Interview Bahasa Inggris: Persiapan, Tips, dan Contoh Jawabannya

Interview Bahasa Inggris

Interview bahasa Inggris kerap menjadi penghalang seorang kandidat mendapatkan pekerjaan. Ini karena sebagian pelamar merasa kurang percaya diri, ketika diundang wawancara menggunakan bahasa asing oleh HRD. 

Bahkan, ada yang langsung menolak untuk tidak melanjutkan proses perekrutan. Apakah Anda termasuk salah satunya? 

Wawancara bahasa Inggris umum Anda temui, apabila melamar di perusahaan multinasional, startup, dan internasional. Biasanya di lowongan pekerjaan disebutkan pula kemampuan bahasa asing yang wajib dikuasai. 

Nah, supaya bisa percaya diri menjawab pertanyaan HR saat interview, simak artikel ini hingga habis. 

Apakah semua perusahaan interview dengan bahasa Inggris?

Apabila diundang wawancara, maka langkah Anda sedikit lebih dekat dengan pekerjaan yang dilamar. 

Namun, kalau ternyata Anda mendapat undangan job interview bahasa Inggris, sudah tahu bagaimana cara menghadapinya? 

Banyak diantara pelamar yang gugup dan bingung, ketika harus interview dalam bahasa asing. Padahal, pertanyaan yang diajukan tidak terlalu berbeda dengan wawancara pada umumnya.  

Nah, sebenarnya apakah semua perusahaan mewajibkan wawancara dalam bahasa Inggris? Jawabannya tidak, hanya jenis company tertentu yang mengharuskan kandidat berbahasa asing. 

Misal, perusahaan multinasional atau internasional yang HRD-nya merupakan orang asing. Pelamar tentu diminta untuk menggunakan bahasa Inggris demi memperlancar wawancara. Begitu pula dengan startup dan BUMN. 

Sementara untuk perusahaan atau usaha menengah ke bawah, wawancara lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia. 

Selain untuk menyelesaikan sesi interview, pewawancara juga ingin mengetahui seberapa mahir Anda menggunakan bahasa Internasional yang mungkin bisa menunjang pekerjaan nantinya.

Persiapan interview bahasa Inggris

Walaupun pertanyaan yang diajukan sama dengan interview dalam bahasa Indonesia, tetapi kali ini Anda harus menjawab dengan bahasa Inggris. 

Bagi Anda yang tidak terbiasa atau belum fasih berbahasa Inggris, mungkin terasa menakutkan karena khawatir tidak paham maksud pewawancara atau salah menjawab. 

Demi menghindari hal itu, coba ikuti persiapan job interview bahasa Inggris di bawah ini. 

1. Cek latar belakang perusahaan

Hal penting yang wajib dilakukan adalah mencari tahu tentang perusahaan. Baik dari sejarah pendirian, visi, misi, produk yang dihasilkan hingga review konsumen. 

Riset bisa melalui website resmi perusahaan, liputan media, sosial media, hingga akun LinkedIn HRD. 

Setelah memahami seluk-beluk company tempat melamar, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” dengan tepat dan profesional. 

2. Pelajari pertanyaan yang sering diajukan

Pertanyaan yang diajukan memang umum dan sering dijumpai saat wawancara bahasa Indonesia. Namun, Anda tetap harus mempelajari pertanyaan tersebut dalam bahasa Inggris.

Buatlah daftar pertanyaan interview bahasa Inggris dan artinya, kemudian coba pahami dan jawab menggunakan grammar yang tepat dan kata-kata yang formal. 

3. Tulis jawaban Anda dalam bahasa Inggris

Menghafal jawaban dari list pertanyaan yang sudah dibuat dalam bahasa Inggris, akan sangat menyulitkan. Terutama bagi Anda yang belum terbiasa. 

Oleh sebab itu, gunakan kertas dan pena untuk mencatat pertanyaan, arti, dan contoh jawaban yang tepat. Manfaatkan aplikasi daring untuk mengecek grammar. 

