dengan memanfaatkan daya tarik konten viral, Anda dapat menciptakan minat awal yang kuat di kalangan konsumen.

Efek Jangka Panjang

Konten yang menjadi viral memiliki potensi untuk terus menarik perhatian dan berlanjut sebagai sumber referensi dalam jangka panjang. Hal tersebut bisa membantu menciptakan dampak jangka panjang pada merek Anda.

Contoh Viral Marketing

Berikut adalah beberapa contoh kampanye viral marketing yang terjadi:

Kampanye #TenangMenjaga Halodoc

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing dan Cara Memaksimalkannya | MyRobin

Sumber: Youtube Halodoc

Baru-baru ini heboh dengan video seorang pria merayap diatas atap transportasi umum transjakarta. Acting sang model terlihat seperti natural, siapa sangka jika video tersebut merupakan bagian dari strategi marketing. Dalam kampanye #TenangMenjaga Halodoc ini, memberikan pesan jika keadaan terjepit tidak bisa menjaga orang tersayang, tetapi dengan memakai Halodoc kita bisa menjaga orang tersayang di manapun dan kapanpun. 

Gimmick yang Halodoc buat berhasil membuat netizen tidak habis pikir dan hasilnya strategi yang dibuat Halodoc ini berhasil viral dan mendapatkan respon positif dari netizen.

Kampanye Burger King Indonesia

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing dan Cara Memaksimalkannya | MyRobin

Sumber: Hipwee

Seperti yang terlihat pada unggahan di akun Instagram pribadi Burger King Indonesia.

Perusahaan yang terkenal dengan hidangan burgernya menginisiasi kampanye yang ditujukan kepada pelanggan. Konten tersebut mengundang pelanggan untuk mempertimbangkan pembelian produk dari berbagai restoran lain.

Dalam strategi pemasarannya, Burger King mengajak konsumennya untuk mencoba makanan cepat saji dari pesaing utama seperti Mc Donald’s, KFC, Pizza Hut, dan lainnya.

Dalam postingan di akun @burgerking.id, dapat dilihat narasi dengan judul “Mendapatkan Pesanan dari McDonald’s”. Isi pesan tersebut mendorong untuk mendukung produk yang ditawarkan oleh restoran-restoran di Indonesia, dengan tujuan membantu karyawan-karyawan mereka bertahan di masa pandemi.

Unggahan restoran fast food ini di platform Instagram ternyata mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Banyak yang menyadari tujuan dari kampanye ini dan memberikan penghargaan kepada Burger King, sebagai sebuah restoran cepat saji ternama, karena telah mengambil langkah awal dalam inisiatif ini.

Kampanye “Dumb Ways to Die” 

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Viral Marketing dan Cara Memaksimalkannya | MyRobin

Sumber: brandsvietnam.com

Dumb ways to die adalah kampanye yang diciptakan oleh Metro Trains, perusahaan kereta api di Melbourne. Kampanye ini bertujuan untuk mempromosikan keselamatan di sekitar kereta api melalui penggunaan video animasi yang menggemaskan dan menghibur. 

Video tersebut mengajak orang untuk menghindari perilaku yang berbahaya di sekitar jalur kereta api, dengan pesan yang kuat disampaikan melalui cara yang menarik dan mudah diterima. Video ini berhasil menjadi viral dan bahkan mendapatkan penerimaan di berbagai negara, mencerminkan dampak positif dari cara penyampaian pesan yang kreatif dan efektif.

Tak hanya berhenti pada kampanye video animasinya, Dumb Ways to Die juga diadaptasi menjadi sebuah permainan yang tersedia untuk diunduh melalui App Store dan Play Store. Dalam permainan ini, pemain dihadapkan pada serangkaian tantangan dan tugas yang mengajarkan tentang keselamatan di sekitar kereta api. 

Adopsi kampanye menjadi permainan ini menunjukkan upaya yang kreatif dalam mendekati audiens dengan cara yang berbeda, sambil tetap menyampaikan pesan penting tentang keselamatan.

Kelebihan Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi pemasaran yang mengandalkan daya sebar dan berbagi konten oleh pengguna untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari viral marketing:

Eksposur Massal

Viral marketing memiliki potensi untuk mencapai audiens yang sangat luas dan beragam dalam waktu singkat. Konten yang menarik dan dibagikan oleh banyak orang dapat menyebar dengan cepat melalui platform online dan media sosial, meningkatkan kesadaran merek atau pesan Anda.

Biaya Efektif

Viral marketing sering kali membutuhkan investasi awal yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Namun, dampaknya bisa sangat besar jika konten Anda berhasil menjadi viral sehingga teknik ini dapat menjadi opsi yang terjangkau bagi bisnis dengan anggaran pemasaran terbatas.

