8 Alasan untuk Belajar Digital Marketing Mulai Sekarang

Alasan untuk Belajar Digital Marketing

Digital marketing merupakan bidang karir yang sangat luas dan saat ini sedang berkembang sangat pesat. Sebagian besar perusahaan sekarang melakukan pendekatan ke konsumennya secara digital. Sebab, mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hal tersebut. Mulai dari menaikkan citra dan reputasi perusahaan, lebih mudah mendapatkan pelanggan baru, hingga meningkatkan penjualan. Baca selengkapnya terkait Marketing: Pengertian, Fungsi, Jenis, Beserta Strateginya yang Wajib Kamu Tahu!

Tidak hanya itu saja, melihat dari minat dan kebiasaan masyarakat saat ini yang lebih condong ke digital, membuat perusahaan maupun pelaku bisnis harus mengikuti perubahaan tersebut untuk mampu bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, digital marketing sangat dibutuhkan dan perlu untuk dipelajari, terutama untuk kamu yang ingin berkarir di bidang ini!

Mengapa sih kita harus belajar dan mendalami tentang digital marketing? Apa saja keuntungan yang bisa didapat dengan menguasai bidang ini? Yuk, daripada penasaran langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa Digital Marketing Itu Penting?

Semakin majunya teknologi membuat konsep pemasaran pun menjadi berkembang ke arah digital. Dengan mengenalkan dan memasarkan suatu produk maupun jasa melalui platform media digital akan membantu memudahkan perusahaan menjangkau konsumen secara lebih cepat, tepat, dan luas. 

Melalui strategi pemasaran online seperti konten media sosial, SEO, SEM, email marketing, maupun kolaborasi KOL, perusahaan dapat mengetahui minat dan kebutuhan konsumen secara langsung. Bahkan perusahaan pun juga dapat memperoleh feedback dari konsumen sebagai bahan untuk evaluasi dan improvisasi strategi selanjutnya. Dengan berbagai manfaat yang diperoleh dari pemasaran secara digital ini, perusahaan dapat mendapatkan konsumen lebih mudah serta meningkatkan citra maupun penjualan produk. 

Digital marketing tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan atau pelaku bisnis saja. Namun juga orang-orang yang berkarir di bidang ini pun akan mendapatkan banyak manfaat bagi perkembangan karirnya di masa depan. Apakah kamu tertarik?

Alasan untuk Belajar Digital Marketing

Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar digital marketing itu perlu dan penting untuk kamu lakukan:

1. Mudah untuk dipelajari

Pengetahuan tentang digital marketing tidak harus kamu peroleh dari pendidikan formal lho. Sebab, saat ini sudah banyak lembaga non formal yang menyediakan pelatihan dan kursus digital marketing atau karir yang relevan dengan bidang marketing. Mereka akan menyediakan mentor atau bekerja sama dengan profesional digital marketer untuk membimbing kamu hingga mahir. Para profesional ini terkadang selain menjelaskan materi juga akan memberikan study case, sehingga akan membantu kamu lebih memahami materi secara teori maupun praktik.

Tidak hanya itu saja, materi-materi seputar bidang ini pun sudah tersebar luas di internet dan bisa kamu akses secara gratis maupun berbayar. Jadi, kamu tidak perlu khawatir merasa sulit untuk mempelajari digital marketing, sebab banyak cara yang bisa kamu gunakan. 

2. Ada banyak pilihan karir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk melakukan pemasaran secara online kamu bisa menerapkan beberapa strategi seperti membuat konten media sosial, mengirim email marketing, dan mengoptimasi website. Nah, untuk menjalankan strategi ini kamu perlu keterampilan yang berbeda atau khusus.

Jadi, tergantung dari minat atau passion kamu tertariknya dimana. Misalnya kamu suka menulis maka kamu bisa mencoba berkarir menjadi copywriter untuk membuat tulisan yang persuasif atau menjual di berbagai platform digital. 