4. Berlatih percakapan interview bahasa Inggris 

Terakhir yang harus dipersiapkan adalah kemampuan berkomunikasi, agar lancar menjawab pertanyaan HRD, cobalah latihan percakapan dengan bantuan kerabat. 

Simulasikan interview dengan satu orang berperan sebagai HR. Ulangi latihan supaya Anda paham dan makin percaya diri. 

Deretan pertanyaan interview bahasa inggris dan artinya

Dilansir dari The Balance Career, pewawancara umumnya menanyakan 7 pertanyaan ini untuk menyeleksi kandidat, agar sesuai dengan kualifikasi perusahaan. 

Anda dapat memahami pertanyaan yang diajukan dan mencoba menjawab berdasarkan diri sendiri. Jadi, saat wawancara HRD bisa tahu kalau Anda telah mempersiapkan dengan baik. 

1. Tell me about yourself?

Pertanyaan ini merujuk pada perkenalan interview bahasa Inggris. HRD atau user ingin mengenal Anda lebih jauh. Referensi jawaban bisa menggabungkan informasi mengenai, nama lengkap, asal kampus dan jurusan, pengalaman kerja atau magang, serta pencapaian jika ada.

2. What is your strength? 

Kenali kelebihan Anda dan hubungkan dengan pekerjaan yang dilamar. Pewawancara ingin tahu, apakah skill yang dimiliki kandidat bisa menunjang pekerjaan nantinya? Serta apakah berdampak positif bagi citra perusahaan. 

Misal kelebihan Anda adalah memiliki manajemen waktu yang baik, coba jabarkan bagaimana keunggulan tersebut relevan dengan posisi yang dilamar. 

3. What is your weakness? 

Pertanyaan ini adalah kebalikan dari poin kedua. Recruiter ingin tahu apakah Anda mengenali kekurangan diri sendiri dan bisa mengatasi kelemahan tersebut. 

Menjawab pertanyaan ini harus hati-hati, jangan sampai pewawancara melihat Anda sebagai orang yang sombong dan arogan dengan merespon “saya tidak memiliki kelemahan.”

Ingat kembali kekurangan apa yang Anda miliki dan jelaskan pula bagaimana Anda mengatasinya. 

Sebagai contoh kelemahan saya adalah mudah lupa lupa, oleh sebab itu saya selalu membawa notes kecil untuk mencatat hal penting. 

4. Why did you leave your last job? 

Apabila Anda bukan fresh graduate, perekrut mungkin akan bertanya mengenai alasan resign atau mengapa Anda keluar dari perusahaan sebelumnya. 

Jika dikarenakan PHK, Anda bisa jelaskan sejujurnya. Sementara kalau resign karena masalah dengan atasan atau rekan kerja, hindari menceritakan dengan detail bahkan terkesan menggunjing. 

5. What are your salary expectations? 

Melalui pertanyaan ini, HRD ingin tahu kisaran gaji yang diharapkan jika Anda resmi diterima bekerja di sini. Memberikan jawaban mengenai ekspektasi gaji juga tidak boleh asal. 

Coba riset rentang gaji di daerah Anda lalu sesuaikan dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. 

6. Where do you see yourself in five years from now? 

Arti dari pertanyaan di atas, di mana Anda melihat diri Anda 5 tahun dari sekarang? HRD sebenarnya ingin tahu rencana karier kandidat jangka panjang. 

Di samping itu, memahami apakah visi pelamar akan berpengaruh baik bagi perusahaan atau sebaliknya. 

7. Why do you want to work with this company? 

Terakhir adalah mengapa Anda ingin bekerja bersama perusahaan ini? Nah, cara menjawabnya bisa menghubungkan visi misi perusahaan dengan tujuan karier Anda. 

Atau mengkaitkan pengalaman kerja dan keterampilan yang dimiliki dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai dalam waktu dekat. 

Pertanyaan interview bahasa inggris dan jawabannya

Apakah Anda masih bingung menjawab pertanyaan job interview bahasa Inggris? Coba perhatikan contoh berikut untuk dijadikan sebagai referensi.

