Isi Body E-mail Lamaran Kerja beserta Contohnya

Isi body e-mail surat lamaran kerja

Proses melamar kerja kini banyak dilakukan melalui surel karena lebih hemat waktu dan biaya. Namun, masih ada saja yang belum tahu cara menulis body E-mail lamaran kerja yang baik dan benar. 

Bahkan ada yang tidak mencantumkan cover letter pada body surat elektronik, sebab hanya tertera kirimkan resume di persyaratan lowongan. 

Jika yang diminta hanya CV, Anda harus mengirimkan dokumen pendukung atau surat pengantar. Menulis e-mail untuk apply job tetap ada etika yang harus diperhatikan. 

Lewat artikel ini mari kupas tuntas pentingnya body e-mail, cara penulisan, tips, hingga contohnya untuk dijadikan sebagai bahan referensi Anda. 

Apa itu body E-mail lamaran kerja? 

Ada beberapa etika yang wajib diperhatikan saat menulis surat lamaran kerja via e-mail. Selain menyertakan lampiran berupa CV, application letter, dan transkrip nilai. Anda wajib membuat cover letter untuk dicantumkan di badan e-mail. 

Body e-mail adalah surat singkat berisi perkenalan diri dan tujuan Anda mengirimkan surel pada pihak tertuju, bisa pemilik usaha, panitia seleksi, hingga HRD. 

Fungsi utamanya adalah sebagai pengantar sekaligus surat pembuka dokumen yang dilampirkan untuk mendukung proses melamar kerja. 

Badan e-mail lamaran kerja yang baik biasanya diisi lengkap untuk menunjukkan pada HR bahwa Anda bersungguh-sungguh melamar dan terlihat profesional. 

Seberapa penting membuat body E-mail lamaran kerja? 

Kesalahan paling umum dilakukan pelamar kerja saat kirim surel adalah tidak mencantumkan subjek dan mengosongkan badan e-mail. 

Alhasil peluang lolos tahap pemberkasan makin menipis. Memangnya seberapa penting menulis pesan di badan e-mail

Tidak ada peraturan yang mengatakan bahwa mengisi body e-mail itu wajib. Akan tetapi, banyak HR lebih mengapresiasi dan mempertimbangkan lamaran, apabila ada pesan di badan surel. 

Ini menunjukkan bahwa si pelamar memiliki etika dalam mengirim surat pada orang asing dan memberikan kesan bahwa Ia adalah orang profesional. 

Alasan beberapa pelamar gagal di seleksi administrasi, biasanya kurangnya pesan di body e-mail. Akibatnya CV yang berkualitas jadi sia-sia. 

Oleh sebab itu, hindari mengosongkan badan surel atau mengisi dengan asal. Yuk, simak pembahasan di bawah ini untuk tahu informasi apa saja yang harus ditulis. 

Isi body E-mail lamaran pekerjaan

Perekrut mengetahui tujuan pelamar mengirim surat dari subjek yang ditulis dan pesan di badan e-mail. Jadi, pastikan surat Anda memuat informasi seperti 

  • alasan pengiriman surat, 
  • perkenalan diri seperti nama, background pendidikan, dan minat,
  • posisi maupun pekerjaan yang dilamar,
  • keahlian dan keterampilan yang relevan dengan kualifikasi di lowongan,
  • apa yang akan Anda berikan pada perusahaan jika diterima, dan
  • nomor kontak yang bisa dihubungi. 

Kontak bisa berupa nomor telepon atau alamat e-mail alternatif untuk memudahkan recruiter pemberitahuan informasi lanjutan mengenai proses perekrutan. 

Struktur penulisan 

Berikut ini struktur penulisan pesan di badan surat elektronik untuk melamar kerja. 

1. Personalisasi tujuan surat elektronik

Pertama-tama adalah memberikan salam pada HR. Anda bisa menuliskan nama perekrut jika mengetahuinya beserta nama perusahaan.

Namun, jika belum tahu siapa si perekrut gunakan saja salam formal seperti Yth, dear, dan kepada. Misalnya, Yth HRD Ruang Cerita di tempat. 

2. Paragraf pertama

Di paragraf pertama tuliskan informasi mengenai tujuan Anda mengirim surat, posisi yang dilamar, dan perkenalan diri. Sebutkan pula dari mana Anda menemukan lowongan pekerjaan itu untuk membantu recruiter

Tuliskan nama lengkap, asal jurusan atau universitas, pekerjaan yang dilamar, dan ketertarikan Anda. Contoh tulis e-mail lamaran kerja bagian perkenalan seperti ini. 

“Perkenalkan saya Hangginia Wirda lulusan Desain Komunikasi Visual Universitas Barbara Selatan. Saya menemukan lowongan content creator ini lewat app.myrobin.id. Melalui e-mail ini, saya bermaksud melamar posisi tersebut di Ruang Baca.com.” 