Berbagai pilihan karir bidang digital marketing yang bisa kamu coba adalah digital marketer, copywriter, SEO specialist, content marketer, dan lain sebagainya. Kamu bisa mempelajari masing-masing profesi ini secara otodidak atau mengikuti pelatihan.

3. Termasuk prospek kerja yang menjanjikan

Prospek kerja di bidang digital marketing bisa dibilang sangat menjanjikan lho. Sebab, saat ini banyak perusahaan yang sangat membutuhkan peran digital marketing untuk mengenalkan dan mempromosikan produk atau layanannya. Mulai dari pembuatan konten, manajemen media sosial, pengelolaan website, hingga bekerja sama dengan influencer.

Jadi dilihat dari banyaknya peminat, teknologi yang semakin berkembang, serta gaji yang ditawarkan, karir di bidang ini pun bisa dikatakan sangat menjanjikan untuk masa depan. Bahkan tak jarang perusahaan yang memberikan bonus tambahan atau reward bagi karyawan yang berhasil mencapai target pemasaran. Misalnya dilihat dari engagement media sosial yang begitu tinggi, jumlah kunjungan website, jumlah klik yang diperoleh, dan sebagainya. 

4. Pengembangan keterampilan yang luas

Dengan mempelajari digital marketing, kamu bisa menemukan atau mengembangkan berbagai keterampilan yang lain. Misalnya seperti pengembangan situs website, analisis data, desain grafis, copywriting, manajemen media sosial, dan lainnya. Biasanya perusahaan membutuhkan seseorang yang mempunyai keterampilan lebih dari satu atau tidak fokus pada satu peran saja. Simak artikel terkait Langkah dan Tips Mengembangkan Soft Skill.

Hal ini karena terkadang keterampilan lain tersebut bisa membantu pekerjaan utama kamu. Apalagi jika kamu mempunyai bisnis sendiri, tentu kamu akan memerankan beberapa posisi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Contohnya keterampilan manajemen media sosial, untuk bisa melakukan pekerjaan ini kamu juga perlu menguasai keterampilan riset dan analisis data. Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam membuat konten atau menulis caption yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan audiens.

Selain itu, dengan menguasai beberapa keterampilan juga akan memudahkan kamu jika ingin berpindah karir. Sebab keterampilan-keterampilan di bidang digital marketing sebagian besar bersifat fleksibel dan memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai peluang karir lainnya.

5. Potensi gaji

Salah satu hal yang membuat karir bidang digital marketing disebut menjanjikan adalah karena gaji yang ditawarkan cukup besar. Apalagi untuk peran yang penting seperti digital marketing manager, paid media specialist, atau content marketing manager yang mendapatkan gaji mencapai >Rp 10.000.000 per bulan.

Jika kamu ingin mendapatkan gaji sebesar ini maka kamu harus lebih disiplin dan bekerja keras untuk mencapai hasil atau target yang memuaskan. Dengan begitu, kamu akan mempunyai peluang untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dan mendapatkan gaji yang lebih besar. Coba ambil beberapa proyek kantor atau dari klien, biasanya dengan ini kamu bisa mendapatkan bonus tambahan dari perusahaan.

6. Peluang kolaboratif dan kreatif

Bekerja di bidang digital marketing akan menciptakan peluang kolaboratif dan kreativitas yang tinggi. Sebab, kamu akan bekerja sama dengan tim atau peran lain untuk bisa memasarkan produk dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan target. Dengan bekerja bersama profesional lain kamu bisa mendapatkan perspektif lain, belajar hal baru, hingga membangun hubungan kerja yang kuat dengan mereka.

Dalam satu tim pemasaran online biasanya kamu akan berkolaborasi bersama copywriter, graphic designer, SEO/SEM specialist, digital marketing strategist, dan lainnya tergantung dari kebutuhan atau perusahaan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat grafik struktur posisi bidang digital marketing di bawah ini.