1. Perkenalan dalam interview bahasa Inggris 

“My name is AleneaHandayani, bachelor of journalism graduate from University of Indonesia. My experience is working as a content writer at media online and producing 50 articles a month, and I am currently working as a freelance script writer.” 

2. Contoh interview bahasa Inggris “tell me about your strength”

“I have extremely strong creativity. Having worked as a content creator and social media specialist for two years, I have a deep analytical thinking skill and creativity to produce persuasive, relatable, and different content videos. I have also created content articles for website companies.  

3. Contoh interview bahasa Inggris singkat about experience?

“I have 3 years experience in journalism. Previously, I joined digital media and handled more than 30 content on a website. I am responsible for creating soft-news articles and reporting breaking news on the site and broadcast via online.”

“I also implement SEO guidelines to attract organic traffic and make sure there’s no plagiarism on my article.”

4. Contoh interview dalam bahasa inggris tentang kelemahan

“My weakness is I forget easily when I am occupied with tasking. To overcome this, I came up with notes and I write down the assignment and detail, which help me to remember and fulfill the task.”

5. Jawaban interview bahasa Inggris “why do you want work here?

“Journalism is passion and as a fresh graduate I want to work with Lintas JawaTengah media, one of the most credible digital media online in this town. I read your article and I am fascinated by the writing style and detailed information. 

“I have the skill of on site reporting, writing news, creative and analytical thinking that can help a company to achieve its goals.”

6. Contoh interview bahasa Inggris singkat about salary? 

“My salary expectation for this entry level job is around Rp4-Rp5 billion per month. However, I am available if you want to discuss more about the salary.” 

7. Percakapan interview bahasa Inggris tentang karier masa depan?

Where do you see yourself in 5 years from now? Cek cara menjawabnya melalui referensi di bawah ini. 

“I want to be seen as a lead journalist and lead the content writing team at JawaTimur Media. To achieve that, I want to improve my journalistic skills by participating in webinars, taking certification tests, and joining the community to increase my skills”

Cara menghadapi job interview bahasa Inggris

Orang yang sudah berpengalaman wawancara kerja masih mengalami gugup, apalagi bagi lulusan baru. Nah, untuk mengatasinya coba simak dan terapkan cara yang terangkum berikut ini. 

1. Atur pernapasan agar tidak gugup

Tips yang bisa Anda lakukan adalah mengatur pernapasan ketika merasa gugup. Apabila belum berhasil, coba gigit permen karet untuk berikan sensasi rileks.

Pada saat wawancara bahasa Inggris, hindari panik. Anda hanya akan kesulitan memahami dan menjawab pertanyaan dari recruiter

2. Perbanyak latihan

Lakukan perkenalan diri saat interview bahasa Inggris, berulang kali ketika latihan. Perhatikan intonasi, pelafalan, dan penggunaan kata-kata formal. 

Kunci sukses wawancara dengan bahasa asing adalah perbanyak latihan, agar lidah terbiasa mengucapkan kalimat tersebut. Selain itu, demi mengurangi nervous. 

3. Hindari begadang

Sebelum wawancara hindari begadang jika bukan untuk latihan. Pelamar harus mendapat tidur yang cukup agar tetap konsentrasi saat sesi interview berlangsung. 

Umumnya, kandidat yang terjaga semalaman bisa terlihat dari raut wajah seperti lesu, kurang bersemangat, dan tampak lingkar hitam di bawah mata.

Parahnya lagi, pelamar tidak paham dan berbicara melantur dari pertanyaan yang diajukan. Akibatnya, peluang dapat kerja jadi terlepas. 

4. Berikan salam pada HRD agar tidak canggung

Sebagai pelamar yang baik dan beretika, Anda bisa menyapa HRD ketika sesi baru dimulai. Gunakan greeting formal untuk menanyakan kabar atau sekadar mengucapkan salam. 

Tips interview bahasa Inggris fresh graduate

Lulusan baru tapi sudah diminta wawancara dalam bahasa Inggris? Tetap tenang dan coba berikan impresi yang positif bagi HRD ketika melihat Anda. Tipsnya sebagai berikut. 