3. Second paragraph

Selanjutnya di paragraf kedua masukkan informasi mengenai minat dan berikan alasan logis mengapa Anda cocok untuk mengisi posisi tersebut. Jelaskan secara ringkas mengenai keahlian dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi itu jika ada. 

Nah, bagi lulusan baru pengalaman kerja bisa diganti dengan kegiatan organisasi selama kuliah atau mengerjakan project. Di samping itu, beritahu perekrut kontribusi yang akan Anda berikan apabila diterima. 

4. Paragraf ketiga

Paragraf berikutnya sampaikan kalau Anda melampirkan CV dan berkas pendukung lamaran kerja seperti surat lamaran, ijazah, foto, portofolio, maupun kartu identitas diri.

5. Penutup surat elektronik 

Bagian penutup diisi dengan ucapan terima kasih atas kesediaan HR membuka dan membaca e-mail lamaran Anda. 

Input kontak aktif seperti nomor telepon dan sosial media atau surel alternatif, agar perekrut bisa menghubungi Anda mengenai kelanjutan proses perekrutan.

Contoh body E-mail lamaran kerja

Setelah tahu struktur penulisan badan surel yang benar, mari simak deretan contoh body e-mail untuk kirim CV di bawah ini. Jadikan sebagai referensi untuk ditiru dan modifikasi. 

1. Contoh body E-mail lamaran kerja untuk fresh graduate yang benar

Yth bapak/ibu HRD

PT Adiguna Mediatama

Perkenalkan saya Namira Wardatul. Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai content writer dari sosial media PT Adiguna Mediatama. Melalui e-mail ini saya bermaksud untuk melamar di posisi tersebut. 

Saya merupakan lulusan dari Universitas Brahmajaya jurusan Ilmu Komunikasi dengan pengalaman magang, sebagai penulis konten di Ruang Cerita selama 3 bulan. 

Selama menjalani magang, saya bertanggung jawab meriset topik tulisan yang sesuai dengan niches dan target audience perusahaan. Saya juga mengembangkan kata kunci menjadi artikel yang mudah dibaca dan SEO friendly, sehingga mampu mengundang traffic organic ke website perusahaan. 

Selain itu, saya aktif mengikuti organisasi pers mahasiswa dan berpartisipasi mengembangkan konten sosial media universitas. Dengan bekal ilmu dan pengalaman tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang baik melalui produksi konten harian website dan sosial media pada perusahaan. 

Bersamaan dengan e-mail ini, saya lampirkan CV dan portofolio sesuai dengan persyaratan yang diminta. Saya siap meluangkan waktu untuk berdiskusi mengenai kesempatan ini dengan bapak/ibu HRD melalui nomor telepon di 0819223878. 

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. 

Hormat saya

Namira Wardatul

2. Contoh body E-mail lamaran kerja singkat posisi bakery

Yth bapak/ibu HRD

PT Harumanis Bakery 

Perkenalkan saya Ainun Faradila. Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai junior bakery dari situs PT Harumanis Bakery dua hari lalu. Oleh karena itu, saya mengirimkan surat elektronik ini dengan maksud melamar di posisi tersebut. 

Saya merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan 25 jurusan tata boga. Saya memiliki pengalaman part time selama 4 bulan sebagai baker di Rumah Cake dan Ahrum Bakery. 

Dalam pengalaman tersebut saya bertanggung jawab membuat berbagai kue, pastry, dan jajanan pasar sesuai dengan kebutuhan bakery. Saya turut bertugas mencatat inventaris dan menjaga kualitas bahan yang digunakan maupun disimpan. 

Selama menjalani studi, saya juga aktif ikut pelatihan tata boga dan pernah mengikuti praktik kerja lapangan di Hotel Kempinski Jakarta bagian pastry. 

Dengan bekal ilmu dan pengalaman tersebut, saya yakin dapat memberikan kontribusi baik bagi perusahaan. 

Bersamaan dengan e-mail ini, saya lampirkan CV, pas foto, dan scan ijazah sesuai dengan persyaratan yang diminta. Saya siap meluangkan waktu untuk berdiskusi dengan bapak/ibu HRD mengenai kesempatan ini lebih lanjut.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya. 

Hormat saya

Ainun Faradila

0819223445678

3. Contoh body E-mail lamaran kerja barista

Yth bapak/ibu HRD

Tunas Coffee 

Perkenalkan saya Rio Firmansyah. Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai junior barista dari sosial media Tunas Coffee dua hari lalu. Oleh karena itu, saya mengirimkan surat elektronik ini dengan maksud melamar di posisi tersebut. 

Saya merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan 28 jurusan tata boga. Saya memiliki pengalaman part time selama 3 bulan sebagai barista di Johnny Andrean Group.