8 Alasan untuk Belajar Digital Marketing Mulai Sekarang | MyRobin
Source: visionic.co.id

7. Pertumbuhan industri

Dengan semakin berkembangnya teknologi akan membuat digital marketing menjadi industri yang lebih unggul di masa depan. Apalagi jika sebagian keterampilan saat ini dikonversi menjadi aplikasi atau software untuk memudahkan manusia. Misalnya pembukuan keuangan, payroll dan absensi pegawai, dan lain sebagainya.

Berbeda halnya dengan bidang periklanan, promosi, dan pemasaran terutama digital, tentu akan selalu dibutuhkan di masa depan. Bahkan menurut Indeed, digital marketing mungkin akan mengalami peningkatan pekerjaan sebesar 10% pada tahun 2020-2030 mendatang. Oleh karena itu, dengan mempelajari bidang ini kamu mungkin akan bisa memperoleh keamanan kerja yang lebih baik. Maksudnya untuk jangka panjang kamu masih bisa terus berkarir dan bertahan di bidang digital marketing. Sebab, di masa depan permintaan akan terus bertambah.

8. Mampu bersaing

Dengan mempelajari digital marketing kamu akan lebih mampu bersaing dengan perusahaan lain. Apalagi jika kamu memiliki bisnis sendiri maka sangat penting bagi kamu mengerti bagaimana caranya untuk bertahan dan bersaing dengan kompetitor.

Bahkan dibanding dengan teknik marketing lain, digital marketing ini bisa memudahkan kamu menganalisis kompetitor. Melalui platform digital seperti media sosial, kamu bisa mengetahui strategi yang digunakan kompetitor dalam mempromosikan produknya. Mulai dari harga yang ditetapkan, desain produk, hingga bentuk promosi yang dilakukan. 

Beberapa Pekerjaan di bidang digital marketing yang Bisa Kamu Coba

1. Social Media Manager

Posisi ini mempunyai tugas utama yaitu memantau strategi konten melalui berbagai platform. Social media manager akan merencanakan, membuat, mengembangkan, serta memposting konten di media sosial. Social media manager juga harus mampu meningkatkan engagement serta brand awareness di semua platform media sosial yang digunakan, membangun komunitas online, serta mengevaluasi hasil performa kontennya.

Gaji rata-rata: Rp 6.003.462 per bulan

2. SEO Specialist

SEO specialist mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan traffic website dengan memastikan konten yang dibuat berada di peringkat teratas mesin pencarian seperti Google. Biasanya kontennya berupa artikel dengan menambahkan beberapa teknik seperti memasukkan internal link, memasukkan keyword di seluruh isi artikel, dan sebagainya.

Gaji rata-rata: Rp 6.314.949 per bulan

3. Content Manager

Tugas utama seorang content manager adalah merencanakan, mengembangkan, membuat, serta mendistribusikan konten. Posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi anggota tim lainnya yang terlibat dalam proses produksi konten, seperti copywriter, graphic designer, maupun editor.

Gaji rata-rata: Rp 6.604.136 per bulan

4. Digital Marketing Specialist

Digital marketing specialist bertugas untuk membuat dan merencanakan strategi marketing yang tepat, memberi saran atau feedback kepada tim, serta mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif. Posisi ini fokus di beberapa platform seperti website, social media, dan email untuk mengumpulkan serta menganalisis data untuk mengevaluasi hasil kampanye.

Gaji rata-rata: Rp 6.000.000 – Rp 10.000.000 per bulan

5. Copywriter

Seorang copywriter mempunyai tugas untuk menulis konten kreatif dalam berbagai format untuk beragam media seperti konten media sosial, slogan, email newsletter, push notification, homepage website, dan lain sebagainya. Selain itu, copywriter juga memproduksi konsep iklan dan kampanye pemasaran yang menarik dan mudah diingat audiens.

Gaji rata-rata: Rp 3.574.407 per bulan
Nah, yakin masih ragu untuk belajar digital marketing? Yuk, pelajari lebih dalam seputar digital marketing di blog MyRobin dan raih masa depanmu sebagai digital marketer yang profesional!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!