1. Berpenampilan rapi dan menarik

First impression itu penting bagi kandidat yang ingin wawancara. Tentu Anda ingin dianggap sebagai kandidat yang rapi dan profesional bukan?

Oleh sebab itu, cobalah berpenampilan rapi mulai dari menggunakan pakaian formal, bersih dan rapi. Pasangkan dengan sepatu atau aksesori warna sama, agar lebih berseragam.

Tata rambut atau penutup kepala dengan rapi. Bagi perempuan aplikasikan make up natural agar wajah tetap segar dan menarik. 

2. Datang tepat waktu

Ini merupakan hal yang patut diperhatikan oleh semua kandidat. Pastikan Anda datang tepat waktu ke tempat wawancara. Jangan biarkan HRD berpendapat buruk tentang Anda karena telat ke pertemuan. 

Apabila acara dilakukan secara daring, pastikan sudah siap 15 menit sebelum HRD masuk ke ruang zoom atau meeting

3. Berikan kesan positif

Gugup saat wawancara itu umum terjadi, tetapi cobalah untuk mengendalikan nervous dengan menarik napas atau menggigit permen karet, sebelum masuk ke ruang interview

Berikan kesan positif dan profesional pada HRD. Perhatikan etika ketika masuk ruangan hingga duduk. 

4. Ulangi pertanyaan jika belum paham

Hampir sebagian pelamar baru merasa takut jika salah memahami atau salah menjawab, ketika diajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris. 

Dilansir dari Glints, Anda bisa meminta recruiter mengulang pertanyaan apabila belum paham. Sebaliknya, kandidat tidak perlu takut salah menjawab. Ini karena pewawancara bisa menanyakan maksud dari jawaban Anda jika kurang jelas. 

5. Ucapkan terima kasih dan follow up proses perekrutan

Terakhir adalah mengucapkan terima kasih dan follow up kelanjutan rekrutmen melalui e-mail. Mengirimkan thank you letter pada pewawancara bisa membuat HRD ingat dengan Anda. 

Contoh dialog interview bahasa inggris 2 orang

HRD : Tell me about yourself? 

Applicant : “My name is Alenea Handayani, bachelor of communication graduate from University of Indonesia. My experience is working as a content writer at media online and producing 50 articles a month, and I am currently working as a freelance script writer.” 

HRD : What is your strength? 

Applicant : “I have extremely strong creativity. Having worked as a content creator and social media specialist for two years, I have a deep analytical thinking skill and creativity to produce persuasive, relatable, and different content videos. I have also created content articles for website companies.  

HRD : What is your weakness?

Applicant : “My weakness is I forget easily when I am occupied with tasking. To overcome this, I came up with notes and I write down the assignment and detail, which help me to remember and fulfill the task.”

HRD : Tell me about your experience? 

Applicant : “I have 3 years experience in journalism. Previously, I joined digital media and handled more than 30 content on a website. I am responsible for creating soft-news articles and reporting breaking news on the site and broadcast via online.”

“I also implement SEO guidelines to attract organic traffic and make sure there’s no plagiarism on my article.”

HRD : Where do you see yourself in the future?

Applicant : “I want to be seen as a competent journalist and lead the content writing team at JawaTimur Media. To achieve that, I want to improve my journalistic skills by participating in webinars, taking certification tests, and joining the community to increase my skills”

HRD :  How about your salary expectation? 

Applicant : “My salary expectation for this entry level job is around Rp4-Rp5 billion per month. However, I am available if you want to discuss more about the salary.” 
Itulah deretan tips, cara, dan contoh menjawab interview bahasa Inggris. Jangan ragu untuk memodifikasi referensi sesuai diri Anda. Sambil menunggu proses wawancara ini selesai, Anda juga bisa memanfaatkan waktu, melamar di posisi lain lewat app.myrobin.id. Temukan banyak peluang pekerjaan di perusahaan terpercaya.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!