Dalam pengalaman tersebut saya bertanggung jawab menyajikan menu coffee dan non coffe pada 50 pelanggan setiap hari dan menghafal serta merekomendasikan menu pada customer baru. 

Selama menjalani studi, saya juga aktif ikut pelatihan tata boga dan pernah mengikuti praktek kerja lapangan di Hotel Mulia Jakarta bagian departemen beverage. 

Dengan bekal ilmu dan pengalaman tersebut, saya yakin dapat kontribusi memberikan pelayanan prima dan meningkatkan kepuasan pelanggan dengan skill dan keterampilan saya. 

Bersamaan dengan e-mail ini, saya lampirkan CV, pas foto, dan scan ijazah. Saya berharap bapak/ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. 

Terima kasih atas waktu. 

Hormat saya

Rio Firmansyah

081922322945678

4. Contoh body E-mail lamaran kerja operator produksi

Yth bapak/ibu HRD

PT Aish Indonesia

Perkenalkan saya Haris Kharisma. Saya menemukan informasi lowongan kerja sebagai operator produksi dari sosial media PT Aish Indonesia. Oleh karena itu, saya mengirimkan surat elektronik ini dengan maksud melamar di posisi tersebut. 

Saya merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan 28 jurusan administrasi. Saya memiliki pengalaman magang selama 6 bulan sebagai operator produksi di Charoen Pokphand Group.

Dalam pengalaman tersebut saya bertanggung jawab menyiapkan peralatan dan mengoperasikan mesin produksi sesuai dengan prosedur dan panduan K3. Saya juga bertugas mengecek dan melakukan pemeliharaan berkala untuk memastikan tidak ada peralatan yang rusak saat digunakan. 

Dengan pengalaman tersebut, saya yakin dapat kontribusi baik bagi perusahaan bapak/ibu. Bersamaan dengan e-mail ini, saya lampirkan CV, pas foto, dan scan ijazah. Saya berharap bapak/ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. 

Terima kasih atas waktu. 

Hormat saya

Haris Kharisma

081922322945678

5. Contoh body E-mail lamaran kerja english

Menulis body e-mail dalam bahasa Inggris ditujukan pada perusahaan multinasional atau asing. Ketika menulis perhatikan penggunaan grammar dan typo agar tidak mengubah makna tulisan. 

Cek contoh body e-mail lamaran kerja bahasa Inggris fresh graduate di bawah ini. 

Dear Liliana Roger

My name is Jessica Hudges, bachelor of communication at University of Parahyangan. I was interested in reading job postings for the copywriter and copy editor at OneU Magazine. 

I believe my experience and background study match for the responsibility of this role and I’m pleased to submit my application letter for the position. I’ve been writing copy at website, social media, push notification, and newsletter at Times Media for 2 years. 

I have attached my resume to this letter. I hope you will learn more about my education, job experience, and achievement. I am available if you need to discuss any further information through this number 192-330-334. I look forward to hearing from you about this opportunity. 

Thank you for your consideration. 

 Jessica Hudges

Tips membuat body E-mail lamaran kerja

Ada beberapa tips menulis pesan untuk recruiter di badan surel. 

1. Tulis dengan bahasa yang formal

Etika paling utama saat menulis adalah menggunakan bahasa formal, sopan, dan baku. Anda tidak sedang berkirim pesan dengan teman atau pasangan, jadi jangan gunakan singkatan atau bahasa gaul. 

2. Jangan masukan informasi palsu

Ketika menulis surat lamaran jangan masukkan informasi palsu hanya untuk menyenangkan dan mengesankan perekrut. Ini bisa jadi bumerang ketika sesi interview maupun pas diterima kerja.

3. Baca kembali untuk menghindari typo

Berikutnya adalah membaca ulang pesan di badan surel untuk menghindari typo dan diksi yang kurang tepat. Ketelitian bisa menciptakan kesan baik perekrut pada diri Anda. 

4. Lampirkan berkas pendukung

Lengkapi berkas pendukung sesuai persyaratan. Berkas yang diperlukan untuk melamar pekerjaan diantara CV, surat lamaran, ijazah, pas foto, scan KTP hingga transkrip nilai. 

5. Kirim CV lewat E-mail di jam yang tepat

Waktu tepat mengirim e-mail adalah di hari kerja dari Senin-Jum’at atau hingga Sabtu. Pastikan Anda mengirim di jam krusial seperti 09.00 WIB, 12.00 WIB, dan terakhir 15.00 WIB. 

Umumnya di jam tersebut perekrut mengecek e-mail rutin dan punya waktu luang membaca CV Anda. 

Itulah cara menulis dan contoh body e-mail lamaran kerja yang efektif. Ingat, bahwa ketika menulis dan melamar pekerjaan Anda harus bersikap profesional. 

Referensi: 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!