5 Cara Menulis Cover Letter Agar Dilirik HRD, Tips dan Contoh 

Menulis Cover Letter

Cover letter bagi beberapa perusahaan sangat diperlukan. Ini karena, banyak recruiter mengandalkan cover letter untuk mengukur keterampilan, pengalaman, dan latar belakang pelamar sesuai dengan posisi yang dilamar. Kalau perusahaan yang Anda tuju tidak mewajibkan cover letter, justru ini bisa menambah nilai plus Anda di mata recruiter, kalau Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan itu.

Untuk menulis cover letter, tidaklah sulit, Anda bisa menuliskan data diri Anda secara ringkas, dan sesuai kebutuhan perusahaan. Berikut ini penjelasan lebih rinci cara menulis cover letter agar dilirik HRD perusahaan.

Apa itu Cover Letter ?

Cover letter juga dikenal sebagai surat lamaran yang berisi memo tiga hingga empat paragraf. Surat ini ditujukan untuk recruiter atau HRD perusahaan. Biasanya, surat ini menjelaskan minat Anda pada posisi pekerjaan di perusahaan yang Anda lamar. Anda bisa mengirimkan cover letter bersama dengan CV atau resume. Dalam cover letter, Anda harus menyoroti keahlian, pengalaman, dan pencapaian, serta alasan Anda melamar di perusahaan tersebut.

Format Cover Letter

Saat menuliskan cover letter,  format ini bisa Anda gunakan dalam surat Anda :

  • Tajuk dengan tanggal dan informasi kontak
  • Salam atau sapa
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf tengah
  • Paragraf penutup
  • Penutup surat dan tanda tangan

Sebagai tambahan, dalam menulis cover letter, panjang halaman Anda harus satu halaman, menggunakan font sederhana dan profesional, misalnya Arial atau Helvetica, ukuran 10 sampai 12.

6 langkah Menulis Cover Letter

Berikut ini adalah contoh cover letter yang bisa Anda pahami, sebelum melamar pekerjaan,Anda hanya perlu menulis dengan sederhana dan ringkas. Anda juga bisa mempelajari contoh-contoh yang bisa Anda tulis dalam cover letter Anda.

1. Alamat Pengirim dan Penerima

Sama halnya menulis surat bisnis yang lain, dalam membuat cover letter, Anda harus menuliskan identitas surat Anda, seperti contoh ini. 

Alamat

Tanggal

 Nama Penerima

Jabatan

Alamat Perusahaan

Jalan Cempaka, Jakarta

5 Mei 2022, Jakarta 

Kepada Yth. Bapak Raharja 

HRD Manager PT. XX

Jakarta

2. Awali Pembukaan

Saat menulis cover letter, awali dengan ucapan salam yang sopan. Setelah itu, buka dengan menjelaskan posisi yang Anda lamar. Nyatakan secara singkat pengalaman atau kualifikasi utama yang Anda miliki. Jelaskan juga dari mana Anda mendapat info lowongan tersebut. Bagian ini akan jadi kesan pertama recruiter/ HRD, saat mereka membaca cepat.

Yth. Bpk/Ibu HRD PT. XX

Saya menulis surat lamaran ini untuk menyampaikan ketertarikan saya melamar posisi Public Relation di perusahaan Anda, yang saya temukan di MyRobin pada 12 Juni 2022. 

3. Isi Cover Letter 

Bagian isi ini berupa gambaran singkat atau latar belakang Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Anda bisa menuliskan pencapaian utama, keterampilan, dan spesialisasi yang menjadi daya tawar lebih untuk Anda diterima di perusahaan tersebut.

Saya lulusan Universitas AA, Jurusan Komunikasi, Universitas BB. Saya memiliki pengalaman magang sebagai Public Relation selama 6 bulan. Selama magang di perusahaan YY, saya mampu menjalin relasi dengan perusahaan atau lembaga-lembaga yang bekerja sama dengan perusahaan YY saat itu. Sebagai tambahan, saya  lancar berkomunikasi bahasa Inggris, baik tulis maupun verbal.

Pada tahun 2021 saya pernah menjuarai lomba public speaking tingkat Nasional yang diadakan oleh Universitas ZZ. Pada awal tahun 2020, saya menjadi wakil dari universitas untuk mengikuti kegiatan student Exchange di China. 

4. Penutup 

Bagian terakhir dari cover letter adalah penutup. Anda bisa menulis info tambahan, seperti lampiran yang ada cantumkan saat mengirim surat.

Dengan pengalaman yang saya miliki, saya yakin bisa memberi kontribusi untuk perusahaan Anda. Oleh karena itu, berikut saya lampirkan CV saya, yang akan menjelaskan latar belakang saya lebih lanjut. 

Besar harapan saya bisa bergabung di perusahaan Anda. Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan, saya menyertakan nomor Hp di dalam surat lamaran ini/ 

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih. 

Tips Menulis Cover Letter

Setelah mengetahui cara menulis cover letter, selanjutnya Anda perlu memahami beberapa tips di bawah ini. 

1. Sesuaikan Subjek Lamaran dengan Format Perusahaan

Saat Anda menulis surat lamaran langsung di lamaran kerja online, Anda tidak perlu memikirkan subjek email. Tetapi, kalau Anda akan mengirimkan lamaran Anda melalui email, Anda perlu menulis posisi yang dilamar, nama Anda, dan perusahan yang dituju. Misalnya, Saputra_Public Relation_PT. XX. Mungkin saja rekruter memberikan format tertentu untuk subjek email lamaran.

2. Tetap singkat dan to the point

Meskipun Anda memiliki banyak pengalaman di bidang yang Anda lamar. Anda tidak perlu menjelaskan dengan rinci. Cukup tuliskan saja apa yang perlu disampaikan, fokus pada hal yang paling mengidentifikasikan diri Anda. 

3. Koreksi Sebelum Mengirim

Mungkin Anda terburu-buru saat melamar pekerjaan, tapi jangan sampai Anda lupa untuk mengoreksi lamaran Anda. Jangan sampai ada kesalahan tanda baca, atau kalimat yang sulit dipahami dalam surat lamaran Anda.

Demikianlah cara mudah membuat cover letter untuk melamar pekerjaan. Dengan cover letter berfungsi untuk mengenalkan diri serta menunjukkan ketertarikan terhadap lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. Simak artikel bermanfaat lainnya di blog MyRobin.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!