Keterlibatan Aktif

Konten yang menarik, lucu, atau emosional cenderung memberikan keterlibatan aktif dari pengguna. Mereka lebih cenderung berinteraksi, berbagi, dan memberikan tanggapan yang dapat membantu memperdalam hubungan dengan konsumen.

Pertumbuhan Organik

Viral marketing mengandalkan efek “dari mulut ke mulut” yang dapat menghasilkan pertumbuhan organik. Pengguna yang merasa terhubung dengan konten Anda cenderung membagikannya kepada teman dan keluarga mereka, menciptakan efek domino dalam menjangkau lebih banyak orang.

Peningkatan Kesadaran Merek

Konten yang menjadi viral memiliki potensi untuk meningkatkan kesadaran tentang merek atau produk Anda. Hal ini bisa membantu membangun citra merek yang kuat dan dikenang oleh konsumen.

Peningkatan Penjualan

Ketika konten yang terkait dengan produk atau penawaran Anda menjadi viral, hal tesebut bisa mempengaruhi peningkatan penjualan. Pengguna yang terlibat dengan konten viral cenderung lebih tertarik untuk memeriksa produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kreativitas Terstimulasi

Viral marketing mendorong tim pemasaran untuk berpikir kreatif dan menciptakan konten yang menarik dan unik sehingga dapat menghasilkan ide-ide inovatif dan menghadirkan merek Anda dengan cara yang menarik dan berbeda.

Peningkatan Loyalitas Pelanggan

Konten yang berhasil menjadi viral dapat menciptakan hubungan emosional dengan konsumen. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan karena mereka merasa terhubung secara lebih mendalam dengan merek Anda.

Peningkatan Potensi Viral Selanjutnya

Kesuksesan satu kampanye viral dapat memberikan dorongan pada kampanye viral berikutnya. Jika pengguna memiliki pengalaman positif dengan konten sebelumnya, mereka lebih cenderung untuk berpartisipasi dalam konten viral baru Anda.

Jangkauan Global

Viral marketing memiliki potensi untuk menjangkau audiens internasional. Konten yang menarik dapat menarik perhatian dari berbagai belahan dunia, membantu memperluas pangsa pasar potensial Anda.

Kekurangan Viral Marketing

Meskipun viral marketing memiliki banyak manfaat, ada juga beberapa kekurangan dan risiko yang perlu diperhatikan saat menggunakan strategi ini:

Kontrol Terbatas

Ketika konten viral, terutama meme atau pesan yang diterjemahkan dengan cara yang tidak sesuai dengan maksud awal, dapat dengan cepat menyebar tanpa kontrol Anda maka bisa berdampak negatif pada citra merek atau pesan yang ingin Anda sampaikan.

Menimbulkan Kontroversi

Konten yang kontroversial atau salah tafsir dapat dengan cepat mengarah pada backlash atau reaksi negatif dari masyarakat sehingga bisa merugikan reputasi bisnis Anda dan menghasilkan dampak jangka panjang.

Tidak Ada Jaminan Keberhasilan

Walaupun Anda mampu merencanakan serta menghasilkan materi yang menarik, tidak ada kepastian bahwa konten Anda akan meraih efek viral. Tidak ada rumus pasti untuk menciptakan konten yang sukses secara viral, dan faktor-faktor luar kendali dapat mempengaruhi hasilnya.

Konten yang Tidak Relevan

Jika konten Anda hanya dibuat dengan tujuan menjadi viral, tanpa mempertimbangkan relevansi dengan merek atau produk Anda, bisa merugikan. Konten yang tidak relevan atau terlalu terpaksa dapat merusak citra merek Anda.

Kehilangan Fokus

Upaya yang terlalu fokus pada menciptakan konten viral dapat mengalihkan perhatian dari tujuan pemasaran yang lebih luas, seperti membangun hubungan pelanggan atau meningkatkan konversi.

Kehilangan Kontrol Pesan

Saat konten menjadi viral, pesan dapat diubah oleh pengguna saat dibagikan lebih lanjut. Hal tersebut bisa menyebabkan distorsi atau hilangnya pesan asli yang ingin Anda sampaikan.

Efek Jangka Pendek

Viral marketing cenderung memberikan dampak yang kuat dalam waktu singkat, tetapi efeknya dapat meredup seiring berjalannya waktu. Berarti dampak jangka panjang pada merek atau bisnis Anda mungkin tidak sebesar yang diharapkan.

Ketergantungan pada Keberuntungan

Kesuksesan viral marketing sering kali melibatkan elemen keberuntungan. Meskipun Anda dapat merencanakan dan mempersiapkan dengan baik, faktor-faktor di luar kendali Anda, seperti tren sosial atau peristiwa tak terduga, dapat mempengaruhi hasilnya.

Potensi Kesalahan

Konten yang dibuat untuk viral marketing harus sangat tepat dalam pesan dan pengekspresiannya. Salah langkah atau kesalahan dalam konten tersebut bisa berakibat buruk pada citra merek dan dampak keseluruhan kampanye.

Kebutuhan untuk Konsistensi

Keberhasilan satu kampanye viral tidak selalu mempengaruhi keberhasilan kampanye berikutnya. Anda harus terus menerus menciptakan konten yang menarik dan relevan untuk mempertahankan perhatian pengguna.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Viral Marketing?

Untuk memaksimalkan viral marketing, Anda perlu merencanakan dan melaksanakan strategi dengan cermat. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu Anda memanfaatkan potensi penuh dari viral marketing:

Konten Kreatif dan Menarik

Ciptakan konten yang unik, menarik, dan menghibur. Konten yang memiliki potensi untuk memicu emosi positif atau membuat pengguna terkejut cenderung lebih mudah untuk menjadi viral. Pertimbangkan juga untuk mengaitkan konten dengan nilai-nilai merek Anda.

Kenali Target Audiens Anda

Pahami dengan baik siapa target audiens Anda. Konten yang tepat sasaran memiliki peluang lebih besar untuk menarik perhatian dan berbagi oleh orang-orang yang tepat.

Platform yang Tepat

Pilih platform media sosial atau saluran online yang paling sesuai dengan target audiens Anda. Pastikan konten dapat dengan mudah dibagikan dan menyebar melalui platform tersebut.

Pemanfaatan Meme dan Tren

Memanfaatkan tren terkini atau meme yang sedang populer dapat membantu konten Anda menjadi lebih relevan dan mudah dikenali oleh pengguna.

Penggunaan Kata Kunci yang Strategis

Gunakan kata kunci yang tepat dan strategis dalam judul, deskripsi, dan tag konten Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kemungkinan konten Anda ditemukan oleh pengguna yang mencari topik terkait.

Dorong Keterlibatan

Ajak pengguna untuk berpartisipasi dan berinteraksi dengan konten Anda. Pertanyaan, tantangan, atau ajakan untuk berbagi pengalaman mereka sendiri dapat mempengaruhi keterlibatan lebih lanjut.

Pendekatan Cerita

Cerita atau narasi yang kuat dapat membantu membangun ikatan emosional dengan pengguna. Konten yang memiliki alur cerita yang menarik dan relevan bisa lebih menarik bagi pengguna.

Kemitraan dan Kolaborasi

Bekerja sama dengan influencer atau mitra yang memiliki audiens besar dapat membantu memperluas jangkauan konten Anda.

Waktu yang Tepat

Posting konten Anda pada waktu yang strategis dapat meningkatkan peluang agar konten cepat menyebar. Pertimbangkan kapan audiens Anda paling aktif dan responsif terhadap konten.

Pantau dan Responsif

Pantau kinerja konten Anda secara teratur. Jika konten mulai menjadi viral, jadilah responsif terhadap tanggapan pengguna dengan berinteraksi dan merespons komentar atau tanggapan.

Analisis Hasil

Setelah kampanye berjalan, lakukan analisis mendalam terhadap kinerja konten. Pelajari tren dan pola dalam penyebaran dan interaksi, serta pelajaran yang dapat diterapkan untuk kampanye berikutnya.

Konsistensi dan Keterlibatan Jangka Panjang

Jadikan viral marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran yang lebih luas. Konsistensi dalam menciptakan konten yang menarik dan berinteraksi dengan audiens Anda dalam jangka panjang dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan mendalam.

Pada akhirnya, viral marketing bukanlah sekadar tren sesaat, melainkan sebuah alat yang dapat memberikan dampak positif bagi bisnis dan merek dalam era digital ini. Dengan terus mengembangkan strategi yang kreatif, relevan, dan menghibur, perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuh dari viral marketing untuk mencapai tujuan pemasaran dan berada di depan persaingan yang semakin ketat. 

Dengan merencanakan dan melaksanakan strategi ini dengan bijak, Anda dapat meningkatkan peluang konten Anda untuk menjadi viral dan mencapai hasil yang diinginkan dalam upaya pemasaran Anda.

Tertarik untuk menggali lebih dalam tentang strategi pemasaran yang dapat memperluas jangkauan bisnis Anda? Kunjungi blog MyRobin sekarang dan temukan beragam strategi pemasaran kreatif yang dapat membantu Anda mengembangkan merek, meningkatkan penjualan, dan meraih kesuksesan dalam dunia yang semakin digital.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan berharga dan panduan praktis yang dapat memajukan bisnis Anda ke level selanjutnya. 

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID